KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Faedah Agama Bagi Manusia”. Makalah ini berisikan tentang manfaat Agama bagi umat manusia. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua manfaat – manfaat agama bagi manusia. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Banda aceh, Desember 2012

Penulis

1

membunuh. yang salah satu karakteristiknya adalah mampu mengendalikan diri (self control) dari pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama. atau menggunakan narkoba dan main judi). seperti naluri makan/minum. yaitu melalui pendidikan agama dari sejak usia dini. naluriah.1 LATAR BELAKANG Sebagaimana telah menjadi pengetahuan bersama. karena tidak terkembangkan (melalui pendidikan). agama merupakan suatu perangkat mutlak dalam kelangsungan hidup manusia. berkuasa dan rasa aman. Apabila nilai-nilai agama telah terinternalisasi dalam diri seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bertakwa.BAB I PENDAHULUAN 1. maka prilaku manusia dalam hidupnya tidak akan berbeda dengan hewan karena didominasi oleh potensi fujurnya yang bersifat instinktif atau implusif (seperti berjinah. mencuri. atau hawa nafsu. Perbedaan gerakan antara manusia yang beragama atau yang tidak beragama sangat kentara sekali. maka potensi takwa itu harus dikembangkan. Apabila potentsi takwa seseorang lemah. Agama seolah menjadi pengikat kesadaran kita selama di dunia. 2 . seks. Agar hawa nafsu itu terkendalikan (dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama). Agama juga memberikan penjelasan bahwa manusia adalah mahluk yang memilki potensi untuk berahlak baik (takwa) atau buruk (fujur) potensi fujur akan senantiasa eksis dalam diri manusia karena terkait dengan aspek insting. minum-minuman keras.

1.2 Apa itu agama? Mengapa agama itu penting bagi kehidupan manusia? 1.2.3. Untuk memberi pemahaman tentang betapa pentingnya agama dalam kehidupan kita sebagai manusia. 3 .2 RUMUSAN MASALAH 1.2.3.2 Untuk menjelaskan tentang agama.1 1.3 TUJUAN 1.1 1.

1 Pengertian Agama Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungann Kata "agama" berasal dari bahasa Sanskerta. Maksudnya dengan berreligi. Sesuatu yang luar biasa itu tentu berasal dari sumber yang luar biasa juga. Brahma adalah doa atau mantra-mantra. Jadi agama menurut agama Hindu ialah kepercayaan hidup pada ajara- 4 . mencapai rohani yang sempurna kesuciannya. Misal Tuhan. De Weldadige. Kami-Samadan lain-lain atau hanya menyebut sifat-Nya saja seperti Yang Maha Kuasa. Diksa adalah penyucian. Agama menurut agama Hindu ialah satya. tapa. Satya berarti kebenaran yang absolute. āgama yang berarti "tradisi". Dan sumber yang luar biasa itu ada bermacam-macam sesuai dengan bahasa manusianya sendiri. seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan. God. Tapa adalah semua perbuatan suci. kesadaran dan pengakuan akan keterbatasannnya menjadikan keyakinan bahwa ada sesuatu yang luar biasa diluar dirinya. dan lain-lain. Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latinreligio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Manusia memiliki kemampuan terbatas. Syang-ti. diksa. Pengertian lain ialah dharma atau kebenaran abadi yang mencakup seluruh jalan Kehidupan manusia.BAB II PEMBAHASAN 2. brahma dan yajna. Kita sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah. Émile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. arta. Ingkang Murbeng Dumadi. Yajna adalah kurban. Arta adalah dharma atau perundang-undangan yang mengatur hidup manusia. Dewa.

Agama menurut agama Budha ialah suatu kepercayaan atau persujudan atau kepercayaan manusia akan adanya daya pengendalian yang istimewa dan terutama dari suatu manusia yang harus ditaati dan pengaruh pemujaan tadi atas perilaku manusia. Agama menurut agama Islam ialah. Agama menurut agama Kristen ialah segala bentuk hubungan manusia dengan yang suci. penghambaan danTuhan. aturan. takut karena sifatnya yang dahsyat dan manusia tertari karena sifat-sifatnya yang mempesonakan. Maka suatu paham atau ajaran yang mengandung ketiga unsur pokok pengertian tersebut dapat disebut agama. kata Islam berasal dari kata: salam yang artinya selamat. Pengertian lain dari agama adalah suatu badan dari ajaran kesusilaan dan filsafat dan pengakuan berdasarkan keyakinan terhadap pelajaran yang diakui baik yang ajaran yang budha yang sangat mulia.2 Pentingnya Agama bagi Manusia Sebagaimana kita maklumi bahwa tujuan hidup di dunia ini sejak dahulu kala sampai sekarang dan bahkan sampai hari kiamat nanti adalah ingin mencapai kebahagiaan 5 . Dalam pengertian agama terdapat 3 unsur.Keyakinan ini membawa manusia untuk mencari kedekatan diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri. ialah manusia. Terhadap yang suci ini manusia tergantung. hukum dll yang diyakini berasal dari Tuhan Dengan demikian diperoleh keterangan yang jelas. bahwa agama itu penghambaan manusia kepada Tuhannya.ajaran suci dan diwahyukan oleh Sang Hyang Vidi yang kekal abadi. 2. aman sentosa. sejahtera: yaitu aturan hidup yang dapat menyelamatkan manusia di dunia dan di akhirat. dewa agung yaitu adanya kekuatan gaya tak terlihat yang menguasai alam semesta. Dalam pengertian yang lain bahwa agama adalah cara tertentu untuk pemujaan kepada para dewa. yaitu:  menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan  menaati segenap ketetapan.

Tetapi dari segi sains sosial. yang apabila hasil penemuan akal fikiran sekarang ini diceritakan pada zaman dahulu kala. namun setelah tercapai. ternyata malah membawa kesengsaraan hidup yang berkepanjangan. 6 . Dari segi pragmatisme. Akal fikiran itu tidak dapat mengetahui letak dan hakekat kebahagiaan hidup. seseorang itu menganut sesuatu agama adalah disebabkan oleh fungsinya. dan juga kedudukan manusia di dalam dunia.t). begitu juga untuk yang beragama lain dengan kepercayaan kepada Tuhan yg di miliki. Dan untuk itu manusia telah memiliki akal fikiran atau ratio yang memiliki kemampuan yang sangat hebat. * Memberi pandangan dunia kepada satu-satu budaya manusia. Agama berhubungan dengan sesuatu yang tidak bisa di buktikan secara rasio . agama itu berfungsi untuk menjaga kebahagiaan hidup. agama Islam menerangkan kepada umatnya bahwa dunia adalah ciptaan Allah(s. Contohnya. maka bagaimana akan mencapai yang namanya kebahagiaan dan menikmati makna dari hidup adalah sejengkal. jika manusia selalu terikat dengan rasionalitas . fungsi agama mempunyai dimensi yang lain seperti apa yang diuraikan di bawah. Agama dikatakan memberi pandangan dunia kepada manusia karena ia sentiasanya memberi penerangan kepada dunia(secara keseluruhan). dan manusia sendiri merupakan produk dari irasionalitas yaitu emosional (hubungan intim bapak-ibu). Penerangan dalam masalah ini sebenarnya sulit dicapai melalui indra manusia. dan memang rasio bukan segalanya . Karena dengan akal fikiran tersebut manusia telah dapat memiliki ilmu pengetahuan yang sangat tinggi dan mampu menciptakan alat-alat tehnologi yang sangat canggih. Buktinya ialah bahwa seringkali sesuatu yang dibayangkan oleh seseorang akan dapat membahagiakan hidupnya.w. melainkan sedikit penerangan daripada falsafah. niscaya akan dianggap sebagai hal yang irrasional (tidak masuk akal). sehingga dia mengerahkan seluruh fikiran.hidup.w. tenaga dan dana yang ada padanya.t) dan setiap manusia harus menaati Allah(s.yaitu yang bernama "Iman" . Bagi kebanyakan orang.

agama itulah fungsinya untuk menjawab soalan-soalan ini. pertanyaan-pertanyaan ini sangat menarik dan perlu untuk menjawabnya. 7 . tujuan hidup. Ini adalah karena sistem agama menimbulkan keseragaman bukan saja kepercayaan yang sama. * Memberi rasa kekitaan kepada sesuatu kelompok manusia. melainkan tingkah laku. Maka ini dikatakan agama memainkan fungsi peranan sosial. Kebanyakan agama di dunia ini menyarankan kepada kebaikan. Bagi kebanyakan manusia. Maka.* Menjawab pelbagai pertanyaan yang tidak mampu dijawab oleh manusia. soal nasib dan sebagainya. pandangan dunia dan nilai yang sama. * Memainkan fungsi peranan sosial. Dalam ajaran agama sendiri sebenarnya telah menggariskan kode etika yang wajib dilakukan oleh penganutnya. Agama merupakan satu faktor dalam pembentukkan kelompok manusia. Contohnya pertanyaan kehidupan setelah mati. Sebagian pertanyaan yang sentiasa ditanya oleh manusia merupakan pertanyaan yang tidak terjawab oleh akal manusia sendiri.

BAB III PENUTUP KESIMPULAN Sebagaimana telah menjadi pengetahuan bersama. sekaligus menjadi semacam tali kekang untuk mengenalkan kita akan pedoman-pedoman hidup yang harus kita jalani kelak. agama merupakan suatu perangkat mutlak dalam kelangsungan hidup manusia. Perbedaan gerakan antara manusia yang beragama atau yang tidak beragama sangat kentara sekali. 8 . Agama seolah menjadi pengikat kesadaran kita selama di dunia.

com. 17:20 WIB. 17:15 WIB Www. 26 Oktober 2012.wikipedia.com. 26 Oktober 2012. 17:27 WIB.wawan-junaidi. 2007.org/wiki/negara_hukum.DAFTAR PUSTAKA Winarno. 26 Oktober 2012. Www. Banda Aceh. Www. Pendidikan Kewarganegaraan. Bumi Aksara.pendokunad2011.files.wordpress.id. 9 . Banda Aceh. Banda Aceh.blogspot. Jakarta : PT. Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful