P. 1
Mahkota Dewa

Mahkota Dewa

|Views: 49|Likes:
tanaman yang berkhasiat
tanaman yang berkhasiat

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Lina Nachin Timanoyo on Mar 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2013

pdf

text

original

MAHKOTA DEWA

A. Mengenal Tanaman Mahkota Dewa

K11. Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas: Rosidae Ordo: Myrtales Famili: Thymelaeaceae Genus: Phaleria Spesies: Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl.

2. Morfologi Tanaman Mahkota Dewa

Mahkota dewa yang dalam bahasa latinnya disebut Phaleria Papuana merupakan tanaman perdu yang batang, daun, dan buahnya sangat ampuh untuk menaklukkan berbagai penyakit karena mengandung antioksidan yang tinggi, namun bijinya sangat beracun. Mahkota dewa bisa dengan mudah ditemukan dipekarangan rumah atau di kebun-kebun. Tanaman ini sangat menyukai areal tanah yang gembur dan subur dengan ketinggian sekitar 10-1.300 di atas permukaan laut. Asal mula tanaman mahkota dewa belum banyak diketahui orang. Ada sejumlah peneliti menyebut daerah asal tanaman ini dari Papua, makanya akhiran di nama latinnya tercantum kata ‘Papuana’ yang bisa berarti dari papua. Hampir semua bagian dari tanaman ini mengandung khasiat yang besar pengaruhnya bagi dunia pengobatan alternatif. Bagian-bagian tanaman ini

bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Batang mahkota dewa bergetah. Batang Batangnya terdiri dari kulit dan kayu. d. Pertumbuhan bunga menyebar di batang atau ketiak daun. Buah mahkota dewa saat muda berwarna hijau. Panjang daun bisa mencapai 710cm dengan lebar 3-5cm. langsing. b. Bentuknya lonjong. Diameternya dapat mencapai 15cm dan percabangan batang cukup banyak. dan berujung lancip. Cangkang buah berwarna putih dan ketebalannya bisa . Buah mahkota dewa terdiri dari kulit. cangkang merupakan bagian buah yang paling dekat dengan biji. tetapi paling sering tumbuh pada musim hujan. tetapi lebih langsing. Daging buah berwarna putih. c. Daun tua berwarna lebih gelap daripada daun muda. Jadi. sementara kayunya berwarna putih. Bunga Bunga mahkota dewa merupakan bunga majemuk yang tersusun dalam kelompok 2-4 bunga. e. Teksturnya pun lebih liat dan warnanya hijau. Bunga ini keluar sepanjang tahun atau tak kenal musim. Ukurannya kira-kira sebesar bunga pohon cengkeh. permukaan licin dan beralur. daging. jika terkena sinar lampu tampak seperti berkilau. Buah Buah mahkota dewa merupakan cirri khas tanaman mahkota dewa. Warnanya putih. Bentuknya bulat. Permukaan bagian atas berwarna lebih tua daripada permukaan bagian bawah. Cangkang Cangkang buah adalah batok pada buah. tergantung pada ukuran buah. Daun Daun mahkota dewa merupakan daun tunggal. Hampir menyerupai bentuk daun jambu air. Ketebalan kulit sekitar 0. Berikut ini bagian-bagian dari tanaman mahkota dewa : a. Ketebalan daging bervariasi. sedangkan saat tua. warnanya menjadi merah marun. cangkang dan biji. Kulit batang berwarna cokelat kehijauan. memanjang. Permukaannya licin dan tidak berbulu.5-1mm. Pada malam hari. dan baunya harum. bentuknya seperti terompet kecil. Buahnya mampu tumbuh dengan lebar.

dan masih banyak lagi. tanaman mahkota dewa bersifat axytosin dan sintosinon yang merangsang kerja otot rahim untuk mempermudah proses melahirkan selama persalinan. di Indonesia pada awalnya mahkota dewa tumbuh di Papua. Mahkota dewa dinamai berdasarkan tempat asalnya. yaitu Phaleria Papuana. Tetapi di masyarakat lokal mahkota dewa tidak di anggap sebagai tanaman berkhasiat.mencapai 2mm. Selain di China. Ada pula orang banten yang menyebut mahkota dewa dengan sebutan Raja Obat. Makuto Rojo DAN Makuto Ratu. dan berwarna putih. Di China mahkota dewa disebut dengan nama Shuan Tao. ada pula yang memberikan nama berdasarkan ukuran buahnya yang besar (makro). yaitu Phaleria Macrocarpa. biji buah berbentuk bulat. Di dalam tanaman mahkota dewa terdapat kandungan aktif pada buahnya. saponin. Kandungan Kimia Tanaman mahkota dewa mengandung zat kimia yaitu zat antihistamin yang mampu mencegah alergi. Pada kulit buah ada alkaloid. Habitat Tanaman Mahkota Dewa Mahkota dewa telah dikenal puluhan tahun yang lalu di Negara China. dan polifend. dan flafanoid. Derajat. Mahkota Ratu. orang orang menyebutnya dengan nama Makuto Mewo. B. Trimahkota. Ada yang menyebut dengan nama Pustaka Dewa. f. Rasa cangkang buah sepat-sepat pahit. kandungan tersebut seperti : . saponin. tetapi setelah matang rasanya sepat-sepat manis. Disamping itu. Namun. (Turyanto : 2009) 3. Kandungan kimia pada daun mahkota dewa adalah antihistamin. alkaloid. Mahkota Raja. Biji Biji mahkota dewa merupakan bagian yang paling beracun. Diameternya mencapai 2cm. Di Jawa Tengah. sehingga mahkota dewa banyak dibiarkan dan berkembang sebagai tanaman liar. Sebutan atau nama lain untuk mahkota dewa cukup banyak.

yang berfungsi untuk : a. c. b. yang berfungsi untuk : a. Melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh Mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah Mengurangi kadar alcohol Mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah Mengurangi kadar resiko penyakit jantung koroner Mengandung antiflamasi (anti radang) Mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan. Alkaloid. d. b. yang berfungsi sebagai pencegah alergi . yang berfungsi sebagai detoksifikasi yang dapat menetralisir racun-racun di dalam tubuh 2. e. e. Flavonoid. dan Mengurangi penggumpalan darah 3. Sumber anti bakteri dan anti virus Meningkatkan vitalitas Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mengurangi kadar gula dalam darah. 4. d. Saponin. g. Poliferol.1. c. f.

bahkan dalam satu buah mahkota dewa itu manfaatnya sungguh berkhasiat. Resep 2 Bahan : Daging buah mahkota dewa kering : 5-6 iris Daun salam kering : 1 genggam Cara membuat Kedua bahan ditumbuk halus. Manfaat buah mahkota dewa sangat banyak. Minum masing-masing kapsul. Angkat rebusan setelah tinggal separuh.C. . 2-3 kali sehari. Setiap bahan dimasukkan dalam kapsul terpisah dengan dosis 500 mg per kapsul. Manfaat buah mahkota dewa ini tidak hanya diramu menjadi jamu saja. dilayak. bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti kanker. Resep Obat dari Manfaat Buah Mahkota Dewa Manfaat buah mahkota dewa sangat baik untuk kesehatan. tetapi manfaat buah mahkota dewa bisa diramu menjadi obat. Berikut beberapa resep obat dari buah mahkota dewa : Resep Obat Darah Tinggi Resep 1 Bahan : Daging buah mahkota dewa kering : 5-6 iris Daun sambiloto kering : 10 gram Daun pegagan kering : 15 gram Cara membuat Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air. Saring dan minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas. lalu dimasukkan ke dalam kapsul.

Minum 3 kali sehari masing-masing satu gelas. Resep Obat Jantung Bahan : Daging buah mahkota dewa kering : 5 gram Pegagan : 15 gram Sambiloto kering : 10 gram Daun dewa : 15 gram . Resep Obat Lever Bahan : Daging buah mahkota dewa kering : 15 gram Daun sambiloto : 7 lembar Daun dewa : 7 lembar Umbi daun dewa : 15 gram Rimpang temu putih : 15 gram Cara membuat Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 5 gelas air.Resep Obat Diabetes Melitus Bahan : Daging buah mahkota dewa kering : 5-7 iris Daun sambiloto kering : 7 lembar Daun mimba : 3 lembar Daun sendok : 7 lembar Cara membuat Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air. Angkat dan saring. Saring dan minum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas. Angkat rebusan setelah tinggal separuh. Angkat rebuasan setelah tinggal 3 gelas.

biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas Saring air rebusan. cuci bersih semua bahan   Rebus semua bahan dalam 5 gelas air. biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas Saring air rebusan. 10 gram sambiloto kering. cuci bersih semua bahan. Ramuan diminum 1 jam sebelum makan . Resep pengobatan Hepatitis Pengobatan: Minum air rebusan. Angkat dan saring. 10 gram sambiloto kering dan 15 gram daun dewa. tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. cuci bersih semua bahan   Rebus semua bahan dalam 5 gelas air. Cara membuat:  Campur 5 gram daging buah mahkota dewa dengan 15 gram akar sidaguri. Minum 3 kali sehari masing-masing satu gelas. Cara membuat:  Campur 5 gram daging buah mahkota dewa kering dengan 15 gram pegagan. Angkat rebusan setelah tinggal 3 gelas. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air. 10 gram sambiloto kering dan 15 gram cakar ayam kering. Ramuan diminum 1 jam sebelum makan . Resep Pengobatan Rematik dan Asam urat Pengobatan: Minum air rebusan. tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. tunggu sampai dingin dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. biarkan rebusan hingga air tersisa 3 gelas  Saring air rebusan.Cara Membuat : Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 5 gelas air. Resep pengobatan kanker :  Campur 5 gram daging buah mahkota dewa kering dengan 15 gram temu putih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->