Kelangkaan Air Bersih

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Air merupakan unsur utama bagi hidup kita di planet ini. Kita mampu bertahan hidup tanpa makan dalam beberapa minggu, namun tanpa air kita akan mati dalam beberapa hari saja. Dalam bidang kehidupan ekonomi modern kita, air juga merupakan hal utama untuk budidaya pertanian, industri, pembangkit tenaga listrik, dan transportasi. Semua orang berharap bahwa seharusnya air diperlakukan sebagai bahan yang sangat bernilai, dimanfaatkan secara bijak, dan dijaga terhadap cemaran. Namun kenyataannya air selalu dihamburkan, dicemari, dan disia-siakan. Hampir separo penduduk dunia, hampir seluruhnya di negara-negara berkembang, menderita berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan air, atau oleh air yang tercemar. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 2 miliar orang kini menyandang risiko menderita penyakit murus yang disebabkan oleh air dan makanan. Penyakit ini merupakan penyebab utama kematian lebih dari 5 juta anak-anak setiap tahun (Faizal, 2009). Kesadaran masyarakat dalam menghemat air dan menjaga kebersihan lingkungan hidup masih sangat rendah, hal ini mengakibatkan ketersediaan air bersih terus berkurang. Kondisi itu menjadi salah satu kendala bagi masyarakat di di setiap daerah di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Jakarta merupakan salah satu kota yang tidak dapat memenuhi ketersediaan air bersih untuk warganya. Dari 13 sungai yang mengalir di Jakarta, tidak ada satu pun yang bisa dikonsumsi sebagai air bersih. Satusatunya sumber air bersih di Jakarta adalah Waduk Jati Luhur. Oleh karena itu, pemerintah harus segera melakukan langkah-langkah demi menjamin ketersediaan air bersih, tidak hanya bagi warga Jakarta, tapi juga seluruh bangsa Indonesia (Sinar Harapan, 2010). Sumber-sumber air semakin dicemari oleh limbah industri yang tidak diolah atau tercemar karena penggunaanya yang melebihi kapasitasnya untuk dapat diperbaharui. Kalau kita tidak mengadakan perubahan radikal dalam cara kita memanfaatkan air, mungkin saja suatu ketika air tidak lagi dapat digunakan tanpa pengolahan khusus yang biayanya melewati jangkauan sumber daya ekonomi bagi kebanyakan negara. Banyak orang memang memahami masalah-masalah pencemaran dan lingkungan yang biasanya merupakan akibat perindustrian, tetapi tetap saja tidak menyadari implikasi penting yang dapat terjadi. Sebagian besar penduduk bumi berada

Untuk mengetahui upaya penanggulangan kelangkaan air bersih di Indonesia. Air saat ini sudah menjadi salah satu masalah.2 Perumusan Masalah 1. Masyarakat bisa lebih sadar tentang pentingnya sumber daya air bersih bagi kehidupan sehingga mampu mengelola sumber daya air bersih secara optimal lestari. BAB 2.3.di negara-negara berkembang. mengakibatkan banjir. 2. 1. 3. Ketidaksempurnaan dalam layanan pokok sistem saluran hujan yang kurang baik. Banjir sendiri membuat masyarakat yang terkena dampak banjir akan mengalami masalah kesulitan untuk mendapatkan air bersih.3 Tujuan dan Manfaat 1. dan sering kali tak teratasi. 1. Bagaimana kondisi ketersediaan air bersih di Indonesia? 2. Hujan yang turun terus-menerus. Apa saja penyebab kelangkaan air bersih di Indonesia? 3. dan kalau mereka menginginkan ekonomi mereka berkembang dan berindustrialisasi.1 Tujuan 1. Untuk mengetahui kondisi ketersediaan air bersih di Indonesia. Namun bagaimanapun masalah persediaan air tidak dapat ditangani secara terpisah dari masalah lain. 2010). 4. Musim penghujan juga menghadirkan permasalahan air yang baru bagi masyarakat. Bagaimana upaya penanggulangan kelangkaan air bersih di Indonesia? 1. maka masalah-masalah yang kini ada harus disembuhkan. 2. Hal ini dikarenakan air sudah menjadi suatu kebutuhan yang mulai langka. Pemerintah lebih respon kepada kelangkaan sumber daya air yang sedang terjadi.3. Buangan air yang tak layak dapat mencemari sumber air. PEMBAHASAN . Untuk mengetahui dampak kelangkaan air bersih di Indonesia terhadap kehidupan. Banyak daerah yang mengalami kekeringan diakibatkan tidak adanya air. kalau orang-orang ini harus mendapatkan sumber air yang layak. Bagaimana dampak kelangkaan air bersih di Indonesia terhadap kehidupan? 4. Untuk mengetahui penyebab kelangkaan air bersih di Indonesia.2 Manfaat 1. Terutama pada saat musim kemarau air bersih mulai langka. pembuangan limbah padat yang jelek juga dapat menyebabkan hidup orang sengsara (Neea.

dan kurangnya sanitasi. air belum bisa digantikan oleh bahan lain. Hasil penelitian sumber daya air terpadu Indonesian Water Institute menyatakan bahwa ketersediaan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah yang terburuk di antara propinsi-propinsi lain di Indonesia. mulai mengalami krisis air bersih. Satu-satunya sumber air bersih di Jakarta adalah Waduk Jati Luhur. bahan mentah. Pengadaan air . Sumber mata air kini makin hari makin terancam. Daerah-daerah perkotaan di Indonesia banyak yang mengalami kelangkaan air bersih. Sementara wilayah Bandung Tengah dan Kecamatan Mengwi mendapat pelayanan air bersih dari Sumur Dalam dan Sungai Ayung. khususnya daerah di pulau Jawa. Akibatnya. Setiap hari. Kota lain yang juga mengalami kelangkaan air bersih adalah Bandung. Wilayah di Indonesia mengalami kondisi yang kekurangan air saat ini. hal ini mengakibatkan ketersediaan air bersih terus berkurang. tidak hanya bagi warga Jakarta. Kondisi itu menjadi salah satu kendala bagi masyarakat di setiap daerah di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Kesadaran masyarakat dalam menghemat air dan menjaga kebersihan lingkungan hidup masih sangat rendah. disamping memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat. Dari 13 sungai yang mengalir di Jakarta. Oleh karena itu. air bersih menjadi sulit didapat dan akan semakin langka dengan adanya perubahan iklim. terbatasnya air. penduduk miskin yang akan paling menderita akibat polusi. tidak ada satu pun yang bisa dikonsumsi sebagai air bersih. Kapasitas air yang didistribusikan ke dua wilayah tersebut masih belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi seluruh masyarakat. sehingga dinilai masih kurang dalam memenuhi kebutuhan pariwisata maupun konsumen masyarakat setempat. dan energi yang terus menerus meningkat. dan PT TB 650 liter per detik. tapi kelayakan untuk dikonsumsinya cukup rendah jika dibandingkan dengan di DIY.2. Data dari data Bappenas tahun 2006.1 Kondisi Ketersediaan Air Bersih Di Indonesia Air bersih merupakan kebutuhan pokok manusia dan kehidupan yang jumlahnya sangat terbatas. Jakarta persediaan air cukup baik. Padahal fasilitas pariwisata memerlukan ketersediaan air bersih dalam jumlah memadai. pemerintah harus segera melakukan langkah-langkah demi menjamin ketersediaan air bersih. Populasi manusia yang terus bertambah membutuhkan air untuk mengolah makanan. manusia membuang jutaan ton sampah dan limbah industri serta agrikultur ke dalam sistem air dunia. Hingga saat ini. Wilayah Kabupaten Badung sebagai pusat pengembangan pariwisata di Bali dengan ratusan hotel berbintang maupun fasilitas pendukung lainnya. Kalau ini terjadi. Tapi masyarakatnya memiliki kemampuan untuk membeli air yang berkualitas baik untuk keperluan sehari-hari. Ketersediaan air bersih yang dikelola PDAM Bandung selama ini hanya berkapasitas 296 liter per detik. tapi juga seluruh bangsa Indonesia. pulau jawa berada dalam kondisi kritis air.

maupun untuk skala lingkungan. Masyarakat masih menganggap air sebagai benda sosial. . b. Ada tiga faktor yang menyebabkan kelangkaan air bersih. Sedangkan sumber air baku (sungai).baku dinilai sangat mendesak. termasuk digunakan untuk mandi. Tiga faktor penyebab kelangkaan air bersih tersebut antara lain : a. sebelum kondisi kekurangan air bersih semakin kritis. Akhirakhir ini manusia diresahkan oleh kelangkaan air bersih. Sebagian besar masyarakat Indonesia. menyediakan air minum secara mandiri. Kerusakan Lingkungan 1. karena manusia tak akan mampu bertahan hidup bila tidak ada air bersih. 2. Disatu sisi kebutuhan akan sumberdaya air semakin meningkat pesat dan disisi lain kerusakan dan pencemaran sumberdaya air semakin meningkat pula sebagai implikasi industrialisasi dan pertumbuhan populasi yang tidak disertai dengan penyebaran yang merata sehingga menyebabkan masih tingginya jumlah orang yang belum terlayani fasilitas air bersih dan sanitasi dasar. tetapi tidak tersedia cukup informasi tepat guna hal hal yang terkait dengan persoalan air. Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa air hanya urusan pemerintah atau PDAM saja. yang memberikan konsekuensi logis terhadap upayaupaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. apalagi saat musim penghujan tiba.2 Penyebab Kelangkaan Air Bersih di Indonesia Kelangkaan air bersih sangat meresahkan kehidupan manusia. Jumlah septic tank di Jakarta lebih dari satu juta. Masyarakat pada umumnya tidak memahami prinsip perlindungan sumber air minum tingkat rumah tangga. Hal ini seirama dengan pesatnya pertumbuhan penduduk di dunia. Sekitar 60 rumah di Jakarta memiliki sumur yang berjarak kurang dari 10 meter dari septic tank. Penggundulan Hutan Kerusakan lingkungan yang makin parah akibat penggundulan hutan merupakan penyebab utama kekeringan dan kelangkaan air bersih. cuci dan pembuangan kotoran/sampah. Perilaku Manusia Faktor utama krisis air adalah perilaku manusia guna mencukupi kebutuhan hidup yaitu perubahan tata guna lahan untuk keperluan mencari nafkah dan tempat tinggal. difungsikan berbagai macam kegiatan sehari-hari. Melimpahnya jumlah septic tank yang terus bertambah tanpa ada regulasi yang baik mengakibatkan pencemaran air tanah dan membahayakan jutaan penduduk. terutama tentang konservasi dan pentingnya menggunakan air secara bijak. Selain itu meningkatnya jumlah populasi juga berdampak pada sanitasi yang buruk yang akan berpengaruh besar pada kualitas air. sehingga tidak tergerak untuk mengatasi masalah air minum secara bersama. Pemanfaatan sumberdaya air bagi kebutuhan umat manusia semakin hari semakin meningkat.

591. cuci. sehingga ada lebih banyak air yang tersisa dan meresap ke dalam tanah. Ketika salju mencair tidak menurut musimnya yang benar. Sungai-sungai di Pulau Jawa umumnya berada pada kondisi memprihatinkan akibat pencemaran limbah industri dan limbah domestik. Saat ini pencemaran air sungai. c. naiknya permukaan air laut dan dampak buruk lainnya. berkurangnya ketersediaan air. Kondisi itu akan mengancam fungsi dan potensi wilayah sumber air sebagai penyedia air bersih. Ketika terjadi pembekuan yang lebih sedikit.952 ha kawasan hutan dan 326. untuk keperluan mandi. dan diikuti kemudian dengan sektor industri dan perstisida dan penyuburan pada pertanian. Air akan mengalami penguapan yang jauh lebih lambat ketika permukaannya tertutup es. Manajemen Pengelolaan Air yang Kurang Baik 1. Berdasarkan data di Departemen Kehutanan hingga tahun 2000 saja diketahui luas lahan kritis yang mengalami kerusakan parah di seluruh Indonesia mencapai 7. Sehingga memunculkan prediksi bahwa separuh dari populasi di dunia akan mengalami pencemaran sumber-sumber perairan dan juga penyakit berkaitan dengannya. tanah tempat di mana air berada juga akan cepat mengalami penguapan untuk mempertahankan siklus hidrologi. salju justru akan mengalami penguapan. Global Warming Pemanasan global telah memicu peningkatan suhu bumi yang mengakibatkan melelehnya es di gunung dan kutub. Padahal sebagian besar sungai itu merupakan sumber air bagi masyarakat. baik karena penggundulan di hulu maupun pencemaran di sepanjang DAS. serta sumber baku air minum olahan (PAM).956.611 hektare (ha) untuk kawasan hutan dan 14. Danau-danau itu sendiri akan menghadapi masalahnya sendiri ketika airnya tidak lagi membeku. Kelangkaan air bersih disebabkan pula oleh pencemaran limbah di sungai. Seiring dengan semakin panasnya permukaan bumi. Air permukaan juga mengalami penguapan semakin cepat sedangkan balok-balok salju yang dibutuhkan untuk pengisian kembali persediaan air tawar justru semakin sedikit dan kecil. Laju kerusakan di semua wilayah sumber air semakin cepat. sungai-sungai akan kehilangan sumber air. 2. ketika gletser yang tersisa dari zaman es mencair semua. Kurangnya koordinasi antara institusi terkait .Kawasan hutan yang selama ini menjadi daerah tangkapan air (catchment area) telah rusak karena penebangan liar. Sumber pencemaran yang sangat besar berasal dari manusia. Sedangkan pada tahun yang sama rehabilitasi atau penanaman kembali yang dilakukan pemerintah hanya mampu menjangkau 12.973 ha di luar kawasan hutan. danau dan air bawah tanah meningkat dengan pesat.359 ha lahan di luar kawasan hutan. dengan jumlah 2 milyar ton sampah per hari. maka yang terjadi bukanlah salju mencair dan mengisi air ke danau. artinya semakin banyak air yang dilepaskan ke atmosfir. Maka.

cakupan air perpipaan baru sekitar 17%. tarif tidak full cost recovery. Negara-negara ini membutuhkan air dalam jumlah besar untuk bidang irigasi. 2. PDAM masih mempunyai hutang jangka panjang yang cukup besar dan tidak terdapat penyelesaian yang memuaskan. Ada beberapa penyebab merebaknya masalah krisis air ini. Pada umumnya PDAM secara rata rata nasional mempunyai kinerja yang belum memenuhi harapan. unit pengolah dan jaringan distribusi yang sudah tua. PDAM belum mandiri karena campur tangan pemilik (Pemda) dalam manajemen dan keuangan. dan lain lain). Dari segi keuangan. Departemen Kehutanan bertanggung jawab terhadap konservasi sumber daya air.Departemen Pekerjaan Umum bertanggung jawab terhadap infrastruktur air. salah satunya kegagalan beberapa negara untuk . sehingga PDAM mengalami defisit kas. baik aspek teknis (air baku. cukup membebani PDAM. Secara nasional. Departemen Dalam Negeri mengurusi pentarifan air. Diantara sebab kelangkaan air bersih adalah tidak beroperasinya beberapa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) secara ideal. Namun secara umum biaya produksi untuk sernua jenis air baku ternyata lebih tinggi daripada tarif. Dalam masalah kekurangan air.4% di perdesaan. 2. dan lain lain) maupun aspek non teknis (status kelembagaan PDAM.3 Dampak Kelangkaan Air Bersih di Indonesia Terhadap Kehidupan Krisis air bersih yang berkepanjangan menyebabkan dampak yang buruk pada segala hal. tarif air saat ini tidak bisa menutup biaya operasi PDAM. sedangkan masalah kualitas air oleh Departemen Kesehatan. sulitnya menarik investasi swasta. Buruknya Kinerja PAM/PDAM Air minum perpipaan sebagai sistem pelayanan air minum yang paling ideal hingga saat ini baru dapat dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia. Seperti tingkat pelayanan yang rendah (32%). tingkat kebocoran. konsumsi air yang rendah (14 m3/bulan/RT). Sebagian besar PDAM mengalami kendala dalam memberikan pelayanan yang baik akibat berbagai persoalan. utang. meliputi 32% di perkotaan dan 6. dan tidak mampu lagi menyelesaikan kewajibannya. pengelolaan yang tidak berprinsip kepengusahaan. tanpa air lingkungan akan kering dan manusia akan mati. Biaya produksi tergantung dari sumber air baku yang digunakan oleh PDAM. domestik dan industri. negara-negara miskin paling banyak merasakan dampaknya. Banyaknya institusi yang terlibat dan tumpang-tindihnya pengambilan kebijakan tentang air oleh berbagai departemen yang ada ditambah lagi dengan kurangnya koordinasi antara institusi tersebut menyebabkan kegagalan program pembangunan Indonesia di sektor air. Sumber daya manusia pengelola PDAM umumnya kurang profesional sehingga menimbulkan inefisiensi dalam manajemen. kehilangan air tinggi (41%). Air adalah kebutuhan mendasar manusia.

Dalam dua dasawarsa berikutnya diperkirakan air yang dipergunakan manusia akan meningkat 40% dan 17% lebih pasokan air dipergunakan untuk meningkatkan pangan dan populasi. Kelangkaan air bersih dan gaya hidup yang jorok adalah penyebab dari penyakit ini. selain itu juga pertumbuhan populasi penduduk yang semakin meningkat. Disisi lain kondisi sumber-sumber air semakin parah. namun tidak boleh dianggap remeh. Oleh karena itu telah diserukan investasi dalam pengadaan air oleh AS dan membiarkan sektor swasta untuk menyediakan air atau privatisasi air.5% dari total potensi air di Indonesia. hepatitis. scabies. artinya terjadi terus-menerus di semua daerah. Dalam situasi seperti inilah. dan penyakit cacingan. maka privatisasi air seolah-olah merupakan obat mujarab untuk membereskan masalah air bersih. manusia telah memanfaatkan air sebagai satu-satunya “benda” yang tak dapat tergantikan oleh benda lain. Diare yang disertai gejala buang air terus menerus. mengatur dan menjaga kelestarian air. typoid. Diare memang jarang sekali yang mengakibatkan kematian. tipus. Permasalahan privatisasi air di Indonesia sekarang menjadi lebih rumit karena hampir semua Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) saat ini dalam kondisi tidak mampu membayar utang-utangnya. khususnya di negara-negara miskin karena masalah pencemaran dan limbah. Selama ini. Krisis air bersih memberikan dampak pada bidang ekonomi. Sekarang ini UU RI No. polimearitis. Penelitian WHO mengenai penyediaan air bersih dan sanitasi dengan kesehatan. yellow fever. Sekitar 65% penduduk Indonesia menetap di pulau jawa yang luasnya hanya 7% dari seluruh luas daratan Indonesia sementara potensi air yang dimiliki hanyalah 4. Penyakit yang paling sering menyerang saat krisis air bersih melanda adalah diare. muntah dan kejang perut sering dianggap bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pertolongan medis. Setidaknya ada 20-30 jenis penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang hidup dalam air. Bisa dibayangkan jika manusia di seluruh bumi ini terus-menerus mengonsumsi air tanpa ada yang peduli terhadap kelestariannya. malaria.meregulasi. polio dan cacingan. Namun usaha untuk penyediaan air bersih belum banyak dilakukan. Di Indonesia terdapat empat dampak kesehatan besar disebabkan oleh pengelolaan air dan sanitasi yang buruk. Parahnya masalah ketersediaan air bersih ini menimbulkan masalah yang pelik pada sektor kesehatan. disentrin trachoma. Penggunaan sumber air bawah tanah yang tak terbatas juga memicu krisis air. Penyakit yang juga populer dengan nama muntah berak (muntaber) ini bisa dikatakan sebagai penyakit endemis di Indonesia. mengemukakan beberapa penyakit lain seperti : kolera.7 Tahun 2004 . yakni diare. baik di perkotaan maupun di pedesaan.

2. Pendayagunaan Sumber Daya Air.dimana menyangkut hajat hidup orang bayak. atau dengan jalan mencari investor. Secara umum Undang-Undang tersebut terdiri atas delapan belas bab. Sebenarnya dengan komersialisasi air. Karena seluruh biaya pengelolaan dan perawatan jaringan air dan sumber air lainnya bergantung semata pada pemakai dalam bentuk tarif. Oleh karenanya. Pemerintah melakukan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PAM) baik di tingkat pemerintah atau pemerintah daerah. dengan harapan jika masyarakat diberi nilai air secara ekonomis tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2004 merupakan salah satu Undang-Undang yang dibuat untuk mengaturnya. dan Pengendalian Daya Rusak Air. Untuk menjamin ketersediaan dan pengelolaan sumber daya air ini. Wewenang dan Tanggung Jawab.tentang sumber daya air yang didalamnya mengandung semangat privatisasi pengelolaan air telah disahkan. Konservasi Sumber Daya Air. Pengembangan SPAM ini juga diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2004 Bab IV Pasal 40 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2005 tentang Pengembangan Sumber Daya Air Minum. mereka yang memiliki uang paling banyaklah yang akan mendapat air paling banyak. Pemberlakuan UU Nomor 7 Tahun 2004 dimana sektor swasta diperbolehkan untuk mengelola sumber daya air di Indonesia dianggap pemerintah sebagai solusi untuk pengelolaan sumber daya air. menjaga dan mensyukuri. Sebenarnya. Badan Usaha Milik . yang sebagian besar membahas tentang Ketentuan Umum. maka perlakukan masyarakat terhadap air menjadi berbeda: lebih hemat. Pemerintah Daerah diminta mengupayakan sendiri pembiayaan pengelolaan air tersebut. Masyarakat miskin yang tidak punya uang justru makin sulit mendapat air sehingga banyak orang yang tidak mampu mendapat air sehat untuk minum. berkewajiban menetapkan suatu kebijakan atau Undang-Undang untuk mengatur sumber daya air. salah satu contohnya ialah Perusahaan Daerah Air Minum atau PAM JAYA. dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat secara adil. Apabila terjadi pengurangan kuantitas maupun kualitas sumber daya air maka akan mempengaruhi kehidupan manusia secara bermakna. undang-undang ini menyatakan bahwa sumber daya air. maka pemerintah sebagai pemangku tanggung jawab kesejahteraan warga negaranya. Sejalan dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33. privatisasi tersebut akan membuat akses masyarakat terhadap air menjadi terbatas dan mahal.4 Upaya Penanggulangan Kelangkaan Air Bersih di Indonesia Sumber daya air merupakan kebutuhan mutlak setiap individu yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya.

Namun penggunaan sumber daya air pada akhir-akhir tahun ini tidak terjadinya keseimbangan antara peningkatan kuantitas air yang diinginkan dengan realitas kualitas air yang terjadi. BAB III. Penggunaan sumber daya air ditujukan untuk memanfaatkan sumber daya air secara berkelanjutan dan mengutamakan pemenuhan kebutuhan pokok kehidupan masyarakat secara adil. Pengaturan prasarana dan sarana sanitasi 5. kawasan pelestarian alam. Kegiatan konservasi atau perlindungan dan pelestarian sumber daya air.Negara dan atau Badan Usaha Milik Daerah merupakan penyelenggara pengembangan sistem penyediaan air minum. Pelestarian hutan lindung. Selain itu dijelaskan pula upaya pemerintah melalui perumusan Undang-Undang tersebut pada bab V mengenai pengendalian daya rusak air. Pengendalian dilakukan secara meneluruh meliputi upaya pencegahan. KESIMPULAN DAN SARAN . sebagai berikut: 1. Rehabilitasi hutan dan lahan. Pengendalian pemanfaat sumber air 3. Pengendalian melibatkan peran serta aktif dari masyarakat dan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah serta pengelola sumber daya air wilayah sungai dan masyarakat. Pengendalian pengolahan tanah di daerah hulu 7. Perencaan pengendalian daya rusak air disusun secara terpadu dan menyeluruh dalam pola pengelolaan sumber daya air. Namun dalam undangundang yang sama pasal 45 ayat 3 disebutkan pula bahwa pengusahaan sumber daya air dapat dilakukan oleh perseorangan. Perlindungan sumber air dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan dan pemanfaatan lahan pada sumber air 6. Pengisian air pada sumber 4. badan usaha atau kerjasama antara badan usaha berdasarkan izin pengusahaan dari pemerintah atau pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya. Pengaturan daerah sempadan sumber air 8. dan atau 9. kawasan suaka alam. Kejadian krisis air bersih yang melanda sebagian besar kota-kota di bangsa ini merupakan pekerjaan rumah pemerintah untuk mengatasinya. daya tampung dan fungsi sumber daya air. Upaya menangani kasus tersebut tercermin dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2004 Bab II pasal 21 tentang konservasi sumber daya air yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan keberdayaan daya dukung. Pemeliharaan kelangsungan fungsi resapan air dan daerah tangkapan air 2. penanggulangan dan pemulihan.

Penerbit Andi. 2. khususnya daerah di pulau Jawa. 3. Dampak dari kelangkaan air bersih berupa dampak bagi kesehatan yaitu timbulnya penyakit dan dampak ekonomi yaitu pemberian nilai yang tinggi terhadap air bersih.aspx?id=2797.net/detail/detail. Data dari data Bappenas tahun 2006. Farisy. Yogyakarta. 2. 2009.multiply. Kebutuhan Air Bersih. S.html [Diakses tanggal 15 April 2010]. Masyarakat seharusnya mempunyai kesadaran yang tinggi akan pengelolaan sumber daya air bersih secara optimal lestari. Ketersediaan sumber daya air bersih memang sedang dalam kondisi yang memprihatinkan.2 Saran 1. Yogyakarta. Pembangunan Berkelanjutan dalam Pengelolaan Sumber Daya Air. R. http//anafio. http://digilib-ampl. 2007.com/News/Print. [Diakses tanggal 15 April 2010]. 2010. kerusakan lingkungan. http://www.kliping. Penyelamatan Tanah. Hakim.3. Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (Edisi 2).wikimu. Pemerintah Harus Jamin Ketersediaan Air Bersih. [Diakses tanggal 15 April 2010]. 2009. http://www.farisyahwan. DAFTAR PUSTAKA Anafio.cc/kebutuhan-airbersih/. Air dan Lingkungan. Faizal. 2009. 3.html. Kodoatie.co. 2008. Hasil penelitian sumber daya air terpadu Indonesian Water Institute menyatakan bahwa ketersediaan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah yang terburuk di antara propinsi-propinsi lain di Indonesia. http://klmmicro.1 Kesimpulan 1. 2010. Retty N. Sitanala. 4. http://d-bridge.hariair. Penyebab kelangkaan air di Indonesia adalah perilaku manusia terhadap lingkungan. [Diakses tanggal 15 April 2010]. 2008. Yayasan Obor Indonesia. serta pengelolaan lingkungan yang kurang baik. Sinar Harapan.com. Kisah Air. [Diakses tanggal 15 April 2010]. Sumber Daya Air. pulau jawa berada dalam kondisi kritis air. A dan Ernan. . Air Bersih : Sumber Daya yang Rawan. Neea.com/blog/air%20minum/air-bersih-sumber-daya-yang-rawan. [Diakses tanggal 15 April 2010]. Upaya untuk menanggulangi kelangkaan air bersih adalah kebijakan dari pemerintah serta peran aktif masyarakat. Alwan. Pemerintah seharusnya bisa bekerja sama dengan masyarakat terkait pada kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.blogspot/ 2004/sumber-daya-air.

. Diposkan oleh Nona Yoma di 02:06 Label: Manajemen Sumberdaya 2 komentar: 1.. 1993... Yogyakarta. hahahaa.. Anonim10 Mei 2010 00:35 Hayy NAnn..Suparmoko... BPFEYogyakarta. heheheee... Balas 2... Anonim10 Mei 2010 00:36 Q Lely... eH gaK sengaja aKu buka BLOgmu. aku lagi buat tugas In haLn ne.. Link ke posting ini Buat sebuah Link Posting Lebih Baru Beranda Langganan: Poskan Komentar (Atom) Aku . Lely Menuju masa depan.. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Balas Muat yang lain...

banyak beredar makanan yang sangat membahayakan kesehatan. Akhir-akhir ini sering kita dengar maraknya pewarna sintetik (non-alami) untuk mewarnai makanan. Permintaan yang tinggi diatas rata-rata dari bulan sebelumnya. dimana salah satunya adalah dengan meminimalisir dari hal-hal yang dapat merusak lingkungan. Gambar template oleh jpique. Kulit Rajungan Sebagai Pengawet Alami Maraknya tuntutan untuk kembali hidup seimbang dengan alam. warna yang dihasilkan lebih mencolok. Selain dipicu karena harganya yang lebih murah. Konsumen dituntut agar lebih berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi makanan.Blog Archive  ▼ 2010 (3) o ▼ April (3)  Cadangan Air Tanah dan Hubungannya dengan Pertumbu. Penelitian lebih lanjut menyatakan secara pasti (ilmiah) bahwa. Diberdayakan oleh Blogger. membuat beberapa oknum pedagang nakal untuk melakukan kecurangan demi mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya. sehingga hal ini membuat zat pewarna makanan yang tidak alami lebih menarik digunakan oleh beberapa oknum pedagang nakal. .Makanan dan minuman yang mengandung pengawet kimia terbukti bisa mengakibatkan penyakit kanker. Hal ini tentnya sangat meresahkan.  Smantigda oh Smantigda =D  Kelangkaan Air Bersih Categories   curcol alias curhat colongan =D (1) Manajemen Sumberdaya (2) Template Picture Window... Memasuki bulan Ramadhan ini.

beberapa produsen makanan dan minuman berlomba mencari bahan pengawet alami. rajungan dapat digunakan sebagai pemanfaatan produsen kosmetik pun mulai memanfaatkan kulit rajungan itu. Rasanya gurih. Berlatar belakang itulah. Rajungan sendiri lebih tepatnya rasanya seperti lobster. Selain untuk digunakan sebagai pengawet alami dalam industri makanan. karena selain rajungan sudah lama menjadi menu seafood favorit. kulit rajungan mengandung kitosan.Oleh karena itu tidak heran. empuk dan mak nyus untuk disantap. Salah satu contohnya adalah Afif Firdaus. Rupanya. cangkang rajungan ternyata juga sedang menjadi primadona. cangkang rajungan juga mengandung zat yang berfungsi sebagai fungisida atau bahan anti jamur yang sangat dibutuhkan oleh kulit manusia. menyatakan bahwa permintaan kulit rajungan makin meningkat setiap harinya. Salah satu pengawet alami yang kini banyak dipakai adalah kitosan yang terbuat dari kulit udang atau kulit rajungan. Bagi Anda yang sudah akrab dan pernah menyantap rajungan. Daging rajungan yang tersembunyi dibalik kerasnya kerapas atau cangkang binatang itu. Ini adalah sejenis zat yang bisa digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Dia pengusaha kulit rajungari. Dalam sepekan. padahal sumbernya melimpah di alam nusantara kita. tentunya hal ini sudah tidak asing lagi. bisnis kulit rajungan ini terbentur ketersediaan pasokan. Harga jual limbah kulit rajungan juga lumayan tinggi dan sangat saying jika tidak dimanfaatkan secara optimal. Sayang. Masalahnya adalah terkadang pasokan sering seret dan susah untuk dicari. Afif bisa mengirim 5 top kulit rajungan ke pemesan. sekarang ekspor kulit rajungan menjanjikan peluang lowongan cari kerja yang menjanjikan. Pengolahan limbah kulit rajungan sehingga layak jual tergolong sederhana dan sedikit membutuhkan kreatifitas. sungguh lezat terasa di lidah. Kitosan sendiri selain dagingnya. . Karena.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful