Proposal Observasi Laboratorium Fisika Dan Proses Pembelajaran Fisika Kelas X Semester 2 SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2013

/2014

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Belajar dan Pembelajaran Yang dibina oleh Drs. Kadim Masjkur, M.Pd, dan Dr. Lia Yuliati, M.Pd.

Oleh:

Sakinatul Muhimmah 100321406338 Wina Khoirul Ummah 100321400865 Yulia Nurul Munfaati 100321400872 Nindha Ayu Febrianti 100321400888 Oksami Nurul Yadi 107321409771

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA 2013

misalnya laboratorium fisika. chemicals explosives are tested or compounded. laboratorium biokimia. Dalam hal ini. kami memilih untuk menjadikan SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang sebagai tempat observasi disebabkan oleh beberapa faktor. Pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika yang dibimbing oleh Dr. kami juga ditugaskan untuk mengobservasi proses pembelajaran Fisika yang dilakukan di kelas. Lokasi sekolah yang cukup dekat b. (Hornby:1985 dalam Kadarohman : 2007). Oleh karena itu. Latar Belakang Laboratorium atau Laboratory pada kamus Webster’s.Pd. Lia Yuliati. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut disiplin ilmunya. Aspek-aspek tersebut antara lain adalah model pembelajaran. serta teknik pembelajaran. Merupakan salah satu sekolah favorit . Berdasarkan mata kuliah manajemen laboratorium yang dibimbing oleh Drs. Pada kamus Oxford. laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah. M. strategi pembelajaran. Pada Wikipedia. research. Kadim Masjkur. kami sebagai mahasiswa diberikan tugas untuk mengobservasi laboratorium fisika yang ada di salah satu sekolah menengah di kota Malang. M. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali. pendekatan pembelajaran. testing. laboratorium kimia. Laboratory: room or building used for scientific experiments. yaitu : a. Proses pembelajaran mencakup beberapa aspek yang saling mendukung. pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Proses pembelajaran fisika di kelas membutuhkan beberapa praktikum untuk menunjang pencapaian kompetensi pada mata pelajaran fisika. etc esp in chemistry… language. yaitu A building or room in which scientific experiments are conducted. laboratorium komputer. or where drugs. metode pembelajaran. laboratorium merupakan salah satu aspek pendukung yang penting untuk proses pembelajaran Fisika. dan laboratorium bahasa.1. eksperimen.Pd.

Mengobservasi laboratorium Fisika SMA Lab. Universitas Negeri Malang b. Observasi laboratorium Fisika dengan responden petugas laboratorium. dan siswa. Universitas Negeri Malang 3. Mengetahui proses pembelajaran Fisika SMA Lab. dengan responden siswa dan guru yang dibatasi pada satu kelas tertentu. Responden a. Tujuan observasi a. guru mata pelajaran fisika.2. 4. Waktu dan tempat observasi : Waktu : Tempat Observasi : . Observasi proses pembelajaran Fisika akan mengamati tentang proses pembelajaran Fisika yang diberikan guru kepada siswa. b.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.