CARA MENYEMAI PEPAYA Sebagai berikut

:

Tahap 1 Rendam benih dalam air hangat kuku kemudian diamkan selama 24 jam. SelanjutnyaBiji yang terapung tidak dipakai ambil biji yang tenggelam saja.

Tahap 2 Biji yang tenggelam (bernas) cucilah air biasa kemudian di bungkus kain bersih 3 lembar lipatan letakkan di wadah yang bisa tiris sendiri.

Tahap 3 Bungkus rapi letakkan di suhu sekitar 30 derajat atau di tempat yang kena cahaya matahari pagi dan sore saja ( jika pembungkus benih kering, sirami dan harus tiris sendiri ).

. Cara ini lumayan bagus pada hari ke 9 dihitung dari mulai merendam benih pepaya sudah bisa di semai langsung di polybag.  Kedalaman benaman biji sekitar 1 cm dan ditutup tanah lembut (yang di ayak).  Keterangan lanjutan tahapan ke 4. dan dilakukan pengulangan seperti petunjuk tahap 2. Semoga artikel di atas bisa membantu anda khususnya pemula budidaya pepaya. Hanya 4 hari siap tancapkan calon bibit tanam di polybag. kenapa begitu? sebab jika cambah calon bibit pepaya kepanjangan bisa patah. 3. jika dipakai bisa tumbuh juga akan tetapi nanti jika di tanam jenis biji tersebut sering mengalami ganngguan pertumbuhan. Untuk memulai menanam kecambah yang bisa di masukkan di polybag di pilahpilah dulu panjang kecambah : 1.5 cm urutan pertama di tanam dulu.  Pada tahapan ke satu kenapa biji yang terapung sebaiknya tidak dipakai. 1 mm hingga 4 mm tahapan kedua. Maksimal 1 cm hingga 0. Biji yang sudah pecah dan muncul calon akar (mintip-mintip meletek ngedom ) saat tepat mulai masukkan di polybag. 3 dan 4. Umur sekitar 9 hari kecambah bermunculan Itu dulu teknik memperkecambah benih pepaya menjadi bibit pepaya di persemaian pada umumnya.  Benih pepaya terbaik memulai dimasukkan dipolybag pada no 3 dan no 2. 3 dan 4. 2. Biasanya selisih waktu 2 hari sudah muncul kecambah lagi.Tahap 4 siap tanam di polybag. Sedangkan biji yang belum berkecambah lakukan panduan tahap 2. Sekarang sudah ada cara cepat dari yang tercepat membuat kecambah. Pengulangan makimal 3 kali. Catatan keterangan di atas. .