Pelajaran Aqidah Akhlak 1.

Pengertian Pelajaran Aqidah akhlak Pelajaran aqidah akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yangdiajarkan disekolah formal dan merupakan rumpun mata pelajaran PendidikanAgama Islam (PAI). Secara etimologi (bahasa) kata .aqidah akhlak. terdiri daridua kata .aqidah. dan .akhlak.. Kata aqidah berasal dari bahasa Arab yang berarti kepercayaan atau keyakinan.[8] Sedangkan secara terminologi (istilah) aqidah berarti segala keyakinan yang ditetapkan oleh Islam yang disertai oleh dalil-dalil yang pasti.[9] Hal-hal yang termasuk di dalam pembahasan aqidah yaitu tentang Tuhan dan segala sifat-Nya serta hal-hal yang berkaitan dengan alam semesta, seperti terjadinya alam. Adapun pengertian akhlak secara etimologi adalah berasal dari bahasa Arab, yaitu bentuk jamak dari kata yang berasal dari kata dengan bentuk jamaknya yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabi.at.[10]Ibnu Athir menjelaskan bahwa hakekat makna itu ialah gambaran batin manusia yang tepat (jiwa dan sifatnya) sedangkan merupakan gambaran bentuk luasnya (raut muka, warna kulit, tinggi rendahnya tubuh dan lain sebagainya).[11] Secara terminologi ada beberapa definisi akhlak yang telah dikemukakan oleh para ahli, diantaranya: a. Imam Ghozali .Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.[12] b. Ibnu Miskawaih .Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorong untuk melakukan perbuatan tanpa melakukan pemikiran dan pertimbangan.[13] c. Abu Bakar Aceh .Akhlak adalah suatu sikap yang digerakan oleh jiwa yang menimbulkan tindakan dan perbuatan manusia baik terhadap Tuhan maupun sesama manusia serta terhadap diri sendiri.24 Melihat pengertian aqidah akhlak yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pelajaran aqidah akhlak merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah formal dan merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang didalamnya mencakup persoalan keimanan dan budi pekerti yang dapat mengembangkan kepribadian peserta didik.[14] 2. Tujuan Pelajaran Aqidah Akhlak Aqidah akhlak merupakan salah satu bidang studi dalam pendidikan agama Islam. Maka tujuan umum pendidikan aqidah akhlak sesuai dengan tujuan umum pendidikan agama Islam. Menurut Abdurrahman Saleh Abdullah, tujuan umum pendidikan agama Islam adalah membentuk kepribadian sebagai khalifah Allah atau sekurangkurangnya mempersiapkan peserta didik ke jalan yang mengacu pada tujuan akhir manusia. Tujuan utama khalifah Allah adalah beriman kepada Allah dan tunduk patuh secara total kepadaNya.[15] Hal ini sesuai dengan firman Allah, yang Artinya : .Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supayamereka mengabdi kepadaKu.. (Q.S. Adz-Dzariyat : 56).

Kata aqidah berasal dari bahasa Arab yang berarti kepercayaan atau keyakinan. serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ibnu Miskawaih . Imam Ghozali .24 Melihat pengertian aqidah akhlak yang telah diuraikan di atas. seperti terjadinya alam.[8] Sedangkan secara terminologi (istilah) aqidah berarti segala keyakinan yang ditetapkan oleh Islam yang disertai oleh dalil-dalil yang pasti. tingkah laku atau tabi. sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaanya kepada Allah swt seta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi.Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorong untuk melakukan perbuatan tanpa melakukan pemikiran dan pertimbangan..aqidah. masyarakat. melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan.Akhlak adalah suatu sikap yang digerakan oleh jiwa yang menimbulkan tindakan dan perbuatan manusia baik terhadap Tuhan maupun sesama manusia serta terhadap diri sendiri. Adapun pengertian akhlak secara etimologi adalah berasal dari bahasa Arab. Abu Bakar Aceh .[16] Pelajaran Aqidah Akhlak 1. dan .[13] c.Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Tujuan Pelajaran Aqidah Akhlak . diantaranya: a.[12] b. maka dapat disimpulkan bahwa pelajaran aqidah akhlak merupakan suatu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah formal dan merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang didalamnya mencakup persoalan keimanan dan budi pekerti yang dapat mengembangkan kepribadian peserta didik.[14] 2. berbangsa dan bernegara. warna kulit. perangai.akhlak.at.Sedangkan tujuan khusus pelajaran aqidah akhlak menurut Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam adalah sebagai berikut: Untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaknya yang terpuji.[11] Secara terminologi ada beberapa definisi akhlak yang telah dikemukakan oleh para ahli. penghayatan serta pengamalan peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam. Secara etimologi (bahasa) kata .[10]Ibnu Athir menjelaskan bahwa hakekat makna itu ialah gambaran batin manusia yang tepat (jiwa dan sifatnya) sedangkan merupakan gambaran bentuk luasnya (raut muka. terdiri daridua kata .[9] Hal-hal yang termasuk di dalam pembahasan aqidah yaitu tentang Tuhan dan segala sifat-Nya serta hal-hal yang berkaitan dengan alam semesta. Pengertian Pelajaran Aqidah akhlak Pelajaran aqidah akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yangdiajarkan disekolah formal dan merupakan rumpun mata pelajaran PendidikanAgama Islam (PAI). tinggi rendahnya tubuh dan lain sebagainya). yaitu bentuk jamak dari kata yang berasal dari kata dengan bentuk jamaknya yang berarti budi pekerti.aqidah akhlak.

ke-Esaan Allah swt. yakni manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Allah Maha Pemberi Rizki. Maha Benar dan Maha.[17] 3. Adapun ruang lingkup pelajaran aqidah akhlak di dalam kurikulum 2004 untuk madrasah aliyah ada tiga aspek. akhlak.Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supayamereka mengabdi kepadaKu. berbangsa dan bernegara.S. yaitu: a. Maha Pengasih dan Penyayang. Adz-Dzariyat : 56). yang Artinya : .an dengan dalil aqli dan naqli. Sedangkan tujuan khusus pelajaran aqidah akhlak menurut Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam adalah sebagai berikut: Untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaknya yang terpuji.Dari beberapa sub aqidah ini tentu saja dengan menggunakan argumen dalil-dalil aqli dan naqli. Menurut Abdurrahman Saleh Abdullah. . sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaanya kepada Allah swt seta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi. penghayatan serta pengamalan peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam. berdisiplin.[15] Hal ini sesuai dengan firman Allah.[16] Dari kutipan diatas dapat dipahami bahwa tujuan pelajaran aqidah akhlak searah dengan tujuan nasional yaitu: . serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. berkepribadian. Selain itu juga meyakini bahwa. meyakini kebenaran Al-Qur. Meyakini qodlo dan qodar.Aqidah akhlak merupakan salah satu bidang studi dalam pendidikan agama Islam.. tujuan umum pendidikan agama Islam adalah membentuk kepribadian sebagai khalifah Allah atau sekurangkurangnya mempersiapkan peserta didik ke jalan yang mengacu pada tujuan akhir manusia. bekerja keras. melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan. Aspek Aqidah Aspek aqidah ini meliputi sub-sub aspek: kebenaran aqidah Islam. Tujuan utama khalifah Allah adalah beriman kepada Allah dan tunduk patuh secara total kepadaNya. mandiri. masyarakat. untuk dapat dijadikan landasan perilaku dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang berikutnya. hubungan usaha dan do.[18] Adil. (Q. Maka tujuan umum pendidikan aqidah akhlak sesuai dengan tujuan umum pendidikan agama Islam. Ruang Lingkup Pelajaran Aqidah Akhlak Ruang lingkup pelajaran aqidah akhlak yang terdapat di madrasah aliyah memiliki isi bahan pelajaran yang dapat mengarahkan pada pencapaian kemampuan peserta didik untuk dapat memahami rukun iman secara ilmiah serta pengalaman dan pembiasaan berakhlak Islami. cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. hubungan aqidah.Tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Maha Pengampun dan Penyantun. hubungan prilaku manusia dengan terjadinya bencana alam.a. tangguh.Muhammad saw adalah rosul terakhir. bertanggung jawab.[19] . berbudi pekerti luhur.

terbiasa menghindari akhlak tercela yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat. yaitu ilmu yang membicarakan metode-metode mengajar secara khusus untuk Mata Pelajaran.an dan Al-Hadits.Pada dasarnya teori .[21] Ketiga aspek diatas merupakan bagian dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam Agama Islam yang bersumber dari Al-Qur. Sifatnya masih umum untuk semua mata pelajaran. Aspek Akhlak Adapun yang menjadi aspek akhlak diantaranya: . Untuk memudahkan memahami apa yang dimaksud dengan Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam . berakhlak terpuji kepada orang tua.Metodik ini dibagi lagi menjadi : 1) Metodik Umum.Beradab secara Islam dalam bemusyawarah untuk membangun demokrasi. mencuri. berbangsa dan bernegara seperti membunuh. Dari sini dapat dimengerti bahwa Metodik Khusus adalah ilmu yang membicarakan tentang metode-metode bagaimana mengajarkan suatu Mata Pelajaran. Pend. guru. yaitu ilmu yang membicarakan tentang metode-metode mengajar pada umumnya 2) Metodik Khusus. merampok. memperkokoh kehidupan bermasyarakat. Karena didalam Metodik Khusus ini membicarakan tentang bagaimana mengajarkan Mata Pelajaran suatu Mata Pelajaran. menyebar fitnah.b. maka Metodik juga bisa disebut sebagai ilmu yang berbicara tentang teori-teori membuat lesson plan.[20] Hal ini memiliki tujuan untuk memperkokoh integrasi dan kredibilitas pribadi. Dia akan khusus manakala tertuju pada mata pelajaran tertentu. berbangsa dan bernegara. mengkonsumsi atau mengedarkan narkoba dan malas bekerja. Atau sering diistilahkan dengan ilmu pembentukan umum maksudnya teori-teori tentang pembentukanrohani pada umumnya. bersedia melanjutkan misi utama rosul dalam membawa perdamaian. seperti Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. teori-teori yang di dalamnya dikemukakan dan jugadipertanggungjawabkan bagaimana pada umumnya cara mengajar dan karenanya pula menyuruhbelajar secara sistematis. c. ulil amri. maksudnya ia hanya berbicara tentang kumpulan teori membuat lesson plan pengajaran MP. dan waliyullah. membuat kekerasan. tapi menyangkut rencana pembelajaran secara keseluruhan. Aspek Kisah Keteladanan Aspek kisah keteladanan diantaranya mengapresiasi dan meneladani sifat dan prilaku sahabat utama Rosulullah saw dengan landasan agama yang kuat. karenanya dapat juga disebut Metodologi Pengajaran PAI. yaitu ilmu yang membicarakan azas-azas atau teori umum mengajar. Didaktik Umum.Didaktik (Ilmu mengajar) dapat dikelompokkan menjadi : a. Didaktik Khusus atau Metodik atau juga disebut Didaktik Praktis. yang tentunya tidak khusus berbicara tentang metode. marilah kita lihat dari taksonomi disiplin ilmu didaktik. Dalam didaktik umum ada dua hal pokok yang dibicarakan : 1) masalah minat dan perhatian 2) masalah kerja sendiri rohani dan jasmani b. Oleh karena itu diharapkan dapat membentuk peserta didik menjadi beriman dan bertaqwa kepada Allah swt dan memiliki akhlak yang mulia sebagaimana akhlak para nabi dan rosul. yaitu ilmu yang berbicara tentang masalah metode mengajar secara teoritis dan praktis. Agama Islam.

Kriteria dan Nilai Pengajaran Pendidikan Agama Islam 5. yaitu Akidah Akhlak. akhlak. akhlak. Metode-metode Pengajaran PAI pada Madrasah yang terbagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran PAI. Pengertian. Tujuan Pengajaran PAI 4. Fikih. Qur’an dan Hadits. dan Baca Tulis Al Qur’an 3. Fikih. yaitu keimanan. tarikh. diharapkan dapat berguna dalam: 1. ibadah. SKI dan Bahasa Arab 4. Memiliki pemahaman tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terpadu . Aspek. yaitu keimanan. Ruang Lingkup dan Kegunaan MKP PAI. Qur’an Hadits. Qur’an Hadits. Ruang Lingkup Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Tujuan Pengajaran PAI. memahami Pengertian. tarikh. dan Baca Tulis Al Qur’an 6. Metode-metode Pengajaran PAI pada Sekolah Umum. Historis dan Dasar pelaksanaan PAI 3. yaitu Akidah Akhlak. SKI dan Bahasa Arab 7. Aspek.yang dibicarakan dalam MKPAI adalah juga yang dibicarakan di dalam Metodik Khusus tapi disesuaikan dengan sifat-sifat khas MP PAI. Kriteria dan Nilai Pengajaran Pendidikan Agama Islam 2. syari’ah. yang meliputi 7 pokok Materi PAI. KEGUNAAN MKP PAI Setelah mempelajari Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Ruang Lingkup dan Kegunaan MKP PAI 2. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam terpadu C. adalah : 1. Historis dan Dasar pelaksanaan PAI. Qur’an dan Hadits. syari’ah. yang meliputi 7 pokok Materi PAI. Memiliki pemahaman tentang Metode-metode Pengajaran PAI pada Madrasah yang terbagi dalam 5 Sub Mata Pelajaran PAI. Memiliki pemahaman tentang Metode-metode Pengajaran PAI pada Sekolah Umum. ibadah.