Dasar - Dasar Adobe illustrator (Final Mix) Publish: 29 Juni 2010 | Author & Copyright: Damar Sasongko Ae | Status: FREE

tutorial Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya berkenalan dengan dasar-sasar vector dan Adobe illustrator, apa itu vector? berikut penjelasannya: vector: adalah sekumpulan titik dan garis yang saling terhubung yang merupakan perpaduan dari warna2 sehingga membentuk sebuah objek. intinya: gambar vector merupakan kumpulan curva-curva warna yang disusun sedemikian rupa, sehingga menghasilkan sebuah bentuk objek. Software yang biasa digunakan (berbasic vector) untuk membuat vector image: Adobe Illustrator Corel Draw Macromedia Flash 3D max Free Hand, dsb. Karena saya biasa menggunakan Adobe illustrator CS-2, maka disini akan dijelaskan sedikit pengetahuan saya tentang adobe illustrator CS-2. Pengenalan Adobe Illustrator CS-2 Sebelum memulai proses kerja pada Adobe Illustrator CS-2, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengenal siapa dan bagaimana Adobe Illustrator  itu. Area kerja Adobe Illustrator CS-2 pada dasarnya terdiri atas beberapa komponen antara lain:

Klick Image to Zoom

Menu berisi kontrol untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, menyimpan file, dan sebagainya sesuai dengan menu yang ditampilkan. Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat untuk membuat obyek. Toolbox berisi menu untuk membuat atau menggambar bentuk, memberi pewarnaan, dsb. Palete Color berisi warna-warna yang dipakai dalam pewarnaan objek di dalam Adobe Illustrator CS2. Objek Properties berisi tentang informasi objek antara lain koordinat objek, rotation, fill, stroke, width, height, dsb. Layer Properties berisi layer-layer dimana objek berada (sama seperti di Potoshop). Pathfinder berfungsi untuk triming objek, menggabungkan 2 objek menjadi 1 bangun, dll. Mengenal fungsi-fungsi tools dalam illustrator:

Selection tool : untuk seleksi objek, memindah, memperbesar ukuran, dsb. Direct Selection tool : untuk editing bentuk bidang yang sudah jadi. Magic wand tool : seleksi warna seperti pada potoshop Lasso tool : seleksi objek seperti pada potoshop Pen tool : membuat bentuk objek (curva) sesuai dengan keinginan kita. Type tool : mengetikkan huruf Line segment tool : menggambar garis Rectangle tool : menggambar bidang persegi, jika ingin memunculkan bentuk bidang yg lain maka press rectangle tool agak lama, maka akan muncul pilihan bentuk bidang yg lain seperti oval, polygon, dsb. Paint brush  tool : menggambar garis secara bebas seperti pada Microsoft paint. Pencil tool : hampir sama dengan paint brush tool.

Semoga bermanfaat .Tool-tool di atas ini fungsinya hampir sama dengan tool pada potoshop Demikian penjelasan tentang tool dan dasar illustrator Setelah ini kita akan membuat project vector image Selamat belajar Tutorial Illustrator di ilmuGrafis Terima kasih.

Project Vector Image Publish: 6 Juli 2010 | Author & Copyright: Damar Sasongko Ae | Status: FREE tutorial Seteleh mengenal tool-tool dalam adobe illustrator. Duplicate layer foto menjadi 2 3. maka akan muncul dialog box seperti gambar dibawah ini: .. Buka foto / file image dengan adobe illustrator : 2. Buat trace foto (layer 1 copy) dengan live trace Caranya: pada menu utama klik: Object >> Live Trace >> Tracing Options. Langkah2nya adalah sbb: 1. selanjutnya kita masuk ke project pembuatan vector image..

Maka akan diperoleh gambar sebagai berikut: Kemudian set transparency layer 1 copy seperti pada gambar di bawah ini: Cara mengesetnya adalah dengan merubah persentase dari Opacity 100% ke sesuai kebutuhan . Kemudian tekan button Trace 4.Seting properties seperti tampak pada gambar diatas.

semisal anggota badan jadikan 1 warna seperti tampak pada gambar dibawah ini: . Kemudian create new layer. Gambar image menurut warna pada layer ke 3.Catatan: opacity tergantung pada source image. 5. maka akan didapatkan susunan layer seperti pada gambar dibawah ini: Setelah itu proses selanjutnya adalah menggambar ulang image dengan menggunakan pen tool. jika source image terlalu terang maka opacity dikurangi hingga menghasilkan pencahayaan yang proporsional. setelah itu kunci 2 layer terbawah.

Pen Tool. Trace Tangan dan Wajah Gambar seluruh foto/image dengan menggunakan pen tool menurut dengan perbedan warna pada foto/image. gambar dengan path tersendiri seperti tampak pada gambar di bawah ini: . rambut. Opacity 59. alis. dsb. semisal pada objek mata.

maka akan didapatkan gambar seperti di bawah ini: Beberapa skin color dalam vector yang sering saya pakai: RGB mode: . Setelah seluruh objek telah tergambar ulang dengan pen tool. kemudian warnai dengan palete color.6.

Semoga bermanfaat .fde0c2 dengan toleransi warna tergelap > cf936a fee1cf dengan toleransi warna tergelap > c4947c f8d2bf dengan toleransi warna tergelap > ac7c69 f0d3bd dengan toleransi warna tergelap > 9a6b51 fbdcbd dengan toleransi warna tergelap > 845449 CMYK mode: edcfb6 dengan toleransi warna tergelap > ac8066 efd2bd dengan toleransi warna tergelap > 986a50 feddcb dengan toleransi warna tergelap > c2927b f6dacc dengan toleransi warna tergelap > 9a6b51 ffe5c9 dengan toleransi warna tergelap > 835449 Vector Image Selamat belajar Tutorial Illustrator di ilmuGrafis Terima kasih.

Akan dicontohkan seperti gambar di bawah ini: 2. Setelah object (path) jadi. Kegunaannya adalah untuk menghasilkan sebuah gradasi dalam vector image. kemudian pilih mesh tool. Berikut ini akan di tunjukkan cara penggunaan mesh tool: 1.Bekerja Dengan Mesh Tool Publish: 03 Agustus 2010 | Author & Copyright: Damar Sasongko Ae | Status: FREE tutorial Yang tak sering dipakai namun penting dalam pembuatan vector guratan di Adobe Illustrator adalah Mesh tool. Pertama-tama buatlah sebuah bentuk path (bebas sesuai bentuk yang diinginkan). kemudian klik mesh tool beberapa kali pada object sehingga menghasilkan titik-titik dan garis bantu seperti tampak pada gambar di bawah ini: .

kemudian klik pada titik-titik pertemuan garis-garis yang ingin di gradient. Setelah terbentuk titik-titik dan garis-garis seperti gambar di atas proses selanjutnya adalah pewarnaan.3. setelah titik-titik yang ingin di gradient terseleksi kemudian pilih warna yang lebih gelap atau yang lebih terang dari warna dasar objek yaitu dengan menggunakan palete color yang telah disediakan dalam Ai sehingga menghasilkan gradient yang diinginkan. Untuk mewarnai dan meng-edit direksi dari garis-garis gunakan Direct Selection Tool. akan ditunjukkan dalam gambar di bawah ini: Setelah itu akan tampak hasil seperti gambar di bawah ini: .

Semoga bermanfaat .Mesh Tool di Adobe Illustrator Di Tutorial berikutnya kita akan mengaplikasikah tehnik mesh tool dalam illustrasi daun Selamat belajar Tutorial Illustrator di ilmuGrafis Terima kasih.

Langkahnya: 1. Langkah . lalu warnai 2.Illustrasi Daun Gaya Mesh Tool Publish: 05 Agustus 2010 | Author & Copyright: Damar Sasongko Ae | Status: FREE tutorial Pada tutorial yang sebelumnya kita telah belajar cara penggunaan mesh tool nah sekarang saatnya kita belajar mengaplikasikan tehnik mesh tool dalam membuat suatu gambar Daun di Adobe Illustratorsehingga daun tampak alami dan warnanya menarik. Seleksi pada seluruh pinggir titik .titik mesh dengan menggunakan Direct Selection Tools (A) . Kita harus membuat object dengan menggunakan Pen Tool . tekanshift untuk menyeleksi . Buat garis .garis mesh (jika anda telah mempelajari tutorial mesh tool di tutorial sebelumnya maka pengaplikasiannya sama saja) 3.

titik yang di pinggir kemudian pilih warna dengan pallete color untuk menghasilkan efek gradasi mesh 4.Setelah terseleksi semua titik . Berikutnya membuat urat daun . Buatlah tulang daun dengan Pen Tool 5.

Kemudian bikin gambar tangkai dengan Pen Tool . untuk warna bikin gradient / Gradasi gambar bidang dengan menggunakan Pen Tool . untuk warna pilih warna agak tua dari warna dasar daun (blending : multiply dan opacity: 16%) .6. Perbanyak Copy paste urat daun yang telah dibuat hingga seperti ini 7.

... ^_^ . eh Setangkai daun..Letakkan di tengah daun untuk menambah kesan gradasi maka tambahkan bidang lagi sebagai berikut Pilih warna putih (blending Softlight dan atur opacitynya 17%) dan Jadilah setangkai bunga.

Semoga bermanfaat .Kurang lebih seperti ini : Illustrasi Daun di Adobe Illustrator Selamat belajar Tutorial Illustrator di ilmuGrafis Terima kasih.

sulitkah membuatnya? apa saja yang bisa dihasilkan? mari kita coba. disini adalah contohnya: download gambar Dapatkah illustrator membuatnya? Jawabnya DAPAT dan MUDAH Ini langkah . baliho. maupun majalah..Gelembung Lingkaran Publish: 29 Juni 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial Belakangan ini saya sering melihat di media masa baik itu pamflet. Ok. televisi..Bagiannya: Sebagai referensi anda bisa mempelajari ini Tracing Foto Luna Maya .All Program . koran. Mereka menggunakan Ilustrasi gelembung . kecuali radio ya.Adobe Illustrator 2.Membuat Robot dari Gelembung . Copy dan Paste Gambar Tersebut pada Adobe Illustrator Mulai Tracing Bagian .Langkahnya: 1. Buka Program Adobe ILLUSTRATOR Start .gelembung lingkaran.

67 dan Y=88.51) untuk Gradien 2 (C=86. . Buat LAYER baru dan Masuk ke Outline Mode Untuk gradien bisa menggunakan pengaturan ini: Gradien 1 (C=34.3.63) Kemudian sekarang mulai dari tracing lingkaran dengan menggunakan Elipse Tool atau tekan L Gunakan Zoom Mode dan Multiply Terus Buat lingkaran demi lingkaran..9 dan Y=54..

Hosh.. Sekaligus menyenangkan. Untuk mempercepat maka bisa mengcopy dari lingkaran yang telah kita buat Hosh...P Mendesain memang melelahkan......Horay jadi 1 (jangan senang dulu. Masih banyak Loh. . . ... Hosh.) 4. Hosh....

. . disini saya berkreasi dengan Copy .Nah kalo sudah jadi seperti di atas tinggal copy dan paste saja. Rotationdan Transform Dan Gunakan Stroke 0 px atau bisa dibuat robot dengan imajinasi anda sendiri...Paste.. dan nantinya hasil tersebut terserah pada anda...

. Ajeb... .. Robot Design hehehe..Contoh: Mantab. Ajeb.... Nih... Ajeb.. Ajeb.

Gunakan Type tool. Tinggal Warnai bagian paling tepi dengan color Swatches .Effect >Warp > Arc Gunakan pengaturan ini: 2. Kemudian Effect > 3D > Extrude & Bevel Gunakan pengaturan ini: Set Extrude Deph: 20 pt. Kemudian ke Menu Utama -.. Kemudian Object > Expand Appearance untuk membuang semua effek setelah itu ungroup sampai 5 X (Object > Ungroup atau tekan Ctrl+Shift+G) 4. Tulis dalam lembar kerja "3D Tutorial ". dan jangan lupa centang Preview 3.Efek Teks 3 D illustrator Publish: 26 Mei 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial Bagaimana cara membuat efek 3 Dimensi pada adobe illustrator? silahkan anda pelajari tutorial ini.. 1.

kupu Hasilnya: Kupu .kupu Atau Api unggun . Tambahkan assessories supaya kelihatan lebih menarik seperti api atau kupu .5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful