I.

PENDAHULUAN Energi listrik digunakan luas hampir di seluruh aspek kehidupan oleh karenanya memegang peran penting didunia teknik. Kelemahan energi listrik yang sangat prinsip terletak pada fakta bahwa proses pembentukan dan penggunaan (generate & consume) energi listrik biasanya berbanding lurus, pada saat yang bersamaan. Kita tidak bisa memproduksi lalu menyimpan energi listrik begitu saja dengan alat yang sederhana. Sudah menjadi hukumnya bahwa energi listrik yang kita gunakan harus berasal langsung dari sumbernya. Dalam volume yang sedikit, energi listrik bisa disimpan dalam sebuah kapasitor dan hanya dapat digunakan terbatas untuk menyuplai daya pada peralatan yang membutuhkan energi listrik yang kecil pula. Untuk disimpan dalam skala yang lebih besar, energi listrik pertama-tama harus dikonversikan dulu kedalam bentuk energi yang lain. Pengetahuan tentang elektrokimia menjawab tantangan masalah ini yaitu tugas "MENYIMPAN" listrik agar bisa digunakan setiap waktu yang berbeda beda sesuai kebutuhan, serta dapat dipindah pindahkan. Alat penyimpan energi listrik itulah yang kemudian kita kenal dengan nama akumulator, accu, atau lebih sering disebut Aki.

II. ISI 2.1 Sejarah Accu Lead-acid battery dikenal sebagai Accu / Aki, ditemukan pertama kali di dunia di tahun 1800 oleh Alessandro Volta yang dilahirkan di Como, Italia tahun 1745. Dengan susunan elemen pertama yang dibuatnya, yang disebut sebagai “voltaic pile” maka dengan begitu ditemukan pembangkit listrik yang praktis untuk pertama kali. Berikutnya di tahun 1859, Raymond Gaston Plante ahli fisika Prancis yang dilahirkan di Orthez Prancis tahun 1834, menemukan lead-acid baterry yang dapat di charge berulangulang (recharge). Bekerja di Paris sebagai asisten dosen jurusan fisika, Plante mulai merancang sebuah baterai yang dapat menyimpan tenaga listrik yang dapat dipergunakan. Aki mobil yang dipergunakan sekarang aki temuan Gaston Plante. Ditahun 1880 Emile Alphonse Faure mengembangkan proses pelapisan plat timah dengan pasta yang dari serbuk timah dan asam sulfat, ini merupakan terobosan besar yang menuntun langsung ke industri pembuatan Lead Acid Battery.

2. Sedangkan di bahasa Inggris. lampu tidak terang.6 volt. Pada mobil yang masih menggunakan teknologi lama. Accu jenis ini komponennya merupakan gabungan dari beberapa lempengan timbal (Pb) dan lempengan oksida (PbO2). J. yang direndam dalam larutan elektrolit yang terdiri dari 35% asam sulfat (H2SO4) dan 65% air (H2O). pada tahun yang sama Volmar mengembangkan proses yang sama dengan Sellon tapi dengan menggunakan plat timah berkisi-kisi (grid).1.S Sellon. kompulsator.Pada tahun 1881. secara “seri”. akan menghasilkan 2. .1 volt x 6 sel = 12. waktu starter mesin jadi lebih panjang. yang lebih meningkatkan daya simpan listriknya. kata akumulator dapat mengacu kepada baterai. Accu mobil pada umumnya menyediakan tegangan sebesar 12 volt. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor. dapat diukur dengan suatu alat yang men-simulasikan besar beban yang masih mampu diterima oleh accu. jenis Accu yang banyak digunakan adalah jenis lead-acid (accu basah). jadi apabila di charge penuh. Tegangan ini didapat dengan cara menghubungkan enam sel galvanik. kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil. Setiap sel menyediakan 2. bahkan tidak lagi bisa menggerakkan starter. aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. kapasitor. berarti Accu sudah mulai rusak (soak). kemudian menyedotnya. Pada umumnya di Indonesia. Accu tidak lagi bisa menyimpan arus listrik. tetapi prinsip kerja baterry sampai sekarang masih tetap sama dengan ketika pertama kali ditemukan. Cara penggunaan Hydrometer adalah dengan mencelupkan ujung alat ini pada air Accu. mengajukan paten dimana pasta dilapiskan pada plat yang berlubang. dll. Kondisi Accu. yang dengan begitu pasta melekat lebih baik pada plat timah dibanding dengan temuan Faure. bukan pada plat tanpa lubang. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson yang melemah.2 Pengertian Accu Akumulator (accu. atau dengan cara sederhana dengan menggunakan Battery Hydrometer. memperpanjang umurnya dan lebih bisa diandalkan. pada material kemasan dan sistem produksi. tapi Sellon masih menggunakan plat antimoni. Lead-acid battery berubah hanya sedikit saja sejak 1880.

lapisan deposit Sulfat akan semakin tebal dan akan mengurangi performanya. cairan elektrolit akan bereaksi dengan material pada lempengan. Tetapi jangan sampai melebihi. Jika ada kerak putih. Accu bekas ini dapat mengurangi biaya pembelian Accu baru. gunakan penutup seperti lembaran bahan karet di atas Accu.Pada saat Accu disetrum (recharge). Pada ketebalan tertentu. akan terjadi reaksi terbalik. Saat pengisian (recharge). penguapan akan lebih besar. karena ada deposit yang terbentuk. Selalu meng-kontrol ketinggian air Accu. Salah satu kelemahan Accu tipe “basah” yang digunakan pada mobil retro adalah tingkat penguapan cairan yang tinggi. Periksa terminal Accu. Jika mobil digunakan. Semakin lama. yang dapat menyebabkan karat pada benda logam di sekitar Accu. Umumnya pedagang aki menerima atau membeli aki bekas untuk didaur ulang. bahkan dapat memperpendek umur Accu. jangan sembarangan membuang Accu bekas. Pada saat Accu digunakan (discharge). oleh sebab itu jangan memindahkan posisi Accu mobil pada lokasi yang kurang aman. uap yang keluar tidak terlalu besar. dan merubah permukaannya menjadi lead sulphate. gosok dengan sikat kawat atau siram dengan air panas jika sudah tebal. akan keluar uap dari lubang kecil seperti jarum di penutup cell. Dalam kondisi normal.    Accu mengandung bahan beracun berbahaya. Selain menjaga lingkungan. Jika kurang segera tambahkan karena akan mempengaruhi kinerjanya.  . Kerak putih ini berbahaya karena dapat menggerus terminal dan membuat terminal dan elemen kabel saling mengikat. deposit ini akan membuat accu tidak lagi bisa recharge. karena Accu dapat meledak akibat tidak ada ruang untuk melepaskan uapnya. Untuk menghindarinya. Hal-hal penting yang harus diperhatikan tentang accumulator :  Accu termasuk benda yang mudah terbakar. dan accu harus diganti. Pada Accu yang sudah berumur. proses ini akan berulang terus menerus. Tetapi proses ini tidaklah sempurna. yaitu lead sulphate akan kembali berubah menjadi bentuk semula yaitu lead oxide dan lead. kecuali pada kondisi pengisian yang berlebih.

2. Tingkat penguapannya pun lebih kecil dibanding aki basah konvensional. Pada aki hybrid selnya menggunakan low-antimonial pada sel (+) dan kalsium pada sel (-). Memiliki sifat self-discharge paling besar dibanding aki lain sehingga harus dilakukan penyetruman ulang saat ia didiamkan terlalu lama. Aki jenis ini memiliki performa dan sifat self-discharge yang lebih baik dari aki basah konvensional. Accu Hybrid Pada dasarnya aki hybrid tak jauh berbeda dengan aki basah. Uap air aki mengandung hydrogen yang cukup rentan terbakar dan meledak jika terkena percikan api. AKi jenis ini memiliki kemampuan lebih baik dibanding aki hybrid. b. 2. Aki basah konvensional Aki hybrid Aki kalsium Aki bebas perawatan/maintenance free (MF) Aki sealed a. 4. aki basah dan aki kering. Accu Calcium Kedua selnya.3 Jenis-jenis Accu Aki terdiri dari beragam jenis . Sel-selnya menggunakan bahan timbal (Pb). Cairannya bersifat sangat korosif. Ciri utamanya memiliki lubang dengan penutup yang berfungsi untuk menambah air aki saat ia kekurangan akibat penguapan saat terjadi reaksi kimia antara sel dan air aki . . baik (+) maupun (-) mengunakan material kalsium. Kelemahan aki jenis ini adalah pemilik harus rajin memeriksa ketinggian level air aki secara rutin. 3. dan lebih detail lagi jenis-jenis aki sebagai berikut: 1. c. 5. Aki Basah Hingga saat ini aki yang populer digunakan adalah aki model basah yang berisi cairan asam sulfat (H2SO4). Bedanya terdapat pada material komponen sel aki . secara umum di pasaran kita mengenal dua jenis aki .

Accu Sealed ( aki tertutup) Aki jenis ini selnya terbuat dari bahan kalsium yang disekat oleh jaring berisi bahan elektrolit berbentuk gel/selai. Sifat elektrolitnya memiliki kecepatan penyimpanan listrik yang lebih baik. Uap aki yang terbentuk akan mengalami kondensasi sehingga dan kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal sehingga tak lagi diperlukan pengisian air aki .d. Pasalnya ia memiliki self-discharge yang sangat kecil sehingga aki sealed ini masih mampu melakukan start saat didiamkan dalam waktu cukup lama. aki ini memiliki kemampuan penyimpanan listrik yang jauh lebih baik seperti pada aki jenis calsium pada umumnya. e. Kemasannya yang tertutup rapat membuat aki jenis ini bebas ditempatkan dengan berbagai posisi tanpa khawatir tumpah. Aki jenis ini biasanya terbuat dari basis jenis aki hybrid maupun aki kalsium. Dikemas dalam wadah tertutup rapat. Karena sel terbuat dari bahan kalsium. . Accu Bebas Perawatan/Maintenance Free (MF) Aki jenis ini dikemas dalam desain khusus yang mampu menekan tingkat penguapan air aki . Aki jenis ini kerap dijuluki sebagai aki kering. Namun karena wadahnya tertutup rapat pula aki seperti ini tidak tahan pada temperatur tinggi sehingga dibutuhkan penyekat panas tambahan jika ia diletakkan di ruang mesin.

2. sedangkan berat jenis elektrolit akan naik.4 Cara Kerja Accu PERUBAHAN KIMIA SELAMA PENGISIAN DAN PEMAKAIAN Pemakaian Pengisian Kondisi Bermuatan Penuh Kondisi Terpakai Habis Elektrolit Pelat(+) 2H2SO4 Pelat(-) PEMAKAIAN Pelat(+) Elektrolit Pelat(-) PbSO4 PbSO4 PB02 + Asam . PERUBAHAN KIMIA PADA SAAT PELEPASAN MUATAN LISTRIK Aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya. elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat. maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak). . 2. lampu.Pb + 2H2O + Timbal Timbal Sulfat dan Timbal PENGISIAN Timbal air berpori Sulfat Sulfat Peroksida Air 1. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus. kembali terjadi proses reaksi kimia yang berlawanan dengan reaksi kimia pada saat pelepasan muatan. Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. Aki kembali dalam kondisi bermuatan penuh. radio dan lain-lain. PERUBAHAN KIMIA PADA SAAT PENGISIAN MUATAN LISTRIK Pada proses pengisian muatan listrik. karena air digunakan untuk membentuk asam sulfat. Timbal peroksida terbentuk pada plat positif dan timbal berpori terbentuk pada plat negatif. Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu.

Standar berat jenis menurut perjanjian adalah untuk suhu 20°C. Jika Volume bertambah sedang beratnya tetap maka berat jenis akan turun. jadi jumlah energi listrik yang ada dapat ditentukan dengan mengukur berat jenis accu zuurnya.200 pada 20°C. misalnya aki mempunyai berat jenis accu zuur 1.0007 untuk kenaikan tiap derajat celcius dalam suhu batas normal Aki.5 Prinsip Kerja Accu Saat baterai mengeluarkan arus 1.260 pada 20°C. 2. Volume accu zuur bertambah jika dipanaskan dan turun jika dingin. bermuatan listrik penuh. jadi pembacaan berat jenis pada skala hudrometer kurang tepat sebelum dilakukan koreksi suhu. maka Aki masih mempunyai energi listrik sebesar 70% BERAT JENIS ACCU ZUUR TERGANTUNG DARI SUHU Berat jenis accu zuur berubah tergantung dari temperaturnya. Oksigen (O) pada pelat positif terlepas karena bereaksi/bersenyawa/bergabung dengan hidrogen (H) pada cairan elektrolit yang secara perlahan-lahan keduanya bergabung/berubah menjadi air (H20). sedang beratnya tetap. Berat jenis turun sebesar 0. . setelah melepaskan muatan listrik berat jenisnya 1.PENURUNAN BERAT JENIS ACCU ZUUR SELAMA PELEPASAN MUATAN LISTRIK Berat jenis accu zuur akan turun sebanding dengan derajat pelepasan muatan.

yaitu :1.285 (pada baterai yang terisi penuh).1 kg/dm3 dan ini mendekati berat jenis air yang 1 kg/dm3. Reaksi ini akan berlangsung terus sampai isi (tenaga baterai) habis alias dalam keadaan discharge. Oksigen (O) dalam air (H2O) terlepas karena bereaksi/bersenyawa/bergabung dengan timah (Pb) pada pelat positif dan secara perlahan-lahan kembali menjadi oksida timah colat (PbO2). akibatnya berat jenis cairan menurun menjadi sekitar 1. Konsekuensinya.285 kg/dm3. Tegangan yang dialiri biasanya sama dengan tegangan total yang dimiliki baterai. Nah. Sedangkan baterai yang masih berkapasitas penuh berat jenisnya sekitar 1.2. Asam (SO4) yang menempel pada kedua pelat (pelat positif maupun negatif) terlepas dan bergabung dengan hidrogen (H) pada air (H2O) di dalam cairan elektrolit dan kembali terbentuk menjadi asam sulfat (H2SO4) sebagai cairan elektrolit. Saat baterai menerima arus Baterai yang menerima arus adalah baterai yang sedang disetrum/dicas alias sedang diisi dengan cara dialirkan listrik DC. baterai 6 V dialiri tegangan 6 V DC. Selain itu pada saat baterai dalam keadaan discharge maka 85% cairan elektrolit terdiri dari air (H2O) dimana air ini bisa membeku. artinya baterai 12 V dialiri tegangan 12 V DC. . Berapa kuat arus (ampere) yang harus dialiri bergantung juga dari kapasitas yang dimiliki baterai tersebut (penjelasan tentang ini bisa ditemukan di bagian bawah). Hal ini bisa ditemukan di bengkel aki dimana ada beberapa baterai yang duhubungkan secara seri dan semuanya disetrum sekaligus. dimana kutup positif baterai dihubungkan dengan arus listrik positif dan kutub negatif dihubungkan dengan arus listrik negatif. dengan perbedaan berat jenis inilah kapasitas isi baterai bisa diketahui apakah masih penuh atau sudah berkurang yaitu dengan menggunakan alat hidrometer. Akibatnya berat jenis cairan elektrolit bertambah menjadi sekitar 1. Hidrometer ini merupakan salah satu alat yang wajib ada di bengkel aki (bengkel yang menyediakan jasa setrum/cas aki).2. Asam (SO4) pada cairan elektrolit bergabung dengan timah (Pb) di pelat positif maupun pelat negatif sehigga menempel dikedua pelat tersebut. bak baterai pecah dan pelat-pelat menjadi rusak. dan dua baterai 12 V yang dihubungkan secara seri dialiri tegangan 24 V DC (baterai yang duhubungkan seri total tegangannya adalah jumlah dari masing-maing tegangan baterai: Voltase1 + Voltase2 = Voltasetotal). Pada saat baterai dalam keadaan discharge maka hampir semua asam melekat pada pelat-pelat dalam sel sehingga cairan eletrolit konsentrasinya sangat rendah dan hampir melulu hanya terdiri dari air (H2O). proses penerimaan arus ini berlawanan dengan proses pengeluaran arus.

. penggunaan Na4-EDTA secara rutin setiap bulan. lepaskan salah satu kabel pada kutub positif aki. mungkin sudah saatnya kita perlu membeli aki baru. ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk lebih memperlama umur aki. dibuat berbeda dengan bahan pengawet makanan. perawatan dan pengecekan terhadap tinggi permukaan air aki harus diperhatikan.6 Cara Menghemat dan Memperpanjang Usia Accu Menghemat aki Bila mana aki yang setelah kurang lebih satu tahun kita pakai mulai rewel alias 'zwak'. Pada beberapa toko kimia disebut sebagai “EDTA Teknis“. Dan sebelum terjadi dua hal di atas. Secara praktek. Lalu dibilas dengan air murni sebanyak empat kali. aki dapat bertahan selama satu sampai tiga bulan. 1. EDTA untuk keperluan merontokkan deposit sulfat pada Accu. Trik Memperpanjang Usia Accumulator Ada trick sederhana yang sering diterapkan oleh para penggemar mobil tua. Salah satunya adalah menghilangkan deposit sulfat. 3. buang seluruh cairan asam sulfat yang tersisa dalam aki. semua barang memiliki umur ekonomis. membuat masa pakai accu lebih lama 2-3 lipat atau sekitar hingga 4-5 tahun. dan isi dengan cairan accu zuur. Dan sebaiknya jangan menyalakan perlengkapan yang memerlukan arus (radio atau tape) saat mobil sedang tidak dijalankan. Setelah itu dapat 'disetrum'. Kita juga harus ingat. untuk memperpanjang usia pemakaian Accu. Pada pemakaian normal. artinya setelah jangka waktu tertentu digunakan. dengan menggunakan bahan dasar pengawet makanan yang berbentuk bubuk yang disebut EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . barang tersebut secara perlahan-lahan akan berkurang kemampuannya dan rusak. kodenya adalah : Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Bila ternyata ketiga cara di atas tidak maksimal. 2. mengingat harganya cukup mahal.2. sehingga pada aki tak ada arus yang benar-benar mengalir. Sebelum 'disetrum' ulang. Dan selain itu juga massa jenis air aki juga harus diukur dengan hidrometer secara berkala. Atau dapat juga setelah mobil atau motor diparkir.

Air Destilasi (Aquadest) atau air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur) Alat-alat : 1. Untuk accu yang rusak. 2. 2. 3. Cell yang „MERAH‟ memerlukan campuran EDTA + air Accu lebih banyak ketimbang cell yang HIJAU (sehat). Untuk hasil pengukuran yang berwarna “MERAH“. buang air accu lebih banyak dibandingkan dengan yang “HIJAU“. Kalau pada aki konvensional harus menambah air aki secara berkala . Cara pengolahan : 1. Buang air pada Accu sesuai dengan kondisi cell. Lap untuk bersih-bersih. 3. 4.Cara pemakaiannya adalah sebagai berikut : Bahan-bahan : 1. Siapkan 2-3 sendok teh (1 gram) Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest. 5. Wadah. Cek kondisi setiap lubang / cell Accu dengan hydrometer. Campurkan bubuk Na4-EDTA dengan air accu (destilasi) di dalam wadah dan aduk hingga larut. biasanya kondisinya kan berbeda tiap cell. Jika kurang tambahkan dengan air Accu botol biru. Battery Hydrometer. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis). 2.7 Beberapa Merk Accumulator yang Banyak Digunakan 1. 6. 2. siapkan 4-6 sendok teh (10 gram) Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest. setelah ditambahkan campuran tersebut. harus di-ReCharging (charge ulang). 4. Sendok Teh. Untuk accu yang sudah rusak. GS Hibrit Aki GS hybrid adalah perpaduan teknologi aki konvensional dengan teknologi maintenance free. Kontrol ketinggian air Accu.

Aki sudah terisi air accu zuur yang terjamin kwalitasnya (wet charge).Untuk end user hal yang perlu diingat adalah secara perodik (contoh: tiap bulan) selalu mengecek level air aki harus selalu tetap berada pada posisi lower level dan upper level. konsumen dapat langsung menggunakan aki ini tanpa melalui proses pengisian air accu zuur dan initial charge terlebih dahulu. tetapi pada tipe hybrid menggunakan timbal calsium pada grid plate negatif dan menggunakan low antimon pada grid plate positif. Dapat menyimpan arus listrik lebih lama karena self dischargenya lebih rendah. 5. Cara Penanganan Aki GS Hybrid : Penanganan aki GS Hybrid ada dua macam. Laju penguapan airnya lebih rendah sehingga penambahan air aki sangat jarang. 2. dan aki harus dijaga kebersihannya terutama pada terminal positif dan negatif. Auto-COS: Proses penyatuan plate secara otomatis dengan menggunakan mesin COS (cast on strap) sehingga menghasilkan produk yang konsisten dan stabil. 3. Pada saat penerimaan :  Pastikan karton box dalam keadaan kering . Aki siap pakai. karena aki GS Hybrid sudah terisi dengan air accu zuur untuk itu ada dua hal yang perlu diperhatikan : 1. penanganan aki oleh end user dan penanganan aki oleh pihak toko. Kelebihan aki GS Hybrid adalah : 1.karena terjadinya proses penguapan pada jenis hybrid ini penambahan air aku lebih Pada aki Premium menggunakan material timbal antimon baik untuk grid plate positif dan negatif. Sedangkan untuk toko aki. 4.

Bukan hanya itu. Khusus untuk produk S4 dan S5 adalah tipe aki yang sama sekali tidak memerlukan perawatan. . maka lakukan hal sebagai berikut : Periksa berat jenis accu zuur dengan hydrometer apabila kurang dari 1. Pada Saat Penyimpanan :  Lakukan pemeriksaan secara berkala berdasarkan kode charge yang tertera di bagian atas karton box. artinya siapa yang datang lebih awal maka dikeluarkan lebih awal berdasarkan pada kode charge yang tertera pada bagian atas karton box  2. Karena sudah terisi air accu zuur. produk baru ini juga memberikan daya start yang kuat handal dalam menyuplai energi pada kendaraan anda. Aki yang setrumnya mulai melemah. Lakukan penyimpanan secara “first in first out”. Bosch S3-S4-S5 Accu Bosch : Tenaga Optimal Untuk Start Semua Kendaraan Produk accu terbaru dari Bosch menyediakan accu yang tepat untuk kendaraan anda untuk segala tingkat kebutuhan performa. dan menuntun customer melakukan pilihan yang mudah juga membedakan tingkat performa accu dengan kode warna dan ranking bintang. 3. di setrum ulang kemudian bila penyetruman selesai tuliskan tanggal penyetruman pada sticker yang ada pada tutup karton (VerriDJ) 2. Tiga produk accu terbaru ini dirancang untuk berbagai macam kebutuhan dari kendaraan anda. terbalik atau dilempar.220 maka perlu di charge ulang dan Periksa volume air accu zuur melalui indikator elektrolit serta garis lower level dan upper level.  Paling lambat tiga bulan setelah tanggal charging dan belum digunakan/terjual. maka pada saat memindahkan atau menyimpan tidak boleh dalamposisi miring. Jika perlu tambahkan air aki sampai garis upper level.

Perkembangan terakhir kami adalah dengan diperkenalkannya teknologi Calsium-Silver Alloy. cara berkemudi. Electric windows. Teknologi silver meningkatkan usia pemakaian accu S5 Bosch sampai dengan 30% dibandingkan Accu pada umumnya.  Rancangan teknis accu Bosch S4 dibuat khusus untuk kendaraan kelas kecil dan sedang. Kendaraan yang disarankan untuk menggunakan accu Bosch seri S3. air conditioning. Sunroof dll. sejak saat itu Bosch terus mengembangkan performa dan efisiensi accu. Keuntungan lainnya . dan CD / DVD player. dengan menawarkan sumber tenaga listrik yang ideal untuk fungsi yang lebih canggih. Setelah beberapa puluh tahun. Bosch terus menerus mempertahankan kepemimpinannya dalam inovasi dan pengembangan accu. Bosch menyediakan jangkauan produk yang luas dikhususkan untuk kebutuhan tertentu sebagai kemudahan dalam memilih accu yang benar tergantung pada jenis kendaraan.  Accu Bosch S5 dibuat khusus untuk kendaraan modern yang membutuhkan banyak energi listrik untuk pemanas.Bosch pertama kami memproduksi accu sejak 1927. peralatan elektronik yang ada . ABS. Accu S3 juga menawarkan asupan daya yang kuat dan handal. Kebutuhan yang diperlukan dari system power supply modern jauh lebih besar dibandingkan dengan pada saat mobil pertama kali diperkenalkan. sun-roof. teknologi accu telah berkembang pesat untuk memenuhi permintaan kendaraan modern sebagaimana juga untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan memperkenalkan seri “S” ini. dan peningkatan pada temperature dalam kabin mesin bergabung bersama meningkatkan tuntutan kinerja accu situasi mana berpengaruh mengurangi usia pakai accu. dan kondisi cuaca dan lain laian. airbags. S4 dan S5  Accu Bosch S3 adalah solusi ekonomis untuk kendaraan dengan tambahan beberapa perangkat elektronic. AC. Jangkauan S4 adalah sebagian besar dari kendaraan Asia. dimana pada waktu itu accu untuk pengapian pada mesin pertama diperkenalkan.

Yuaka AKI tidak berfungsi hanya sebagai penyuplai listrik guna memutar dinamo starter mobil. Pada akhirnya accu seri “S” tebaru menjawab kebutuhan yang makin kompetitif dari berbagai merek mobil. . dan memastikan asam ini tidak bocor keluar pada saat penggunaan pada saat pengangkutan bahkan pada saat accu dimiringkan dalam posisi horizontal. Kurang sedikit saja suplai listrik ke ECU (computer mobil electronic control unit). Dengan konsumsi asam yang minimal.Penggunaan teknologi accu Bosch Silver mengurangi sebagian besar korosi yang disebabkan oleh panas. Karena PT Yuasa Battery Indonesia telah menawarkan aki bermutu tinggi. Hal ini dikarenakan aki Yuasa menggunakan pelat berkualitas yang dibuat melalui sistem pengeringan khusus dan vacum sealing unik (hanya dari Yuasa). Kelebihan utama aki konvensional buatan Yuasa adalah aplikasi teknologi „pafecta‟ yang dapat langsung bekerja seketika tanpa perlu penambahan strum (isi langsung start). 3. Penutup accu dirancang khusus untuk memberikan keamanan maksimum. Handle ergonomic juga membuat accu ini mudah dalam pengangkutan dan mudah dalam pemasangan. Vacum sealing memungkinkan aki jenis dry charge dapar disimpan lebih dari 12 bulan sesuai jaminan kualitas dry charge-nya. Anak perusahaan grup Yuasa Jepang ini menawarkan berbagai pilihan aki. Aki Mobil Untuk mendapatkan aki terbaik. dan juga menyebabkan peningkatan performa secara luar biasa untuk starting power dan usia pemakaian yang lebih lama. apalagi sistem manajemen mobil sudah menggunakan komputer yang memerlukan suplai listrik lebih baik. yang berdampak pada penurunan usia pakai accu. accu baru memerlukan perawatan yang sangat kecil semasa pemakaiannya. komponen tersebut dapat mengalami kerusakan. Kini tugasnya semakin banyak. Anda sebenarnya tidak perlu bingung lagi. Dari aki konvensional (yang membutuhkan perawatan) hingga maintenance free (bebas perawatan).

Seperti Honda Kharisma. Sedangkan valve berfungsi melepas gas pada suhu di aki dalam keadaan tinggi. Saat ini. Di tahun yang sam. Yuasa memperkenalkan Yuasa Hybrid sebagai aki mobil yang minim perawatan dengan plat di dalamnya menggunakan bahan kalsium (Ca) dan timah (Pb).Pada akhir 2003. dan Kawasaki ZX 130. Dengan bagitu. Yuasa Hybrid juga merupakan aki siap pakai yang dijual dalam keadaan dry charge. Sehingga accu zuur tidak akan turun. Artinya. Keunggulan aki ini di antaranya ialah dapat disimpan dalam ruang penempatan aki yang lebih fleksibel dalam arti kalau aki jenis konvensional harus diletakkan secara vertikal. adalah pada cover lead accu yang terdapat di catalyser dan valve (katup) yang berfungsi mencegah penguapan dengan cara mengubah gas menjadi air. Aki maintenance free dijual dalam keadaan basah. . membuat daya starting lebih kuat dan self discharge lebih kecil. Yuasa telah mengembangkan aki berteknologi tinggi yakni jenis VRLA (valve regulated lead acid) atau biasa dikenal dengan nama super maintenance free (super MF) yang telah mendapatkan penghargaan spesial sebagai World First Maintenance Free Motorcycle Battery pada 1985. aki jenis Super MF ini sudah digunakan oleh beberapa pabrikan kendaraan bermotor terkemuka di Indonesia. Aki ini didesain khusus untuk daerah beriklim tropis. Selain itu. aki ini dijual dalam kondisi belum terisi accu zuur sehingga aki dapat disimpan lebih lama sebelum dipakai. di Kanada. Keunggulan lainnya. waktu penguapan air aki jauh lebih lama 2-3 bulan dari aki konvensional. Suzuki New Shogun 125. Dengan bahan kalsium yang digunakan untuk plat. maka untuk maintenance free boleh diletakkan dalam posisi horisontal. Yuasa juga memperkenalkan aki Yuasa maintenance free. Aki Motor Untuk motor.

Formula kimia tersebut dapat mengurangi timbulnya kristal sulfate pada permukaan aki. 2. Seperti Peugeot di Prancis. Keuntungannya ialah. Aki yang dikenal dengan YTX ini mendapat sertifikat UN mark dari Dirjen Perhubungan Udara pada 2003. Sampai saat ini tercatat aki buatan Yuasa telah digunakan pabrikan kendaraan terkemuka di dunia. III. Untuk tetap menjaga mutu dan kualitas produknya.untukku. dan Yamaha di Brazil.com/artikel-untukku/sejarah-aki-duniauntukku. PENUTUP http://www.PT Yuasa Battery Indonesia juga mengenalkan aki jenis VRLA maintenance free yang dijual dalam bentuk kit (paket) antara aki dengan botol acid. penjaminan kualitas air aki yang dipersyarakatkan. Sehingga memperpanjang umur pemakaian. pada 2003 Yuasa memperkenalkan “Sulfate Stop” pada setiap jenis aki sepeda motor dengan tegangan 12V yang diproduksinya. seperti BMW dan Yamaha Conver di Spanyol. Aki jenis YTX ini sangat umum dipergunakan oleh pabrikan kendaraan bermotor roda dua di luar negeri.8 Eropa merupakan tujuan ekspor utama dari aki sepeda motor buatan PT Yuasa Battery Indonesia. Yuasa juga memperkenalkan aki konvensional yang dikemas dalam kemasan khusus yang menyatu atara aki dengan acid (paket).html#ixzz1yo4xgrXK .

http://www.com/2012/01/asal-usul-accu-accumulator.html .idinrohidin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful