HAKIKAT MENYIMAK

NIA PURNAMA SARI

S. Poerwadarminta. 1972 : 68 . 1992 : 142 O Tarigan.Pengertian Menyimak O Kamus Umum Bahasa Indonesia (W. 1982:847) O Sabarti.J. 1983 : 19 O Anderson.

S. Poerwadarminta.J. 1982:847) Menyimak adalah mendengarkan (mempertahankan apa yang diucapkan orang).Kamus Umum Bahasa Indonesia (W. Menyimak adalah latihan mendengarkan baik – baik. .

. 1992 : 142 Menyimak adalah suatu proses yang mencakup kegiatan mendengarkan bunyi bahasa. dan mereaksi atas makna yang terkandung di dalamnya . mengidentifikasi. menginterpretasikan.Sabarti.

. apresiasi. 1983 : 19 Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian. serta interprestasi. serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan.Tarigan. untuk memperoleh informasi. pemahaman. menangkap isi.

. mengenal. 1972 : 68 Menyimak dapat dibatasi sebagai proses besar mendengarkan.Anderson. serta menginterprestasikan lambang-lambang lisan.

Jadi.. apresiasi..... serta interprestasi... dengan menggunakan aktivitas telinga dalam menangkap pesan yang diperdengarkan untuk memperoleh informasi dan memahami isi yang disampaikan bunyi tersebut... ... . Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan bunyi baik bunyi nonbahasa dan bunyi bahasa dengan penuh pemahaman... perhatian..

. idealisasi.Menyimak Sebagai Proses Kejiwaan Menyimak adalah proses kejiwaan mulai dari proses pengenalan bunyi – bunyi yang didengarnya dengan penuh perhatian melalui alat pendengar. ide. diiringi dengan interpretasi dan apresiasi untuk menangkap informasi. Selanjutnya. Kemudian. perkiraan. diteruskan dengan proses penyimpanan dan menghubung – hubungkan hasil penafsiran untuk memperoleh pemahaman komunikasi yang diantarkan lewat bahasa lisan. pesan. menyusun penafsiran yang penuh dengan pergaulan aktif antara terka.

. . dan menghubungkan penafsiran itu dengan keseluruhan pengetahuan dan pengalaman (Bistok.. 1986 : 8) ... Hakikat menyimak adalah suatu rentetan proses.. penyimpanan.Jadi.. menyusun penafsiran..... mulai dari proses mengidentifikasi bunyi...

Tujuan Menyimak O Mendapatkan Fakta O Menganalisis Fakta O Mengevaluasi Fakta O Mendapatkan Inspirasi O Mendapatkan Hiburan O Memperbaiki Kemampuan Berbicara .

Ragam Menyimak O Berdasarkan Sumber Suara O Berdasarkan Cara Penyimakan O Berdasarkan Titik Pandang Aktivitas menyimak O Berdasarkan taraf hasil simakan O Berdasarkan tujuan menyimak O Berdasarkan tujuan khusus .

Jenis menyimak yang seperti ini yang disebut intrapersonal listening atau menyimak intrapribadi. . O Sumber suara yang disimak dapat pula berasal dari luar diri penyimak. Jenis menyimak ini disebut interpersonal listening atau menyimak antarpribadi.Berdasarkan Sumber Suara O Sumber suara yang disimak dapat berasal dari diri kita sendiri.

Jenisnya : O Menyimak sekunder. O Menyimak pasif. O Menyimak estetik. O Menyimak kreatif. O Menyimak konsentratif. O Menyimak selektif. O Menyimak sosial.Berdasarkan Cara Penyimakan O Menyimak intensif O Menyimak ekstensif Jenisnya : O Menyimak kritis. O Menyimak introgatif. O Menyimak penyelidikan. .

O Kegiatan menyimak bertaraf tinggi Jenis menyimak seperti ini disebut active listening. .Berdasarkan Titik Pandang Aktivitas menyimak O Kegiatan menyimak bertarap rendah Menyimak taraf ini dikenal dengan nama silent listening.

Berdasarkan taraf hasil simakan O Menyimak terpusat O Menyimak untuk membandingkan O Menyimak organisasi materi O Menyimak kritis O Menyimak kreatif dan apresiatif .

Berdasarkan tujuan menyimak O Menyimak sederhana O Menyimak deskriminatif O Menyimak santai O Menyimak informatif O Menyimak literatur O Menyimak kritis .

Berdasarkan tujuan khusus O Menyimak untuk belajar O Menyimak untuk menghibur O Menyimak untuk menilai O Menyimak apresiatif O Menyimak untuk mengomunikasikan ide dan perasaan O Menyimak deskriminatif O Menyimak pemecahan masalah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful