P. 1
Mahfudzat ( 1 )

Mahfudzat ( 1 )

|Views: 8|Likes:
Published by Muslih Fathurrahman

More info:

Published by: Muslih Fathurrahman on Mar 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2014

pdf

text

original

‫احملفوظات‬

‫للسنة االولـى‬
‫.‬ ‫.‬

‫مصلح فتح الرمحن‬
‫.‬

com .Page | 1 Coba! Dan perhatikanlah! Niscaya kamu akan mengetahuinya Siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia Tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat Siapa yang bersabar maka beruntunglah ia Bersabar dapat membantu dalam setiap pekerjaan Siapa yang berjalan pada jalurnya maka sampailah ia Telur hari ini lebih baik daripada ayam esok hari Siapa yang sedikit kejujurannya maka sedikit pula temannya Waktu itu lebih berharga dari pada emas (harta) Bergaullah dengan orang-orang jujur dan menepati janji Akal yang sehat terdapat pada jiwa yang sehat Kesetiaan teman akan terlihat pada saat kesempitan (kesusahan) muslih_fathurrahman@yahoo.

Page | 2 Ilmu bila tanpa pengamalan bagaikan pohon tanpa buah Sebaik-baik teman duduk di setiap waktu adalah buku Persatuan adalah pangkal dari kesuksesan Siapa yang menanam maka pasti ia akan memuai Janganlah kamu menghina orang miskin. akan tetapi jadilah penolong baginya Seandainya manusia tanpa ilmu niscaya manusia akan seperti binatang Kemuliaan seseorang berasal dari adabnya bukan dari nasab (keturunan)nya Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu Tidak akan pernah kembali hari-hari yang telah berlalu Adab seseorang itu lebih berharga daripada emasnya Belajar di waktu kecil dan diamalkan ketika dewasa Akhlak buruk (kerusakan akhlak) itu menular muslih_fathurrahman@yahoo.com .

maka banyak pulalah temannya Janganlah menghina seseorang karena setiap sesuatu pasti mempunyai kelebihan muslih_fathurrahman@yahoo.Page | 3 Perbaikilah dirimu niscaya orang lain akan baik kepadamu Bencana ilmu adalah lupa Siapa yang menggali lubang dia akan terjerumus ke dalamnya Tidak ada suatu kenikmatan itu kecuali setelah kesusahan Siapa yang tahu akan jauhnya perjalanan maka ia akan bersiapsiap Keselamatan seseorang terletak pada penjagaan lidahnya Berfikirlah sebelum berbuat ! Sebaik-baik teman adalah yang mengajakmu dalam kebaikan Jika telah jelas tujuan seseorang.com . maka terbukalah jalan baginya Siapa yang banyak berbuat kebaikan.

sesungguhnya penyesalan itu akibat dari orang yang pemalas Buah dari sebuah kecerobohan adalah penyesalan dan buah dari sebuah kehati-hatian adalah keselamatan Lemah lembut terhadap orang yang lemah merupakan bagian dari akhlak yang mulia Janganlah kamu menunda pekerjaan sampai esok hari.com . dan janglah kamu lalai.Page | 4 Dalam berhati-hatian itu terdapat keselamatan dan dalam tergesa-gesa akan terdapat penyesalan Bersungguh-sungguhlah. jangan bermalas-malasan. niscaya ia akan meninggalkanmu Sampaikanlah kebenaran walaupun hal itu pahit Siapa yang berbuat dzalim maka ia akan didzalimi Sebaik-baik manusia itu adalah yang baik akhlaknya dan bermanfaat bagi orang lain muslih_fathurrahman@yahoo. padahal kamu mampu mengerjakannya pada hari ini Imbalan dari sebuah kejahatan adalah kejahatan yang setimpal Tinggalkanlah (jauhilah) perbuatan jahat.

Page | 5 Bertemanlah dengan seseorang dengan apa-apa yang kamu senangi darinya Siapa yang baik tutur katanya maka banyaklah temannya Celakalah bagi seseorang bila ia tidak mengetahui kadar kemampuannya Jawaban yang tepat bagi pertanyaan orang bodoh adalah dengan meninggalkannya (tidak menjawab) Sebaik-baik hartamu adalah yang bermanfaat bagimu Kepala dari segala dosa adalah kebohongan Sebaik-baik perkara ialah yang di pertengahan Setiap pekerjaan pasti ada imbalannya.com . dan setiap perkataan pasti ada jawabannya Di setiap tempat ada perkataan yang tepat dan di setiap perkataan ada tempat yang tepat pula Tidak semua yang berkilauan itu adalah emas Apabila banyak permintaan maka sedikit pertolongan Siapa yang mencari teman yang sempurna (tanpa aib) niscaya kamu tidak akan mendapatkannya muslih_fathurrahman@yahoo.

Page | 6 Siapa yang berhati-hati maka ia akan mendapatkan apa yang dicita-citakan Bukanlah sebuah aib bagi orang-orang yang fakir.com . namun yatim sesungguhnya ialah ia yang telah kehilangan ilmu dan adab Obatilah amarah itu dengan diam Jika kamu sudah tidak mempunyai rasa malu maka berbuatlah sesuka hatimu Perkataan dapat menembus apa-apa yang tidak dapat ditembus oleh jarum Janganlah kamu menjadi lemah sehingga kamu diperas dan jangan juga menjadi keras sehingga kamu dipatahkan Teman sejati ialah ia yang membuatmu menangis bukan yang membuatmu tertawa muslih_fathurrahman@yahoo. akan tetapi sebuah aib adalah bagi orang-orang yang pelit Tuntulah ilmu walau harus sampai ke negeri China Kebersihan merupakan sebagian dari iman Yatim bukanlah seseorang yang telah tiada orang tuanya.

engkau tidak akan mendapatkan pengetahuan kecuali dengan 6 perkara. Dan bergaul dengan ustadz/guru Seseorang yang pendengki tidak akan pernah menjadi seorang pemimpin Tergelincirnya kaki lebih selamat (baik) daripada tergelincirnya lidah Ada berapa orang yang tidak dilahirkan oleh seorang ibu Gerak-gerik seseorang itu menandakan kerahasiaannya Segala sesuatu apabila banyak maka akan menjadi murah terkecuali adab Penilaian diri seseorang tergantung dari apa-apa yg diperbuatnya muslih_fathurrahman@yahoo.Page | 7 Lihatlah apa-apa yang disampaikan jangan melihat siapa yang menyampaikan Sebaik-baik perkataan adalah yang sedikit dan jelas Permulaan marah seperti orang gila dan akhirnya penyesalan Wahai saudaraku. Sungguh-sungguh 4. Tama’ 3.com . Waktu luang 6. Uang 5. Kepandaian 2. yaitu : 1.

com . melainkan dari ilmu dan adab yang ia miliki yang Seorang budak (pembantu) dipukul dengan tongkat sedangkan orang merdeka hanya cukup dengan isyarat Segala pekerjaan itu harus diakhiri dengan penyelesaiannya Siapa yang telah membantumu sesungguhnya ia telah mendzalimimu dalam kejahatan maka Mengerjakan sesuatu itu mampu membuat yang susah menjadi mudah muslih_fathurrahman@yahoo.Page | 8 Jika telah sempurna akal seseorang maka ia akan lebih sedikit berbicara Tiada kebaikan di dalam sebuah kenikmatan yang diakhiri dengan penyesalan Merencanakan (menyusun) sebuah pekerjaan telah menghemat setengah dari waktu dalam penyelesaiannya Keindahan seseorang bukan dilihat dari pakaian menghiasinya.

..Page | 9 Sya’ir Abu Nawas Wahai Tuhan... Sesungguhnya Engkaulah Maha Pengampun atas dosa-dosa besar................ Maka..... Mengakui dosa-dosaku dengan menyeru Engkau ya Allah.. Tapi jika Engkau menolaknya........ lalu bagaimana aku menanggungnya.. Maka................... terimalah taubatku dan ampunilah dosadosaku..... Wahai Tuhanku.... Dosa-dosaku bagaikan bilangan-bilangan dari pepasir.. aku bukanlah ahli surgamu. ‫شعر أبو نواس‬ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ ¤ muslih_fathurrahman@yahoo..... hambamu yang berlumur dosa (penuh dengan maksiat) kini telah hadir dihadapanmu...... Sedangkan dosaku semakin bertambah.... lalu kepada siapa lagi aku mengadu (selain kepada-Mu)..........com . Namun aku juga tak sanggup didalam nerakamu. Dan umurku semakin berkurang setiap hari... Jika Engkau mengampuni karena memang Engkaulah ahlinya (Maha Pengampun). terimalah taubatku Wahai Yang Memiliki Keagungan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->