Kulit Nenas

Posted by forsum ⋅ August 25, 2012 ⋅ Leave a Comment Filed Under nenas, Puslitbang, ternak kambing

Kulit nenas seperti dikutif dalam puslitbang.blogspot.com yang mengambil dari Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih dapat dijadikan sebagai pakan alternatif.

Pengolahan buah nenas menghasilkan produk limbah berupa kulit buah dan serat perasan daging buah. Volume limbah tersebut dapat mencapai 85% dari bobot buah segar. Pemanfaatannya sebagai pakan ternak ruminansia akan memberi nilai tambah sekaligus dapat berkembangnya usaha produksi ternak secara komersial dalam mendukung produksi daging nasional. Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih telah melakukan penelitian “Kulit Nenas Sebagai Pakan Alternatif” tersebut. Kulit buah dan serat perasan daging buah nenas merupakan sumber energii yang potensial untuk ternak ruminansia. Kandungan serat (NDF) yang relatif tinggi memungkinkan bahan tersebut digunakan untuk menggantikan rumput sebagai pakan dasar.

penggunaan bahan tersebut dapat menghasilkan pertambahan bobot badan harian antara 60-70g dengan konversi pakan antara 10-14 . Komponen pakan komplit Respon pertumbuhan ternak kambing yang diberi pakan menggunakan bahan kulit buah nenas tergolong bak. Penggunaannya dalam bentuk: 1. Komponen pakan konsentrat (suplemen) 2.Kulit buah nenas dapat digunakan sebagai sumber energi untuk kebutuhan produksi ternak kambing dan rumianansia lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful