P. 1
Bed Decubitus

Bed Decubitus

|Views: 22|Likes:
Published by Sri Harta Carina

More info:

Published by: Sri Harta Carina on Mar 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2014

pdf

text

original

Ulkus Dekubitus

( Bedsores )

Pengertian Ulkus Dekubitus atau istilah lain Bedsores adalah kerusakan/kematian kulit yang terjadi akibat gangguan aliran darah setempat dan iritasi pada kulit yang menutupi tulang yang menonjol, dimana kulit tersebut mendapatkan tekanan dari tempat tidur, kursi roda, gips, pembidaian atau benda keras lainnya dalam jangka waktu yang lama. Bagian tubuh yang sering mengalami ulkus dekubitus adalah bagian dimana terdapat penonjolan tulang, yaitu bagian siku, tumit, pinggul, pergelangan kaki, bahu, punggung dan kepala bagian belakang.

Ulkus Dekubitus Walaupun semua bagian tubuh beresiko mengalami dekubitus, bagian bawah dari tubuhlah yang terutama beresiko tinggi dan membutuhkan perhatian khusus. Area yang biasa terjadi dekubitus adalah tempat diatas tonjolan tulang dan tidak dilindungi oleh cukup dengan lemak sub kutan, misalnya daerah sakrum, daerah trokanter mayor dan spina ischiadica superior anterior, daerah tumit dan siku. Dekubitus merupakan suatu hal yang serius, dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi pada klien lanjut usia. Di negara-negara maju, prosentase terjadinya dekubitus mencapai sekitar 11% dan terjadi dalam dua minggu pertama dalam perawatan. Dekubitus dapat terjadi pada setiap tahap umur, tetapi hal ini merupakan masalah yang khusus pada lansia. Khususnya pada klien dengan imobilitas.Usia lanjut mempunyai potensi besar untuk terjadi dekubitus karena perubahan kulit berkaitan dengan bertambahnya usia antara lain:

Tipe terminal Terjadi pada klien yang akan meninggal dunia dan tidak akan sembuh. . Tipe Ulkus Dekubitus Berdasarkan waktu yang diperlukan untuk penyembuhan dari suatu ulkus dekubitus dan perbedaan temperatur dari ulkus dengan kulit sekitarnya. karena nyeri merupakan suatu tanda yang secara normal mendorong seseorang untuk bergerak. dekubitus dapat dibagi menjadi tiga. 2. air kemihatau tinja) bisa merusak permukaan kulit dan memungkinkan terbentuknya ulkus. Patofisiologi Terjadinya Ulkus Dekubitus Tekanan daerah pada kapiler berkisar antara 16 mmHg-33 mmHg. kerutan pada seprei atau sepatu yang bergesekan dengan kulit bisa menyebabkan cedera pada kulit. tetapi aliran darah dan pembuluh-pembuluh darah sebenarnya baik. Karena itu klien malnutrisi juga memiliki resiko tinggi menderita ulkus dekubitus. Gesekan dan kerusakan lainnya pada lapisan kulit paling luar bisa menyebabkan terbentuknya ulkus. Orang-orang yang tidak dapat bergerak (misalnya lumpuh. Keadaan ini menunjukkan gangguan aliran darah akibat penyakit pada pembuluh darah(arterisklerotik) ikut perperan untuk terjadinya dekubitus disamping faktor tekanan. Pemaparan oleh kelembaban dalam jangka panjang (karena berkeringat. 3. Orang-orang yang tidak mampu merasakan nyeri. diabetes) dan koma bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk merasakan nyeri. Kerusakan saraf (misalnya akibat cedera. 4.   Berkurangnya jaringan lemak subkutan Berkurangnya jaringan kolagen dan elastin Menurunnya efesiensi kolateral kapiler pada kulit sehingga kulit menjadi lebih tipis dan rapuh. bila tekanan padanya masih berkisar pada batas-batas tersebut. Ulkus ini terjadi karena iskemia jaringan setempat akibat tekanan. Kulit akan tetap utuh karena sirkulasi darah terjaga. Orang-orang yang mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) tidak memiliki lapisan lemak sebagai pelindung dan kulitnya tidak mengalami pemulihan sempurna karena kekurangan zat-zat gizi yang penting. stroke. Resiko tinggi terjadinya ulkus dekubitus ditemukan pada: 1.5oC dibandingkan kulit sekitarnya dan akan sembuh dalam perawatan sekitar 6 minggu. Baju yang terlalu besar atau terlalu kecil. sangat lemah. Tipe normal Mempunyai beda temperatur lebih kurang 2. ulkus ini diharapkan sembuh dalam 16 minggu. 1. Dengan perawatan. Tipe arterioskelerosis Mempunyai beda temperatur kurang dari 1oC antara daerah ulkus dengan kulit sekitarnya. dipasung) 2. 3.

dengan fiksasi kulit pada permukaan alas akan menyebabkan terjadinya lipatanlipatan kulit (skin folding). ada beberapa faktor mekanik tambahan yang dapat memudahkan terjadinya dekubitus.   Faktor teregangnya kulit misalnya gerakan meluncur ke bawah pada klien dengan posisi setengah berbaring Faktor terlipatnya kulit akibat gesekan badan yang sangat kurus dengan alas tempat tidur. vitamin (vitamin C) dan mineral (Zn) ditambahkan. Sebagai tambahan dari shering forces ini.Tetapi sebagai contoh bila seorang klien immobil/terpancang pada tempat tidurnya secara pasif dan berbaring diatas kasur busa maka tekanan daerah sakrum akan mencapai 60-70 mmHg dan daerah tumit mencapai 30-45 mmHg. . Sering kali hal ini dicegah dengan memberikan penghalang. Tindakan pencegahan dekubitus : 1. Ada kecenderungan dari tubuh untuk meluncur kebawah. Akibatnya terjadi garis-garis penekanan/peregangan pada jaringan subkutan yang sekan-akan tergunting pada tempat-tempat tertentu. Percobaan pada binatang didapatkan bahwa sumbatan total pada kapiler masih bersifat reversibel bila kurang dari 2 jam. Tenaga menggunting ini disebut Shering Forces. Semua ini dapat menyebabkan nekrosis jaringan akibat lebih terganggunya aliran darah kapiler. yang sekarang terfiksasi dari alas. Faktor teragangnya kulit akibat daya luncur antara tubuh dengan alas tempatnya berbaring akan menyebabkan terjadinya iskemia jaringan setempat. Selain faktor tekanan. Terutama terjadi pada klien yang kurus dengan kulit yang kendur. tetapi rangka tulang tetap cederung maju kedepan. Kerusakan endotil juga menyebabkan pembuluh darah mudah rusak bila terkena trauma. sehingga seakan-akan kulit “tertinggal” dari area tubuh lainnya. hipoalbuminemia dikoreksi. Lipatan-lipatan kulit yang terjadi ini dapat menarik/mengacaukan (distorsi) dan menutup pembuluh-pembuluh darah. Meningkatkan status kesehatan klien. coba mengatasi/mengobati penyakit-penyakit yang ada pada klien. penumpukan trombosit dan edema. dan akan terjadi penutupan arteriole dan arteri-arteri kecil akibat terlalu teregang bahkan sampai robek. khusus. Tekanan akan menimbulkan daerah iskemik dan bila berlanjut terjadi nokrosis jaringan kulit. Memperbaiki dan menjaga keadaan umum klien. masih harus diperhatikan terjadinya kerusakan endotil. pergerakan dari tubuh diatas alas tempatnya berbaring. Seorang yang terpaksa berbaring berminggu-minggu tidak akan mengalami dekubitus selama dapat mengganti posisi beberapa kali perjamnya. misalnya DM. Sebagai tambahan dari efek iskemia langsung dari faktor-faktor diatas. misalnya bantal kecil/balok kayu pada kedua telapak kaki. Upaya ini hanya akan mencegah pergerakan dari kulit. tetapi pada posisi setengah duduk. tidak dibaringkan terlentang mendatar. Keadaan ini terjadi bila klien immobil. misalnya anemia diatasi. apalagi keadaannya basah. nutrisi dan hidrasi yang cukup.

yang disebut decubitus. b. bantal-bantal kecil untuk menahan tubuh klien. perawatannya sendir harus baik dan dapat rusak) c. Diluar negeri sering digunakan kulit domba dengan bulu yang lembut dan tebal sebagai alas tubuh klien.yang biasa digunakan sebagai alas tidur. sekaligus membantu menyembuhkan luka atau borok. Bantuan balok penyangga kedua kaki. dapat dikurangi antara lain. misalnya. kasur dengan gelembung tekan udara yang naik turun. akibat berbaring lama. Kasur khusus untuk lebih membagi rata tekanan yang terjadi pada tubuh klien. Pasien yang terus menerus berbaring ditempat tidur biasanya akan mengalami luka lecet. dan kadang-kadang mengganggu istirahat klien bahkan menyakitkan. begitu sebaliknya. Kata anti disini . atau sudah memungkinkan untuk duduk dikursi. Bagitu tampak kulit yang hiperemis pada tubuh klien. (keberatan alat canggih ini adalah harganya mahal.maka diperlukan kasur tambahan khusus yaitu kasur anti decubitus yang diletakkan diatas kasur standar tempat tidur itu sendiri. Jadi maksud kasur anti decubitus menjadi : kasur yang digunakan untuk berbaring yang terbuat dari gelembung udara. kasur air yang temperatur airnya dapat diatur.2. Selain . Mengurangi/memeratakan faktor tekanan yang mengganggu aliran darah. Bed Decubitus (Kasur Anti Decubitus) Dari tindakan pencegahan decubitus di atas salah satu penggunaan yang efisien untuk pencegahan ulkus decubitus adalah Bed Decubitus. a. Alih posisi/alih baring/tidur selang seling. “kue donat” untuk tumit. yang berjarak di bgian sambungan masing-masing. Gelembung kasur akan mengempis pada bidang yang terytindih anggota tubuh. Dan yang dimaksud decubitus adalah borok atau luka. paling lama tiap dua jam. apakah ditidurkan rata pada tempat tidurnya. Kasur anti decubitus dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik bertenaga kecil. diterjemahkan sebagaipencegah. untuk memompa aliran udara keluar-masuk secara otomatis. contoh apabila pasien sedang miring ke kanan maka tekanan udara pada sisi kanan pasien akan turun sedangkan kasur yang tidak tertindih tetap gelembung. Kasur decubitus berbentuk gelombang-gelombang berisi tekanan udara yang memompa naik-turun menyesuaikan bidang tubuh. Bed Decubitus adalah kasur atau matras. Untuk mencegah terjadinya decubitus. berat maupun posisi pasien yang berbaring diatasnya.    Menjaga posisi klien. Luka lecet akibat tekanan anggota tubuh terhadap permukaan tempat tidur. sebab sekali terjadi kerusakan jaringan upaya penyembuhan akan lebih rumit. semua usaha-usaha diatas dilakukan dengan lebih cermat untuk memperbaiki iskemia yang terjadi. Keburukan pada cara ini adalah ketergantungan pada tenaga perawat yang kadang-kadang sudah sangat kurang. Regangan kulit dan lipatan kulit yang menyebabkan sirkulasi darah setempat terganggu. khususnya pada tempat-tempat yang sering terjadi dekubitus.

baik yang sedang dirawat. Untuk menggososk punggung bisa juga menggunakan crem atau lotion ringan yang tidak mengandung alkohol . Kasur anti decubitus bersifat mencegah. koma. Mesin kompresor hidup 24 jm non stop.itu untuk mencegah decubitus maupun kekakuan otot pada anggota tubuh. diperlukan gerakan terapi sederhana seperti memiringkan tubuh pasien kekiri dan kekanan atau gerakan menggosok punggung. tetapi dari gangguan penyakit yang dirasakan. . bahkan bagi orang yang sehat sekalipun.  Kasur cukup dilap hingga kering. TIPS PERAWATAN KASUR DECUBITUS  Pompa udara dinyalakan terlebih dahulu hingga tekan kasur penuh merata sebelum pasien dibaringkan. CARA PEMAKAIAN KASUR ANTI DECUBITUS Cara penggunaanyan dengan memasang 2set selang in dan out. Fungsi anti decubitus adalah mencegah terjadinya borok atau luka dibagian tubuh pasien yang berbarin g lama dan tidak digerak-gerakan. dan lain-lain. juga dapat promotif dari kesehatan orang yang bersangkutan. jika terkena keringat / cairan.  Agar mesin pompa udara terawat baik & bekerja optimal disarankan secara berkala dimatikan saat pasien tidak berbaring diatasnya. mengobati atau kuratif . nyalakn kompresor angim dan tekanan udaranya sesuai kebutuhan. Biasanya bagi pasien stroke.disesuaikan dengan kesehatan atau kondisi klien. melalui penekanan syaraf tulang belakang. CONTOH KASUR ANTI DECUBITUS MANFAAT KASUR ANTI DECUBITUS Kasur anti decubitus bermanfaat untuk membantu menyembuhkan. bukan hanya borok atau lukanya.  Untuk menjaga tegangan arus listrik sekaligus agar kinerja mesin pompa udara awet disarankan memakai stabilizer listrik.

Ini selimut biasanya bekerja pada 24 volt bukan 110/240 volt. lebih efisien dan lebih nyaman. Selimut listrik biasanya memiliki unit kontrol yang menyesuaikan jumlah panas yangmenghasilkan selimut. Isi [hide]         1 Sejarah 2 Cara 3 selimut listrik modern 4 Keselamatan keprihatinan 5 Budaya populer 6 Lihat juga 7 Referensi 8 Pranala luar [ sunting ]Sejarah . Selimut listrik modern memiliki kabel serat karbon. mereka diiklankan sebagai alternatif yang lebih aman. selimut listrikbiasanya mengacu pada listrik pad kasur . yang ditempatkan di bawah tempat tidur lembar bawah. Oleh karena itu. Selimut listrik dapat digunakan untuk pra-panas tempat tidur sebelum digunakan atau untuk menjaga penghuni hangat saat di tempat tidur. Selimut untuk tempat tidur berukuran besar sering memiliki kontrol terpisah untuk setiap sisi tempat tidur.BLANKET ELECTRIC Selimut listrik Dari Wikipedia. Di Inggris dan Persemakmuran. ensiklopedia bebas Selimut listrik Di AS selimut listrik adalah selimut dengan terintegrasi pemanas listrik perangkat biasanya ditempatkan di atas bagian atas sprei .

Publikasi pertama yang tercatat dari unit tersebut adalah pada tahun 1930 oleh Samson United Corporation. penderita diabetes. yang lain mengklaim itu kemudian di 1937 yang 'overblankets' listrik.000 kebakaran per tahun disebabkan oleh selimut listrik rusak. yang terletak di atas orang yang tidur. diperkenalkan di Amerika Serikat. Selimut dapat dibeli dengan rheostat yang mengatur panas dengan mengelola panas tubuh dan suhu selimut. yang 99% diyakini telah disebabkan oleh selimut 10 tahun atau lebih. dan penghuni tidur. Kabel serat karbon juga digunakan sebagai elemen pemanas di banyak high-end kursi mobil dipanaskan. Selimut tua dianggap bahaya kebakaran.[ rujukan? ] Selimut listrik juga menimbulkan risiko bakar bagi mereka yang tidak bisa merasakan sakit atau tidak mampu bereaksi. Kabel ini adalah jauh lebih besar dan mencolok dari kabel pemanasan lebih tua. mengelola jumlah arus masuk ke elemen panas dalam selimut. Unit yang lebih tua (sebelum sekitar tahun 2001) mungkin tidak memiliki mekanisme menutup-off dan pengguna menjalankan risiko overheating. [ rujukan? ] [ sunting ]Budaya populer Sebuah selimut kartun listrik dengan kontrol suhu listrik yang bertindak sebagai wajah antropomorfik bernama "Blanky" digambarkan dalam film 1987 The Toaster Kecil Berani . kelimpahan mudah terbakar seprai materi. [ sunting ]Keamanan keprihatinan Karena kombinasi dari panas. listrik. Bentuk paling awal dari selimut listrik adalah 'underblanket' di bawah tempat tidur yang tertutup dan dipanaskan dari bawah. Selimut tua atau rusak menjadi perhatian. penggunaan selimut listrik menjadi perhatian untuk memecat pejabat keamanan internasional. Baru selimut listrik bekerja pada tegangan rendah dari 24 volt dan memiliki mekanisme penutup untuk mencegah selimut kepanasan atau terbakar. . [1] Namun. Ada beberapa perselisihan tentang kapan overblankets listrik pertama diperkenalkan. Russell. memastikan pengalaman yang nyaman.Selimut listrik pertama diciptakan pada tahun 1912 oleh dokter Amerika Sidney I. Individu yang termasuk dalam kelompok ini adalah anak-anak kecil. [2] [ sunting ]Metode Seperti bantal pemanas. [ sunting ]selimut listrik modern Beberapa selimut listrik yang lebih modern menggunakan kabel serat karbon untuk memanaskan pengguna. Di Inggris . dan orang tua. selimut listrik menggunakan kabel berisolasi atau elemen pemanas dimasukkan ke dalam kain yang memanaskan ketika dicolokkan masuk Unit kontrol suhu. diperkirakan bahwa 5. terletak antara selimut dan outlet listrik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->