P. 1
RPP 3-6

RPP 3-6

|Views: 6|Likes:
Published by yudiputra09

More info:

Published by: yudiputra09 on Mar 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2014

pdf

text

original

Satuan Pendidikan Kelas/ Semester Program Keahlian Mata Pelajaran Jumlah Pertemuan Pertemuan Ke

-

: SMK N 5 PADANG : XII (Dua Belas)/ 1 (Satu) : Teknik Otomotif : Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif (PSKO) : Kali Pertemuan 2 x 40 Menit :3–6 Kompetensi Dasar Memperbaiki sistem dan konvensional komponennya

Standar Kompetensi Memperbaiki sistem Pengapian

pengapian

Indikator Pencapaian Kompetensi Tujuan Pembelajaran Kognitif 1. Memperbaiki sistem Pengapian  Siswa mampu memperbaiki sistem konvensional dengan tepat pengapian konvensional  siswa mampu memperbaiki, melakukan penyetelan dan penggantian komponen sistem pengapian konvensional.  siswa mampu menggunakan peralatan pengukuran dengan tepat 2. Seluruh Kegiatan Perbaikan  Siswa mampu mengikuti SOP untuk Dilaksanakan berdasarkan SOP kegiatan yang dilaksanakan. Materi ajar : Fakta : Sistem pengapian konvensional terdiri dari komponen sebagai berikut : 1. Kunci kontak 2. baterai 3. koil 4. distributor 5. kabel tegangan tinggi 6. busi Saat pengapian (igniton timing) adalah saat busi sedang melakukan percikan bunga api didalam slinder. Governor advancer adalah alat pengajuan pengapian yang sebanding dengan putaran. vacuum advancer adalah pengajuan pengapian yang memfaatkan sistem kevakuman yang ada pada karbuarator. octane selector adalah alat yang bisa diatur untuk menyesuaikan tinggi rendahnya angka octane pada bahan bakar. cam dwell angle adalah sudut dimana titik kontak dalam keadaan tertutup atau sudut yang dibentuk oleh titik kontak saat mulai tertutup sampai membuka kembali. Konsep : penyetelan, perbaikan serta melakukan penggantian komponen sistem pengapian konvensional.

PT KMTT Metode Pembelajaran : metode tanya jawab. B. Pendahuluan Menyiapkan peserta didik 1 menit secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran Mengambil absensi peserta 2 menit Buku absensi didik Menjelaskan tujuan 2 menit Papan tulis pembelajaran atu kompetensi dasr yang akan dicapai Menyampaikan cakupan materi 2 menit Papan tulis dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. Inti 1. ceramah dan pelaksanaan praktikum Kegiatan Pembelajaran : Pertemuan Ke-1 dan 2 Kegiatan Waktu Peralatan pendukung Ket A. lingkungan dan sumber belajar lainnya. Alokasi waktu Beban Belajar TM Waktu 4 (2 x 40’ ) Bentuk kegiatan/ tugas perbaikan pada sistem pengapian dengan mengukur keadaan sistem dengan mengunakan alat ukur dan melakukan penyetelan pada sistem serta melakukan penggantian komponen. Eksplorasi Melibatkan peserta didik 5 menit mencari informasi yang luas tentang topik/ tema yang akan dipelajari dari aneka sumber Memfasilitasi terjadinya interaksi anatar peserta didik dengan guru. Elaborasi . 2.prinsip : sistem pengapian merupakan sistem yang menghasilkan bunga api dalam ruang bakar untuk membakar campuran bahan bakar dan udara untuk menghasilkan langkah usaha. Prosedur : Melakukan perbaikan pada sistem pengapian dengan mengukur keadaan sistem dengan mengunakan alat ukur dan melakukan penyetelan pada sistem serta melakukan penggantian komponen.

Konfirmasi Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan. isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagi sumber C. 2001. Pengetahuan Baterai Mobil.sebutkan masing-masing dari fungsi dan letak sistem pengapian? Guru Mata Pelajaran Supriyanto. Jakarta: Bumi Aksara Penilaian .Guru menggunakan mesin sebagai media menjelaskan komponen dari sistem pengapian 3. M.sama dengan peserta dan/ atau sendiri membuat rangkuman/ kesimpulan pelajran Melakasanakan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakasanakan secara konsisten dan terpogram Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 5 menit 5 menit 3 menit 2 menit Sumber Belajar .Daryanto.Sebutkan komponen dari sistem pengapian konvensional? . Spd. 19760808 200012 1 002 . tulisan.T NIP.Toyota Step I Engine Group . penutup Bersama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->