HAKEKAT ISLAM DAN FAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH … Ahlan Wa sahlan … ‘

Disampaikan pada Pelatihan Baitul Arqam Bogor , Selasa 17- Pebruari- 2012

TUNDUK & PATUH
Firman Allah QS Ali Imran : 83 ‫افـغير دين اهلل يبغون وله اسلم من فى السموات واالرض‬ ‫كرها والـيه يرجـعون‬ ‫طوعا و‬ " Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepadanyalah berserah diri segala apa yang dilangit dan dibumi, baik yang suka maupun yang terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan".

PENGERTIAN AGAMA
‫الدين هو ماشـرعه اهلل على لسان انبيائه من االوامر والنواهى واالرشادات‬ ‫لصالح العباد دنياهم واخراهم‬ " Agama adalah apa yang disyareatkan Allah dengan perantaraan nabi-nabiNya, berupa perintah-perintah dan laranganlarangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia didunia dan akhirat". (HPT). ISLAM: yaitu nama agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul sejak Nabi Adam a.s. sampai Nabi Muhammad SAW".

AGAMA ISLAM ‫الدين ( اي الدين اال سالمي المحمدي) هو ما انزله اهلل فى القران‬ ‫وما جاءت به السنة الصحيحة من االوامر والنواهى واالرشادت‬ ‫لصالح العباد دنيا هم واخراهم‬ " Agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW. ialah apa yang diturunkan Allah didalam Al Qur'an dan yang tersebut dalam sunnah yang shahih. . berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjukpetunjuk untuk kebaikan manusia didunia dan akhirat" (HPT).

‫انا انزلنا اليك الكتب با لحق فاعبد هللا مخلصا له الدين‬ " Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Qur'an) dengan membawa kebenaran.BEBERAPA CIRI KHUSUS AGAMA ISLAM Allah yang bersumber dari Allah (Al Qur'an) maupun Sunnah Nabawiyah (al Hadits). Agama . Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya". QS 39 ( Az Zumar : 2 ) ) 1.

QS 32 (As Sajjadah: 2 .‫تنز يل الكتب ال ريب فـيه من رب العلمين‬ " Turunnya Al Qur'an yang tidak ada keraguan padanya. adalah dari Tuhan Semesta Alam".

Berlaku untuk seluruh uman sampai akhir zaman ‫شهر رمضان الذى انزل فيه القر ءان هدى للناس وبينت من الهدى والفر قان‬ " Bulan ramadhan. bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)".2. Mencakup semua aspek kehidupan (As Syamul ) 3. QS 2 ( Al Baqarah : 185 ) .

QS 30 (Ar Ruum : 30 ) . Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. Sesuai dengan fitrah manusia ‫ فطرت اهلل التى فطر الناس عليها ال تبديل لخلق‬. tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".‫فا قم وجهك للدين حنيفا‬ ‫ ذلك الدين القيم ولكن اكثر الناس ال يعلمون‬.‫اهلل‬ " Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah). (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu.4. Itulah agama yang lurus.

Menempatkan akal manusia pada tempat yang sebaik-baiknya ‫ان فى خلق السموات واالرض واختلف اليل والنهار ال يت الولى اال لبب‬ " Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal".5.QS 2 (Ali Imran : 190) .

Menjadi rahmat bagi semesta alam ‫وما ار سلنك اال رحمة للعلمين‬ " Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad) kecuali untuk menjadi rahmat bagi semesta alam".6. QS 21 ( Al Ambiya: 107 ) .

QS 28 (Al Qashshash: 77) . Berorientasi kemasa depan (akhirat) tanpa melupakan masa kini (dunia) ‫ وال تنس نصيبك من الدنيا و احسن كما احسن اهلل اليك‬.‫وابتغ فيما ءاتك اهلل الدار االخرة‬ ‫والتبغ الفساد فى االرض ان اهلل ال يحب المفسدين‬ " Dan carilah pada apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat. dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi. dan janganlah kamu berbuat kerusakan di(muka) bumi. dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu.7. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan".

mereka kekal didalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk".8. "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk". Allah ridla terhadap mereka dan merekapun ridla kepadaNya. mereka kekal didalamnya. Yang demikian itu adalah balasan bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya". . (QS Al Bayyinah 98:6-8). Menjanjikan Al Jazaa (surga bagi yang beriman dan neraka bagi yang kufur) " Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) keneraka Jahannam. "Balasan mereka disisi Tuhan mereka ialah surga 'Adn yang mengalir dibawahnya sungai-sungai.

MEMANDANG ISLAM SECARA MENYELURUH Seorang muslim harus memahami Islam secara menyeluruh dan utuh. duniawiyah dan ukhrawiyah.  Islam adalah suatu system yang menyeluruh mencakup seluruh aspek kehidupan rohaniah.  . tidak secara parsial (juz'i) karena pemahaman yang parsial menyebabkan Islam tidak fungsional secara kaffah dalam kehidupan.

Kitab-kitab. . Hari Akhir dan Taqdir. bid'ah dan khurafat tanpa mengabaikan prinsip toleransi menurut ajaran Islam. Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya aqidah Islam yang murni bersih dari kemusyrikan. para Malaikat. para Rasul.ASPEK AJARAN ISLAM AQIDAH : Aspek keyakinan tentang Allah.

Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW tanpa tambahan dan perubahan .IBADAH Segala cara pengabdian yang bersifat ritual yang telah diperintahkan dan diatur cara-cara pelaksanaannya dalam Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW.

AKHLAQ Nilai dan perilaku baik dan buruk dalam bentuk karimah dan madzmumah Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya nilai-nilai ahlaq mulia dengan berpedoman kepada ajaran-ajaran Al Qur'an dan Sunnah Rasul. . tidak bersendi kepada nilainilai ciptaan manusia.

.MU'AMALAH Aspek kemasyarakatan yang mengatur pergaulan hidup manusia diatas bumi Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya muamalah duniawiyah (pengelolaan dunia dan pembinaan masyarakat) dengan berdasarkan ajaran agama serta menjadikan semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah SWT.

QS 2 (Al Baqarah : 208) . masuklah kamu kedalam Islam secara keseluruhannya. Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu". dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaithan.‫يا يها الذين امنوا اد خلوا فى السلم كا فة‬ ‫عدو مبين‬ " Wahai orang-orang yang beriman.MENGAMALKAN ISLAM SECARA MENYELURUH Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk masuk Islam secara kaffah . ‫ وال تتبعوا خطوت الشيطن انه لكم‬.

ingatlah Allah diwaktu berdiri.Dari segi waktu seorang muslim harus menjadi muslim selama 24 jam (seharisemalam) dengan pengertian harus tunduk dan patuh sampai akhir hayat. diwaktu duduk dan diwaktu berbaring". QS 3 ( An Nisa : 103 ) ‫واعبد ربك حتى يأتيك اليقين‬ " dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal)". ‫فاذا قضيتم الصلوة فاذ كرو اهلل قيما وقعودا وعلى جنو بكم‬ " Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu). QS 15 ( Al Hijr: 99 ) .

PAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH ? Cara Muhammadiyah memahami ajaran Islam 2. . Pemahaman yang benar terhadap ajaran Islam sangat penting sebagai landasan amal dan gerak Muhammadiyah 3. 1. Jangan sampai warga dan pimpinan Muhammadiyah tidak memahami Islam yang dipahami Muhammadiyah.

 Yang dimaksud "agama" dalam kajian kita ini adalah agama yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan intisari/ kesim-pulan dari Al Qur'an. menurut pandangan Allah adalah Islam. surat Al Maidah : 3. maka nama "aqamad din".(pengertian agama telah dibahas .

Al Qur'an : kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW Sunnah Rasul: penjelasan dan pelaksanaan ajaran Al Qur'an yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan akal fikiran sesuai jiwa ajaran Islam ( MKCH) . 2.Dasar Agama Islam : 1.

Khusus mengenai hadits. berfungsi . Berkaitan dengan "urusan Dunia" Muhammadiyah mengacu pada sabda Rasulullah Muhammad SAW yaitu : "Antum 'alamu bi umurid dunyaa-kum : kamu lebih mengetahui tentang urusan duniamu".Tujuan utama dari disyareatkannya agama adalah untuk mengantarkan manusia menuju kesela-matan dunia dan akhirat. Maka kriteria "urusan dunia" adalah sesuatu yang memang tidak ada ketentuannya dalam syareat Islam. maka harus dipertegas pe-ngertian "dunia" men. Akan tetapi mengingat kebahagiaan akhirat tidak mungkin terlepas dari kehidupan dunia. paham Muhammadiyah. Sebaliknya yang namanya "urusan agama" harus ada landasan dari Al Qur'an atau Hadits.

madzhab dalam aqidah. 2. Khawarij. Syafi'I dan Hambali. Jabariyah.MADZHAB . lebih jelasnya. Hambaliyah. Mu'atazilah. seperti : Syi'ah. Syafi'iyah. seperti : Hanafiah. Maliki.MADZHAB 1. . madzhab dalam fikih. Qodariyah. Malikiyah. Ahlush Sunnah wal Jamaah ( mereka ini disebut aliran-aliran dalam Islam ). madzhab Hanafi.

3.Pandangan Muhammadiyah terhadap madzhab-madzhab 1. tidak berfihak – tidak fanatic kepada salah satu madzhab Muhammadiyah mengakui kebenarannya selama sesuai dengan Qur'an dan Sunnah Muhammadiyah memahami adanya "perbedaan pendapat" namun pendapat yang sesuai Qur'an dan Sunnah itulah yang dianut Muhammadiyah . 2.

MUHAMMADIYAH DAN AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH Dalam masyarakat awam. Jika pengertian "ahlussunnah wal jamaah" termasuk dalam kontek hadits nabi. yaitu : "ma ana 'alaihi wa ashhabihi": orangorang yang taat kepada nabi dan sahabatnya". semuanya masuk neraka. . yang menyatakan bahwa umat Muhammad SAW akan pecah menjadi 71 golongan. kecuali satu. ada yang menganggap Muhammadiyah tidak termasuk "Ahlussunnah wal Jamaah".

Muhammadiyah termasuk golongan " Ahlussunnah wal Jamaah". . Maka tidak diragukan lagi. sehingga organisanyapun dinamakan "Muhammadiyah : pengikut Nabiyallah Muhammad SAW".Maka Muhammadiyah tidak diragukan lagi menempatkan dirinya dibarisan terdepan dalam mengikuti jejak Rasulullah Muhammad SAW.

Agama yang diturunkan kepada semua nabi dan rasul adalah Islam 3.Catatan ringkas : Muhammadiyah berpendapat bahwa ad-Dien-'indallah. adalah "al Islam". Ada kesamaan dan ada perbedaan: 4. . 2. Kesamaannya: sama-sama mengajarkan tauhid 1.

dengan meneliti hadits yang bersambung kepada Rasulullah SAW (marfu'). Muhammadiyah menjadikan al Qur'an dan Sunnah Maqbullah sebagai sumber ajaran Islam.5. Perbedaannya: masalah syareat. shaum. haji) hanya mencontoh Rasulullah SAW. 7. sedangkan Ijtihad. khususnya tentang cara hidup bermasyarakat Sebagai system keyakinan. 6. Ijma' dan Qiyas sebagai . khusus bidang ibadah (shalat. Muhammadiyah hanya mengikuti (ittiba') kepada perilaku dan perbuatan Rasulullah SAW dalam menjalankan agama Islam.

tidak memihak kepada salah satu madzhab manapun Muhammadiyah mengambil yang sesuai dengan Qur'an dan Sunnah.7. . 9. 10. Timbulnya berbagai macam madzhab. 8. disebabkan perkembangan social kemasyarakatan Dimasa Rasulullah Muhammad SAW tidak ada madzhab Sikap Muhammad iyah terhadap madzhab.

Muhammadiyah berpendirian bahwa ajaran Islam merupakan "kesatuan ajaran" yang tidak boleh dipisahkan. Muhammadiyah berpendirian bahwa pintu ijtihad senantiasa terbuka 14. Aqidah. dengan . Muhammadiyah berpendirian bahwa orang dalam beragama hendaknya berdasarkan pengertian yang benar. meliputi. Ahlaq dan Mu'amalah duniawiyah 13.12. Ibadah.

demikian pula dalam menetapkan masalah agama. dilakukan dalam musyawarah oleh ahlinya. . dengan cara "tarjih" (mengambil alasan yang lebih kuat).15.Dalam menetapkan masalah ijtihadiyah digunakan ijtihad jama'iy.