P. 1
Karakteristik Anak Umur 2-6 Tahun

Karakteristik Anak Umur 2-6 Tahun

|Views: 123|Likes:
Published by Ardhy Lcm

More info:

Published by: Ardhy Lcm on Mar 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

NAMA NIM JURUSAN Soal !

: NUR MEIDA FITRI : 074 904 003 : PGAUD REGULER S1

Cari karakteristik anak dari umur 2 -6 tahun, arah perkembangannya dan pengaplikasiannya ! Jawab: ANAK UMUR 2-3 TAHUN  Perkembangan fisik Pada umur 2-3 tahun perkembangan fisik anak mulai terasa disebabkan ketika anak mulai aktif maka perubahan program fisik esternal (tangan ,kaki,badan) yang makin membesar, memanjang, melebar atau semakin meninggi. Pada usia ini tinggi anak sekitar 38 inci dan beratnya sekitar 16,5 kg. Diantara perkembangan fisik yang sangat penting selama anak-anak awal ialah perkembangan otak dan system syaraf yang berkelanjutan . Pada saat bayi mencapai umur 2 tahun ukuran otaknya 75% dari orang dewasa.  Perkembangan psikis Perkembangan fisik pada masa anak-anak ditandai dengan berkembangnya keterampilan motorik,baik kasar maupun halus. Motorik kasar Pada anak umur 2-3 tahun,anak mulai berjalan dengan baik, berlari lurus kedepan, melompat, anak usia ini lebih senang mempertontonkan kelebihan dan terkadang sering mengulang-ulangi. Motorik halus Pada umur 2-3 tahun anak mulai meniru sebuah lingkaran yang dibuat teman atau gurunya, tulisannya cakar ayam, makan mulai menggunakan sendok walau terkadang banyak makanannya yang terjatuh dan menyusun beberapa kotak.

Perkembangan emosional Emosi merupakan bagian dari aspek efektif yang memiliki pengaruh besar terhadap kepribadian dan perilaku anak. Biasanya emosi anak bersifat dinamis artinya emosi anak seringkali mengalami perubahan yang sangat cepat.

siapa.permohonan) yang digunakan.  Cara berbicara semakin jelas dan bisa dipahami. .  Sudah bisa mengucapkan kalimat tanpa perlu mengulang-ulang.  Kemampuan mendengar menjadi lebih baik. keterampilan motorik kasar dan halus meenjadi lebih cepat dan kemampuan mereka melakukan baik dari tahun sebelumnya. seperti “mengapa?. yaitu bentuk bahasa yang menonjolkan diri sendiri. Aspek perkembangan bahasa Mendengar dan Memahami  Dapat merespon suara dari jarak jauh. siapa? Dan dimana?” Berbicara dan Menanggapi  Mulai bisa bercerita tentang kegiatan harian seperti cerita teman sekolahnya. ANAK UMUR 3-4 TAHUN BERDASARKAN FISIK (Pertumbuhan) Adapun anak umur 3-4 tahun penuh dengan enrgi dan terus bergerak waktu mereka tumbuh.kata-kata negative dan kata-ta interatif (perintah. anak dalam waktu bersamaan dapat 2 suara yang berbeda di waktu bersamaan. anak biasanya menyebut nama-nama yang sering didengar. apa.Perkembangan bahasa Pada umur 2-3 tahun anak mulai bertanya “ya – tidak “ .  Mulai memahami pertanyaan yang lebih sulit. mainan dan alat-alat praktik Perlu keterlibatan orang tua BERDASARKAN PSIKIS 1. Adapun perilaku anak pada umur 3-4 tahun melalui kurikulum dan prakteknya pada masa prasekolah saat ini yaitu mencakup beberapa hal : a) b) c) d) Pengalaman di dalam lingkaran baik itu di dalam berbahasa dan berkelompok Bermain sebagai cara belajar Berfokus pada perlengkapan. dimana. Anak umur 3-4 tahun juga dapat dikatakan sebagai masa anak-anak awal dimana ia juga masih ditandai dengan kegiatan bermain baik bermain sendiri maupun bermain dengan kelompok teman sebaya. Pada mulanya bahasa anak-anak bersifat egosentris. misalnya radio dan TV.

b) Motorik halus Anak 3 tahun dapat secara mengejutkan membangun menara yang terbuat dari balok setiap balok disusun dengan hati-hati sekali meski seringkali tidak pada suatu garis yang benar-benar lurus. 4. bahagia.  Emosi anak dalam sikap negative Terkadang ia sering jengkel. . hanya demi kegiatan itu sendiri.pemberian hadiah juga bisa membuat emosi anak menjadi lebih baik dan akhirnya anak mudah tersenyum dan bahagia. Anak-anak harus mengatasi dorongan atau godaan atas sesuatu yang mereka inginkan tetapi dilarang. Perkembangan motorik Mereka Terbagi menjadi 2 yaitu : a) Motorik kasar Pada umur 3 tahun anak masih suka akan gerakan sederhana seperti berjingkrakjingkrak. lemas. Karena lingkungan sosialnya terutama keluarga selalu memberikan perhatian. takut. curiga. Sedangkan umur 4 tahun anak masih suka jenis gerakan yang sama tetapi mereka lebih berani mengambil resiko seperti terjatuh. ditandai dengan muka tersenyum atau tertawa. Untuk mencapai kendalian diri ini anak harus belajar sabar dan menunda kenikmatannya. Dimana apa yang dilakukan anak dalam satu situasi seringkali hanya kurang terkait dengan apa yang mereka lakukan pada situasi lain. melompat dan berlari ke sana kemari. sifat egosentrisnya sudah berkurang dan mampu melihat perspektif orang lain. kecewa dan bingung. dengan emosi anak ini maka ia segera mengangis. marah. Karena anak umur 3-4 tahun memiliki tingkat aktivitas yang tinggi.2. Perkembangan emosional Pada umur ini anak mampu memikirkan apa yang dipikirkan oleh anak lain. 3. gembira. Anak umur 4 tahun koordinasi motorik halus anak-anak telah semakin menigkat dan menjadi lebih tepat. Perkembangan moral serta kepribadian Prilaku moral dipengaruhi secara ekstensif oleh situasi.  Emosi positifnya Anak mengalami perasaan senang. mereka bangga memperlihatkan betapa mereka dapat berlari dan melompat karena hal itu merupakan suatu prestasi. kuatir.

mewarnai. anak lebih menjadi ramping dan meninggi. melompat dan melempar bola) dan motorik halus (menggambar.  Muncul masalah pada selera makan dan jadwal tidur anak  Sudah menentukan penggunaan tangan yang lebih dominant  Perkembangan motorik kasar (berlari.agresif dan egosentris 2) Perkembangan (Psikis)  Perasaan intelegtual Yaitu yang mempunyai sangkut paut dengan ruang lingkup kebenaran.perasaan ini diwujudkan dalm bentuk rasa yakin. penampilan menjadi seperti orang dewasa secara struktur pertumbuhan. Bila anak memperoleh kesempatan untuk menyalurkan perasaan tegang. anak tampak aktif dan energik mereka lebih suku bermain dari pada berjalan. setidaknya akan membuat anak lega dan rileks.  Kemampuan persepsi motorik meningkat.ANAK UMUR 4-5 TAHUN 1) Pertumbuhan (Fisik) Secara umum pertumbuhan fisik pada anak umur 4-5 tahun adalah sebagai berikut :  Pertumbuhan tubuh meningkat.meronce dan mewarnai) Perilaku anak pada umur 4-5 tahun dalam pertumbuhan fisik adalah :  Sering mengejek temannya  Lebih sering mengabaikan aturan  Sering memulai perkelahian tanpa alasan yang jelas  Sering melawan guru  Lebih suka mengatur dirinya sendiri  Nakal dan cerewet  Manja dan pendiam  Emosional.rasa gembira dan rasa puas  Perasaan emosi Melalui bermain anak dapat melepaskan ketegangan yang di alaminya karena banyak larangan yang dia alami dalam kehidupan sehari-hari. tertekan dan menyalurkan dorongannya yang muncul dari dalam dirinya. .

 Perkembangan motorik Anak umur 5-6 tahun memiliki banyak tenaga tetapi keterampilan gerak halus maupun kasar sudah mulai terarah dan terfokus dalam tindakan mereka. seolah-olah b.pada umur ini juga anak sudah dapat diajarkan mengikuti peraturan keluarga. pendapat serta perasaannya.  Perkembangan bahasa Bahasa anak umur 5-6 tahun berkembang terus dan pembendaharaan kata-kat mereka meluas sampai 5000 ke 8000 kata atau lebih karena tingkat kecerdasan dan pemahaman anak semakin meningkat. namun masih belum mampu berpikir secara timbale balik.keterampilan motorik kasar menjadi lebih gesit dan serasi  Perkembangan emosi Anak usia ini mulai mengatur emosi mereka mengungkapkan perasaan mereka dengan cara segi sosial lebih diterima. berbicara dan berinteraksi dengan anak lain dan orang yang lebih tua. Umur 6 tahun. Anak umur 5-6 tahun itu sangat lucu dan penuh dengan kasih sayang.  Perkembangan kognitif a. Usia 5-6 tahun anak menggunakan hal yang bertentangan untuk membalik atribut atau konsep yang tidak cocok.meniru norma dan perilaku orang dewasa dan mulai bermasyarakat. mulai mencapai humor orang dewasa . Keterampilannya mulai menjadi lebih diperhalus. Anak senang menyortir dan mengelompokkan  Perkembangan humor a. mampu berbahasa dan mempunyai daya ingat yang kuat. ANAK UMUR 5-6 TAHUN Umur 5-6 tahun merupakan masa pengembangan inisiatif.ia juga sudah dapat mengapresikan buku-buku lucu b. Imajinasi anak terus berkembang dan permainan mereka berpusat disekitar tindakan meniru-niru. Aspek kognisi Perilaku anak umur 4-5 tahun dalm aspek kognisi adalah kretivitas. Pada umur ini anak dapat menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain dan akan member perasaan puas. Inisiatifnya juga berkembang serta anak mulai merencanakan suatu permainanan bersama dengan teman-temannya. Ia mulai belajar mengembangkan kemampuan untuk bermasyarakat. Meraka suka ketawa dan juga serimgkali mereka juga membuat orang lain ikut ketawa dan mereka juga menyadari bahwa pandangan orang lain berbeda dengan pandangannya selama ini. Dalam kemampuan berbahasa anak memahami kata-kata yang diucapkan oleh temantemannya dan mampu mengungkapkan keinginan. Anak diusia ini menjadi semakin pintar dalam kemampuan mereka mengkomunikasikan gagasan dan persaan mereka dengan kata-kata. Pada umur ini anak akan sangat efektif bergerak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->