Daftar Isi

Cara membuat garis bawah Kop Surat di MS Word ........................................................................... 2 Melindungi document dengan password di Ms Word 2007 .............................................................. 4 Cara membagi halaman menjadi beberapa kolom............................................................................. 6 Cara mengetik kalimat atau rumus matematika di Ms Word ............................................................ 8 Memberi nomor urut secara otomatis di Ms Word 2007 .................................................................. 9 Cara memberi jarak antar paragraph di Word 2007 ........................................................................ 12 Cara buat Drop Cap di Ms Word 2007 .............................................................................................. 14 Cara membagi lembar kerja menjadi dua halaman di Ms Word 2007 ............................................. 16 Cara membuat mail merge di Ms Word 2007 .................................................................................. 18 Cara memperbaiki Ms Word yang error atau tidak bisa dibuka ...................................................... 25 Menambahkan karakter dan unicode di MS Word 2007 ................................................................. 27 MEMBUAT DAFTAR ISI (TABLE OF CONTENT)................................................................................... 28

Cara membuat garis bawah Kop Surat di MS Word

Berkaitan dengan pekerjaan perkantoran di suatu lembaga perusahaan, yayasan atau instansi tertentu, tidak akan pernah lepas dari kegiatan surat menyurat. Dalam membuat surat ini akan selalu dicantumkan Kop Surat sebagai identitas lembaga atau instansi sekaligus sebagai keabsahan daripada surat tersebut selain tanda tangan dan stempel. Kop surat berada di bagian atas dari lembar surat dan dibatasi oleh sebuah garis dari isi bagian surat tersebut. Untuk membuat garis bawah pada kop surat tersebut bermacam-macam cara yang dapat dilakukan. Cara pertama adalah setelah Kop surat beserta logonya ditulis atau diketik, barulah diberi garis dengan menggunakan perintah klik ribbon insert kemudian klik shapes pilih garis (line). Dengan menggunakan mouse, klik dan tahan dibawah kop surat kemudian drag kekanan sampai batas margin sambil menekan tombol shift pada keyboard. Jika ingin garis yang tampil dengan type yang lain dapat diedit dengan caradisini. Cara yang kedua adalah setelah kop surat dan logo telah diketik, letakkan kursor dibawah kop surat, kemudian tekan tombol pada keyboard : 1. --- (- sebanyak 3 kali) kemudian tekan enter, untuk membuat garis tunggal mendatar 2. === (= sebanyak 3 kali) kemudian tekan enter, untuk membuat garis dobel mendatar 3. ### (# sebanyak 3 kali) kemudian tekan enter, untuk membuat garis rangkap 3 mendatar.

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan fasilitas tabel. 1. Buatlah tabel 2 kolom 1 baris, kemudian atur sedemikian rupa, sehingga kolom yang kiri diisi logo dan kolom sebelah kanan diisi dengan Kop surat. 2. Blok tabel tersebut, kemudian pada ribbon design klik tanda panah kebawah pada group menu Draw Borders untuk membuka jendela borders and shading.

3. Pada tab Borders, pada setting klik None kemudian klik Custom. 4. Pada bagian Style, scroll kebawah untuk memilih jenis garis yang dibutuhkan. 5. Atur color dan width.

6. Pada preview, klik pada pilihan garis bawah tabel 7. Klik OK

Maka garis bawah pada kop surat telah dibuat. Silahkan saja pilih cara yang paling mudah menurut anda dari ketiga cara diatas.

Namun adakalanya document tersebut berupa sesuatu hal yang bersifat sangat rahasia yang tidak semua orang boleh membuka dan mengetahuinya. Klik tombol Tools yang berada dibagian bawah dari kotak dialog tersebut. Dibawah ini adalah cara atau trik keamanan data untuk melindungi file dokumen yang dibuat di MS Word 2007 atau 2010 dengan menggunakan password. Ketikkan password yang anda inginkan pada password to open dan Password to modify kemudian klik OK . tutorial ilmu pengetahuan. Pada saat akan menyimpan document tersebut. dan lain sebagainya. Bukalah program MS Word 2007 atau 2010 2. atau setelah memberi perintah Save (Ctrl+S) akan muncul kotak dialog Save As. 3. Buatlah suatu document apapun.Dokument tersebut dapat berupa tulisan dan gambar yang merupakan suatu kisah seseorang. 1. ilmu pengetahuan atau hal lainnya.Melindungi document dengan password di Ms Word 2007 Dokumen yang dibuat memang diperuntukkan untuk diperlihatkan kepada orang lain untuk suatu prestasi. baik tulisan atau yang lainnya. Atau dengan kata lain memberi password pada document MS Word. jangan terburu-buru untuk klik tombol Save. 4. 5. Pilih General Options 6.

Klik save Mulai dari sekarang ketika anda membuka file atau dokumen yang baru saja anda beri password. ketikkan lagi password anda untuk password to open kemudian klik OK 8.7. maka anda akan diminta untuk memasukkan password. Artinya anda tidak bisa membuka dokumen tersebut. . Ketikkan lagi password untuk password to modify kemudian klik OK 9. Muncul jendela confirm password. maka akan muncul peringatan password yang anda masukkan salah. Ketika password yang dimasukkan salah. Beri nama file anda pada File Name 10.

Pilih salah satu pilihan yang muncul yaitu one (satu kolom). Group menu Page setup kemudian klik Columns 3. Untuk mengatur agar halaman kerja MS Word menjadi beberapa kolom. tampilan naskah akan lebih menarik dan akan terlihat memuat tulisan yang lebih panjang dan padat. Jika dalam pilihan tersebut tidak ada. Blok naskah atau teks yang akan dibuat menjadi beberapa kolom (jika sudah terdapat naskah yang diketik) . two (dua kolom). Lebar kolom ini bisa diatur sesuai dengan keinginan. Atur pula width and spacingnya . dalam satu halaman tulisan akan berjajar dalam kolomkolom kecil. ini biasa digunakan untuk mengetik naskah dalam bentuk koran atau majalah. pilih More Columns 5. Klik Ribbon Page Layout. Masukkan jumlah kolom yang dikehendaki pada isian Number of Columns 6. dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Seperti halnya koran.Cara membagi halaman menjadi beberapa kolom Satu halaman dibagi menjadi dua atau tiga kolom. Pembagian kolom di suatu halaman juga cocok untuk membuat naskah yang berisi cerpen atau cerita pendek. Dengan membagi halaman menjadi beberapa kolom. 4. Left dan right. three (tiga kolom). 2.

Beri tanda centang pada Line Between jika antar kolom ingin dibatasi dengan garis.7. 8. Klik OK .

Selain fungsi kalimat atau rumus matematika. kemudian isikan angka yang dimaksud. arahkan pointer pada kotak dengan garis titik-titik. Setelah terbuka format yang diinginkan. Secara otomatis akan tampil pada lembar kerja MS word sebuah kotak dialog untuk diisi rumus matematika. . Di Ms Word 2007 atau 2010. dan lain-lain barulah merasa kesulitan untuk menuliskannya. kwadrat dengan akar kwadrat. Cobalah membuka fungsi-fungsi yang lain untuk membuat rumus matematika yang diinginkan. Demikian seterusnya sampai rumus matematika tersebut terbentuk seutuhnya. Klik salah satu fungsi yang diinginkan. sigma. maka penulisan kalimat matematika tidak akan bisa dihindari. pecahan. misalnya anda akan membuat bilangan pecahan. juga dapat disisipkan symbol-simbol yang berhubungan dengan matematika. Fungsi equation ini dapat diakses pada Ribbon Insert. terdapat fungsi atau fitur untuk menuliskan rumus dan kalimat matematika yaitu dengan menggunakan fungsi Equation. group menuSymbols kemudian klik Equation. Atau cara cepat membuka perintah equation adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + = pada keyboard. maka anda harus klik pada fungsi Fraction. Dengan menggunakan bantuan fungsi pada group menu Structures. buatlah kalimat matematika sesuai dengan kehendak anda. Namun ketika dihadapkan mengetik kalimat bahasa Indonesia digabungkan dengan suatu rumus atau kalimat matematika dengan menggunakan symbol-symbol seperti akar kwadrat. Seperti halnya ketika anda akan membuat soal-soal matematika.Cara mengetik kalimat atau rumus matematika di Ms Word Mengetik naskah atau teks dalam bahasa Indonesia adalah hal biasa yang mudah sekali dilakukan.

2.2. Urutan-urutan tersebut untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi suatu naskah atau data biasanya diberi suatu tanda dengan nomor urut yang berupa urutan angka (1. Setelah itu lanjutkan dengan mengetik data atau kalimat anda.3. maka nomor 2 atau b akan langsung otomatis tertulis. Langkah kesatu 1.). 4. Tekan enter.…. Ketikkan data anda secara urut sampai selesai. biasanya terdapat suatu urutan tertentu. Dalam Ms Word 2007 sudah terdapat fasilitas untuk memberi nomor urut secara otomatis. Biasanya diikuti tanda autocorrect Option (abaikan saja tanda tersebut) 3. yaitu ketik angka 1 atau abjad a pada awal paragraph/kalimat.b.…) atau abjad (a.Memberi nomor urut secara otomatis di Ms Word 2007 Dalam membuat suatu naskah terlebih lagi naskah yang berupa data atau tutorial. Urutan-urutan tersebut antara satu dengan yang lain kadang tidak boleh dilalui atau diloncati. dan bisa juga urutan-urutan tersebut saling berhubungan satu sama lain. Begitu pula data-data yang disajikan dalam bentuk tabel. Maka otomatis angka 1 atau a akan menjadi numbering atau penomoran otomatis. Langsung menulis nomor urut. tanpa memberi nomor urut terlebih dahulu .c.) kemudian tekan spasi. Langkah kedua 1. Lakukan hal yang sama untuk nomor 3 atau c dan seterusnya. 5. Untuk memberi nomor urut secara otomatis pada suatu naskah atau data dalam tabel dapat diikuti langkah-langkah berikut ini. diikuti tanda titik (.

Seleksi atau blok kata. 3. Pada ribbon Home.2. (lihat gambar dibawah) 4. kalimat data yang akan diberi nomor urut. group menu Paragraph. Pilih salah satu format penomoran yang anda inginkan . klik tanda segitiga kecil pada tombol Numbering.

. 6.5. Untuk memberi nomor urut pada tabel. Maka urutan data atau tutorial anda akan langsung dinomori secara otomatis. lakukan hal yang sama yaitu mulai dari blok atau seleksi kolom yang akan diberi nomor urut.

atau bisa langsung anda ubah secara manual dengan mengetik angka yang anda kehendaki. 5. seleksi atau blok naskah yang telah anda ketik. setiap paragraph tersebut diberi jarak sehingga memudahkan pembaca untuk membaca dan memahami isi dari naskah tersebut. 24. 4. dll.). skripsi. Langkah ini jika anda telah mengetik naskah terlebih dahulu atau sudah mempunyai naskah yang telah tersimpan di computer dan akan diatur jarak antar paragraphnya.Cara memberi jarak antar paragraph di Word 2007 Dalam mengetik suatu naskah. Setelah anda atur spasinya ( untuk mengatur spasi dapat dibuka pada halaman disini ). Maka sekarang paragraph satu dengan paragraph yang lain telah ada jaraknya. Pada beberapa keadaan. 2. jika tidak ikuti langkah no 3 kemudian baru mengetik naskahnya. Pada ribbon Page Layout. Ubah angka 0 pt pada pilihan spacing before atau spacing after dengan klik tanda panah keatas dan kebawah disamping angka 0 pt (6. pilih salah satu pengaturan pada spacing. . proposal. Untuk memberi jarak antar paragraph. yaitubefore dan after. 16. 12. group menu Paragraph. buku. baik itu naskah laporan. Pengaturan spacing before berarti jarak diberikan sebelum paragraph dan spacing after berarti jarak diberikan setelah paragraph. 3. Jarak antar paragraph tersebut bisa diatur dengan satuan pt. naskah tersebut disusun dalam beberapa paragraph. dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini : 1. Paragraf tersebut ditandai dengan alinea yang menjorok ke dalam dan diketik pada baris baru. …. Ketikkan seluruh naskah yang akan anda buat.

. dengan ubah angka pada spcing before atau after menjadi 0.Cara diatas juga bisa digunakan untuk menghilangkan jarak spasi antar paragraph.

pada group menu text. pilih jenis font yang akan anda pakai kemudian tentukan juga berapa besar huruf drop cap dengan mengisi lines to drop. Dropped berarti huruf yang lebih besar akan berada menjorok kedalam dalam paragraph tersebut. klik Drop Cap. sedangkan huruf yang lain tetap pada pengaturan margin yang ada. berita di koran atau majalah. Buka ribbon Insert. Untuk membuat drop cap di Ms Word 2007 bisa anda ikuti langkah-langkah berikut ini : 1. dan naskah-naskah lainnya.Cara buat Drop Cap di Ms Word 2007 Drop Cap adalah huruf awal suatu paragraph yang diperbesar. Besarnya huruf pada awal paragraph ini bisa diatur beberapa baris dari tulisan dan jarak antara drop cap dan tulisan yang lain. Drop Cap ini dimaksudkan untuk menambah keindahan suatu naskah. cerpen. Letakkan kursor pada paragraph yang akan diberi drop cap 3. Ketikkan naskah anda 2. 5. Maksudnya huruf pada awal suatu paragraph besarnya beberapa baris lebih besar daripada huruf-huruf lainnya. 4. sedangkan in margin berarti huruf yang diperbesar berada di dalam margin kertas. Drop Cap biasa dipergunakan pada suatu novel. Untuk melakukan pengaturan lebih lanjut dapat dipilih Drop Cap Options 6. semakin besar angka yang . Pilih salah satu pilihan antara Dropped dan In Margin. Setelah memilih dropped dan in margin.

dimasukkan maka semakin besar pula huruf drop capnya. 7. Maka drop cap anda telah berhasil dibuat. . Atur pula jaraknya dengan text dengan mengisi angka pada distance from text kemudian klik OK.

pilih 2 pages per sheet seperti gambar dibawah ini. pada kali ini saya memposting cara membagi satu halaman menjadi dua halaman. namun ketika diberi nomor halaman akan mempunyai nomor halaman berbeda secara berurutan. kemudian pilih custom margins 2. Disini meskipun terbagi menjadi beberapa kolom namun ketika diberi nomor halaman akan tetap berupa satu halaman. yang isi ringkasnya adalah bahwa satu halaman dibagi menjadi beberapa kolom. jika belum ubah dahulu menjadi landscape. Berbeda dengan tema diatas. Buka ribbon Page Layout. Cara tersebut diatas sangat cocok untuk membuat sebuah buku dengan ukuran kecil (setengah ukuran kertas). Untuk membuat lembar kerja dengan orientasi landscape dapat dilihat pada halaman disini. ikutilah langkah berikut ini : 1. Pada jendela pagesetup pastikan orientasi kertas pada landscape. klik Margins. group menu pagesetup. Pada Multiple pages. Ukurannya adalah satu lembar kertas dilipat menjadi dua.Cara membagi lembar kerja menjadi dua halaman di Ms Word 2007 Pada postingan saya beberapa hari yang lalu tentang membagi halaman menjadi beberapa kolom . . Artinya meskipun masih merupakan satu lembar kertas. Dalam hal ini posisi kertas yang pas adalah dengan orientasi landscape. Setelah diatur orientasinya menjadi landscape.

Jika anda mengetik sampai pada halaman berikutnya maka jika dicetak (print) maka dalam satu lembar akan terdapat dua halaman. maka tampilan lembar kerja menjadi lebih kecil. . Klik OK.3. Dan jika diberi penomoran halaman secara otomatis (insert pages) maka akan terdapat dua halaman pada satu lembar kertas tersebut. Jangan kuatir hal tersebut berarti yang tampak hanyalah setengah dari halaman saja.

setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat. maka sudah cukup. Klik ribbon Mailings kemudian klik Start Mail Merge. pilih Step by Step Mail Merge Wizard 3. Tentu hal ini akan sangat mempermudah sekali pekerjaan kita. cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta alamat yang dikehendaki maka nama. 4. Hasilnya. Pada Select document type pilih Letters kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan. alamat yang dibuat akan langsung bergabung atau merger dengan format surat tadi. Kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu tujuan dan nama alamat yang dituju. atau dokumen yang lain) 2. Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini. maka mail merge lah solusinya. Akan muncul panel Mail Merge disebelah kanan jendela Word anda. . Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda. Buat dokumen terlebih dahulu (bisa berupa surat.Cara membuat mail merge di Ms Word 2007 Mail merge atau surat masal adalah salah satu fasilitas di Ms Word untuk mempermudah user melakukan pekerjaan dengan hanya membuat satu format surat namun dengan berbagai tujuan alamat dan nama yang berbeda. Untuk membuat mail merge berikut ini adalah langkah-langkahnya : 1. blangko formulir. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir.

jika anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new listkemudian klik Create. Akan muncul jendela New Address list. Pada pilihan select recipients. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan. a. Pilih Use the current document kemudian klik Next 6. 7.5. Klik Customize columns .

Alamat. . Tambahkan beberapa filed sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk membuat field name baru klik Add kemudian beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama. dsb) d. Pilih filed name kemudian klik tombol delete. c. sampai semua nama kolom terhapus.b.

. Jika dirasa sudah cukup klik OK f. Muncul jendela New address list. Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai.e. kemudian klik OK g. Untuk menghapus entry klik pada entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru klik pada new entry.

h. Arahkan kursor pada tempat filed diletakkan. 8. Sampai disini kita akan memasukkan daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. muncul daftar list yang sudah siap untuk dimasukkan. atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan menghilangkan tanda centang pada list tersebut. Simpan pada folder dimana tempat dokumen tersimpan kemudian klik Save. Klik Next : Write your letter untuk melajutkan 9. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang ada. . i.

. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini.10. pilih More item 11. Pada jendela yang muncul pilih nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert 12. Pada pilihan write your letter. kemudian klik Next untuk melihat hasil merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters untuk melihat hasil. 13. Ulangi langkah diatas sampai data diisi dengan field yang sesuai.

Jika sudah cukup klik Next untuk complete the merger. Jika dipilih Edit individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di Ms Word. Terdapat dua pada pilihan complete merger yaitu Print dan Edit individual letters. maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika anda pilih merger print. 15. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.14. . Jika ada yang masih salah datanya bisa diubah datanya pada edit recipient list.

Buka Ms Word anda. Klik Data. namun program ms word tersebut tidak mau terbuka.Cara memperbaiki Ms Word yang error atau tidak bisa dibuka Mungkin anda pernah mengalami keadaan dimana anda membuka data dari file Ms Word. 6. Klik Run. Berilah nama file tersebut Wddata. 2003. 2.0\Word\Data Word 2010: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\14. dan klik Yes. Pada jendela Registry Editor masuk ke : (pilih sesuai dengan Versi MS Word anda) o Word 2002: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft \Office\10. Mungkin saja trik atau cara memperbaiki Ms Word yang error atau Ms Word yang tidak bisa dibuka dibawah ini bisa membantu anda mengatasi kesalahan pada ms word tersebut. 2007.reg. Namun jika tidak atau masih error. 3. Hapus Word Data registry key untuk menghapus Word Data registry key. Tutup jendela Registry Editor. sebaiknya jangan terlebih dahulu melakukan install ulang MS Office anda. 5. Klik Delete pada menu Edit.0\Word\Data Word 2003: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\11. Klik Start. 8. Tutup semua program office. Tentunya anda akan merasa sangat kesal dan jengkel.reg tersebut digunakan untuk mengembalikan regedit yang telah dirubah nanti) . 7. Atau bisa juga ketika membuka program Ms Word. kemudian simpan di desktop (File Wddata. bukan ?? Bila hal tersebut benar-benar terjadi pada anda.0\Word\Data Word 2007: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\12. Tutup semua program office. dan tekan enter. namun data dari Ms Word (2002. ikutilah langkah-langkah berikut: 1. . 2010) tersebut tidak mau terbuka.0\Word\Data o o o 4. Jika Ms Word telah terbuka dan berjalan dengan normal. kembalikan atau restore registry key yang telah dihapus tadi dengan cara : 1. klik menu File kemudian klik Export. ketik regedit. maka masalah terselesaikan.

Jika Ms Word telah terbuka dan berjalan dengan normal. dan simpan di desktop.2. 3. Klik Options. ketik regedit.0\Word\Options Word 2003: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\11. Klik ganda pada Wddata. 3. Klik Yes.reg. Tutup jendela Registry Editor. Klik ganda pada Wdoptn. Klik Start. Tutup semua program Office.0\Word\Options o o o 4. 3. kemudian klik OK.0\Word\Options Word 2010: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\14. dan tekan enter. Klik Yes. ikutilah langkah-langkah berikut: 1. Tutup semua program office. Buka MS Word. Pada jendela Registry Editor masuk ke : (pilih sesuai dengan Versi MS Word anda) o Word 2002: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\10. Namun jika tidak atau masih error. Klik Run. 5. Klik Delete pada menu edit. 8. Delete the Word Options registry key Untuk menghapus Word Options registry key.dotm global template file Delete the COM add-ins registry keys .0\Word\Options Word 2007: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\12. dan klik Yes.dot or Normal. kemudian klik OK. 6.reg yang ada di desktop tadi. 7. kembalikan atau restore registry key yang telah dihapus tadi dengan cara : 1. Berilah nama file tersebut Wdoptn. 2. 2. kemudian klik Export pada menu File.reg di desktop. Langkah yang lain adalah : Rename the Normal. maka masalah terselesaikan.

Pada jendela yang muncul buka tab Special Characters kemudian pilih karakter yang dikehendaki dan klik OK . Pada Ms Word fasilitas tersebut telah ada yaitu dengan fasilitas insert special character. ® dan lain sebagainya yang tidak terdapat dalam tombol-tombol di keyboard. Buka ribbon Insert. Letakkan kursor pada tempat yang akan diberi symbols atau character 2. pada group menu Symbols klik Symbols kemudian pilih More Symbols 3.Menambahkan karakter dan unicode di MS Word 2007 Dalam membuat sebuah dokumen. seringkali kita dihadapkan untuk menyisipkan atau menuliskan karakter atau kode tertentu seperti ©. 1. Cara menggunakan fitur insert special character tersebut bisa dilihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Menandai Bagian untuk Daftar Isi Sebelum membuat daftar isi. ganti cara manual dengan fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. dan sebagainya. Oleh sebab itu. Untuk memulai membuat daftar isi dengan menggunakan fitur Microsoft Word teman. Hal di atas sering terjadi bila membuat daftar isi secara manual.MEMBUAT DAFTAR ISI (TABLE OF CONTENT) Kita mungkin lebih sering fokus pada isi dokumen ketimbang bagian lain yang juga penting. baru teman-teman membuat daftar isinya. kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi.1 Pengenalan Microsoft Office 2007. seperti daftar isi.teman diminta untuk menandai terlebih dahulu bagian yang dimasukkan ke daftar isi. kita dapat melakukan update daftar isi dengan beberapa perintah sederhana saja. . Setelah semua bagian yang ditandai. kita tidak sempat memperbaikinya bila ada perubahan pada dokumen. Sehingga bagian ini sering dikerjakan belakangan dan kadang karena diburu waktu. contoh: Bab 1 Pengantar. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau judul bab. Ini salah satu bentuk TOC yang dimiliki Microsoft Word : Pertama. Fitur ini dapat membantu membuat daftar isi dengan cepat dan seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan judul dalam dokumen. 1.

... yaitu Heading 1 sampai dengan Heading 9..... Menandai Bagian untuk Daftar Isi . 14 Ketiga...................... Styles group........ 2.. 2.......... Kedua. Penandaan dengan menggunakan Heading Style Microsoft Word memiliki fitur Heading style yang telah disediakan...... Pilih di style group heading yang diinginkan. Catatan : Urutan heading biasanya merupakan tingkatan heading........................................... Contohnya begini : Contents MEMBUAT DAFTAR ISI (TABLE OF CONTENT) ............. tinggal kita pakai....... Selain menggunakan built-in sytles............. Hal ini untuk memudahkan temanteman menjaga format yang konsisten pada dokumen............ Kalau sudah ada bagian yang akan ditandai.......... 3... Membuat Daftar Isi dari Built-In Heading Styles Caranya begini : ......... Artinya pilihan heading 2 merupakan bagian dari heading 1...................... Gambarnya seperti ini : Cara penggunaannya begini : 1......... 13 1...........Cara mudah untuk membuat heading adalah menggunakan heading styles yang sudah disediakan (built-in styles) oleh Microsoft Word............................... 13 Penandaan dengan menggungakan Heading Style ....... 14 Daftar Isi dari Built-In Heading Styles ..... blok bagian yang ingin ditandai................. misalnya style yang kita buat sendiri........ Heading style dapat dilihat di Home tab.............................. kita juga dapat membuat daftar isi berdasarkan custom styles yang kita gunakan..

ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan dalam daftar isi. atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic.1. untuk memilih format tampilan daftar isi. 3. Pada References tab. Table of Contents group. seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat). Fancy dan sebagainya. . Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen) 2. klik Table of Contents dan kemudian klik Insert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut: o Tab leader. titik-titik atau tidak menggunakan tab leader. o Formats. klik Table of Contents. pilih gaya daftar isi yang diinginkan. Pada References tab. untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman. o Show levels. Table of Contents group. antara lain: garis putusputus. Format tampilan daftar isi.

Klik Options. klik Table of Contents. Catatan: Jika menggunakan custom styles. 6. Di bagian Available styles. Membuat Daftar Isi dari Custom Styles Gunakan cara ini bila menggunakan custom style pada heading untuk daftar isi. Pada References tab. 5. Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi. 7. isi angka 1 sampai 9 untuk menentukan level pada heading style. Klik OK. Ulangi langkah 4 dan 5 untuk setiap heading style yang ingin disertakan dalam daftar isi. Caranya begini : 1. misalnya: Heading 1. pilih style yang digunakan untuk heading dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC level. contoh: Title style atau style yang kita buat sendiri. . dan kemudian Insert Table of Contents. Pada TOC level. 4. hapus angka TOC level untuk built-in styles. 3.Keempat. . Table of Contents group. 2.

o Update entire table. bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah. Klik: o Update page numbers only. klik Update Table. 2. Pada References tab. Table of Contents group. Keenam. Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik update table. 2. bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading. Klik Remove Table of Content . Menghapus Daftar Isi Caranya begini : 1. Table of Contents group. Pada References tab. klik Table of Contents. Update Daftar Isi Caranya begini : 1.Kelima.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful