ULANGAN MID SEMESTER GASAL TP 2010 / 2011 LEADERSHIP KELAS X

e. kepemimpinan adalah
Petunjuk : Pilihlah satu jawaban yang paling benar! cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerja sama dan bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.

1. Pfifner da Robert Presthus dalam bukunya Public Administration mendefinisikan leadership sebagi berikut: "Leadership is the art of Coordinating and motivating individuals and groups to achieve desired ends", artinya:

2. Leadership harus dipelajari oleh manusia, karena : a. “siapa yang tidak mengenal dirinya maka ia tidak akan mengenal Tuhannya”. (hadist nabi) b. “sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur seakanakan mereka seperti bangunan yang kokoh” (QS Ash- Ashaf 61 - )

a.

Kepemimpinan adalah seni mengkoordinir dan mengggerakkan orang lain, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok guna mencapai tujuan yang dikehendaki.

b. kepemimpinan itu
dipandang sebagi hasil dari interaksi antara kepribadian yang total (keseluruhan) dari pemimpin dengan sitiasi sosial yang dinamis dimana ia hidup.

c. Kepemimpinan itu
adalah seni untuk mempengaruhi tingkah laku manusia, yang merupakan keahlian untuk mengatur orang lain.

c. “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya atas apa yang telah kamu pimpin”. (hadist) d. “Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya”. (QS.Huud 11: 61) e. “Siapakah yang lebih baik perkataanya dari pada orang yang menyeru kepada Allah,

d. Kepemimpinan adalah
tindakan

Kepemimpinan sangat diperlukan oleh setiap individu 2. 2. Keahlian memimpin itu dapat dipecah-pecah dalam unit-unit yang lebiih kecil 4. kemandirian e.mengerjakan amal shaleh dan berkata :”Sesungguhnya aku termasuk orangorang yang berserah diri”(QS. 4. semua benar c. Kepemimpinan adalah hubungan antar manusia 5. Fushilat 41 : 33) 3. maka orang tersebut mempunyai … a. Keyakinan kepemimpinan yang tepat menurut pernyataan di atas adalah a. dan 5e. Understanding self Seseorang tak akan pernah mampu memimpin . mampu berkomunikasi dan berhubungan dengan yang lain. demokratis. Keterampilan hidup b. 2. Keterampilan khusus d. Semua ini membutuhkan pribadi yang tegar. maka pelajaran tersebut hanya berguna pada situasi dan kondisi tertentu. 1 dan 5 b. mampu mengelola dan mengambil keputusan serta menguasai berbagai teknik memimpin kelompok. Ia juga tahu saat yang tepat untuk mendelegasikan wewenangnya. dan 3d. Jiwa wirausaha c. dan 5 5. Jiwa kepemimpinan 4. Selain itu mengetahui berbagai cara untuk meraih tujuan bersama. ahli mempelajari berbagai metode. 3. Demikian juga halnya seorang pemimpin tak pernah menghasilkan kesuksesan jika ia mengadakan pendekatan yang sama dalam berbagai situasi. 4. laissez faire. Kepemimpinan harus ditampilkan pada waktu dan tempat yang tepat sepanjang masa. Apabila seseorang mempelajari informasi atau teknik yang khusus untuk menyelesaikan suatu tugas yang khusus pula. Pemimpin yang baik adalah mereka yang mengetahui kapan harus bersikap otoriter. Di bawah ini adalah keyakinan dalam kepemimpinan: 1. 1. Tujuh keterampilan pemimpin adalah 1. Karena itu dibuutuhkan kepemimpinan situasional yaitu kepemimpinan yang harus berusaha sesuai dengan perubahan situasi. Kepemimpinan dapat dipelajari sama halnya dengan keahlian yang lain 3.

pemimpin yang ber tindak sebagai diktator. Managing 7. b. Pemimpin selalu mengambil semua keputusan/metetapkan sebuah kebijakan berdasarkan musyawarah dengan orang yang dipimpin. semua kendali ada di tangan pemimpin. agar bertingkah laku seperti yang dikehendaki oleh pemimpin 7.2. Pemimpin yang demokratis adalah a. bawahan bebas menentukan tugasnya dan dalam penilaian selalu bertindak objektif. Learning to learn c. Getting along with others 4. pemimpin adalah penguasa. . Working with group Keterampilan yang mempelajari langkahlangkah dan pendekatan yang dibutuhkan untuk menetapkan suatu tujuan. Getting along with others d. Pemimpin ini hanya terlibat dalam kuantitas yang kecil di mana para mengambil keputusan sendiri. e. d. Decision making 6. Charismatic leadership (kepemimpinan yang kharismatis) mengandung arti bahwa: a. b. memecahkan suatu masalah. c. Pemimpin yang menganggap dirinya sebagai bagian dari kelompoknya dan bersama-sama dengan kelompoknya berusaha bertanggung jawab tentang terlaksananya tujuan bersama. cenderung menilai bawahan secara subjektif dan kurang bersedia berpartisipasi aktif dalam organisasi/kelompoknya. Understanding self b. setiap aktivitas yang dilakukan selalu didiskusikan. Learning to learn 5. pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. bersikap memaksa dengan selalu menuntut kepatuhan karyawan. dan mengambil tindakan baik secara individu maupun kelompok adalah a. Pemimpin selalu 6. managing e. Decision making bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi. Communication 3. pemimpin yang kaku dan keras dalam menerapkan peraturan-peraturan maupun disiplin.

Takkan ada orang yang mau mengikuti seorang pemimpin bila pemimpin tersebut memandang suram masa depan. Integritas b. pemimpin hanya memberi pendapat kalau diminta dan tidak ada usaha untuk memuji atau mengkritik bawahan. Berani mengambil resiko e. Menyukai perubahan d. Mereka hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik. Amanah / Amanat e. bertanggung jawab secara pribadi atas tindakannya serta mempunyai arah. Kebenaran ucapan Rasulullah dilakukan bukan hanya setelah beliau diangkat jadi nabi dan rasul. keuletan dan kepercayaann kepada bawahannya. tetapi apa yang diucapkan semata-mata didasari atas wahyu dari Allah SWT. Fathonah / Fathanah / Fatonah d. Fathonah / Fathanah / Fatonah d. sasaran. Optimisme c. Pemimpin yang delegatif 8. Sifat Rasulullah yang tidah pernah berkata bohong membuat Rasullullah mendapat julukan .c.. Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam surat An Najm ayat 45 bahwa tidak ada yang diucapkan oleh Muhammad berdasarkan hawa nafsunya. Karakter tersebut adalah a. a. dapat mencapai tempat itu. Tabligh / Tablik / Tablig e. Segala sesuatu yang diucapkan oleh Rasul tidak pernah punya tendensi pribadi atau didasari oleh interest pribadi atau emosional pribadi. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). Seorang pemimpin harus mempunyai karakter yang kuat. Al Amin 9. namun jauh sebelum itu semenjak masa kanak-kanak beliau tidak pernah berbohong. Tabligh / Tablik / Tablig e. Sifat tersebut disebut juga dengan a. Siddiq / siddik / sidiq / sidik b. Siddiq / siddik / sidiq / sidik b. Sifat Rasulullah salah satunya adalah menyampaikan wahtu atau risalah dari Allah SWT kepada orang lain. Ulet 10. pemimpin mempunyai visi yang kuat. d. Amanah / Amanat c. Orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai . Al Amin 11. tetapi semua yang diucapkan oleh beliau didasari atas panduan wahyu dari Allah SWT. dan mereka c.

Perbankan 2. Ir. modal yang relatif besar dibutuhkan 5. Pegawai negeri e. 4. H. Ia adalah a. 2. modal yang relatif kecil diperlukan 3. dan 4 e. mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat. Seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. 2. dan 6 dan 6 c. mengambil keuntungan serta memiliki sifat. 2. Berikut ini adalah contohcontoh bidang wirausaha formal dan informal: 1. dan 3 d. Martha Tilaar c. 3.M. Sampoerna d. perolehan laba relatif besar 6. adanya izin mendirikan usaha dari pemerntah 2. e. Salon kecantikan 5. Abdullah Gymnastiar e. 4. Pekerja keras d. 3. 1. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. 1. dan 5 dan 6 b. 1. Pedagang b. Wirausahawan inovator c. pengadministrasian sederhana sangat Yang merupakan ciri-ciri sector usaha formal yang biasa dimasuki wirausahawan adalah: a. dan 6 12. Bidang-bidang kewirausahaan adalah sector formal dan informal. 2. 1. yang bisa dimasuki wirausahawan : 1. 4. 3. Biro jasa pengetikan 3. Bob Sadino 15.kesempatankesempatan bisnis. 2. 2. 4. Berikut ini adalah cirri-ciri sector formal dan informal d. 3. 14. dan 5 b. dan 6 c. 5. Transportasi 4. Ciputra b. watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan adalah pengertian dari a. peralatan yang digumakan sederhana 4. Retail 6. Warung makan Yang merupakan bidang wirausahawan formal adalah : a. dan 5 13. 3. Menurut perintis pengembang properti .

“siapa yang tidak mengenal dirinya maka ia tidak akan mengenal Tuhannya”. ketika kecil dia harus bergelut dengan berbagai pekerjaan untuk mencari uang membantu sang ibu yang berjualan kue. d. Abdulla h Gymna stiar 17. “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin itu akan dimintai . Ir. pengalaman hidup susah sejak kecil adalah pemicu kesuksesannya. Dia adalah… baik secara individu maupun kelompok.M. Sekarang dia menjadi pemilik preperti raksasa dan pengembang properti di tanah air lyang dulu bernama PT Pembangunan Jaya. b. Berikut ini adalah dasar hukum pembelajaran leadership: 1. upaya mempelajari langkah-langkah dan pendekatan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan. memahami kholiq maupun makhluknya c. e. Bob Sadino 16.nasional sekaligus pembangun 20 kota satelit di seluruh Indonesia. Ilmu dan keterampilan yang mempelajari bagaimana mengetahui. “sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur seakanakan mereka seperti bangunan yang kokoh” (QS Ash. H. Ciputra b. Pengertian understanding self adalah a. Pengungkapan diri pribadi kepada orang. a. baik melalui bahasa verbal maupun nonverbal. Sampo erna d. (hadist nabi) e.) 3. mengenal. ikut bergabung dan bekerjasama secara aktif atau memimpin kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai bungsu dari 3 bersaudara. memecahkan suatu masalah. Semua keterampilan hidup yang berkaitan dengan kepemimpinan dinamakan keterampilan hidup sebagai pemimpin.Ashaf 61 . Martha Tilaar c. dan mengambil keputusan serta tindakan 2.

Science 3. Mengenal makhluk jasad 6. 3 19. dan 6 b. dan 5 d. 5. Melalui wahyu 2. Fushilat 41 : 33) Yang menjadi dasar hukum pemikiran understanding self adalah : a. hukum dan peraturan Allah lainnya/Sunah Allah. Suatu proses penyampaian informasi (pesan. (QS. “Siapakah yang lebih baik perkataanya dari pada orang yang menyeru kepada Allah. 1. 4. Organ Vital 6. dan 3 d. 4. Nilai 3. dan 6 b. dan 5 e. Melalui sunatullah 4. 3. 2. Nafsu 2. Melalui ciptaanNya Mengenal ciptaanNya meliputi: a. 4. . dan 5 18. 2. 2. 2. gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi e. Nilai / benar dan salah 2. analika. 2. Daya Ingat 5. 2. (hadist) 4. 2 e. systematic serta ikatan-ikatan. dan 4 dan 5 c. 3. 1. 4. Mengenal akal / dasar logika. dan 3 dan 5 b. bakat Ruang lingkup mengenal hati adalah : a. 5 c. tujuan (goal) 4. “Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya”. 4. Teknologi 4. serta Mengenal badan /jasad meliputi: 1. 4. dan 6 e. dan 5 21. ide. 3. dan 5 c. Talent Yang termasuk mengenal badan/jasad adalah: a. 5. 3. 3. dan 6 c. Mengenal manusia 3. Mengenal Pencipta dan CiptaanNya : 1. 4. Mengenal makhluk ruh 5.pertanggungjawabannya atas apa yang telah kamu pimpin”. 20. 2. 1. 1. 3. dan 4 d.Huud 11: 61) 5. 2. yaitu bahwa manusia harus mengenal 1. Ruang lingkup mengenall diri . 4 b. 4. 1 d. 1. mengerjakan amal shaleh dan berkata :”Sesungguhnya aku termasuk orangorang yang berserah diri”(QS. 1. manajemen 5.

. Mengenal diri d. mengeluselus. 23. komunikasi yang menggunakan gerak isyarat. 2 d. Komunikasi verbal artinya a.Huud 11: 61) 5. potongan rambut. Body language e.Ashaf 61 . komunikasi yang menggunakan sentuhan. Fushilat 41 : 33) Yang menjadi dasar hukum pemikiran pentingnya komunikasi adalah : a.di antara keduanya. “Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya atas apa yang telah kamu pimpin”.) c. adalah pengertian dari … a. “Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya”. pukulan. 4 e. Komunikasi mengatur c. Belajar untuk belajar b. proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata b. (hadist) 4. 3 2. menggenggam tangan. dan lainlain d. bahasa tubuh. 1 b. menunjukkan perasaan. “siapa yang tidak mengenal dirinya maka ia tidak akan mengenal Tuhannya”. dapat termasuk: bersalaman. penggunaan objek seperti pakaian. dan sebagainya 3. mengerjakan amal shaleh dan berkata :”Sesungguhnya aku termasuk orang- c. “Siapakah yang lebih baik perkataanya dari pada orang yang menyeru kepada Allah. (QS. ekspresi wajah dan kontak mata. komunikasi yang mengilustrasikan atau menjelaskan sesuatu. berciuman. komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. sentuhan di punggung. Pada umumnya. Berikut ini adalah dasar hukum pembelajaran leadership : 1. 5 22. orang yang berserah diri”(QS. (hadist nabi) “sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur seakanakan mereka seperti bangunan yang kokoh” (QS Ash.

3. 2. 3. dan 6 b. Sholat 2. 5. Kontak mata 2. Berita di surat kabar 5. untuk mengatur atau menngendalikan jalannya percakapan. Body language 25. 1. 3. 3. Kontak mata 2. 4. Banjir bandang d. Berikut ini adalah jenis-jenis komunikasi manusia kepada Allah dan komunikasi Allah kepada manusia. dan 6 c. Pesan singkat di telepon genggam 6. Jenis-jenis komunikasi verbal dan nonverbal 1. 4.misalnya memukul meja untuk menunjukkan kemarahan. Seorang presenter membawakan acara di televise Contoh komunikasi verbal adalah a. 1. Menurunkan wahyu . 4. 4. 1. dan 6 c. dan 6 26. Seorang presenter membawakan acara di televisi Contoh komunikasi nonverbal adalah a. dan 6 b. Menggenggam tangan 4. Jenis-jenis komunikasi verbal dan nonverbal 1. Doa 3. atau untuk melepaskan ketegangan. dan 3 d. dan 6 e. 4. Berita di surat kabar 5. Pesan singkat di telepon genggam 6. 3. sholat c. 4. dan 5 e. 1. dan 3 d. Ekspresi wajah 3. Menggengga m tangan 27. Berikut ini adalah salah satu komunikasi Allah kepada manusia: a. Ekspresi wajah 3. 5. Menurunkan wahyu b. 2. komunikasi yang disampaikan melalui kata-kata baik yang diucapkan maupun ditulis 24. doa e. dan 5 e. 4. Dzikir 4. 3. 1.

Bertanya 6. 1. 1. jelaskan alasannya b. 3. Pada saat menjelaskan perintah. dan 6 c. ekspresi dan lain-lain yang membuat kita mengerti makna yang dimaksudkan orang lain. dan 6 e. 5. Pandang lawan bicara 3. Bertanya 6. 4. dan 6 e. Sikap meyakinkan Yang termasuk syarat pembicara yang baik adalah: a. virtual e. Lihat daftar isi e. Sabar e. verbal b. dan 6 c. body language d. Berhenti bicara 2. 4. 5.5. 1. 2. 3. 2. 3. Menurunkan hidayah 6. 4. dan 6 3. 4. Santai 5. dan 3 d. Lihat pengarang d. Hindari logat kedaerahan 4. 2. 4. Pandang lawan bicara a. 5. Berikut ini adalah syarat pendengar dan pembicara yang baik : 1. 2. dan 5 b. 2. 1. 30. 2. Berikut ini adalah syarat pembicara yang baik a. 2. dan 6 dan 6 c. Santai 5. disebut … 29. Adanya alam semesta Yang merupakan komunikasi manusia kepada Allah adalah : a. Sikap meyakinkan Yang termasuk syarat pendengar yang baik adalah: a. Hindari logat kedaerahan 4. 31. Konsentrasi c. 4. dan 6 d. 3. 5. dan 3 dan 5 b. Berikut ini adalah syarat pendengar dan pembicara yang baik : 1. Bahasa tubuh yaitu gerakan tubuh. 1. 5. nonverbal . 2. Berhenti bicara 2. 1. dan 6 28. dan 5 b. dan 3 d. 3.

dan lain sebagainya. Empati adalah a. banyak berjanji. sikap. banyak menggunakan kata dan ucapan yg indah-indah serta mulukmuluk. Pergunakan kata-kata positif d. dan lainlain. bermulut besar e. pemahaman. berwibawa. tetapi tidak ada artinya. Pesan singkat lewat sms b. Syarat pendengar yang . Laporan wawancara d. d. keterampilan. cara berfikir. Jangan puas membaca satu buah buku saja b. kemampuan. Buat mapping 36. b. jujur 35. dsb ketika yang menerima sugesti dalam keadaan tidak berpikir rasional karena diberi sugesti oleh orang yang a. Lihatlah prakata (tujuan penulis) c. gaya. bersifat omong kosong. keadaan mental yang membuat seseorang mengidentifikasi atau merasa dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. meniru orang lain mulai dari sikap. b. e. d. Film modern dikagumi. dihormati. Foto e. pemuka agama. penampilan. mempengaruhi seseorang atas suatu pandangan. Contoh body language a. Buat catatan / ringkasan buku e. Yang bukan pengertian bombastis: 33. golongan mayoritas. c. tetapi tidak akan berbuat banyak.c. suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain. karismatik. visual 32. penguasa. perilaku. dilakukan dan diderita orang lain. ketertarikan seseorang kepada orang lain yang seolah-olah merasakan perasaan orang lain 34. c. sehingga mampu merasakan apa yang dialami. Yang bukan merupakan syarat pembaca yang baik : a. Mengangkat bahu c.

baik : a. Buat mapping 5. Lihat banyak buku Yang merupakan syarat pembicara yang baik adalah a. Pandang lawan bicara 4. Pergunakan kata-kata positif 3. 5. Konsentrasi c. Pembaca e. dan 6 dan 5 c. Berikut ini adalah syarat menajdi pembicara dan pembaca yang baik: 1. Pergunakan variasi e. 2. Lihat pengarang c. 5. 2. Hindarkan sikap sarkastis e. tolong. 3. Menulis 38. Mendengar b. Jaga amarah c. Berhenti bicara d. Hindari logat kedaerahan 2. Yang bukan syarat pembaca yang baik a. 4. Berbicara c. 40. Santai e. 3. Lihat judul b. 3. dan 6 d. Lihat judul 6. Seringlah mengucapkan terima kasih. teman 39. Mendorong untuk bertanya . Baca prakata d. 37. Baca daftar isi e. 2. dan maaf b. Syarat pembicara yang baik : a. Cerminkan sikap bersahabat b. Yang bukan merupakan bentuk komunikasi manusia dengan manusia: a. Lihat penjabaran per bab d. 1. dan 3 dan 6 b. Pisahkan antara fakta dan pendapat d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful