Paradigma Baru PKN di SD

Definisi Paradigma • Paradigma berarti suatu model atau kerangka berfikir yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Indonesia .

Tugas PKN memiliki 3 fungsi 1) Mengembangkan kecerdasan warga negara (civic intelligence) 2) Membina tanggung jawab warga negara (civic responsibility) 3) Mendorong partisipasi warga negara (civic participation) .

memilih dan memecahkan masalah 3) Melatih siswa dalam berpikir sesuai dengan ilmiah dan keterampilan sosial yang sejalan dengan metode inquiri .Model Pembelajaran PKN dengan Paradigma Baru 1) Membelajarkan dan melatih siswa berpikir kritis 2) Membawa siswa mengenal.

Konsep Materi Warga Negara Yang Demokratis • Demokrasi berasal dari kata demos berarti rakyat dan Kratos berarti kekuasaan .

Kesejahteraan Rakyat 10. Hak Asasi Manusia 3. Kedaulatan Rakyat 4.Keadilan Sosial Ahmad Sanusi (1999) . Ketuhanan Yang Maha Esa 2.10 Pilar Demokrasi 1. Peradilan Yang Bebas 9. Kecerdasan Rakyat 5. Pemisahan Kekuasaan Negara 6. Supermasi Hukum 8. Otonomi Daerah 7.

Konsep negara didekati dari sudut pandang sistem 1. 5. 3. 4. Sistem Personal (subjek orang) Sistem Kelembagaan (lembaaga negara) Sistem Normatif (sistem hukum dan UU) Sistem Kewilayaan (seluruh teritorial ) Sistem Ideologis (Ide-ide dasar) . 2.

Pembelajaran PKN untuk Warga Negara Yang Demokratis • Tujuan dari pendidikan PKN adalah partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional indonesia .

Kemampuan dasar dan kemampuan kewarganegaraan sebagai sasaran pembentukan 2. Standar materi kewarganegaraan sebagai muatan kurikulum dan pembelajaran 3. Indikatr pencapaian sebagai kriteria keberhasilan pencapaian kemampuan 4. Rambu-rambu umum sebagai rujukan alternatif bagi para guru .4 Pokok isi Pendidikan PKN 1.

Contoh : kemampuan Dasar NO Kemamapuan Dasar Menyadari hakikat individu sebagai insan Tuhan Yang Maha Esa. dan Warga Negara Indonesia yang mampu berinteraksi dengan lingkungan nya Kemampuan Standar Materi Kehidupan beragama dalam lingkunga masyarakat dan negara Kata Kunci standar Pencapaian Makna ajaran agama dalam konsteks kehidupan keluarga 1 Memahami makna ajaran agama masingmasing dalam konteks kehidupan bermasyaraka t dan bernegara . Mahluk Sosial.