Spektrum Gelombang Elektromagnetik

1) Sinar Gamma

  

  

Penemu sinar gammar adalah Paul Ulrich Villard Dalam spektrumnya, sinar gamma menempati tingkatan dengan frekuensi terbesar Frekuensi yang tinggi berarti panjang gelombang sinar gamma pendek, karena frekuensi berbanding terbalik dengan panjang gelombang yang berkisar kurang dari 10 pm ( m) Sifat yang dimiliki sinar gamma adalah energi yang besar sehingga daya tembusnya sangat kuat. Sinar gamma ditemukan dari radiasi inti-inti atom tidak stabil yang merupakan pancaran zat radioaktif. Untuk Mendeteksi adanya sinar gamma dapat dipergunakan peralatan GeigerMuller Jika terjadi ledakan nuklir, maka akan memunculkan Sinar Gamma yang sangat tinggi, sehingga dapat membunuh sel hidup. Manfaat Sinar Gamma yaitu :

1. Mendeteksi adanya kebocoran pipa. 2. melihat kerusakan pada logam/keretakan batang baja 3. Sterilisasi makanan 4. Penyembuhan kanker 5. Bahan senjata nuklir  Kerugian Sinar gamma antara lain :

1. Dapat merusak DNA 2. Dapat menyebabkan luka bakar

2) Sinar X
  

Urutan kedua gelombang yang frekuensinya besar adalah Sinar X Panjang Gelombang Sinar X adalah sampai meter Sinar X pertama kali ditemukan oleh Wilhem Conrad Rontgen pada tahun 1895 sehingga sering di sebut juga sinar Rontgen.

Bidang Industri. 2. Pada tabung lucutan dapat terjadi penembakan elektron pada atom-atom seperti gas Hidrogen. Pengobatan kanker 5. Sumber sinar X yang utama adalah dari radiasi tumbukan elektron berkecepatan tinggi pada atom-atom berat seperti timbal (Pb). dapat digunakan untuk memicu perkembangan ternak seperti sapi dan babi. Dalam perkembangannya sinar Ultraviolet diketahui dapat mempengaruhi kecepatan pertumbuhan sel. 3. Dapat menyebabkan kanker dan mutasi genetik 3) Sinar Ultraviolet       Penemu sinar ultraviolet adalah Johann Wilhelm Ritter Sinar Ultraviolet atau sinar Ultra Ungu merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi di atas sinar tampak (sinar ungu) dan di bawah Sinar X Panjang Gelombang sinar Ultraviolet adalah 0. Mengetahui ketebalan logam 4. gas Neon. paru-paru. Menganalisis struktur materi  Kerugian Sinar X antara lain : 1.01 sampai 10 nm Sinar ini selain dihasilkan oleh radiasi matahari. Terpapar sinar ultraviolet sangat lama menyebabkan kanker kulit Manfaat Sinar Ultraviolet antara lain : 1. Dapat merusak rantai DNA 2. dan gas-gas mulia yang lain. Contoh yang sering kalian lihat adalah lampu TL (tabung lampu). Pemanfaatan inilah yang kita kenal foto Rontgen. juga dapat dihasilkan dari tabung lucutan. Sinar Ultraviolet dapat digunakan dalam teknik spektroskopi yaitu untuk mengetahui kandungan unsur-unsur pada suatu bahan.Dengan berada pada rentang frekuensinya sinar X juga memiliki daya tembus besar. jantung. . ginjal. 2. Sinar X dapat dimanfaatkan dalam bidang radiologi yaitu mendeteksi organ-organ tubuh seperti tulang. dan organ lainnya. Namun untuk lampu yang digunakan untuk penerangan telah dirancang dengan pancaran sinar Ultraviolet yang minimum. dimanfaatkan untuk menganalisis struktur kristal. Bidang Kedokteran.  Manfaat Sinar X antara lain : 1.

Sinar tampak atau cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat dan sangat membantu dalam penglihatan.arthritis. industri.dan kanker) . dan telekomunikasi. hijau. Membantu pembentukan vitamin D pada tubuh 8. dimanfaatkan untuk memeriksa apakah tanda tangan Anda di slip penarikan uang sama dengan tanda tangan dalam buku tabungan. Juga dimanfaatkan untuk sebagai penerangan. nilla. antara lain : 1. rumah sakit. Bidang Perbankan. diperlukan pada proses asimilasi tumbuhan  Kerugian Sinar Ultraviolet yaitu paparan sinar ultraviolet yang sangat lama menyebabkan kanker kulit 4) Sinar Tampak atau Cahaya       Penemu sinar tampak adalah Roger Bacon Cahaya tampak memiliki rentang yang pendek Sesuai dengan spektrum cahaya tampak ada tujuh warna. Sebagai disinfektan dalam pengolahan air minum 9. kuning.radang sendi. Manfaat Sinar Inframerah. jingga dan merah. Menghilangkan berbagai mikroorganisme yang terdapat dalam makanan 5. 6.3. Mendiagnosa suatu penyakit (mendeteksi masalah sirkulasi. sinar tampak digunakan juga pada tempat-tempat hiburan. Sterilisasi alat-alat medis 4. Contoh Sinar Tampak yaitu Pelangi Manfaat Sinar Tampak yaitu Membantu penglihatan manusia. biru. Jika diurutkan dari frekuensi terbesar (panjang gelombang terkecil) adalah ungu. 5) Sinar Inframerah     Penemu sinar Inframerah adalah William Herschel Panjang gelombangnya lebih panjang/besar dari pada sinar tampak Frekuensi gelombang ini dihasilkan oleh getaran-getaran elektron pada suatu atom atau bahan yang dapat memancarkan gelombang elektromagnetik pada frekuensi khas. Penggunaan lampu fluoresent 7.

6. Sebagai oven microwave  Kerugian gelombang mikro : 1. Hal ini disebabkan tingkat kerusakan setiap komponen dari alat tersebut tidak sama. misalnya dalam tabung Klystron Gelombang mikro dihasilkan oleh rangkaian elektronik yang disebut osilator. bahkan oleh dua sistem transmisi gelombang mikro yang berdekatan sekalipun juga dapat terganggu. Hal ini mungkin karena sinar infra merah tidak banyak dihamburkan oleh partikel udara. Di bidang elektronika. Sulitnya mengetahui kerusakan.2. Untuk mendeteksi jarak suatu objek 2. Digunakan dalam Night Vision Device  Kelemahan sinar inframerah : 1. Berbahaya bagi mata. Panjang gelombangnya kira-kira 3 mm. 4. . infra merah dimanfaatkan pada remote kontrol peralatan elektronik seperti TV dan VCD. dibuat teleskop inframerah yang digunakan melihat di tempat yang gelap atau berkabut. sehingga sangat sulit untuk mengetahui alat tersebut berfungsi 100% (normal) 6) Gelombang Mikro      Penemu gelombang mikro adalah Percy Spencer Gelombang mikro disebut juga sebagai gelombang radio super high frequency. Digunakan pada fotografi (pemotretan dari udara atau satelit) untuk pemetaan permukaan bumi dan sumber-sumber alam. Mudah terinferensi. Sebagai media transmisi data untuk komunikasi jarak pendek 7. Sebagai sumber panas 3. Gelombang mikro ini dimanfaatkan : 1. 3. Gelombang mikro dihasilkan olehperalatan elektronik khusus. atau mudah terganggu oleh gelombang radio yang lain. Pengguna (pembuatan pancaran sinar inframerah) harus disesuaikan dengan kondisi tertentu. Pada bidang militer. Unit kontrol berkomunikasi dengan peralatan elektronik melalui reaksi yang dihasilkan oleh dioda pancar cahaya (LED) 5. 2.

Oleh karena itu. dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Kenyataannya arus bolak-balik yang terdapat pada kawat ini. gelombang AM. Gelombang radio banyak digunakan. Jadi sinyal suara dikirimkan dalam bentuk modulasi FM. Di antara spektrum gelombang elektromagnetik. Gelombang ini diaplikasikan sebagai alat komunikasi.  Gelombang radio dihasilkan oleh elektron pada kawat penghantar yang menimbulkan arus bolak-balik pada kawat. gelombang sinkronisasi vertikal dan horizontal. sebagai pembawa informasi dari satu tempat ke tempat lain. yang berfungsi membawa informasi suara. 2. yang berfungsi menghaspus berkas elektron pada saat “retrace” pada proses “scanning” sebuah gambar.7) Gelombang TV Gelombang TV adalah gelombang elektromagnetik yang sangat kompleks. tetapi juga informasi dalam bentuk gambar. sebagai pembawa informasi dari satu tempat ke tempat lain. seperti handphone. 8) Gelombang Radio   Gelombang ini diaplikasikan sebagai alat komunikasi. gelombang FM. yang berfungsi membawa informasi gambar. yang berfungsi mensinkronkan proses scanning dalam arah vertikal dan horizontal.  Manfaat gelombang radio : 1. 3. Oleh karena itu. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa gelombang TV mengandung informasi tidak hanya suara. gelombang radio termasuk ke dalam spektrum yang memiliki panjang gelombang terbesar dan memiliki frekuensi paling kecil. Gelombang frekuensi rendah untuk perkapalan . terutama dalam bidang telekomunikasi. sedangkan gambar lebih mudah terganggu. suara yang dibawa oleh gelombang TV cenderung lebih tahan terhadap gangguan kelistrikan alam. 4. gelombang “blanking”. gelombang TV terdiri atas : 1. dan radio. televisi. sedangkan gambar dalam bentuk modulasi AM. 2.

com/2010/10/manfaat-dan-bahaya-sinar-x.3.wordpress. Gelombang frekuensi sedang untuk pemancar roket 4. Gelombang frekuensi tinggi untuk pemancar TV  Kelemahan gelombang radio AM adalah sering terganggu oleh gejala kelistrikan di udara.org/wiki/Sinar_gamma .wordpress.blogspot. sehingga gelombang yang ditangkap pesawat radio kadang terdengar berisik.html http://tienkartina.com/2012/03/29/makalah-gelombang-elektromagnetik-2/ http://id. Sumber : http://gipeng.wikipedia.com/2012/05/gelombang-elektromagnetik-pada-televisi.blogspot.org/wiki/Gelombang_mikro http://ajib-elang.com/2010/07/27/gelombang-eletromagnetik/ http://farischarming.wikipedia.html http://id.

Urut : Nadia Elasalama : X.FISIKA Spektrum Gelombang Elektromagnetik Nama Kelas No.3 : 27 SMA NEGERI 1 KEBUMEN 2012/2013 .