P. 1
Makalah Potensi Dan Pemanfaatan Rumput Laut

Makalah Potensi Dan Pemanfaatan Rumput Laut

|Views: 48|Likes:

More info:

Published by: Dhilah Harfadhilah Fakhirah on Mar 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

I.1

Latar Belakang

Bagai onggokan serat kusut berwarna hijau kehitaman dan berlendir, wujud rumput laut ketika habis dipanen mungkin tampak menjijikkan. Namun, tumbuhan berderajat rendah ini sesungguhnya merupakan "tambang emas". Dari sumber hayati laut yang tidak menarik itu, bila diproses lebih lanjut dapat menghasilkan lebih dari 500 jenis produk komersial, mulai dari agar-agar dan puding yang jadi makanan kegemaran anak-anak, obat-obatan, kosmetik, sarana kebersihan seperti pasta gigi dan sampo, kertas, tekstil, hingga pelumas pada pengeboran sumur minyak. Meski telah menghasilkan beragam manfaat, penggalian manfaat rumput laut hingga kini terus dilakukan di berbagai negara, sejalan dengan menguatnya gerakan kembali ke alam. Penggunaan unsur-unsur bioaktif rumput laut ini memang lebih banyak ditujukan untuk mengganti penggunaan bahan baku kimia sintetis yang membahayakan manusia dan lingkungan hidup. Pemanfaatan rumput laut di Indonesia sendiri sebenarnya telah dimulai sejak tahun 1920. Tercatat ada 22 jenis rumput laut digunakan secara tradisional sebagai makanan, baik dibuat sayuran maupun sebagai penganan dan obat-obatan. Sampai tahun 1990-an, penelitian telah berhasil mengembangkan pemanfaatan 61 jenis dari 27 marga rumput laut. Namun, penggunaannya selama itu masih terbatas untuk makanan dan obat. Belum ada upaya pengembangan lebih lanjut pada produk lain yang punya nilai ekonomis lebih tinggi.

1

dan biru-hijau. Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga. Apa saja gizi yang terkandung dalam rumput laut? 3. Sebagai bahan pangan. Sebenarnya apa rumput laut itu?. yaitu Rhodophyceae (alga merah). atau ganggang ganggang hijau coklat (chlorophyceae). melalui program riset unggulan dari Kementerian Riset dan Teknologi. Sesuai dengan namanya. dan Cyanophyceae (alga biru-hijau). Secara umum. batang dan daun. yaitu merah. Apa saja manfaat yang diberikan oleh rumput laut dalam bidang kesehatan? 2 . rumput laut telah dimanfaatkan bangsa Jepang dan Cina semenjak ribuan tahun yang lalu. baik untuk makanan maupun tekstil. masyarakat Eropa mengenalnya dengan sebutan seaweed.Belakangan ini para peneliti. hijau. Phaephyceae (alga coklat). Warna itu bersumber dari empat suku rumput laut. ganggang (rodophyceae) I. mengembangkan rumput laut sebagai pewarna. mulai dari yang berbentuk bulat.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari penulisan makalah ini adalah : 1. Bagaimana biologi dan ekologi dari rumput laut? 2. Rumput laut biasanya hidup di dasar samudera yang dapat tertembus cahaya matahari. Berbeda dengan tanaman sempurna pada umumnya. tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang. Tanaman ini adalah ganggang multiseluler golongan divisi thallophyta. alga tersebut mengandung zat warna alami. (phaeophyceae). rumput laut tidak memiliki akar. Warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut. rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. di antaranya dari ITB. Chlorophyceae (alga hijau). coklat. Seperti layaknya tanaman darat pada umumnya. Jika kita amati jenis rumput laut sangat beragam. rumput laut yang dapat dimakan adalah jenis ganggang merah biru (cyanophyceae). Tumbuhan berklorofil ini memang kaya warna. pipih.

3 .4 Manfaat Penulisan Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah: 1. Dapat mengetahui apa manfaat yang dapat diberikan oleh rumput laut dalam bidang kesehatan 5. serta produksi rumput laut? I. 4. Dapat Mengetahui apa saja gizi yang terkandung dalam rumput laut. Dapat mengetahui bagaiamana biologi dan ekologi dari rumput laut. I. Dapat mengetahui aspek social ekonomi. pemasaran dan bagaimana produksi rumput laut. Dapat Mengetahui apa yang dimaksud dengan rumput laut. 2. ciri-ciri dan jenis nya. 6.4. 2.pemasaran. Dapat mengetahui hasil-hasil olahan apa saja yang didapatkan dari pengolahan rumput laut. Hasil olahan apa saja yang didapat dari pengolahan rumput laut? 5. Bagaimana aspek social ekonomi . Sebagai bahan referensi bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan tentang rumput laut. Sebagai bahan bacaan bagi masyarakat dan sumber pengetahuan umum tentang kegunaan rumput laut dalam bidang kesehatan. 3.3 Tujuan Penulisan Yang menjadi tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut: 1.

Sumberdaya ini biasanya dapat ditemui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. istilah rumput laut dipakai untuk menyebut baik gulma laut dan lamun. 4 . beberapa jenis gulma laut juga banyak dibudidayakan oleh sebagian masyarakat pesisir Indonesia. Di beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera. Provinsi Kepulauan Riau. Contoh jenis gulma laut yang banyak dibudidayakan di antaranya adalah Euchema cottonii dan Gracilaria spp. Pulau Lombok. Gulma laut alam biasanya dapat hidup di atas substrat pasir dan karang mati. Sulawesi. Maluku dan Papua. Dalam bahasa Indonesia. Istilah ini rancu secara botani karena dipakai untuk dua kelompok "tumbuhan" yang berbeda. Selain hidup bebas di alam. gulma laut dapat ditemui di pesisir barat Provinsi Lampung sampai pesisir Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.BAB II PEMBAHASAN II. gulma laut banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak. Di pantai selatan Jawa Barat dan Banten misalnya. Sementara di daerah pantai barat Sumatera. Beberapa daerah dan pulau di Indonesia yang masyarakat pesisirnya banyak melakukan usaha budidaya gulma laut ini di antaranya berada di wilayah pesisir Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.1 Rumput Laut Rumput laut atau gulma laut merupakan salah satu sumberdaya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Yang dimaksud sebagai gulma laut adalah anggota dari kelompok vegetasi yang dikenal sebagai alga ("ganggang"). gulma laut dapat ditemui di sekitar pantai Santolo dan Sayang Heulang di Kabupaten Garut atau di daerah Ujung Kulon Kabupaten Pandeglang.

Beberapa jenis rumput yang bernilai ekonomi sejak dulu sudah diperdagangkan yaitu Eucheuma sp. dari kelas Phaeophyceae.. cystocarp). yaitu : Rhodophyceae (ganggang merah). Gracillaria sp. dari kelas Rhodophyceae serta Sargassum sp. konjugatif dan penyebaran spora yang terdapat pada kantong spora (carporspora. rumput laut dikelompokkan menjadi 4 kelas. Lamun kurang berarti secara ekonomi bagi manusia.2 Biologi dan Ekologi Rumput Laut Pertumbuhan dan penyebaran rumput laut sangat tergantung dari faktorfaktor oseanografi (fisika. Cyanophyceae (ganggang biru hijau). Untuk pertumbuhannya..Di pihak lain.. kimia dan pergerakan atau dinamika laut) serta jenis substrat dasarnya. yaitu tidak memiliki perbedaan nyata antara akar. rumput laut mengambil nutrisi dari sekitarnya secara difusi melalui dinding thallusnya. 5 . batang dan daunnya. Perkembangbiakannya dilakukan dengan 2 cara yaitu secara kawin antara gamet jantan dan gamet betina (generatif) serta tidak kawin melalui vegetatif. Chlorophyceae (ganggang hijau). dan Gelidium sp. lamun adalah tumbuhan sejati anggota kelompok monokotil yang telah beradaptasi dengan air laut. Seperti umumnya pada alga jenis lain. Berdasarkan kandungan pigmennya. morfologi rumput laut jenis Glacilaria disebut thallus (jamak : thalli). tetapi padang lamun menjadi tempat hidup yang disukai berbagai penghuni perairan laut dangkal di daerah tropika. Hynea sp. II.. Phaeophyceae (ganggang cokelat).. bahkan tergantung pada lingkungan ini.

berikut beberapa diantaranya: 1. mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi.II. 3. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas.3 Gizi dalam Rumput Laut Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat. ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. 4. Antioksidan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Rumput laut juga dapat membantu mencegah penuaan dini serta 6 . wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Bagi pengidap stroke. 2. Untuk kesehatan kulit Kandungan protein dalam rumput laut sangat penting untuk membentuk jaringan kulit. 5. Antikanker Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap. Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap.

Kandungan klorofil dan vitamin C pada rumput laut berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas. NTT. Kepulauan Riau dan Pulau Seribu diketahui 18 jenis dimanfaatkan sebagai makanan dan 56 jenis sebagai makanan dan obat tradisional oleh masyarakat pesisir. NTB. Chlorophyceae (alga hijau). Diwilayah perairan Sulawesi Selatan. meningkat sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi gejala alergi. Sulawesi Selatan. Lombok. Rumput laut termasuk dalam anggota alga (tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun). 15 jenis dari 5 ganggang hijau dan 8 jenis dari 5 ganggang cokelat. Dari hasil studi tercatat sebanyak 61 jenis dari 27 rumput laut di Kepulauan Riau. Jumlah tersebut didominasi oleh 38 jenis dari 17 ganggang merah. salah satu kekayaan alam yang bisa kita manfaatkan adalah sumber hayati. Phaeophyceae (alga cokelat). Pulau Seram. Tumbuhan yang hidup diperairan dangkal dan menempel pada karang yang mati ini dibagi kedalam 4 kelas besar. Pulau Jawa. Madura.menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. dan Cyanophyceae (alga biru hijau).4 Manfaat Rumput Laut Manfaat rumput laut berdasarkan penelitian tercatat 22 jenis telah dimanfaatkan sebagai makanan. Sulawesi Tenggara dan beberapa di Kepulauan Maluku sudah terbiasa dijadikan makanan. Bali. Indonesia dikenal negara yang subur dan kaya akan sumber daya alam. II. Sebagai negara dengan luas wilayah laut lebih dari 70 %. Bali. Dari 21 jenis telah dimanfaatkan sebagai obat. Sulawesi Tenggara. 7 . Selain ikan. yaitu Rhodophyceae (alga merah). alternatif hasil laut yang bisa diolah adalah rumput laut. Pantai Lampung.

mineral. Selain itu. memperbaiki sistem kerja jantung dan peredaran darah. demam. campuran makanan ternak. dan pembuatan bir. dan juga bahan baku kosmetika. farmasi. bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual. Konsumsi serat dapat membantu metabolisme lemak sehingga menurunkan kadar kolestrol darah dan gula darah. cacingan. TBC. sakit perut. dan pabrik cat. rumput laut juga biasa digunakan untuk pengobatan kanker.D. Di Cina. rematik. asam amino. rumput laut juga bisa meningkatkan fungsi pertahanan tubuh. Selain itu. Contohnya yaitu alga cokelat. Semua rumut laut kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar. Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung. dan gangguan pencernaan lainnya. rumput laut bermanfaat untuk memperpanjang usia dan mencegah terjadinya penuaan dini. bronkhitis. Karena kandungan gizinya yang tinggi. asma. semir sepatu. asam nukleat. Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok. Rumput laut diketahui kaya akan nutrisi esensial. serta sistem pencernaan. Selain itu.B.C. radang usus besar. Serat dapat melancarkan pencernaan dengan membentuk zat seperti gelatin dalam usus halus dan meningkatkan kadar air dalam fases. rumput laut dapat juga digunakan sebagai bahan untuk pupuk tanaman.E dan K. Mungkin hal itu disebabkan oleh kandungan klorofil rumput laut yang bersifat antikarsinogenik. susah buang air besar. pabrik farmasi. rumput laut mampu meningkatkan sistem kerja hormonal. trace elements. Alga merah untuk bahan baku industri makanan.Rumput laut banyak digunakan sebagai bahan baku industri. dan juga saraf. limfatik. Rumput laut dikenal juga sebagai obat tradisional untuk batuk. pengolahan tekstil. 8 . karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas. yang digunakan untuk bahan baku es krim. penyamakan kulit. dan vitamin A. seperti enzim. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut mungkin berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara pada wanita di negara tersebut.

Nori banyak digunakan pada masakan Jepang. makanan ikan. puding) Makanan bayi Non pangan (Makanan hewan.5 Hasil Rumput Laut Beragam hasil olah rumput laut dapat dijumpai di pasaran. keramik. cokelat susu. waper krim. bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. kecap Makanan diet (Jelly. 9 . Nori Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. obat tablet. jam. shampoo. kertas) 10. bahan cetak gigi. tekstil. bir) Roti Permen Daging ikan dalam kaleng Saus. kering dan warnanya hitam mengkilat. Pilih nori yang lentur. bubuk maupun yang segar. udang gulung atau rollade goreng. pudding instant) 2. 4. 5. Minuman (Minuman ringan. obat salep) II. mulai dari pembungkus sushi.Pemanfaatan Rumput Laut Secara Umum adalah : 1. Berikut beberapa diantaranya: 1. 3. jus buah. yoghurt. mulai dari yang kering. cat. 9. Makanan dan susu (Ice cream. 6. 7. 8. salad dressing. Farmasi dan koxsmetik (Pasta gigi. sirup. Proses selanjutnya dikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas.

3. Pola budidaya rumput laut yang dirumuskan dalam Model Kelayakan (MK-PKT) ini didesain agar petani/nelayan tersebut 10 . Agar-agar Proses membuat agar-agar sangat panjang. Sedangkan wakame.2. bentuknya hampir menyerupai kombu. Citarasanya menyegarkan dan teksturnya kenyal juga renyah. salad atau tumisan.6 Aspek Sosial Ekonomi Budidaya Rumput Laut 1. biasanya digunakan untuk campuran salad. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam aneka bentuk. Aspek sosial ekonomi Pelaksanaan PKT Budidaya Rumput Laut akan memberikan peluang usaha bagi para petani/nelayan kecil yang berminat memanfaatkan lahan perairan laut untuk berusaha tani rumput laut. sangat cocok untuk campuran es. pudding dan aneka dessert. isi soup atau campuran mie. Selanjutnya proses pemecahan dinding sel. 4. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang. direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya. baik yang batangan maupun serbuk. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunya digunakan untuk isi soup. jangan merebus wakame lebih dari satu menit untuk mendapatkan citarasa yang maksimal. Tahap pertama pemilihan jenis rumput laut yang akan digunakan. Kombu dan Wakame Sejenis ganggang laut yang dikeringkan. yaitu jenis gracilaria sp atau gelidium sp. kemudian dicuci. II. pemasakan(ekstrasi) sampai pada pengeringan. Manisan Rumput Laut Diperoleh dari rumput laut segar.

000 km memberikan potensi yang besar untuk pengembangan budidaya rumput laut. 2. 3. dengan perairan laut yang dangkal dan jernih dengan dasar berpasir dan/atau bercampur dengan pecahanpecahan karang. Propinsi Nusa Tenggara Barat sampai ke daerah Lampung. operasional proyek serta pada subsektor ekonomi yang berada disisi hilir subsektor budidaya rumput laut. peralatan dan lain-lain).mampu menggantungkan sebagian besar dari sumber pendapatan keluarga semata-mata dari hasil panen dan penjualan hasil rumput lautnya. Propinsi Sulawesi Utara. Cakupan Sasaran Pelaksanaannya Sehubungan dengan itu. Daerah budidaya yang sudah banyak dilakukan pada waktu ini. tenaga kerja ahli dan tenaga kerja tetap (tenaga kerja kasar). dan memberi kesempatan bagi para tenaga kerja terampil. maka MK-PKT ini dapat dilaksanakan dengan sasaran dan cakupan pelaksanaan budidaya rumput laut pada daerah perairan laut yang secara alami sudah terdapat tanaman rumput laut. 11 . tersebar mulai dari perairan di Kepulauan Maluku Utara. baik yang terkait dengan semua aspek di sisi hulu sub sektor produksi rumput laut yang dirumuskan dalam PKT ini (disektor penyediaan saprodi. Penciptaan dan Pemeliharaan Lapangan Kerja Pelaksanaan PKT ini akan menciptakan lapangan kerja bagi para nelayan dan penduduk pedesaan yang berada di sepanjang pantai. bibit. Perairan laut Indonesia dengan garis pantai sekitar 81.

Hasil rumput laut dapat berupa nori. Chlorophyceae (ganggang hijau). Budidaya rumput laut akan memberikan peluang usaha bagi para petani/nelayan kecil yang berminat memanfaatkan lahan perairan laut untuk berusaha tani rumput laut karena rumput laut sangat dibutuhkan dalam pembuatan bahan-bahan makanan. kombu. diantaranya sebagai antioksidan. manisan rumput laut. yaitu : Rhodophyceae (ganggang merah). memberikan potensi yang besar untuk pengembangan budidaya rumput laut. mencegah kardiovaskular.BAB III PENUTUP III. Rumput laut mempunyai banyak khasiat. Berdasarkan kandungan pigmennya. 4. wakame. 12 . Cyanophyceae (ganggang biru hijau). Phaeophyceae (ganggang cokelat). antikanker.2 Saran Perairan laut Indonesia yang begitu luas. Rumput laut atau gulma laut merupakan salah satu sumberdaya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. dan agar-agar.1 Kesimpulan Adapun kesimpulan dari makalah diatas adalah: 1. 3. makanan untuk diet. rumput laut dikelompokkan menjadi 4 kelas. III. dan untuk kesehatan kulit. 2.

Sumber Daya Teripang di Kepulauan Nusa Tenggara Barat.org Ekologi Sulawesi. S. Whitten. Nontji. Departemen Perikanan Jakarta. Sulawesi Selatan. 1994. Djambatan. Dinas Perikanan Propinsi Dati I. A.J. 1998. Jakarta. 1990. A. 13 . Yusron. Effendi.M. Suatu Pendekatan Ekologis. Jakarta Utara. Ujung Pandang. http://www. Yogyakarta.I. Gajahmada University Press.DAFTAR PUSTAKA Anonimous. Mustafa dan G. Pusat Penelitian Oseanografi. Henderson. Eddy. Biologi Laut. A. Gramedia Pustaka Utama. Informasi Perikanan Sulawesi Selatan. 1992. Buku Pedoman Pengenalan Sumber Daya Perikanan Laut. Direktorat Jenderal Perikanan.wikipedia. Biologi Perikanan. 1993.. M. Yogyakarta. Yayasan Pustaka Nusantara.2007. 1992. Nybakken. Jakarta. Laut Nusantara. PT.J.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->