BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Saat ini perkembangan IPTEK yang sangat pesat telah mempengaruhi metode pengajaran terutama sarana dan prasarana belajar mengajar di perguruan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya fasilitas pendidikan yang lengkap sehingga pembelajaran diperguruan tinggi khususnya di politeknik negeri sriwijaya menjadi lebih mudah. Fasilitas yang digunakan ini mencakup fasilitas untuk praktek maupun pembelajaraan dikelas, baik untuk dosen maupun mahasiswa, tentunya fasilitas diperlukan untuk mempermudah dosen dalam mengajar dan meningkatkan prestasi mahasiswa. Fasilitas yang lengkap ini akan lebih efektif jika didukung dengan tersediannya pengajar yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Keprofesionalan pengajar dapat dilihat dari proses pengajaran dosen, pengalaman mengajarnya, penguasaan materi yang diberikan, kedisiplinan dosen untuk hadir memberikan materi pembelajaran, bisa menumbuhkan minat dan memotivasi siswa dalam mengikuti mata kuliah yang diajarkannya. Dengan adanya fasilitas yang memadai dan didukung dengan tersediannya dosen yang profesional idealnya keadaan ini akan meningkatkan prestasi mahasiswa. Penambahan fasilitas pengajaran untuk memperlancar proses mengajar serta memaksimalkan penggunaan fasilitas pengajaran secara optimal agar mahasiswa tidak merasa bosan terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen. bagi dosen khususnya diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan fasilitas belajar mengajar dikelas agar siswa lebih muda menerima pelajaran yang telah diberikan. Supaya dosen-dosen tahu bagaimana cara menggunakan fasilitas tersebut hendaknya dosen-dosen tersebut diberikan pelatihan-pelatihan atau seminar terlebih dahulu . Namun yang terjadi pada saat ini, seperti kurang disiplinnya dosen tertentu untuk hadir memberikan materi dalam proses pembelajaran, cara mengajar dosen yang tidak menyesuaikan dengan kondisi mahasiswa, dan kurangnya pengetahuan dosen dalam menggunakan fasilitas yang tersedia, hal ini membuat minat siswa dalam belajar berkurang sehingga berpengaruh dalam prestasi mahasiswa. Kondisi ini juga membuat fasilitas yang tersedia menjadi tidak berguna, jika hal ini dibiarkan terus menerus fasilitas yang telah tersedia itu pun bahkan bisa rusak yang dikarnakan kurang terawatnya fasilitas yang tersedia tersebut. Hal ini juga membuat proses pembelajaran menjadi kurang optimal bahkan membuat mahasiswa menjadi malas untuk mengikuti proses pembelajaran. Fasilitas belajar di perguruan tinggi khususnya di POLSRI merupakan salah satu sarana penunjang untuk keberhasilan mahasiswa dalam prestasi belajar. Fasilitas yang tersedia itu

mampu memehami keterkaitan antara penggunaan fasilitas pendidikan dan efektifitas pembelajaran terhadap prestasi siswa.hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Untuk menginformasihkan penggunaan fasilitas pendidikan yang telah disediakan sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran.2 Rumusan masalah Bagaimana pengaruh penggunaan fasilitas pendidikan dan efektifitas pengajaran terhadap prestasi mahasiswa di POLSRI? Ruang Lingkup Masalah * Apa pengaruh positif dari penggunaan fasilitas pendidikan terhadap prestasi mahasiswa di POLSRI? * Apa pengaruh negativ dari penggunaan fasilitas pendidikan terhadap prestasi mahasiswa di POLSRI? * Apa pengaruh positif dari efektifitas pengajaran terhadap prestasi mahasiswa di POLSRI? * Apa pengaruh negativ dari efektifitas pengajaran terhadap prestasi mahasiswa di POLSRI? 1.hendaknya harus sangat diperhatikan karena jika tidak terawat maka fasilitas tersebut bisa rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Dari tinjauan beberapa keadaan yang telah penulis bahas inilah yang menjadi alasan mengapa penulis memilih judul Pengaruh Penggunaan Fasilitas Pendidikan dan Efektifitas Pengajaran terhadap Prestasi Mahasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya. Bagi pembaca. Jadi.4 Manfaat Dengan dibuatnya makalah ini penulis memberikan beberapa manfaat yaitu bagi penulis meningkatkan daya analisis mengenai pengaruh penggunaan fasilitas pendidikan dan efektifitas pembelajaran terhadap prestasi siswa. 1. Dampak yang paling parah prestasi mahasiswa yang menurun ketika kondisi ini terjadi. Untuk mengetahui pengaruh efektifitas pengajaran terhadap prestasi mahasiswa. Untuk mengetahui pengaruh positif dan negatif penggunaan fasilitas pendidikan dan efektifitas pengajaran terhadap mahasiswa di POLSRI.3 Tujuan     Untuk mengetahui apa pengaruh fasilitas pendidikan yang digunakan dan tidak digunakan terhadap prestasi mahasiswa di POLSRI. 1. Sangat prihatin rasanya apabila para mahasiswa tidak bisa menggunakan fasilitas karena rusaknya alat-alat ketika mereka ingin memakainya. Bagi pemerintah agar lebih memperhatikan lagi fasilitas-fasilitas yang ada di POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. dan sangat miris ketika seorang dosen tidak dapat hadir tanpa kabar dan tidak meninggalkan tugas bagi siswanya. .

Serta kondisi ruangan dan fasilitas yang digunakan mahasiswa dan dosen saat proses ngajar-mengajar. proyektor.1. . * Metode kuisioner Sedangkan dengan metode ini kami membagikan kuisioner kepada 22 mahasiswa Teknik Mesin mengenai fasilitas pendidikan yang digunakan mahasiswa untuk melaksanakan proses pembelajaran dan pengajaran. Dll.5 Metode Untuk memecahkan masalah di dalam makalah ini kami menggunakan metode observasi dan metode kuisioner * Metode observasi Metode ini dilakukan dengan cara memeriksa kelengkapan dan kelayakan fasilitas serta jumlah kehadiran dan proses dosen mengajar. pasilitas yang digunakan untuk proses pembelaran seperti laptop. Data yang kami butuhkan dalam jumlah kehadiran dosen .

Lebih luas lagi. Untuk lebih jelasnya pada bab ini akan dijelaskan subtopik. Pendapat Prestasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pendapat tentang fasilitas diantaranya tahun 2008 Arianto sam dalam makalah Universitas Pendidikan Indonesia yang membahas tentang fasilitas pendukung perkuliahan.BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Dalam penulisan bab ini. dan peraturan pemerintah RI No. kecerdasan. dan pengertian langsung dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online) tentang fasilitas secara umum. pendapat bapak pendidikan (Ki Hajar Dewantara. Pendidikan  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). 1889-1959). dan halaman online wikionary tentang pengertian prestasi.1. serta kesimpulan definisi baru menurut penulis. dari pendapat Mulyasa pada tahun yang sama di dalam halaman maya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang membahas tentang peralatan pendidikan. 2008)  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). 2. kepribadian. seperti gedung. kemudahan.2.  Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. Fasilitas  Fasilitas adalah segala sesuatu yang dapat mempermudah upaya dan memperlancar kerja dalam rangka mencapai suatu tujuan (Arianto 2008). kursi.30 tahun 1990. serta alat-alat dan media pengajaran (Mulyasa. penulis meminjam pendapat dari berbagai referensi yang sudah ada. Pendapat Efektifitas diantaranya menurut Ester Putri dalam perbedaan antara Efektifitas dan Efesiensi. kekuatan batin). pendapat yang dipakai. Pendapat tentang Pendidikan diantaranya dari halaman online wikipedia. meja. serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.1. Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi. dan pengertian pendidikan secara umum dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). Pendapat Pengajaran Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). 2012) . pompistikesbwi.1. Fasilitas Pendidikan 2. 2. pada tahun 2007 Gie dalam makalah Syaif yang berjudul “Cara mengefektif dan mengefisiensikan Belajar”. pikiran (intellect) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya (Dewantara. pengendalian diri. ruang kelas. (Wikipedia.  sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan. akhlak mulia. 1889-1959). Serta definisi mahasiswa menurut Santoso. khususnya proses belajar mengajar. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan atau segala Proses (cara) yang merupakan bagian dari perbuatan mendidikan.  Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter.1.

bekerja. institut atau akademi. dapat dikatakan bahwa makna efektifitas itu berbeda sesuai dengan sudut pandang dan kepentingan masing-masing (Chong dan Maginson. Mahasiswa  Mahasiswa adalah calon-calon cendekiawan yang menpunyai rasa tanggung jawab yang tinggi (pompistikesbwi.2012). PTS.2. prestasi diartikan sebagai hasil usaha yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang diusahakan. Prestasi  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Seseorang dianggap berprestasi.  Efektifitas adalah bagaimana seseorang berhasil mendapatkan dan memanfaatkan metode belajar untuk memperoleh hasil yang baik (syaif. penulis menyimpulkan bahwa fasilitas pendidikan adalah sarana pelengkap berupa alat atau kelengkapan untuk melancarkan pelaksanaan proses pendidikan. 2007).Dari beberapa pendapat yang ada di atas. Institut. 2012)  Pengajaran (pembelajaran) adalah proses belajar mengajar yang mempunyai dua orang subjek yaitu pelajar dan pengajar. penulis menyimpulkan bahwa Prestasi Mahasiswa adalah puncak pencapaian atas pengembangan potensi diri yang dicapai oleh seorang calon cendekiawan yang terdaftar di perguruan tinggi (PTN.30 tahun 1990 adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar di perguruan tinggi tertentu. Politeknik.3. Dari beberapa pendapat yang ada di atas.2 Efektifitas Pengajaran 2.1. Maka. 2008)  Efektifitas merupakan kesesuaian antara siswa dengan hasil belajar. Maka. 2. (Santoso. Maka. Dari beberapa pendapat yang ada di atas. baik di universitas.3.  Prestasi merupakan hasil nyata dari puncak pengembangan potensi diri.2. kemampuan dan usaha yang ada dalam diri kita (wikionary. . 2. atau berlatih keterampilan dalam bidang tertentu.1.3 Prestasi Mahasiswa 2. jika dia telah meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya.2. Efektifitas  Efektifitas merupakan kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang ingin dicapai (Gie.2. Pengajaran  Pengajaran adalah proses transfer ilmu yang dimiliki oleh guru ke murid (Wikipedia. penulis menyimpulkan bahwa Efektifitas Pengajaran adalah kesesuaian antara orang yang melaksanakan proses belajar mengajar dengan sasaran yang ingin dicapai yaitu pelajar mengerti dan memahami materi dalam waktu yang relatif singkat dan sesuai dengan rencana sebelumnya. 2. baik karena hasil belajar. dan akademi). 1981) 2.2011)  Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. 2012)  Pengertian Mahasiswa dalam peraturan pemerintah RI No. Prestasi hanya dapat diraih dengan mengerahkan segala kekuatan.

htm http://definisipengertian. Sedangkan Dari segi Efektifitas Pengajaran masalah yang sering ditemui adalah beberapa oknum dosen yang jarang masuk.com/2012/11/pengertian-prestasi-belajar. memberikan tanggapan bahwa materi yang mereka sampaikan tidak perlu fasilitas seperti proyektor dan internet karena jauh lebih mudah dipraktekkan secara langsung saat pemberian materi.upi. juga banyak kami temukan alat-alat yang tidak terawat atau hanya dibiarkan berserakan dilantai (kabel Proyektor).blogspot.html http://id.blogspot. dan memancing adanya tindak plagiator (internet). susahnya pengoprasian fasilitas tersebut bagi beberapa dosen. Dari Mahasiswa sendiri terdapat kelemahan dari lengkapnya fasilitas yang tersedia.org/wiki/ http://cumanulisaja.edu/operator/upload/s_pts_045267_chapter2. dan hanya terpacu pada sistem “Kejar Materi” karena takut pemberian materi yang diajarkan memakan waktu yang lama dan melebihi target. dan tidak diwajibkannya pemakaian alat-alat tersebut.ac.com/2012/11/pengertian-prestasi-belajar.kamus.html http://pamuncar.BAB VI PENUTUP 4. Dari segi perawatan.pdf file:///D:/Bahasa%20indonesia/SYAIF_HOME%20%20EFISIENSI%20DAN%20EFEKTIFI TAS%20BELAJAR.blogspot. Ada juga argumen siswa tertentu yang menyatakan terdapat dosen yang tidak peduli dengan kemajuan anak didiknya. Namun.1 KESIMPULAN Kami selaku penulis menyatakan bahwa fasilitas yang disediakan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya sudah cukup lengkap.id/files/thesis/chapter_ii/04110182.id/ kbbi-online.kbbi. 4. Dari segi penggunaan ternyata banyak dosen yang tidak memakai alatalat yang tersedia. Kondisi ini sangat merugikan mahasiswa karena mahasiswa dibiarkan ketinggalan materi. berdasarkan metode yang telah kami lakukan masalah yang terjadi dalam fasilitas pendidikan adalah masalah penggunaan dan perawatan fasilitas itu sendiri. Perlunya kerjasama antara semua pihak baik yang menggunakan fasilitas maupun yang tidak menggunakannya untuk merawat dan memelihara.uin-malang.gudangmateri.com/ .com/2011/pengertian-mahasiswa/ http://cumanulisaja.pdf http://lib.web.html www. baik yang datang hanya memberikan tugas bahkan tidak masuk selama berminggu-minggu. Perlunya sinergi antara mahasiswa dan dosen untuk membuat suasana yang menyenangkan dalam pengajaran dan pembelajaran.2 SARAN http://repository.com/2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.wiktionary. menyebabkan adanya penyalagunaan fungsi fasilitas. yaitu menjadi mahasiswa yang beketergantungan dengan fasilitas tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful