P. 1
Algoritma Dan Struktur Data

Algoritma Dan Struktur Data

|Views: 14|Likes:
Published by Agus Sufrialdi

More info:

Published by: Agus Sufrialdi on Mar 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2014

pdf

text

original

Definisi struktur data

 Struktur data adalah cara menyimpan atau

merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien.  Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata.  Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.

 Secara garis besar type data dapat dikategorikan

menjadi : 1. Type data sederhana a. Type data sederhana tunggal, misalnya Integer, real, boolean dan karakter b. Type data sederhana majemuk, misalnya String 2. Struktur Data, meliputi a. Struktur data sederhana, misalnya array dan record

b. Struktur data majemuk, yang terdiri dari  Linier : Stack, Queue, serta List dan Multilist  Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.

Struktur data yang ″standar″ yang digunakan dibidang informatika adalah :  List linier (Linked List) dan variasinya  Multilist  Stack (Tumpukan)  Queue (Antrian)  Tree ( Pohon )  Graph ( Graf )

biasanya

Sejarah Singkat
 Ditinjau dari asal usul katanya kata Algoritma sendiri

mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan Algorist jika anda menghitung menggunakan Angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al‐Khuwarizmi (770‐ 840). Al‐Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al‐Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal‐Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction).

Definisi Algoritma
 Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan)

sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan

Hubungan Algoritma dan Struktur Data
 Program adalah kumpulan instruksi komputer,

sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma.  Jadi bisa kita sebut bahwa program adalah suatu implementasi bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa: program = struktur data + algoritma

 struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat

pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, semikian juga sebaliknya

Syarat-syarat Algoritma
 Tingkat kepercayaannya tinggi (realibility). Hasil yang

diperoleh dari proses harus berakurasi tinggi dan benar.  Pemrosesan yang efisien (low cost). Proses harus diselesaikan secepat mungkin dan jumlah kalkulasi yang sependek mungkin.  Bersifat general. Bukan sesuatu yang hanya untuk menyelesaikan satu kasus saja, tapi juga untuk kasus lain yang lebih general.

 Bisa dikembangkan (expandable). Haruslah sesuatu

yang dapat kita kembangkan lebih jauh berdasarkan perubahan requirement yang ada.  Mudah dimengerti. Siapapun yang melihat, dia akan bisa memahami algoritma anda.Sulit dimengertinya suatu program akan membuat sulit pengelolaan.

 Portabilitas yang tinggi (portability). Bisa dengan

mudah diimplementasikan di berbagai platform komputer.

Keuntungan Algoritma
Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa perogram apapun. 2. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemograman . 3. Adapun bahasa pemogramannya,output dikeluarkan sama karena algoritmanya sama.
1.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat algortima
Teks Algoritma berisi deskripsi langkah –langkah penyelesaian maslah. 2. Tidak ada notasi yang baku dalampenulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemograman. 3. Setiap orang dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri. 4. Notasi algoritmik bukan notasi bahasa pemograman,karena itu pseudocode dalam notasi algoritmik tidak dapat dijalankan oleh komputer.
1.

5. Algoritma sebenarnya di gunakan untuk membantu ita dalam mengonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemogram. 6. Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus di translasikan ke dalam notasi bahasa pemograman.

Penyajian Algoritam
 Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2

bentuk yaitu dalam tulisan dan gambar.  Algoritama dalam bentuk tulisan yaitu: 1. Struktur bahasa tertentu(Misalnya bahasa indonesia atau bahasa inggris) 2. Pseudocode Pseucode adalah kode yang mirip dengan kode program sebenarnya.

 Algoritma dalam bentuk gambar yaitu:
1. 2.

3.
4. 5. 6.

Flowchart Structure chart DFD (Data flow Diagram) Wanier diagram IPO Hipo

Struktur Dasar Algoritma
 Algoritma berisi langkah –langkah suatu

masalah.Langkah – langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi(sequence), pemilihan aksi (Selection), Pengulangan aksi(itertion) atau kombinasi dari ketiganya.

Struktur dasar Algoritma
Struktur Runtunan 2. Struktur Pemilihan 3. Strukruk Perulangan
1.

Contoh Kasus da Penyelesaiannya
 Menghitung luas Persegi panjang

a. Algoritma dengan struktur bahasa indonesia  Masukkan panjang dan lebar (p,l)  Hitung Luas(L=p+l)  Cetak Hasil b. Algoritma dengan pseudocode  Input(L,p,l)  L=p *l  output

C . Algoritma dengan flowchart

Implentasiakan program
#include <stdio.h> void main() { float p; float Luas,l; printf("panjang luas persegi panjang \n"); printf ("Isikan Nilai Panjang p:"); scanf(" %f", &p); printf ("Isikan Nilai Panjang l:"); scanf(" %f", &l); Luas=p*l; printf ("Luas Persegi Panjang:%5.4f\n",Luas);
}

Selamat Berpikir dan Menganalisa Uji Kemampuan Sekarang untuk berdiskusi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->