3.

Membuat Program Kamus

3.1 Ilustration
Program kamus berfungsi sebagaimana kamus pada umumnya, yaitu untuk menerjemahkan arti dari suatu kata dalam suatu bahasa tertentu ke dalam bahasa lain. Namun, jika dibandingkan dengan kamus yang sesungguhnya maka program ini jauh lebih mudah dan efisien digunakan. Sebab untuk mencari suatu kata, tidak perlu susah-susah membalik-balik halaman, cukup dengan mengetikkan kata tersebut, maka kata yang dimaksud akan segera muncul beserta artinya. Program semacam ini, bisa anda dapatkan dengan mudah di internet dalam berbagai bahasa di dunia. Di bawah ini salah satu contoh software atau program kamus Indonesia-Inggris yang dibuat oleh William D. Powell, dengan nama Ahli Bahasa (linguist).

Gambar 3.1 Interface software Ahli Bahasa

kamus bahasa daerah. sebab yang diperlukan hanyalah logika yang benar. jika sudah ditemukan maka posisi urutan dari kata tersebut akan dicatat.2 Screenshoot Gambar 3. kamus iptek dsb. sebab memang tidaklah terlalu sulit. begitu seterusnya. Saya akan menjelaskan tentang logika program ini. Anda bisa membuat kamus kata-kata pribadi. Sebenarnya ide dasar dari program ini sangatlah sederhana. kemudian untuk mengetahui arti .3 Logical Untuk membuat program ini. Ketika kita mencari arti dari suatu kata maka kata yang dicari dibandingkan dengan data pertama. Isi dari kamus pun bisa sesuai dengan keinginan Anda. artinya kata pertama pada data pertama harus merupakan arti dari kata pertama pada data yang kedua.2 Tampilan Interface program yang akan kita buat 3. kita tidak menggunakan metode searching atau metode pencarian yang canggih. Anda pun sebenarnya bisa membuat program semacam ini. mula-mula kita mempunyai dua buah data yang masing-masing berisi kata-kata dalam bahasa yang berbeda namun dengan urutan yang sama. misalnya. 3.Dengan bahasa pemrograman Delphi.

3. juga untuk menunjukkan kepada Anda tentang cara mengakses file bertipe teks dengan menggunakan Delphi. sebab disamping karena program yang akan kita buat cukup sederhana. pertama yang harus dilakukan sebelum kita membuat programnnya adalah membuat database kamus. merancang interface program.katanya maka program akan menampilkan kata yang berasal dari data kedua pada posisi urutan yang sama dengan kata yang dicari.3 Contoh data kamus yang belum diurutkan . 3. Sehingga kata pada kolom pertama baris pertama mempunyai arti yang sama dengan kolom kedua baris pertama.1 Membuat database kamus Sebagaimana yang dijelaskan di atas. namun dengan bahasa yang berbeda. kalau di sini penulis menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Untuk mempermudah pembuatannya maka tutorial ini kita bagi menjadi empat tahap. kita akan membuat program kamus Indonesia – Jawa. kolom pertama diisi kata-kata dalam bahasa Indonesia sedangkan kolom kedua diisi dengan kata-kata bahasa Jawa yang saling bersesuaian. Sebagai contoh. Gambar 3. Untuk membuat database kamus memang sengaja tidak menggunakan database desktop. yaitu : membuat database kamus. Untuk lebih jelasnya ikuti tutorial dibawah ini. Database kamus merupakan kumpulan kata-kata dalam dua bahasa. dst.4 Tutorial Saya akan menjelaskan tentang langkah-langkah pembuatan program kamus. Jadi data tersebut terdiri dari dua kolom.4. memasukkan kode program mengkompilasi.

Data kamus yang disorot 2. Maka hasilnya. Disini penulis menggunakan software Ms Excel. Pengurutan ini dibagi menjadi dua kelompok.5 Tool Sort Ascending 3. klik sort ascending atau bisa juga pada menu bar pilih Data | sort. yaitu :. Untuk mempermudah pengurutannya. . Gambar 3.Jawa Untuk bagian ini. Indonesia) urut sesuai abjad sedangkan kolom kedua menyesuaikan dengan kolom pertama sehingga tidak merubah arti. Gambar 3. a.4. hanya kata-kata bahasa Indonesia saja yang diurutkan sesuai abjad sedangkan untuk kata-kata bahasa jawa menyesuaikan berdasarkan arti. Sorot (blok) kolom pertama baris pertama (karena yang akan diurutkan adalah kolom pertama) hingga kolom kedua baris terakhir. Pada toolbar Ms Excel.Data kamus tersebut kemudian diurutkan sesuai abjad. Langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Anda bisa mempergunakan software yang menangani spreadsheet. Indonesia . kata-kata pada kolom pertama (B.

Start | All Programs | Accessoris | Notepad. Setelah data diurutkan maka langkah selanjutnya adalah menyimpan masing masing kolom data kedalam file yang berbeda. hanya kata-kata bahasa Jawa saja yang diurutkan sesuai abjad sedangkan untuk kata-kata bahasa Indonesia menyesuaikan berdasarkan arti. b.txt” (tanpa tanda petik). lalu save file tersebut dengan nama “Indonesia1. Caranya. Kemudian pastekan data kamus pada kolom pertama tersebut ke dalam notepad. Indonesia).Gambar 3. Jawa – Indonesia Untuk bagian ini. 6. Gambar 3. lalu pada menu bar pilih Edit | Copy atau tekan Ctrl+C. 5. Jawa) dengan nama file “Jawa1.7 Data kamus yang disorot . Langkah-langkah untuk mengurutkannya jika menggunakan Ms Excel adalah sebagai berikut : 1. Dengan cara yang hampir sama dengan langkah 4 dan 5.6 Data setelah diurutkan 4.txt”. Sorot (blok) kolom kedua baris pertama (karena yang akan diurutkan adalah kolom kedua) hingga kolom pertama baris terakhir. sorot data pada kolom pertama saja (B. simpanlah kolom kedua (B. Buka program notepad windows.

txt”. Jawa) urut sesuai abjad sedangkan kolom pertama menyesuaikan dengan kolom kedua sehingga tidak merubah arti. 3. Kemudian rancanglah interface program kira-kira seperti berikut ini : . lalu pada menu bar pilih Edit | Copy atau tekan Ctrl+C. Jawa) dengan nama file “Jawa2. Maka hasilnya. seperti biasa buka Delphi Anda. simpanlah kolom kedua (B.2.8 Data kamus yang telah diurutkan 4. Baiklah. kata-kata pada kolom kedua (B.4. lalu save file tersebut dengan nama “Indonesia2. Caranya. Gambar 3. Kemudian pastekan data kamus pada kolom pertama tersebut ke dalam notepad. Dengan cara yang hampir sama dengan langkah 4 dan 5.txt”.2 Merancang interface program Setelah selesai membuat database kamus. 5. klik sort ascending atau bisa juga pada menu bar pilih Data | sort 3. maka langkah selanjutnya adalah merancang interface atau tampilan program. Indonesia). Setelah data diurutkan maka langkah selanjutnya adalah menyimpan masing masing kolom data kedalam file yang berbeda. sorot data pada kolom pertama saja (B. Pada toolbar Ms Excel. 6. untuk memulai proyek baru.

ubah nilai property-nya pada panel object inspector. Pada Component palette | tab Standard. Fungsinya untuk mempercantik tampilan program. masukkan komponen bernama StatusBar ke dalam form1. sebagai berikut : .9 Rancangan interface program Berikut ini langkah-langkahnya : Klik form1.Gambar 3. masukkan panel1 ke dalam form1. sebagai berikut : Property Nilai Keterangan BorderStyle Caption Color Font BsSingle HSC ClMoneyGreen Size :14 Style : Bold Color : Navy Font : Courier New Agar ukuran form tidak dapat diubah-ubah Judul dari form yang akan diletakkan pada titlebar Warna dasar form Ukuran huruf Tipe huruf Warna huruf Jenis huruf Pada Component palette | tab Win32. ubah nilai property-nya pada panel object inspector.

masukkan komponenkomponen berikut ini : Komponen Label1 Label2 Label3 Label4 Radiobutton1 Radiobutton2 Combobox1 Combobox2 Property Caption Caption Caption Caption Caption Caption Style Height Width Style Height Width Nilai Tipe Kamus Ketikkan kata Arti kata >>> Indonesia --> Jawa Jawa --> Indonesia CsSimple 250 200 CsSimple 250 200 Aturlah posisi dari komponen-komponen tersebut sesuai gambar 3.4.Property Align Caption Color Nilai alTop HSC JAVA DICTIONARY ClSkyBlue Keterangan Agar posisi panel berada di atas Judul panel Warna dasar panel Masih pada Component palette | tab Standard. pilih onCreate kemudian klik dua kali kolom sebelah kanan onCreate sehingga muncul kode editor seperti gambar berikut : . 3.3 Memasukkan kode program Setelah merancang interface.9. langkah selanjutnya adalah memasukkan kode program. pada panel object inspector | tab event. atau sesuai keinginan Anda. Berikut ini langkah-langkahnya : 1. Klik form1.

sehingga kode lengkap untuk event onCreate menjadi seperti berikut : procedure TForm1. Prosedur tersebut digunakan untuk menentukan kondisi awal dari program.LoadFromFile('Jawa1.10 Jendela kode editor Masukkan kode program berikut pada jendela kode editor.text' ke dalam komponen combobox2} end. {merefresh combobox1} combobox2.Items.Items.txt').Gambar 3.LoadFromFile('Indonesia1. radiobutton1.txt'). sebagai contoh : . begin combobox1. combobox1. Agar tidak terjadi error terutama saat pemanggilan file database maka sebaiknya simpan atau letakkan file-file database kamus yang telah dibuat di atas. Event onCreate artinya kode program tersebut akan dieksekusi pada saat form1 di-create atau diciptakan. Namun jika Anda ingin meletakkan database tersebut di direktori lain maka direktorinya harus ditulis lengkap.Clear.Clear. pada direktori yang sama dengan program ini.text' ke dalam komponen combobox1} combobox2. {memasukkan data pada file 'Indonesia1.FormCreate(Sender: TObject). {memasukkan data pada file 'Jawa1.Checked :=true.

Pada form1. {memasukkan data pada file 'Indonesia1. begin combobox1. {memasukkan data pada file 'Jawa1. 4.Items. sehingga kode lengkap untuk event onClick menjadi seperti berikut : procedure TForm1. double klik komponen radiobutton2. Masukkan kode programnya.LoadFromFile(‘D:\Latihan\Jawa1.text' ke dalam komponen combobox1} combobox2.txt').LoadFromFile('Jawa1.Items. 3.LoadFromFile('Indonesia1. 2.RadioButton1Click(Sender: TObject).txt'). pilih event onClick.txt').txt’). Kemudian masukkan kode program di bawah ini. begin combobox1. sehingga akan memunculkan procedure onClick untuk komponen tersebut.Combobox2. Kemudian masukkan kode program di bawah ini. klik komponen combobox1. kemudian klik dua kali kolom sebelah kanan onClick sehingga akan memunculkan kode editor dengan procedure onClick untuk komponen tersebut. sehingga kode lengkap untuk event onClick menjadi seperti berikut : procedure TForm1. sehingga kode lengkap untuk event onClick menjadi seperti berikut : procedure TForm1. begin .text' ke dalam komponen combobox2} end. {memasukkan data pada file ' Indonesia2.Items.LoadFromFile('Jawa2. {memasukkan data pada file 'Jawa2. lalu pada jendela object inspector | tab event.text' ke dalam komponen combobox2} end. sehingga akan memunculkan procedure onClick untuk komponen tersebut.ComboBox1Click(Sender: TObject).txt'). Pada form1. double klik komponen radiobutton1.Items. Pada form1.text' ke dalam komponen combobox1} combobox2.RadioButton1Click(Sender: TObject).Items.LoadFromFile('Indonesia2.

{ketika kotak edit teks pada komponen combobox1 mengalami perubahan. jika sesuai maka berarti Anda telah benar-benar berhasil. Oleh karena itu. File | Save All. ujilah program kamus Anda dengan mengetikkan suatu kata pada combobox1. kemudian klik dua kali kolom sebelah kanan onChange sehingga akan memunculkan kode editor dengan procedure onChange untuk komponen tersebut. maka tahap terakhir adalah mengkompilasi program. {Indeks dari combobox2 sama dengan indeks pada combobox1} end. 3. namun jika menyimpang maka cek kembali dalam penulisan kode programnya Setelah program dijalankan.Text.ComboBox1Change(Sender: TObject). maka program akan menjalankan instruksi di bawah ini} begin if combobox1.4. pilih event onChange.4 Mengkompilasi program Setelah ketiga tahapan di atas selesai dilakukan.exe tersebut.ItemIndex <> combobox2.ItemIndex:=combobox1. (application) pada direktori yang sama dengan file proyek Delphi yang lain. Langkah selanjutnya adalah menjalankan program yaitu klik Run | Run atau tekan F9. {jika indeks dari combobox1 tidak sama dengan indeks pada combobox2 maka teks dari combobox2 akan sama dengan teks pada combobox1} end. Anda tinggal meng-klik dua kali file *. Jika berhasil.Text:=combobox1. tanpa perlu masuk lagi ke Delphi. dan program kamus Anda sudah siap digunakan. Masukkan kode programnya. 5. untuk menjalankan program kamus. Pertama. Pada form1. simpan semua proyek Anda.ItemIndex then combobox2. sehingga kode lengkap untuk event onChange menjadi seperti berikut : procedure TForm1.ItemIndex. maka Delphi akan secara otomatis membuat file *. Selesai. Kemudian pastikan file-file database kamus berada pada direktori yang sesuai dengan program Anda.exe.combobox2. lalu pada jendela object inspector | tab event. klik komponen combobox1. .

Dialogs. ExtCtrls. Forms. type TForm1 = class(TForm) Panel1: TPanel.5 Complete Source code Agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan sintak atau kode programnya. Label2: TLabel.3. Messages. RadioButton2: TRadioButton. procedure ComboBox1Change(Sender: TObject).dfm} . procedure FormCreate(Sender: TObject). Grids. tanpa disertai komentar program. Variants. Classes. var Form1: TForm1. Label3: TLabel. ComCtrls. unit Unit1. Label1: TLabel. SysUtils. di bawah ini listing program kamus secara lengkap pada unit1. procedure RadioButton2Click(Sender: TObject). private { Private declarations } public { Public declarations } end. Graphics. RadioButton1: TRadioButton. interface uses Windows. ComboBox1: TComboBox. Label4: TLabel. Controls. StatusBar1: TStatusBar. StdCtrls. procedure RadioButton1Click(Sender: TObject). procedure ComboBox1Click(Sender: TObject). implementation {$R *. ComboBox2: TComboBox.

Text:=combobox1. end.txt').ItemIndex then combobox2. procedure TForm1.LoadFromFile('Jawa1.Clear. combobox2.Items.LoadFromFile('Jawa1. radiobutton1.txt').ComboBox1Change(Sender: TObject).FormCreate(Sender: TObject).LoadFromFile('Indonesia1. procedure TForm1.ItemIndex. procedure TForm1. end.LoadFromFile('Indonesia1. begin combobox2. combobox2. combobox1.ItemIndex:=combobox1. end.Clear. begin combobox1.Items.txt').Checked :=true.procedure TForm1.Items.txt'). end.Items.RadioButton2Click(Sender: TObject).txt'). {merefresh combobox1} combobox2.RadioButton1Click(Sender: TObject).ItemIndex <> combobox2.Items.ComboBox1Click(Sender: TObject).Text. begin combobox1.LoadFromFile('Indonesia2. begin combobox1. procedure TForm1. end.LoadFromFile('Jawa2. end.Items. .txt'). begin if combobox1. combobox2.