Pengajar .

Tujuan Mata Kuliah Kewirausahaan Memberikan pemahaman dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar mahasiswa memperoleh wawasan usaha yang luas berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki (khususnya MIPA) .

Mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas dalam kaitannya dengan dunia usaha dan kedudukannya sebagai pengusaha/entrepreneur Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menciptakan. mengembangkan. 3. . dan memanfaatkan peluang usaha dengan dasar wawasan manajemen dan kewirausahaan Mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik dalam identifikasi dan pengelolaan sebuah usaha dengan memanfaatkan potensi secara internal (personal assesment) dan eksternal (SDA dan kemitraan usaha) 2.Dampak yang diharapkan: 1.

MENYUSUN RENCANA BISNIS & DASAR-DASAR LAPORAN KEUANGAN 1) Konsep dan arti penting rencana bisnis 2) Mengenal dan memahami unsur-unsur penyusun rencana bisnis. neraca dan laporan rugi-laba (2x pertemuan) . 3) Memahami praktek penyusunan rencana bisnis 4) Mengenal dan memahami laporan keuangan mulai dari arus kas. PEMANFAATAN POTENSI INTERNAL & EKSTERNAL: 1) Kepemimpinan dalam wirausaha 2) Kunci sukses berwirausaha 3) Mengenal potensi diri yang dapat dikembangkan sebagai wirausaha 4) Mengenal karakter wirausahawan dan etika dalam berwirausaha 5) Pemanfaatan SDA dan kemitraan dalam wirausaha 3. DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN: 1) Konsep wirausaha (definisi dan arti penting kewirausahaan) 2) Diskripsi profil wirausahawan & Kelebihan dan kekurangan dalam kewirausahaan.Materi Perkuliahan: 1. 3) Motivasi kewirausahaan & Jenis-jenis wirausaha. 4) Kreatifitas dan inovasi dalam wirausaha & kepribadian wirausaha 5) Mengelola pancaindera dan intuisi dalam berwirausaha 6) Menyiapkan pilar usaha 2.

Bahan Bacaan .

Bahan Bacaan .

Bahan Bacaan .

Bahan Bacaan .

Terima kasih .

.

Kode mk: JMPB261 (Prodi Farmasi) JMBB261 (Prodi Matematika) JMPB261 (Prodi Fisika) JBPB268 (Prodi Kimia) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful