P. 1
Filsafat Bisnis (Repaired) (Repaired)

Filsafat Bisnis (Repaired) (Repaired)

|Views: 1,396|Likes:
Memuat mengenai filsafat
Memuat mengenai filsafat

More info:

Published by: Zeinaury Mutiara Chunji on Mar 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2015

pdf

text

original

2012

[MUTIARA ZEIN]

112040036

Oktober 2012

FILSAFAT BISNIS

Tugas : 1. Pengertian Filsafat dan Logika menurut Para Ahli 2. Pengertian dari matakuliah sampai 3 semester

Dr. Heri Erlangga, S.Sos., Mpd

FILSAFAT BISNIS Definisi FILSAFAT menurut Para Ahli :
1. DARI WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA , ENSIKLOPEDIA BEBAS Filsafat adalah Studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen eksperimen dan percobaanpercobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari siolusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yg tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukan kedalam sebuah proses dialektika.

2. PLATO (427 SM-347 SM) Filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada, Ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli.

3. ARISTOTELES (384 SM-322 SM) Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran, yang didalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika.

4. AL-FARABI (Wafat 950 M) Filsafat adalah ilmu pengetahun tentang alam maujud dan bertujuan menyilidiki hakikat yg sebenarnya.

5. MARCUS TULLIUS CICERO (106 SM – 43 SM) Filsafat adalah sebagai pengetahuan tentang sesuatu yang Maha Agung dan usaha-usaha untuk mencapainya.

6. BERTRAND RUSSEL Filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi, filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai begitu jauh, tidak bisa dipastikan namun

seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.

7. PHYTAGORAS Filsafat adalah The love for wisdom. Wisdom ialah kegiatan melakukan perenungan tentang Tuhan. Manusia oleh Phytagoras dibagi 3 tingkatan yaitu : Loves of wisdom Loves of success Loves of Pleasure

8. HASBULLAH BAKRY Filsafat sejenis pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu yang mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta, dan manusia.

9. IMMANUEL KANT (1724-1804) Filsafat sebagai pengetahuan yang menjadi pokok pengetahuan yang tercakup didalamnya 4 persoalan : - Apa yang dapat diketahui? (jawaban : Metafisika) - Apa yang seharusnya diketahui? (jawaban : Etika) - Sampai dimana harapan kita? (jawaban : Agama) - Apa itu manusia? (jawaban : Antropologi) pangkal segala

10. PROF. DR. FUAD HASAN Filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang hendak dipermasalhkan dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.

11. LANGEVELD Filsafat adalah berpikir tentang masalah-masalah yang akhir dan yang menentukan yaitu masalah-masalah yang mengenai makna keadaan Tuhan, keabadian, dan kebebasan.

12. N. DRIYARKARA Filsafat adalah permenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-akibat “ada” dan “berbuat” permenungan tentang kenyataan (reality) yang sedalam-dalamnya, sampai ke “mengapa” yang penghabisan.

13. NOTONAGORO Filsafat itu menelaah hal-hal yang menjadi objeknya dari sudut intinya yang mutlak dan yang terdalam, yang tetap dan yang tidak berubah yang disebut hakikat.

14. Ir. POEDJAWIJATNA Filsafat adalah ilmu yang berusaha untuk mencari sebab yang sedalmdalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran belaka.

15. HARUN NASUTION Filsafat adalahberpikir menurut tata tertib (logika) , bebas (tidak terikat pada tradisi, dogma serta agama) dan dengan sedalam-dalamnyasehingga sampai ke dasar-dasar persoalan.

16. MUHAMMAD NOOR SYAM Filsafat adalah sesuatu lapangan pemikiran dan penyelidikan manusia yang amat luas (komprehensif). Kebenaran filsafat adalah kebenaran yang relatif. Artinya kebenaran itu sendiri selalun mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman dan peradaban manusia.

17. JOHANN GOTLICH FICKTE Filsafat sebagai Wissenschaftslehre (Ilmu dari ilmu-ilmu) yakni ilmu umum yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan segala bidangatau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

18. PAUL NARTORP Filsafat sebagai Grunwissenchat, ilmu dasar yang hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya.

19. HAROLD T.TITUS Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi. Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan. Filsafat adalah analogis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata kata dan pengertian (konsep). Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

20. PROF. MR. MUHAMMAD YAMIN Filsafat ialah pemusatan pikiran, sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya dalam kepribadiannya itu dialami dengan kesungguhan.

21. PROF. DR. ISMAUN, M.Pd Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh, yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral, dan radikal untuk mencapai dan menentukan kebenaran yang hakiki (pengetahuan dan kearifan atau kebenaran sejati).

22. SIDI GAZALBA Filsafat adalah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran, tentang segala sesuatu yang dimasalahkan, dengan berpikir radikal, sistematik dan universal.

DEFINISI LOGIKA
1. MENURUT KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA Logika berarti: Pengetahuan tentang kaidah berfikir Jalan fikiran yang masuk akal Inferensial berarti simpulan; yang disimpulkan - Oleh karena demikian, logika inferensial dapat didefinisikan sebagai”berfikir dengan akal sehat untuk memperoleh kesimpulan”. 2. M. TAIB THAHIR ABD. MUIN

-

-

Mengemukakan bahwa ilmu manthiq (logika) menurut bahasa ialah bertutur benar. Adapun definisinya bermacam-macam, namun kesimpulannya sama, antara lain; Ilmu tentang undang-undang berfikir Ilmu untuk mencari dalil - Ilmu untuk menggerakan fikiran kepada jalan yang lurus dalam memperoleh suatu kebenaran - Ilmu yang membahas tentang undang-undang yang umum untuk fikiran - Alat yang merupakan undang-undang berfikir dan bila undang ini dipeelihara dan diperhatikan, maka hati nurani manusia pasti dapat terhindar dari fikiran-fikiran yang salah. 3. THE LIANG GIE Dalam bukunya Dictionary of Logic (kamus Logika) menyebutkan logika adalah bidang pengetahuan dalam lingkungan filsafat yang mempelajari secara teratur asas-asas dan aturan-aturan penalaran yang betul (correct reasoning). 4. MUNDIRI Logika didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari metode dan hukumhukum yang digunakan untuk membedakan penalaran yang betul dari penalaran yang salah. 5. POESPOPRODJO (1985:2) Istilah logika dari segi estimologis berasal dari kata Yunani Logos yang digunakan dalam beberapa arti seperti : Ucapan,bahasa,kata,pengertian,pikiran,akal budi, ilmu. 6. IRVING M.COPI (1976:3) Dalam bukunya, Introduction to Logic, Irving M.Copi mendifinisikan logika sebagai suatu studi tentang metode-metode dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam membedakan penalaran yang tepat dari penalaran yang tidak tepat.

PENGERTIAN 1. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah payung besar terminologi yang mencangkup seluruh peralatan tekhnis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencangkup 2 aspek yaitu tekhnologi

informas.i dan tekhnologi komunikasi. Tekhnologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan tekhnologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi teknologi konfirmasi dan komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. 2. PENGANTAR ILMU EKONOMI Ilmu Ekonomi mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang), dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya. 3. DASAR ILMU ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN • Administrasi Menurut Prof.Dr. Prajudi Administrasi dalam arti luas dapat dilihat dari 3 sudut pandang : a. Sudut pandang sebagai proses Proses kegiatan yang dimulai dari penentuan, pelaksanaan sampai tercapainya tujuan yang telah ditentukan. b. Sudut pandang sebagai fungsional Yakni kegiatan administrasi untuk mencapai tujuan dilaksanakan sesuai dengan fungsi/bagian/unit masing-masing.atau kegiatan administrasi didasarkan kepada fungsi-fungsi administrasi baik fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan (POAC). c. Sudut pandang sebagai institusional Yakni kegiatan administrasi dijalankan secara kelembagaan/ada institusinya. Dan dalam tersebut terdapat pimpinan, staf dan bagian operasionalnya • Manajemen menurut Stoner, Freeman, Gilbert (1995) Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. 4. PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN

Kamus besar bangsa indonesia Edisi kedua, bangsa adalah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah serta didalam berpemerintahan sendiri. Atau bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayahtertentu dimuka bumi. Jadi bangsa indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses didalam satu wilayah Nusantara/Indonesia. Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengetahui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatansekelompok atau beberapa kelompok manusia. Atau bisa diartikan sebagai satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa bagi ketertiban sosial. 1. Teori terbentuknya negara a. Teori Hukum Alam (Plato dan Aristoteles) Kondisi alam = Berkembang manusia = Tumbuh Negara b. Teori Ketuhanan Segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan termasuk adanya negara c. Teori Perjanjian (Thomas Hobbes) Manusia menghasapi kondisi alam dan timbulah kekerasan, manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara-caranya. Manusia pun bersatu (membentuk negara) untuk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dalam gerak tunggal untuk kebutuhan bersama. Didalam prakteknya, terbentuknya negara dapat pula disebabkan karena persatuan dalam gerak tunggal kebutuhan bersama. Didalam prakteknya terbentuknya negara dapat pula disebabkan karena a. Penaklukan b. Peleburan c. Pemisahan diri d. Pendudukan atas pemerintahannya. negara / wilayah yang belum ada

5. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Pendidikan Agama Islam yaitu Usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam (Zuhairani, 1983:27) 6. ILMU BUDAYA SUNDA Istilah sunda kemungkinan berasal dari bahasa snsekerta yakni sund atau suddha yang berarti bersinar, terang, atau putih. Dalam bahasa jawa kuno (kawi) dan bahasa bali dikenal juga istilah sunda dalam pengertian yang sama yakni bersih, suci, murni, tak bercela atau bernoda, air, tumpukan, pangkat, dan waspada. Menurut R.W.Van Bmmelen seperti dikutip Edi S. Eka djati, istialh sunda adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menamai dataran bagian barat laut wilayah india timur, sedangkan dataran bagian tenggara dinamai sahul. Dalam perkembangannya, istilah sunda digunakan juga dalam konotasi manusia atau sekelompok manusia, yaitu dengan sebutan orang sunda. Yang dinamakan kebudyaan sunda yaitu kebudayaan yang hidup, tumbuh dan berkembang dikalangan orang sunda yang pada umumnya berdomisili ditanah sunda. Secara umum masyarakat jawa barat atau tatar sunda sering dikenal dengan masyarakat yang religius. Kecenderungan ini tampak dalam pameo “silih asih silih asah dan silih asuh” . 7. ILMU BUDAYA DASAR Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, dengan menggunakan pengertianpengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian yang tergolong dalam pengetahuan budaya. 8. DASAR-DASAR ILMU POLITIK Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang politik atau politics atau kepolitikan atau mempelajari tentang kekuasaan, pemerintah dan bagaimana cara mendapatkan kekuasaan tersebut. Maka ilmu politik disebut juga struggle of power yaitu perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan. • Menurut Aristoteles Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. • Menurut Miriam Budiharjo Politik adalah bermacam-macam kegiatan dari suatu sistem politik (negara) yang menyangkut proses menetukan tujuan-tujuan dari sistem indonesia dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

9. BAHASA INGGRIS Menurut WITTGENSTEIN bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis. Bahasa inggris adalah seperangkat aturan struktural yang mengatur komposisi klausa, prasa dan kata-kata dalam setiap bahasa alami yang diberikan, dalam hal ini berkaitan dengan bahasa asing yaitu bahasa internasional yang umum digunakan.

10.

BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia adalah bahasa baku yang digunakan dan diakui secara nasional pada republik Indonesia yang diatur tata bahasanya sedemikian rupa pada ejaan yang disempurnakan, prasa-prasa, idiom, tata aturan kalimat, yang menempatkan bahasa indonesia pada posisi tiga teratas yang paling sulit untuk dipelajari. 11. ISLAM DAN DISIPLIN ILMU

Menurut pengajar kami bpk. Prof. Ali Anwar mengatakan bahwa terdapat kesalahan redaksi pada kata-kata islam dan disiplin ilmu karna seharusnya adalah islam dalam disiplin ilmu. Dari pernyataan tersebut digambarkan bahwa ilmu pengetahuan yang umum dalam setiap aspek kehidupan sesungguhnya didasarkan, berawal mula, dari ajaran islam (Alquran dan hadist). 12. PENDIDIKAN PANCASILA DAN UUD 1945

Secara arti kata pancasila mengandung arti, panca yang berarti 5, sila yang berarti dasar. Dengan demikian pancasila artinya 5 dasar. Tetapi disini pengertian pancasila berdasarkan sejarah pancasila itu sendiri. Apabila kita ingin benar-benar melaksanakan undang-undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuen. Maka tidak saja harus melaksanakan ketentuan-ketentuan dalam pasal-pasal dari batang tubuh (the body of the konstituin) atau lebih dikenalisi dari UUD 1945 itu, tetapi juga ketentuanketentuan pokok yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 (walaupun tidak tercantum dalam satu dokumen dengan batang tubuh UUD 1945, seperti konstitusi (RIS) atau UUDS 1950 misalnya), adalah bagian mutlak yang tidak dipisahkan dari Konstitusi Republik Indonesia Tahun 1945, pembukaan dan Batang Tubuh kedua-duanya telah ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Apabila kita berbicara tentang UUD 1945, maka yg dimakud ialah Konstitusi (UUD) yang disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tersebut pada tanggal 18 Agustus 1945 yang diumumkan dalam

berita Republik Indonesia Tahun 1946No.7 halaman 45-48 yang terdiri atas : 1. Pembukaan (preambule) yang meliputi 4 alinea 2. Batang Tubuh atau isi UUD 1954, yang meliputi 3. Penjelasan 13. BAHASA INGGRIS BISNIS

Bahasa inggris adalah seperangkat aturan struktural yang mengatur komposisi klausa, prasa dan kata-kata dalam setiap bahasa alami yang diberikan, dalam hal ini berkaitan dengan bahasa asing yaitu bahasa internasional yang umum digunakan untuk Aktifas kegiatan baik percakapan maupun korespondensi bisnis.

14.

SISTEM EKONOMI INDONESIA

Sistem Ekonomi Indonesia yaitu organisasi yang terdiri dari sejumlah lembaga/pranata (ekonomi, sosial, politik, Ide-ide) yang saling tergantung satu sama lain yang ditunjukan ke arah pemecahan problem produksi, distribusi, dan konsumsi demi tercapainya kemakmuran masyarakat. 15. SISTEM HUKUM INDONESIA

Sistem hukum indonesia adalah sistem hukum yang digunakan pada hukum positif indonesia yang terdiri atas komponen-komponen substansi, struktural dan budaya hukum. 16. PENGANTAR ADMINISTRASI BISNIS

Pengantar admininistrasi bisnis adalah pokok bahasan dalam mata ajaran yang meliputi pengertian ilmu, peopor dalam administrasi, pengenalan organisasi, bentuk-bentuk badan-badan usaha, kepentingan perusahaan, serta fungsi-fungsi bisnis seperti produksi pemasaran keuangan personalia. 17. KOMPUTER BISNIS

Komputer bisnis adalah sistem informasi untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah disimpan memori, yang diguanakan sebesar-besar untuk kepentingan tujuan bisnis. 18. TEORI ORGANISASI DAN ADMINISTRASI

Pengertian Organisasi menurut para pakar :

• James D. Mooney Organisasi merupakan Setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. • Herbert G. Hicks & Ray Gullet Organisasi sebagai suatu proses yang tersusun dalam mana orangorang berhubungan untuk mencapai tujuan. • Henry L.Sisk Organisasi merupakan suatu proses pembentukan/penyusunan bagian sehingga menjadi keseluruhan. Pengertian Administrasi menurut para pakar : • Sondang P. Siagian Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antaradua orang manusia atau lebih didasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya. • The Liang Gie Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan setiap usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditentukan. • Thoha (1983) Administrasi adalah proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok baik usaha pemerintah/swasta, sipil/militer, baik secara besar-besaran ataupun kecil-kecilan. 19. KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan meruapakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarsa dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya. 20. FILSAFAT BISNIS

Filsafat bisnis adalah cabang filsafat yang hendak menerapkan kebijaksanaan filsafat di dalam bisnis. Tujuannya adalah supaya bisnis menjadi sarana orang untuk memperoleh hidup yang berkualitas. Berkualitas disini tidak hanya soal materi, tetapi juga soal karakter dan kebahagiaan manusia. Di dalamnya banyak analisis soal kepemimpinan, kreativitas, keterlibatan, pertumbuhan kesadaran, dan sebagainya.

21.

DASAR AKUNTANSI

Definisi akuntansi dapat dilihat dari 2 (dua) sudut pandang yaitu: 1. Fungsi dan Kegunaan Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang berfungsi memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. 2. Proses Kegiatan Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-ttransaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasilhasilnya. 22. ADMINISTRASI PERPAJAKAN

Administrasi Pajak dalam arti sempit adalah penatausahaan dan pelayanan terhadap kewajiban-kewajiban dan hak-hak wajib pajak, baik penatausahaan dan pelayanan tersebut dilakukan di kantor fiskus maupun di kantor wajib pajak. Yang termasuk dalam kegiatan penatausahaan (clerical works) adalah pencatatan (recording), penggolongan (classifying) dan penyimpanan (filing). 23. SISTEM INFORMASI BISNIS

Sistem Informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan keguatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Menurut R.Mcleod Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi. 24. PEMASARAN

A. Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. B. Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen. C. Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen. D. Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

25.

KREATIFITAS DAN INOVASI

Kreatifitas adalah kemampuan untuk menciptakan gagasan-gagasan baru dan menemukan cara baru dalam menyikapi masalah dan memanfaatkan peluang. Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan gagasan-gagasan baru atau pemecahan kreatif terhadap berbagai masalah dan dalam memanfaatkan peluang.

26.

PERILAKU ORGANISASI BISNIS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang perilaku tingkat individu dan tingkat kelompok dalam suatu organisasi serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi).[1] Perilaku organisasi juga dikenal sebagai studi tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metodemetode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang sumber daya manusia dan psikologi industri.

27.

STATISTIK BISNIS

Menurut Sudjana (2004:3)

Statistika (statistic) adalah ilmu terdiri dari teori dan metode yang merupakan cabang dari matematika terapan dan membicarakan tentang bagaimana mengumpulkan data, bagaimana meringkas data, mengolah dan menyajikan data, bagaimana menarik kesimpulan, dari hasil analisis, bagaimana menentukan keputusan dalam batas-batas resiko tertentu berdasarkan strategi yang ada. 28. KOMPUTER AKUNTANSI Komputer Akuntansi adalah suatu seni dengan menggunakan alat bantu komputer untuk melakukan pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang menggunakan dan dalam bentuk satuan uang, dan peng-interprestasian hasil proses. Salah satu fungsi organisasi yang erat kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi akuntansi yang bertanggung jawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Dan agar laporan keuangan dan analisa laporan keuangan yangdihasilkan sesuai dengan karakteristiknya, perlu suatu sistem yang komparatif dan integral dari keseluruhan proses bisnis yang ada. 29. AKUNTANSI LANJUTAN Akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis (Business Language) atau lebih tepatnya sebagai bahasa pengambilan keputusan. Istilah akuntansi berasal dari bahasa Inggris ”Accounting” yang berarti menghitung atau mempertanggungjawabkan. 1. Menurut American Accounting Association (AAA) 1966 Accounting is the process of identifying, measuring and communicating economic information to permit information judgment and decision by users of the information. Akuntansi dan adalah prose informasi smengidentifikasi/mengenali, mengukur, melaporkan

ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. 2. Menurut American Institute of Certified Public Accountans Accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and in terms of money, transaction and events which are, in part at least, of financial character, and interpreting the results there of. Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang,

(AICPA) 1953

transaksi-transaksi 3.

dan

kejadian-kejadian

yang

setidak-tidaknya

bersifat financial dan penafsiran hasil-hasilnya. Menurut Accounting Principles Board (Statement No. 4, 1970) Akuntansi adalah kegiatan jasa. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kualitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomi, yang diharapkan bermanfaat bagi pengambilan keputusan ekonomi. Dengan demikian Secara Luas, pengertian Akuntansi Adalah Suatu proses untuk melakukan pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran dan pelaporan serta penganalisaan terhadap transaksi-transaksi ekonomi perusahaan guna pengambilan suatu keputusan.

30. •

BERPIKIR SISTEM Mcnamara (2003) Secara mendasar berpikir sistem merupakan suatu cara membantu orang untuk memandang dunia, termasuk organisasinya dari perspektif yang luas melibatkan struktur-struktur, pola-pola, dan peristia-peristiwanya saja.

Senge (1990) Berpikir sistem adalah sebagai suatu disiplin untuk melihat keseluruhan, mengenali pola-pola dan saling keterkaitan, dan pembelajaran bagaimana untuk menstrukturkan kesalingterkaitan ini dengan cara yang lebih efektif dan efisien

31.

LAB RISET PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN

Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Kesemuanya itu ditujukan untuk untuk masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.

32.

PEMODELAN BISNIS

Pemodelan bisnis yaitu sebuah proses yang dilakukan sekelompok orang atau sebuah organisasi untuk menciptakan nilai dan memberikan nilai terhadap perusahaan, yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan nillai yang lebih tinggi dibandingkan pesaingnya. Pemodelan bisnis juga merupakan kerangka kerja untuk menghasilkan uang. 33. • ETIKA BISNIS Velasques (2002), etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis Hill dan Jones (1998) menyatakan bahwa etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar guna memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks. Lebih jauh ia mengatakan, “Most of us already have a good sense of what is right and what is wrong. We already know that is wrong to take action that put the lives other risk” ("Sebagian besar dari kita sudah memiliki rasa yang baik dari apa yang benar dan apa yang salah. Kita sudah tahu bahwa salah satu untuk mengambil tindakan yang menempatkan risiko kehidupan yang lain.") Steade et al (1984: 701) dalam bukunya ”Business, Its Natura and Environment An Introduction” memberi batasan yakni, ”business ethics is ethical standards that concern both the ends and means of business decision making” (“Etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.")

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->