P. 1
Gambar Rangkaian Charger Aki Mobil Motor

Gambar Rangkaian Charger Aki Mobil Motor

|Views: 346|Likes:
Published by Supri Yanto

More info:

Published by: Supri Yanto on Mar 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2014

pdf

text

original

Gambar Rangkaian Charger Aki Mobil Motor Pada prinsipnya semua power suplai atau adaptor bisa digunakan

sebagai alat charger aki, yang penting terdapat tegangan output diantara tegangan 12 volt dan 15 Volt untuk charger satu buah aki. Dipasaran atau toko-toko sparepart otomotif, toko alat listrik, toko komponen elektronik, kita dengan mudah bisa menemukan Alat charger Aki. Tentu saja dengan harga, bentuk serta kemampuan untuk charger aki yang beragam.

Prinsip dan Cara Kerja Charger Aki Cara kerja charger aki atau adaptor atau power suplai adalah dengan merubah arus listrik bolak-balik dari PLN sebesar 220v untuk dirubah menjadi listrik arus DC dengan tegangan yang telah ditentukan sehingga bisa di gunakan untuk charger accu. Didalam Alat Charger aki terdapat komponen utama berisi Trafo atau transformator serta penyearah atau rectifier atau disebut juga dioda rectifier/kiprox.

Gambar dibawah ini adalah gambar rangkaian sederhana alat untuk charger aki yang menggunakan trafo jenis CT atau trafo yang memiliki titik Tengah (Center Tap). Gambar rangkaian nya cukup sederhana hanya diperlukan beberapa komponen saja sudah bisa digunakan untuk charging atau setrum aki. Rangkaian charger Accu dengan Trafo CT

Fungsi trafo adalah untuk menurunkan tegangan listrik PLN 220 Volt menjadi sekitar 12-15 volt sesuai yang di butuhkan. Sedangkan Fungsi Dioda atau rectifier adalah untuk menyearahkan tegangan yang sudah diturunkan oleh trafo sehingga bisa digunakan untuk carger aki.

Pada sebuah Alat untuk charger Aki kalaupun terdapat saklar atau selektor adalah untuk memilih tegangan sesuai dengan banyaknya aki yang dicharger. Terdapat alat ukur arus atau Amperemeter untuk menunjukan besarnya arus pengisian aki, terdapat pula Volt meter yang merupakan alat untuk mengukur tegangan.

Membuat sendiri Alat Charger Aki Untuk membuat sendiri alat charger aki dengan mudah bisa dilakukan, bisa menggunakan skema rangkaian diatas menggunakan trafo dengan CT atau seperti rangkaian charger dibawah ini yang menggunakan trafo NON CT.

Pilihan lain untuk alat charger Aki. untuk charger aki motor bisa membeli adaptor cukup dengan kapasitas trafo 5 Ampere. Karena syarat terjadinya arus listrik harus tedapat beda tegangan. Pada prakteknya ketika memilih tegangan 15 volt pun jika menggunakan trafo 10 Ampere yang bisa dibeli di toko-toko elektronika. Sedangkan untuk charger aki mobil cukup dengan membeli alat charger aki yang banyak di jual di tokotoko otomotif dengan kemampuan yang bervariatif. . maka arus listrik tidak akan mengalir dari charger menuju ke aki. bisa menggunakan power inverter dengan kapasitas 2000 watt yang biasanya juga sudah dilengkapi dengan alat charger aki secara otomatis. mulai dengan kemampuan untuk charging satu aki atau beberapa aki sekaligus. untuk charger aki mobil dengan kapasitas 60Ah. Dari kedua rangkaian diatas dipilih tegangan 15 bukan 12 volt untuk tegangan charger aki dengan alasan tidak akan ada arus listrik yang akan mengalir dari charger ke aki jika tegangan charger dipilih pada 12 volt. Kalau dirumah sudah terdapat power Inverter yang dilengkapi Charger aki. alat ini juga bisa digunakan untuk charger aki mobil ketika tiba-tiba aki mobil tidak bisa starter. Cara Charger Aki Motor Jika memang tidak mau repot dengan membuat rangkaian charger accu seperti diatas. Alat charger Aki seperti gambar di samping memiliki kelebihan jika aki sudah penuh terisi secara otomatis akan menghentikan proses charger.Charger Aki Dengan Trafo Non CT Dalam skema rangkaian adaptor atau charger diatas menggunakan trafo Non CT serta menggunakan dioda kuprox sebagai penyearah tegangan AC yang dihasilkan oleh trafo. tegangan 15 volt itupun akan drop tetapi cukup bagus kalau untuk charger aki dengan kapasitas kecil seperti aki sepeda motor. Contoh jika charger dipilih 12volt sedangkan aki juga memiliki tegangan 12 volt.

selengkapnya tentang cara charging untuk beberapa aki secara seri dan parallel lihat di Cara charging Aki secara seri dan parallel.Tetapi jangan lupa ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika charging accu. Diposkan oleh Admin di 17:55 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->