Istilah masyarakat informasi dimulai sejak tahun 1970-an.

Saat itu aktifitas informasi di Barat sangat mendominasi kehidupan masyarakat. Perdebatan mengenai konsep masyarakat informasi ini melibatkan ilmuwan terkemuka dari berbagai bidang yang berbeda. Mereka mencoba untuk membahas konsep masyarakat informasi dengan sudut pandang masingmasing. Antara lain adalah Daniel Bell (1973), Stoiner (1983), Fritz Machlup (1983), Masada (1990), dan William Martin (1995). Mereka membahas masyarakat informasi berdasarkan perkembangan yang mereka lihat dari sudut pandang mereka, tentang apa yang terjadi di masyarakat berhubungan dengan informasi, tentang bagaimana memperlakukan informasi, serta tentang posisi individu dalam menilai informasi, dan sebagainya. Pandangan mereka tentu saja berbeda-beda, dan bahkan belum dapat memperoleh kesepakatan tentang definisi masyarakat informasi. Daniel Bell mengatakan sekarang umat manusia sudah mencapai masyarakat informasi atau postindustrial society, istilah yang digunakan Bell. Bell membagi masyarakat menjadi masyarakat agraris, industri, dan postindustri. Karakteristik masyarakat postindustri adalah perubahan dari produksi barang-barang ke produksi industri jasa, penyusunan pengetahuan secara teori, dengan pengetahuan dan inovasi pelayanan sebagai strategi dan sumber tranformasi dalam masyarakat. Secara terang Bell menyebut masyarakat postindustri dengan sebutan masyarakat informasi (information society). Tabel: Perbedaan Perkembangan Masyarakat Masyarakat Agraris Sumber Daya Alam (SDA) yaitu Air, Angin, Tanah, dan Manusia Masyarakat Industri Membuat Tenaga seperti Listrik dan Bahan bakar Masyarakat Informasi Informasi. Transmisi data dan komputer

Sumber daya yang diolah

. manusia sangat bergantung pada mesin. Pekerja tanpa skill tertentu Alat-alat manual Tradisional Modal Ahli mesin.html Pengetahuan adalah kekuasaan (Francis Bacon. Perubahan besar dalam kehidupan masyarakat sangat bergantung pada kemajuan luar biasa dari teknologi komunikasi dan informasi. mendistribusi. demikianlah arti pentingnya pengetahuan dalam hal ini informasi. dan waktu.ugm. semuanya menjadi “serba” yaitu: serba murah. jadi barang siapa menguasai pengetahuan dia akan menguasai dunia. Era informasi saat ini. penguasaan akan teknologi dapat menjadi sumber daya yang berharga (http://wiyarsih. 1605). serba tepat dan serba akurat. mempersingkat jarak. mengolah atau mendistribusikan informasi dan memproduksi teknologi informasi (Rogers. maka revolusi informasi menyebabkan manusia sangat bergantung pada teknologi informasi. ataupun menkonsumsi informasi. Oleh sebab itu di zaman informasi saat ini.ukdw. Pekerja dengan skill khusus Teknologi mesin Pertumbuhan ekonomi Pengetahuan Pekerja profesional. Kemudahaan masyarakat dalam mendapatkan informasi merupakan kunci keproduktivitasan yang lebih tinggi.id/~22033132/komputer%20masyarakat/perbedaan. 1986). Kaum pekerja individu pada masyarakat informasi adalah mereka yang aktivitas utamanya memproduksi. tempat dan waktu seakan-akan tidak memiliki arti dalam fenomena masyarakat informasi.Sumber daya yang dibutuhkan SDM yang dibutuhkan Teknologi Prinsip Perkembangan Bahan mentah atau Alam Petani. begitupula sebaliknya.id/wp/?p=16).staff.ac. Seluruh individu dapat dengan bebas memproduksi. Jika awal revolusi industri. serba cepat.ac. dengan skill tinggi Teknologi cerdas Penerapan pengetahuan dalam teknologi Sumber: http://students. Teknologi mutakhir telah menciptakan apa yang disebut “global village”. Dikarenakan jarak.

telepon. pola-pola kerja dan kesenjangan. standart hidup. informasi menjadi sangat penting dan menjadi komoditas yang harus dimiliki. Secara implisit penggunaan komputer memang tidak dapat dilepaskan dari masyarakat informasi. Komputer dalam masyarakat infomasi telah menjadi ciri utama. perkembangan dalam teknologi komputer. Dalam masyarakat yang seperti ini. tergantung pada peningkatan informasi dan pemanfaatannya (Martin. Individu dalam masyarakat akan berlomba-lomba mendapatkan informasi secepat mungkin. .Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana kualitas hidup. dan juga prospek untuk perubahan sosial dan pembangunan ekonomi. Dapat dilihat dari peningkatan intensitas produksi informasi dan pelayanan. Namun pengertiannya terlalu sempit. sehingga perlu konsep fundamental yang dapat menjelaskan perubahan tersebut. Definisi ini memberikan gambaran bahwa dalam masyarakat. 1995). Ada tiga komponen yang menjadi pendorong terjadinya masyarakat informasi yaitu dinamika informasi dan komunikasi. komunikasi yang luas melalui media dan sekarang sudah dilayani secara elektronis. sistem pendidikan dan pemasaran barang-barang sangat dipengaruhi oleh akumulasi peningkatan informasi dan pengetahuan. dan perkembangan dalam teknologi komunikasi. dan ponsel. Berbagai macam produk teknologi berupa alat memang sudah jamak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti televisi.