Analisa Unsur Intrinsik Film Laskar Pelangi

1. Tema Tema yang diambil dalam cerita ini adalah perjuangan pendidikan. 2. Latar/Setting Cerita ini terjadi di desa Gantung di Pulau Belitong. Latar tempat : SD Muhammadiyah, SD PN Timah, pantai pesisir, padang rumput,Toko Sinar Harapan dan Pulau Lanu. Latar waktu : Pagi, siang, sore, dan malam. Latar suasana : Menyenangkan dan mengharukan. 3. Penokohan Tokoh-tokoh yang terdapat dalam film ini,yaitu: 1. Ikal Dia selalu menjadi peringkat kedua,memiliki sahabat yang bernama Lintang. Ia berbakat pada bidang sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi apalagi puisi untuk A Ling.

2. Lintang Murid pertama Bu Muslimah dan teman sebangkunya Ikal yang sangat jenius. Ia dari pesisir,anak yang rajin,suka membantu orang tuanya mencari ikan,selalu berusaha datang kesekolah lebih awal,dan ia anak yang cerdas didikan alam. Ia memiliki cita-cita sebagai ahli matematika.Tapi ia harus putus sekolah dan memendam citacitanya karena ia harus mengurus adik-adiknya yang masih kecil dan harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sebab ayahnya telah meninggal dunia. 3. Mahar Pria manis bertubuh kurus ini memiliki bakat pada bidang seni. Terbukti dengan suaranya yang bagus dan nilainya selalu tinggi dalam pelajaran seni.Dia senang mendengarkan musik. Setelah dewasa ia telah menjadi seniman 4. Bu Muslimah Dia adalah guru yang mengajar di SD Muhammadiyah. Wanita lembut dan penuh kesabaran dalam mengajar anak-anak laskar pelangi tersebut dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka. 5. Pak Harfan Kepala sekolah dari sekolah SD Muhammadiyah. Ia adalah orang yang sangat baik hati dan penyabar. Beliau juga tidak pantang menyerah dalam mempertahankan sekolah SD Muhammadiyah ini.

14. Sahara adalah gadis berjilbab berpendirian kuat dan sangat patuh pada ajaran agama. Kucai Ketua kelas sepanjang generasi sekolah laskar pelangi . Pak Bakri Salah satu guru yang mengajar di SD Muhammadiyah. Dia selalu memaksa teman-temannya memiliki otot seperti dia. Tapi ia anak yang agak aneh dan suka yang berhubungan dengan mistik. Sahara Satu-satunya gadis dalam anggota laskar pelangi ini. Florina Merupakan murid pindahan dari sekolah SD PN Timah sekaligus tokoh terakhir yang muncul sebagai bagian dari laskar pelangi. Pak Zul Laki-laki tua teman dekatnya Pak Harfan dan selalu membantu serta mendukung Pak Harfan mempertahankan SD Muhammadiyah. selalu ceria. Dan pernah berusaha menyuruh Bu Muslimah untuk mengajar di SD PN Timah. Pak Mahmud Guru yang mengajar di SD PN Timah yang menyukai Bu Muslimah. Tapi ia memberikan sesuatu yang berharga untuk Ikal sehingga barang tersebut menjadi semangat bagi Ikal untuk terus maju. 12. Sudut Pandang . 4. 13.Tetapi dia tidak bisa bertahan sampai akhirnya ia ditawarkan untuk mengajar di SD PN Timah. Dia selalu tertutup dengan orang lain.6. Borek Alias Samson ini selalu menjaga citranya sebagai pria macho. 9. Tapi beliau selalu mendukung kebenaran. A Kiong Anak keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. 11. 15. jarang senyum dengan orang dan tidak pernah membantu Pak Harfan membersihkan sekolah. 8. Dia anak yang baik dan selalu membantu temannya yang sedang kesusahan. 17. A Ling yang cantik dan tegas ini terpaksa berpisah dengan Ikal karena harus ikut ayahnya berdagang.Trapani Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. dan senang sekali menanyakan kapan libur pada Bu Muslimah. 16. A Ling Wanita yang merupakan cinta pertama Ikal sekaligus sepupu A Kiong.egois. Harun Pria yang memiliki keterbelakangan mental. 7. 10. Syahdan Anak nelayan yang ceria tapi hanya terlihat saat ia bersama anak-anak Laskar Pelangi.

Tapi di akhir cerita terjadi alur mundur sebab ia kembalim ke masa kecilnya.Hingga akhirnya ia bertemu dengan sahabat kecilnya yaitu Lintang (alur maju).usaha !” 4.” Disusun Oleh: .Saat itulah ia menceritakan masa kecilnya (alur mundur). 5. saat itu ia sedang bernyanyi bersama teman-temannya disekolah. 2.memiliki pendirian yang teguh dan harus punya ketekunan. Sebab awal cerita ia telah dan sedang dalam perjalanan menuju Desa Gantung. 6. Kita harus punya cita-cita dan untuk menggapainya kita harus pantang menyerah.Sudut pandang cerita ini adalah orang kedua tunggal karena dalam film ini Ikal sebagai tokoh’aku’yang menceritakan kisah ini tetapi bukan sebagai pemeran utama. Gaya Bahasa Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa melayu Belitong. melainkan menceritakan Lintang yang merupakan sahabat kecilnya sebagai tokoh utama difilm ini. Alur/Plot Alur pada film tersebut yaitu alur mundur-maju-mundur. “Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya.” 3. Amanat Amanat yang terkandung yaitu : 1. Dari ia mendaftat sekolah masuk sekolah SD Muhammadiyah sampai ia dewasa kembali dan ia tiba di Desa Gantung. 7. “Kalau ingin pintar belajar !” “Kalau ingin berhasil.tidak menerima sebanyak-banyaknya. “Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL BANJARMASIN 2008/2009 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful