RUMAH SEHAT

RUMAH SEHAT... ???
Rumah sehat adalah rumah yang memenuhi standar yang dianjurkan oleh kesehatan meliputi : ventilasi, sumber air, jamban, tempat sampah dan tempat pembuangan air bekas dari dapur dan kamar mandi yang baik.

3. Jamban Syarat jamban yang baik: pencahayaan cukup terdapat ventilasi udara yang cukup dibersihkan secara rutin

- jika tidak dipakai lubang jamban ditutup dibuang ke tempat pembuangan yang berjarak minimal 10 meter dari sumber air

4. Sampah Sampah adalah benda-benda yang kita buang. Sampah terdiri dari 2 jenis yaitu oranik dan non organik. Sampah organik adalah sampah rumah tangga dan non organik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan secara cepat seperti plastik atau kaleng. 5. Air limbah atau air bekas Air limbah adalah air bekas dari kamar mandi, dapur atau cucian yang dapat mengotori sumur, sungai atau danau yang selanjutnya dapat mengganggu kesehatan. Air limbah sebaiknya dibuang ke tempat yang semestinya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan

Di susun oleh YOSEP PRATAMA
NPM.0926010282

1. Ventilasi Untuk ventilasi meliputi 10% dari luas rumah. Misalnya luas rumah 100 M 2 maka 10 m 2 jendela ( angin-angin ) rumah. 2. Sumber air

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU 2013

- Air bersih adalah jernih, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa atau tawar. - Air sehat adalah air bersih yang sudah dimasak dan tidak mengandung bibit penyakit atau kuman penyakit.

Jamban: penyakit akan mudah menyebar (muntaber. sungai. koreng.  Gunakan obat anti nyamuk yang aman. misalnya tanaman Lavender. dan tempat sampah  Memiliki pohon pelindung atau peneduh SYARAT-SYARAT RUMAH SEHAT  Memenuhi syarat kebutuhan fisik dasar penghuninya : temperatur. kecelakaan lalu lintas. sakit mata.  Memenuhi syarat melindungi penghuni dari kemungkinan bahaya dan kecelakaan : kokoh. dll). kurap). keracunan. tangga tak . sakit kulit). Akar Wangi. Nyamuk sangat menyukai untuk bersarang di lingkungan yang lembab.  Lantai tidak tembus air dan  Memiliki jendela dan lubang angin permanen RUMAH SEHAT BEBAS NYAMUK  Beri pencahayaan alami yang cukup pada rumah. muntaber. dan danau. disentri. dll). Air bersih: penyakit akan mudah menular (mencret. gatal-gatal. gatalgatal. Air limbah atau air bekas: Dapat mengotori sumur. terhindar dari pencemaran lingk. pot. dingin dan gelap  Hilangkan genangan air yang bisa jadi tempat berkembang biak. Tempat berkembang biak nyamuk. TBC paru. tipus. dan Selasih. sakit mata) 3. sakit kulit. pemb sampah. cacingan. ember yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk  Ubah kebiasaan menggantung baju dalam jangka waktu lama  Pasang tirai/kasa nyamuk  Tanamlah tanaman yang tidak disukai nyamuk. muntaber. Ventilasi rumah : Penyakit akan mudah menular (sakit batuk pilek. bahaya kebakaran. tipus) 4. penerangan. kudis.  Memenuhi syarat melindungi penghuninya dari penularan penyakit : air bersih. baskom.CIRI2 RUMAH SEHAT bersih curam. cacingan. tong. 5. tidak jadi sarang vektor. Buanglah sampah dan barang-barang bekas seperti kaleng.  Memenuhi syarat kebutuhan kejiwaan dasar penghuninya : health is begun at home. disentri. kaki gajah. 2. ventilasi dan kebisingan. demam berdarah. flu. listrik. Sampah: penyakit akan mudah menular (mencret. lalat dan kecoa  Halaman bersih dan rapi  Memiliki sarana air bersih. DAMPAK RUMAH TIDAK SEHAT 1. jamban saluran limbah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful