P. 1
TUGAS FARMAKOTERAPI

TUGAS FARMAKOTERAPI

|Views: 1|Likes:
Published by Rhiny Mulyawati

More info:

Published by: Rhiny Mulyawati on Mar 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2014

pdf

text

original

TUGAS FARMAKOTERAPI

Nama Kelompok: 1. Olvia bechatami 2. Rani A. Anggraeni 3. Junita A.D.P 4. Novia D. Pratami 5. Rini Mulyawati Kelas : IV C

Kasus : Seorang pasien wanita ( ny. X ) umur 30 tahun dating ke dokter praktek dengankeluhan nyeri kepala berdenyut unilateral yang sudah dirasakan sejak kemari. Nyerikepala disertai dengan mual, muntah dan sensitive terhadap cahaya. Ny. X seringmengalami migren setelah dia menggunakan kontrasepsi hormonal. Oleh dokter Ny.X didiagnosis migren dan mendapat resep yang berisi : bodrex migra 3x1,Bellapheen 3x1 dan triptagig 1x1.Diskusikan :

1. Definisi migren ? Menurut International Headache Society (IHS) migren adalah nyerikepala vaskular berulang dengan serangan nyeri yang berlangsung 4-72 jam. Nyeri biasanya sesisi (unilateral), sifatnya berdenyut, intensitas nyerinya sedangsampai berat, diperberat oleh aktivitas, dan dapat disertai dengan mual dan ataumuntah, fotofobia, dan fonofobia.

2.Bagaimana patofisiologi migren dikaitkan dengan serotonin ?

Seperti diketahui. Dulu kita mengira bahwa serotoninlah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada fase aura. Apa gejala migren? Bagaimana gejala migren dibandingkan vertigo.Pembuluh darah otak dipersarafi oleh serat-serat saraf yang mengandung. 3.tension headed. Selain ltu. waktu serangan migren kadar serotonin dalam plasma meningkat. Pemikiran sekarang mengatakan bahwa serotonin bekerja melalui sistem trigemino-vaskular yang menyebabkan rasa nyeri kepala dan pelebaran pembuluh darah. Semua ini berasal dari ganglion nervus trigeminus sesisi SP. dan CGRP menimbulkan pelebaran (dilatasi) pembuluh darah arteri otak. neurokinin-A (NKA) dan calcitonin-gene related peptid(CGRP). NKA.nyeri cluster? .substansi P (SP). rangsangan oleh serotonin (5hydroxytryptamine) pada ujung-ujung saraf perivaskular menyebabkan rasa nyeri dan pelebaran pembuluh darah sesisi.

2) Aura: gangguan visual yang mendahului serangan sakit kepala. peningkatan buang air kecil. dan hipersensitivitas terhadap sentuhan. dysphasia sementara. Beberapa pasien mengeluh pandangan kabur atau visual berkilauan atau berawan.Gejala migrain bervariasi antar individual maupun antara kejadian migrain pada individual Ada empat gejala yang dapat diidentifikasi : 1) Prodrome: suatu rangkaian “peringatan” sebelum terjadi serangan meliputi perubahan mood (suasana hati berubah atau lekas marah). tapi kadang-kadang tertunda hingga beberapa jam. keinginan untuk makanan tertentu (coklat misalnya). kesemutan atau mati rasa pada wajah dan kaki. Untuk 20-30% individu yang menderita migren dengan aura. aura ini terdiri dari fenomena neurologis fokal yang mendahului atau menyertai serangan. otot kaku sembelit atau diare. atau motor di alam. perubahan perasaan /sensasi (bau atau rasa) atau lelah dan ketegangan otot (terutama di leher). . maka istilah alternatif "fortifikasi Spektrum "atau" teichopsia "). dan gejala viseral lainnya . depresi atau euphoria. vertigo. Gejala aura migren bisa visual. sering diatur seperti benteng benteng. Fase serangan sakit kepala migren biasanya dimulai dalam waktu 60 menit dari akhir fase aura. Gejala lain dari fase aura dapat mencakup halusinasi pendengaran atau penciuman. Aura Visual adalah yang paling umum dari peristiwa neurologis. Gejala prodromal ini terjadi pada 40-60% dari migraineurs (penderita migrain) dan biasanya mendahului fase serangan sakit kepala migren dalam beberapa jam atau hari. dan dapat hilang sepenuhnya. sensorik. Ada gangguan visual yang terdiri biasanya berbentuk kilatan putih dan / atau hitam atau jarang dari lampu warna-warni (photopsia) atau formasi garis zigzag yang mempesona (scotoma gemilang. seolah-olah mereka melihat melalui kaca tebal atau asap. Mereka muncul secara bertahap selama 5 sampai 20 menit dan biasanya berlangsung kurang dari 60 menit.

Berhentinya sakit kepala: meskipun tidak diobati. fonofobia. dan fotofobia.hemifaresis. 1) Sakit kepala: umumnya satu sisi (khas dari migren). 2. gejala hemisensorik. berdenyut-denyut dengan intensitas sedang sampai berat dengandisertai mual. berdenyut-denyut dan moderat hingga yang parah dan dapat diperburuk oleh aktivitas fisik. bersifat kronis denganmanifestasi serangan nyeri kepala 4-72 jam. nyeri biasanya akan menghilang dengan tidur . rata-rata migraineur pengalaman sakit kepala satu sampai tiga per bulan. dan biasanya alternatif sisi dari serangan satu ke berikutnya.Aura dapat berupa gangguan mata homonimus.. biasanya berlangsung 5-20 menit dan berlangsung tidak lebih dari 60 menit. sangat khas yaitu nyeri kepalaunilateral. sensitif terhadap cahaya dan suara. Sakit kepala bervariasi dalam intensitas. mual. disfagia. Migren tanpa aura Migren ini tidak jelas penyebabnya (idiopatik). atau tanpa fotofobia biasanya langsung mengikuti gejala aura atausetelah interval bebas serangan tidak sampai 1 jam. kronis dengan bentuk serangan dengangejala neurologik (aura) yang berasal dari korteks serebri dan batang otak.Rasa sakit kepala mungkin bilateral di awal atau mulai di satu sisi dan menjadi umum. Nerikepaala. Rasa sakit puncak dan kemudian berkurang dan biasanya berlangsung 4 hingga 72 jam pada orang dewasa dan 1 hingga 48 jam pada anak-anak. Fase ini biasanya berlangsung4-72 jam atau sama sekali tidak ada. Migren dengan aura Nyeri kepala ini bersifat idiopatik. disertai mual dan muntah. atau gabungan dari gejala diatas. Frekuensi serangan sangat variabel. Nyeri kepala diperberat dengan adanyaaktivitas fisik. Awal biasanya bertahap.Klasifikasi migrain menurut International Headache Society (IHS): 1.

dahi hidungdll. Sakit pada satu sisi salah atas samping maupun sering kepala Sakit kepala yang pada mual. ketakutan dipotret. seperti kehilangan nafsu makan. Sering kali. tapi sedikit sakit kepala mungkin masih terjadi ketika pasien berdiri atau duduk dengan cepat. Nyeri Cluster dan Vertigo Migraine Terdapat Aura Sering Mual Tention Headache Tidak berhubungan dangan Aura Sesekali Mual Tidak berhubungan dengan muntah Sakit kepala Sakit kepala depan. Beberapa orang merasa luar biasa segar atau gembira setelah serangan. gejala gastrointestinal. Perbedaan Gejala pada Migraine. beberapa gejala fase kecil sakit kepala terus melaju. Gejala ini dapat menghilang setelah istirahat malam yang baik. pada siang hari selama 5-6 jam dapat mengurangi rasa sakit. ke . dan lightheadedness. kesulitan kognitif. Tention Headache.2) Postdrome: pasien mungkin merasa lelah atau "pusing" dan memiliki rasa sakit pada kepala. meskipun tidak dapat dipastikan semua penderita dapat hilang gejalanya. Untuk beberapa pasien. perubahan mood. sulit berdiri. Cluster Tidak Vertigo berhubungan dengan aura Merasa muntah mual dan menyerang menyerah pada system kesetimbangan salah satu sisi tubuh seperti berputarbiasanya pada putar. sedangkan orang lain bias merasa depresi dan malaise. mata kemudian menjalar pipi. dan kelemahan atau kelelahan.

Perubahan hormone yang tidak teratur tersebut pada beberapa wanita akan menyebabkan migrain. Tention Headed dan Nyeri Klaster 1. Hal inilah yang menerangkan mengapa pemakain pil KB akan memperparah serangan migraine. misalnya propanolol. Adakah hubungan migraine dengan kontrasepsi hormonal. 4. . Jelaskan standar Terapi Migren Dibandingkankan Vertigo.Terdapat kepekaan terhadap Tidak kepekaan terdapat Sangat tehadap terhadap peka suara. kontrasepsi hormonal biasanya berisi hormon estrogen dan progesterone. Beta bloker. suara suara Serangan pada beberapa orang 2-4 kali dalam bulan 1 Serangan kurang Serangan 1-3 dari 15 kali dalam 1 kali dalam satu bulan hari. bau maupun cahaya suara. Sebagian besar penderita migraine akan mengalami perbaikan gejala pada saat menopause. Salah satu efek samping yang mungkin timbul pada pemakaian kontrasepsi hormonal adalah sakit kepala hebat ( migraine ). 5. Hormon estrogen tersebut yang dapat menyebabkan atau menimbulkan migraine. bau. dan cahaya. makanan tertentu dan penggunaan obat? Jelaskan! Ada. Standar terapi migren a. Mencegah migraine dengan aktivitas sympathomimetic interinsik.Konsumsi pil KB akan memacu turunnya estrogen secara mendadak pada saat mulainya siklus menstruasi. rasa sakit berlangsung dari 15-3 jam.

Tapi efek antikolinergik perlu dipertimbangkan untuk penderita glaucoma atau pembesaran prostat. Apa fungsi dari obat migren yang diberikan dokter ? dan bagaimanamekanisme kerja dari obat tersebut!a. obat yang dapat meringankan nyeri kepala ini dilakukan dengan pemberian analgetik dan dapat ditambhakan obat antidepresan. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness. terutama pada usia lanjut. Antidepresan. Standar terapi vertigo Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit. perfenazin dan skopolamin. kofein ) Fungsinya untuk obat simptomatik. d. Kombinasi PCT & kafein menunjukkan bukti manfaat yang palingkonsisten. yang terbukti efektif untuk mencegah timbulnya migrain. dimenhidrinat. propifenazon. Bodrex migra (parasetamol. yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk. 3.b. Standar terapi cluster Pengobatan yang dilakukan pada pasien dengan nyeri kepala tegang otot adalah memperbaiki psikis pasien terlebih dahulu karena sebagian pasien yang mengalami penyakit ini mempunyai faktor psikis yang memicu timbulnya nyeri kepala ini. antidepresan trisiklik. dilihat dari komposisinya memiliki efekanalgesic. Umumnya obat ini aman. F. yang mengurangi jumlah penyempitan pembuluh (konstriksi) darah c. misalnya amitriptilin. a. Penghambat Kanal Kalsium. Antikonvulsan 2. Prognosis penyakit ini baik. Secara farmakologi. dan dengan penatalaksanaan yang baik lebih dari 90% pasien dapat disembuhkan. .

dan fenobarbital digunakan untukmengobati gejalagejala menopause termasuk hot flashes. Ergotamin mempersempit pembuluh darah yang terlibat dalam sirkulasi kekepala. US Headache Consortium (dikutip dari American Academy of Neurology 2000) merekomendasikan beberapa macam obat untuk terapi migren akut berdasarkan data evidens penelitian paling tidak/sedikitnya ada 2 double blind. gelisah.detak jantung meningkat.b. placebo controlled studies. Mekanisme kerja :menstimulasi maupun memblokir reseptor alfa-adrenergik danserotoninerg Fenobarbital adalah obat tidur yang mengurangi aktivitas otak dan system syaraf. Bellapheen (Belladona. kandung kemih. seperti migrain. sakit kepala.Belladonna juga mengurangi sekresi banyak organ. mencegah inflamasi yang diperantai olehsyaraf disistem trigemino vaskuler dengan cara menghambat sintesaprostaglandin. Hambatan penghantaran sinyal nyeri di dalam batang otak melaluistimulasi reseptor 5HT1d. Ergotamin juga dapat mengubah pola aliran darah yang terlibatdalam sakit kepala vaskular. Ergotamin. plus a positive clinical impression of effect sebagai berikut 1.Menghambat COX. Kombinasi belladonna. penyembuhansakit kepala migren hasil dari : 1. b. c. ergotamine. fenobarbital) Belladonna adalah campuran alami yang menghasilkan banyak efek dalamtubuh Ini mengurangi kejang dalam perut dan usus. 2. selain itu. Vasokontriksi dari pembuluh darah intrakanial melalui stimulasipada reseptor 5HT1b vaskuler. pusing. Acetaminophen plus aspirin and caffeine 27 : . dankesulitan tidur.2.c.6. berkeringat.yang membantu mengontrol kondisi seperti asam lambung berlebih. danbilier (hati) system. Tritagig (sumtriptan suksinat) Golongan triptan termasuk sumatriptan adalah agonis reseptor serotoninmerupakan terapi dini pertama untuk pasien dengan migren sedang sampaiberat atau sebagai terapi darurat jika obat lain yang tidak spesifik. kecemasan. Obatini adalah agonis selektif di reseptor 5HT1b dan 5HT1d.

intrasanal. frovatriptan. NSAIDs : inhibisi sintesa cyclooxygenase. almotriptan. oral zolmitriptan Di USA saat ini obat triptan yang beredar dan telah di approved oleh FDA(Food and Drug Administration) ialah sumatriptan. oral rizatriptan 11. inhibisi aktifitas nosiseptif via reseptor 5HT 2. eletriptan. dihydroergotamine and antiemetic IV 8. memperbesar potensi absorbsi gastrointestinal 5. Triptan2 tsb dapat menghambat proses sentral sensitisasi dan memblokade perkembangan CA. Caffeine: Stimulasi reseptor adenosine. intranasal dihydroergotamine 9. prostaglandin. IV 7. dihydroergotamine) : suatu selektif arterial konstriktor yang kuat dan mempunyai daya ikat kuat melalui otot dinding arteri.2. oral aspirin 3. Opioids: stimulasi reseptor opioid endogen . yaitu pada 5HT1B reseptor di arteri intrakranial dan pada 5HT1D reseptor di trigeminal nerve terminal arteri2. 6. dihydroergotamine SC. prostaglandin receptor antagonism 4. rizatriptan. prochlorperazine 10. Triptan adalah selektif 5 HT agonist. oral ibuprofen 4. Ergots(ergotarnine tartrate. enhanced analgesia. Obat-obatan yang sering dipakai & mekanismenya : 1. Aspirin: inhibisi sintesa prostaglandin dan leukotriene 3. sumatriptan SC. Acetaminophen: inhibisi sintesa prostaglandin di CNS. oral naratriptan 12. zolmitripta natatriptan. IM. oral naproxen sodium 5. intranasal butorphanol 6. lipoxygenase & leukotriene. oral 13.

coklat. 5HT1F. buah-buahan atau sayuran tertentu. Juga mempunyai efek vasokonstruksi dari pembuluh darah serebral dan dural yang mengakibatkan pengaruhnya terhadap cerebral blood flow. dan lain-lain. divalproex(depakote) dan beberapa antidepressant / obat anti depresi). pemanis buatan. kopi. menginhibisi neuronal dengan cara blokade aferen sensoris pada n. Cyproheptadine: Potent 5HT1 & 5HT2 antagonist 12. inhibisi terhadap dorsal raphe nuclei. Betabloker : Inhibisi pelepasan NE dengan cara blokade pre junctional beta receptors. Beberapa contoh obat yang digunakan untuk mencegah migraine antara lain propranolol (inderal). steroids: anti inflamasi terhadap neurogenik inflamasi steril. efek agonis pada 5HT1 reseptor. mengurangi edema vasogenik. kemudian hindari. 9. 5HT1D.Ca Channel antagonis : mempengaruhi Ca influx dalam mencegah vasokonstruksi dan pelepasan SP 11. Kenali kemudian hindari pencetus Identifikasi faktor apa saja yang dapat mencetuskan migrain Anda. memblokade pelepasan vasoactive peptide dan juga proses inflamasi neurovaskuler di dura maupun meningens. timolol (blocadren).trigeminal. Beberapa hal yang sering menjadi faktor pencetus antara lain: Makanan atau minuman seperti alkohol. memperlambat reduksi dari aktivitas tyropsine hydroxylase dalam hal sintesa NE. efek antagonis pada 5HT2 10. Pizotifen : 5HT2 antagonist 13.7. Selain itu untuk mencegah stress dapat dilakukan beberapa langkah-langkah berikut: 1. Obat untuk mencegah migraine mungkin sangat membantu jika sakit kepala migraine yang terjadi lebih dari 2 kali dalam satu bulan atau jika sakit kepala migraine mengganggu aktifitas atau pekerjaan anda. 8. SSRI antidepresan: Selective serotonin reuptake inhibitor 7. Triptans : berikatan dengan reseptor 5HT 1B. makanan fermentasi. . Obat – obat apa yang digunakan untuk mencegah terjadinya migren? Migraine dapat dicegah dengan obat.

suara keras. Berhenti merokok dan minum kopi 6. bau menyengat. cahaya terang. karena malah dapat mencetuskan migrain. Kurangi efek estrogen Jika estrogen mencetuskan atau membuat migrain Anda memburuk. kelelahan. perubahan cuaca. maka hindari obat yang menggunakan hormon ini. 5. Anda juga dapat mencoba terapi stres seperti meditasi. 2. haid. sinar matahari. Selain itu. misalnya pil KB. aktifitas fisik berat. Usahakan tidur teratur dan pada jam yang sama setiap harinya. Yang tak kalah pentingnya. stress. suntikan KB. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya. hindari olahraga yang sangat berat. gangguan tidur. dan sebagainya. Olah raga rutin Olahraga dapat mengurangi ketegangan. Cukup tidur Sebaiknya sekitar 7 – 8 jam per 24 jam. biofeedback. dll.Lingkungan atau gaya hidup misalnya asap rokok. atau cara-cara lainnya. tidak makan. Kelola stres Hadapi hidup ini dengan sering-sering berpikir positif. rajin beribadah dan berserah diri ke Yang Kuasa. 3. . 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->