Sebelum kita membahas lebih jauh metode apa aja yang di gunakan untuk menyunat orang itu, kit

abahas terlebih dahulu, Apa sih sunat itu??Sunat atau khitan atau sirkumsisi (Inggris: circumcision) adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis.Frenulum dari penis dapat juga dipotong secara bersamaan dalam prosedur yang dinamakan frenektomi. Kata sirkumsisi berasal dari bahasa Latin circum (berarti “memutar”) dan caedere (berarti “memotong”).

Nah berikut beberapa metode cara menyunat : 1. METODE KLASIK & DORSUMSISI

Metode klasik sudah banyak ditinggalkan tetapi masih bisa kita temui di daerah pedalaman. Alat yang digunakan adalah sebilah bambu tajam/pisau/silet. Para bong supit alias mantri sunat langsung memotong kulup dengan bambu tajam tersebut tanpa pembiusan. Bekas luka tidak dijahit dan langsung dibungkus dengan kassa/verban sehingga metode ini paling cepat dibandingkan metode yang lain. Cara ini mengandung risiko terjadinya perdarahan dan infeksi, bila tidak dilakukan dengan benar dan steril. Metode Klasik kemudian disempurnakan dengan metode Dorsumsisi, Khitan metode ini sudah menggunakan peralatan medis standar dan merupakan khitan klasik yang masih banyak dipakai sampai saat ini. Di Sunda dikenal dengan sebutan sopak

sekitar dua minggu.Cara ini merupakan penyempurnaan dari metode dorsumsisi dan merupakan metode standar yang digunakan oleh banyak tenaga dokter maupun mantra (perawat).Ujung penis hanya diikat erat sehingga bentuknya mirip lonceng. umumnya bekas luka tidak dijahit walaupun beberapa ahli sunat sudah memodifikasi dengan melakukan pembiusan lokal dan jahitan minimal untuk mengurangi risiko perdarahan. METODE KLAMP Pada metode ini.Beberapa Rumah Sakit jaman dahulu juga menggunakan cara iniAlat yang digunakan semuanya sesuai dengan standar medis dan membutuhkan keahlian khusus untuk melakukan metode ini.Metode ini memerlukan waktu yang cukup lama. dan Asia dengan nama Circumcision Cord Device. akibatnya peredaran darahnya tersumbat yang mengakibatkan ujung kulit ini tidak mendapatkan suplai darah. lalu ditahan agar . Alatnya diproduksi di beberapa negara Eropa. 3. 4. METODE LONCENG Pada metode ini tidak dilakukan pemotongan kulup. mati dan nantinya terlepas sendiri.lodong. METODE STANDAR SIRKUMSISI KONVENSIONAL Metode inilah yang paling banyak digunakan hingga saat ini. lalu menjadi nekrotik. Amerika. ujung kulup dilebarkan. 2.

Cara pemotongan pada khitan sama seperti mempergunakan pisau bedah (digesek. tidak memerlukan penjahitan dan perban. (tanpa pendarahan.Bedanya terletak pada pisaunya yang terbuat dari logam yang lurus (kencang) dan tajam..tetap meregang dengan cara memasang semacam cincin dari karet. yang dipanaskan.Tapi sebenernya cara ini menggunakan sebuah “elemen” seperti cutter bentuknya. tanpa perawatan pasca khitan dan langsung pakai celana dalam dan celana panjang. . Prosesnya cukup singkat sekitar 3-5 menit. METODE FLASHCUTTER Metode ini merupakan pengembangan dari metode elektrokautery.perdarahan minimal bahkan bisa tidak berdarah. 5.tidak sakit setelah khitan. ujung kulup akan menghitam dan terlepas dengan sendirinya.Flashcutter langsung dapat hidup (tanpa PLN) karena didalamnya sudah terdapat energi dari rechargeable battery buatan Matshusita Jepang. METODE “LASER” ELEKTROKAUTERY Metode ini sedang booming dan lagi heboh-hebohnya di masyarakat dan lebih dikenal dengan sebutan “Khitan Laser”.tidak mengganggu aktivitas sehari-hari pasien.Biasanya. dan dengan luka bakar sangat minimal).Flashcutter pertamakali diluncurkan di Indonesaia tahun 2006 oleh Uniceff Corporation. 6.Kelebihan metoda ini adalah: – Mudah dan aman dalam penggunaan. Dalam hitungan detik preputium terpotong dengan sempurna. diiris).Penamaan ini rasanya kurang tepat karena alat yang digunakan samasekali tidak menggunakan Laser.

Fasilitas Laser CO2 sudah tersedia di Indonesia. Walaupun demikian kulit harus tetap dijahit supaya penyembuhan sempurna.kulit telah terpotong dan tersambung dengan baik. METODE LASER CO2 Istilah yang lebih tepat untuk “Khitan Laser” yang sesungguhnya adalah dengan metode ini. Laser yang digunakan adalah laser CO2 Suretouch dari Sharplan. tanpa setetes darahpun keluar. preputium ditarik. Dalam waktu 1015 menit. dan dijepit dengan klem.Setelah klem dilepas. Salah satunya. Laser CO2 digunakan untuk memotong kulit yang berlebih. sunat selesai. di Jakarta. .7. Berikut tahapan sunat dengan laser tersebut:Setelah disuntik kebal (anaestesi lokal).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful