Tipe - Tipe Ekosistem Darat

 Apa yang dimaksud tipe ekosistem darat itu ?

Ekosistem darat ( terestrial) adalah suatu jenis ekosistem dimana hampir secara keseluruhan komponen penyusun lingkungan fisiknya berupa daratan.
 Kenapa suatu ekosistem dapat disebut sebagai ekosistem darat ?

Suatu ekosistem dapat dikatagorikan kedalam golongan ekosistem darat karena komponen lingkungan fisiknya mayoritas adalah daratan.
 Apa sajakah tipe ekosistem darat itu ?

Beberapa ekosistem darat membentuk suatu bioma diantaranya hutan hujan tropis, gurun , Chaparral ( semak belukar), savana, padang rumput temperat, taiga, tundra, dan hutan gugur temperat.  Bagaimana ekosistem darat itu ? Beberapa ekosistem darat bergabung membentuk bioma, bioma adalah suatu sebutan bagi sejumlah ekosistem darat yang unik dalam artian memiliki habitat dan komunitas tertentu. Bioma- bioma tersebut diantaranya adalah 1). Hutan Hujan Tropis. Merupakan jenis hutan yang lebat dengan vegetasi yang relatif tinggi. Ciriciri dari hutan ini adalah : temperatur yang relatif hangat dimana suhu rata-rata ± 25 o C, curah hujan relatif tinggi, tumbuhan khas terdiri dari golongan liana ( rotan ) dan epifit ( anggrek). Contoh hutan hujan tropis di daerah Costa rica. 2). Gurun. Merupakan tipe bioma yang dicirikan dengan kondisi lingkungan yang relatif gersang dengan curah hujan yang rendah yaitu kurang dari 25 cm per tahun, perbedaan suhu pada siang dan malam hari relati besar diman pada siang hari ratarata suhu mencapai 45 o C sedangkan pada malam hari rata- rata mancapai 0 o C,

Curah hujan dari bioma ini lebih rendah ari pada hutan hujan tropis yaitu hanya berkisar 90 -150 cm per tahun. Vegetasi didomonasi oleh pohon-pohon kecil dan sesemakan yang biasanya berduri. Taiga. contoh bioma ini adalah gurun disebelah barat gunung Rocky. gurun sonoran yng ditandai dengan adanya kaktus raksasa seguaro dan semak berakar dalam. semak dan sejumlah tumbhan semusim ( annual ).vegetasi meliputi berbagai belukar aksia. steppe di Rusia. pampas di Argentina dan Uruguay.serta musim dingin yang berhujan dan bertemperatur sedang. Merupakan bioma terestrial yang luas yang terletak atau melintasi Amerika utara bagian utara dan eurasia hingga perbatasan tundra artik.setahun. dan pairie di Amerika Utara (Chapbell. 6). puszta di Hungaria. Savana. rayap. kumbang. tumbuhan sukulen dan kaktus. Merupakan bioma padang rumput di daerah tropik ( daerah antara 23o7’ lintang selatan ). Contohnya savana di Kenya yang merupakan tempat dimana herbivora besar dan predator (pemangsanya) terlihat dengan jelas. (Fried. 3). Ciri. Taiga merupakan hutan .2000) 5).ciri dari bioma ini adalah suhu pada saat musim dingin sangtlah rendah sehingga mengalami musim salju yang lebat selama musim dingin. ( Champbell. yang dicirikan oleh hujan musiman dan cahaya yang cukup. Vegetasi didominasi oleh semak dan pohon yang tumbuh terpencar. didominasi oleh kerumunan rumput. 4). Hewan-hewannya biasanya kecil dan bewarna tidak mencolok. Chaparral ( semak belukar) Merupakan tipe bioma dengan musim panas yang kering dan lama. Contohnya Chaparral di california. beberapa karnivora dan herbivora. Padang rumput temperat Merupakan bioma yg terletak didaerah zona temperat ( beriklim sedang ) . contoh bioma ini adalah veldt di Afrika selatan. Hewan yang hidup di bioma ini seperti belalang.

Sphagnum.hutan ini memiliki empat biasany emiliki empat musim sekaligus. burung pelatuk. semak-semak dan rumput yang diselingi tumbuhan kriptogamik (lumut dan lumut hati).Tumbuhan yang utama adalag golongan lumut ( liken). Rusia dan kanada (Champbell 8) Hutan gugur temperat. Merupakan tipe bioma yang kaya akan pepohonan yang akan menggugurkan daunnya pada di kala menjelang musim dingin ketika suhu yang ada terlalu rendah untuk terjadi fotosintesis yang efektif dan kehilangan air melalui transpirasi tidak mudah digantikan oleh tanah yang beku. Taiga terbesar berada di semenajung Skandinavia. bajing dan rakoon. Alaska dan kanada (Fried. tumbuhan berkayu yang pendek dan beberapa jenis rumput. Pada biom ini terdapat permafrost ( tanah bagian bawah yang membeku secara permanen). Biasanya taiga tersusun atas tumbuhan homogen seperti pinus. rubah . cemara. walaupun suhu pada musim dingin dapat mencapai suhu puluhan derajat dibawah nol. Tundra.2000). Hewan yang hidup di hutan ini contonya beruang. Hewan yng menghuni bioma antara lain muscox. Finlandia. Siberia. dan sebagainya. di bawahnya terdapat semak dan di bagian paling bawah terdapat terdapat tumbuhan herba. Secara harfiah tundra berarti daratan tanpa pohon. Hewan yang berada pada pada bioma ini seperti moose. Ciri – ciri dari bioma diantaranya adalah musim dinginnya lebih lama daripada musim panasnya.homogen yang hijau sepajang tahun ( evergreen ). Banyak hewan mamalia hutan temperat juga memasuki masa . 7). Wilayah persebaran tundra diantaranya adalah bagian utara Skandinavia. Rusia. dengan kondisi seperti ini maka hanya sedikit vegetasi yang mampu tumbuh di daerah ini. ajag dan burungburung yang bermigrasi ke selatan pada waktu musim gugur. beruang kutub. Hutan ini memiliki lapisan vertikal yang jelas yang terdiri dari satu atau dua strats pohon. rusa kutubda beberapa inseckta terutam nyamuk dan lalat hitam. Siberia. tumbuhan biji semusim. beruang hitam .

. Contohnya hutan gugur di Amerika utara ( Champbell.dorman ( hibernasi ) selama musim dingin berlangsungdan beberap spesies burung melakukan migrasi ke wilayah dengan iklim yang lebih hangat.

George and George Hademenos.DAFTAR PUSTAKA Chambell Fried. The McGraw-Hill Companies. Schaum’s Outline biology. 2000. .