P. 1
BAB IV

BAB IV

|Views: 3|Likes:
mikrodas
mikrodas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yasinta Dwi Kharisma on Mar 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2014

pdf

text

original

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN HASIL Tabel 1.

Nama Alat dan Spesifikasi No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 Nama Alat Labu Erlenmeyer Gelas Beker Gelas Ukur Pipet Ukur Tabung Reaksi dan Rak Tabung Reaksi Cawan Petri Kaca Benda dan Kaca Penutup Kaca Pengaduk Jarum Inokulasi (Jarum Ose) Staining Jar Autoklaf Oven Hot Plate Stirer Inkubator Ent-kas Magnetic Stirer Kulkas Laminar Air Flow Sentrifuge Neraca Colony Counter Mikroskop Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat gelas Alat preparasi Alat preparasi Alat preparasi Alat preparasi Alat preparasi Alat preparasi Alat preparasi Alat preparasi Alat bantu hitung Alat bantu hitung Alat bantu penglihatan Spesifikasi

PEMBAHASAN Alat-alat yang tersebut di atas merupakan hasil dari praktikum Mikrobiologi Dasar tentang pengenalan alat. Laboratorium Mikrobiologi Dasar mempunyai berbagai macam peralatan yang dikelompokkan ke dalam empat jenis, yaitu alat-alat gelas, alat

Tersedia dalam berbagai macam ukuran. 50 ml. di antaranya 1 ml. c. Terdapat beberapa ukuran yaitu 10 ml. b. 100 ml. Alat ini berfungsi untuk menyimpan sisa larutan yang digunakan dalam praktikum mikrobiologi. Digunakan untuk mengukur larutan yang memerlukan ketelitian tinggi.preparasi. selain itu juga berfungsi untuk menampung filtrate hasil penyaringan dan digunakan untuk kultivasi mikrobia. Gelas Beker Gelas beker merupakan gelas tinggi berdiameter besar dengan skala pada sepanjang dindingnya. cara penggunaannya yaitu cairan atau larutan di sedot dengan pipet ukur dengan bantuan filler sesuai dengan volume yang diinginkan. Labu Erlenmeyer Labu Erlenmeyer merupakan gelas yang semakin ke atas diameternya semakin kecil. Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga pada suhu 200° C. Pipet Ukur Pipet ukur adalah alat yang digunakan untuk mengambil cairan dalam jumlah tertentu atau yang telah ditentukan. Untuk lebih jelasnya mengenai alat-alat tersebut akan dijelaskan pada paparan di bawah ini 1. Alat praktikum ini berfungsi untuk mengukur volume yang tidak dapat juga memerlukan ketelitian tinggi. dan 10 ml. dan untuk menampung zat kimia. alat bantu penglihatan. Mempunyai ukuran mulai dari 10 ml sampai 2 l. hingga 2 l. dan alat bantu hitung. hingga 2 l. Memiliki berbagai macam ukuran mulai dari 50 ml. memanaskan cairan. Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan terhadap panas. . Gelas Ukur Gelas ukur merupakan gelas tinggi dengan skala berada di sepanjang dindingnya. Alat-alat gelas a. 5 ml. d.

Kaca penutup digunakan sebagai penutup objek yang akan diamati pada praktikum. Cawan petri sering digunakan untuk tempat pengembangbiakkan sel. maupun kertas. h. Tabung Reaksi dan Rak Tabung Reaksi Berupa tabung yang terbuat dari kaca borosilikat sehingga tahan terhadap panas. . Tabung reaksi digunakan untuk menumbuhkan mikroba dan untuk melakukan uji-uji kimiawi. Digunakan untuk mengaduk larutan dengan volume berskala kecil di dalam gelas hingga larutan menjadi homogen. Kaca Pengaduk Kaca pengaduk terbuat dari kaca yang tahan panas. Tabung reaksi dapat diisi dengan media cair maupun media padat. Tutup dari tabung reaksi dapat berupa kapas. alumunium foil. f. Cawan Petri Cawan petri adalah sebuah wadah berbentuk bundar yang terbuat dari kaca atau plastik. Kaca Benda dan Kaca Penutup Kaca benda merupakan alat laboratorium yang terbuat dari kaca jernih.e. Fungsi dari kaca benda adalah untuk meletakkan objek mikroskopis dan kemudian diamati menggunakan mikroskop. Cawan petri selalu berpasangan. yang berukuran kecil sebagai wadah dan yang berukuran besar sebagi tutup. g.

Pada hot plate terdapat tombol pengatur suhu sehingga dapat . c. Pewarna yang digunakan salah satunya xylol. j. Tidak semua alat dapat disterilkan menggunakan oven. Alat preparasi a. Autoklaf Autoklaf merupakan suatu alat yang digunakan untuk mensterilkan berbagai macam alat ataupun bahan menggunakan uap air panas bertekanan tinggi. Pewarnaan biasa dilakukan untuk objek-objek yang tidak berwarna seperti mikroba. Staining Jar Staining jar adalah wadah yang digunakan sebagai tempat untuk pewarnaan. Jarum Inokulasi (Jarum Ose) Jarum inokulasi terbuat dari kaca dan kawat platina. Setelah digunakan jarum inokulasi (jarum ose) harus disterilkan dengan memijarkan pada lampu spirtus agar mikroba pada ujung jarum menjadi mati. Hot Plate Hot plate berfungsi untuk menghomogenkan suatu larutan dengan pengadukan. b. 2. Pengadukan dilakukan dengan bantuan magnet hot plate sehingga larutan yang dihomogenkan mencapai 10 liter. Tekanan yang digunakan umumnya 15 Psi atau sekitar 2 atm dan dengan suhu 121° C (setara 250° F). alat berbahan dasar karet atau plastic tidak dapat disterilkan dengan uap panas kering.i. Oven Oven adalah alat yang digunakan mensterilkan alat-alat gelas yang tahan terhadap panas pada sterilisasi panas kering dengan suhu sekitar 170-180° C atau sering disebut dengan sterilisasi kering. Biasa digunakan untuk inokulasi bakteri dengan cara menggoreskan pada permukaan medium.

e. Ent-kas Ent-kas merupakan suatu alat berbentuk kotak yang berguna untuk memindahkan mikroba dalam keadaan tertutup sehingga kemungkinan kontaminasi dapat diperkecil. f. Sebelum digunakan seluruh dinding ent-kas dibersihkan dan disemprot dengan alcohol 70%. seperti persiapan bahan tanaman dan pemindahan tanaman dari satu media ke media yang lain dalam kultur in vitro. kemudian digunakan. g. Pengadukan dilakukan dengan bantuan magnet yang berputar sesuai dengan kecepatan dan waktu yang telah ditentukan. Inkubator juga dilengkapi dengan pengatur suhu dan penunjuk waktu pada bagian luar.membuat larutan yang dihomogenkan menggunakan hot plate menjadi panas. Sedangkan pada bagian dalam terdapat rak yang berfungsi untuk tempat penyimpanan mikroorganisme yang akan diinkubasi. Magnetik Stirer Magnetik stirrer adalah suatu alat yang berguna untuk menghomogenkan larutan dengan cara pengadukan. Laminar Air Flow Laminar air flow berbentuk seperti meja yang digunakan untuk kegiatan aseptis. d. Inkubator Inkubator adalah alat yang digunakan untuk menginkubasi suatu mikroba pada suhu tertentu yang sudah diatur. . Kulkas Kulkas merupakan sebuah lemari pendingin yang berfungsi untuk menyimpan sisa bahan praktikum atau media yang masih dipakai agar tidak membusuk. didiamkan sekitar 30 menit sebelum h.

i. 4. 3. Colony Counter Colony counter adalah suatu alat yang digunakan untuk menghitung koloni bakteri atau mikroorganisme. Neraca Neraca adalah sebuah alat bantu penghitungan yang digunakan untuk mengukur massa benda atau logam yang digunakan dalam praktikum. Alat bantu hitung a. Bakteri yang akan dihitung adalah bakteri yang masih hidup. Alat bantu penglihatan a. b. . Sentrifuge Sentrifuge merupakan sebuah mesin yang berputar cepat yang menerapkan gaya sentrifugal untuk memisahkan kepadatan cairan yang berbeda satu sama lain. Mikroskop Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang berukuran kecil atau mikroskopis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->