PENGERTIAN SENI TARI

9/03/2012 Yoki Mirantiyo

Tari adalah gerak tubuh secara beriramayang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Gerak di dalam tari bukanlah gerak yang realistis, melainkan gerak yang telah diberi bentuk ekspresif dan estetis. Sebuah tarian sebenarnya merupakan perpaduan dari beberapa buah unsur,yaitu wiraga (raga), Wirama (irama), dan Wirasa (rasa). Ketiga unsur ini melebur menjadi bentuk tarian yang harmonis. Unsur utama dalam tari adalah gerak. Gerak tari selalu melibatkan unsur anggota badan manusia. Unsur- unsur anggota badan tersebut didalam membentuk gerak tari dapat berdiri sendiri, bergabung ataupun bersambungan. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. Dansa adalah tari asal kebudayaan Barat yang dilakukan pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sambil diiringi musik.Sedangkan berdasarkan koreografinya, jenis tari dibedakan menjadi :
  

Tari tunggal ( Solo ), Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan. Contohnya tari Golek ( Jawa Tengah ). Tari berpasangan ( duet/pas de duex), Tari berpasangan adalaah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan. Contohnya tari Topeng (Jawa Barat). Tari kelompok ( Group choreography), Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang.

Dalam sebuah tarian (terutama tari kelompok), pola lantai perlu diperhatikan. Ada beberapa macam pola lantai pada tarian, antara lain : 1. Pola lantai vertikal : Pada pola lantai ini, penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya.

2. Pola lantai Horizontal : Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.

Sang Hyang (Bali). Seni tari yang ada di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa kelompok : TARI TRADISIONAL Tari tradisional merupakan sebuah bentuk tarian yang sudah lama ada. Pola lantai melingkar : Pada pola lantai ini. Pakarena dan pajaga (Sulawesi Selatan) TARI TRADISIONAL KERAKYATAN Berkembang di kalangan rakyat biasa. penari membentuk garis lingkaran. 4. Sering ditarikan pada saat perayaan sebagai tari pergaulan. Dirancang menurut kreasi penata tari . Semua aturan ragam gerak tari tradisional. Busananya relatif sederhana. Bedhaya Srimpi (Jawa Tengah). Pola lantai diagonal : Pada pola lantai ini. Tarian ini diwariskan secara turun temurun. penari berbaris membentuk garis menyudut ke kana atau ke kiri. formasi. Contoh : Tari Topeng Kelana (Jawa Barat). busana. Sebuah tarian tradisional biasanya mengandung nilai filosofis. dan riasnya hingga kini tidak banyak berubah TARI TRADISIONAL KLASIK Tari tradisional klasik dikembangkan oleh para penari kalangan bangsawan istana. payung (Melayu). Contoh: Jaipongan (Jawa Barat). Gerakannya cenderung mudah Ditarikan bersama juga iringan musik. Gerakannya anggun dan busananya cenderung mewah. Lilin (Sumatera Barat) TARI KREASI BARU Merupakan tarian yang lepas dari standar tari yang baku. Fungsi : sebagai sarana upacara adat atau penyambutan tamu kehormatan.3. Aturan tarian biasanya baku atau tidak boleh diubah lagi. simbolis dan relegius.

Walaupun tarian ini tidak menggunakan pola-pola tradisi. Tari Kreasi Baru Berpolakan Tradisi Yaitu tari kreasi yang garapannya dilandasi oleh kaidah-kaidah tari tradisi.sesuai dengan situasi kondisi dengan tetap memelihara nilai artistiknya. tarian. Pengertian seni mencakup segala kreasi manusia seperti puisi. 2. . yang artinya keterampilan/kepandaian. drama. seni pahat. tidak berarti sama sekali tidak menggunakan unsur-unsur tari tradisi. Seniman adalah orang yang berjiwa seni dan dapat menciptakan karya seni. melukis dan masih banyak lagi. Kemudian pengertian kata seni menjadi luas. yang istilahnya berasal dari kata Latin “modo” yang berarti baru saja. TARI KONTEMPORER Gerakan tari kontemporer simbolik terkait dengan koreografi bercerita dengan gaya unik dan penuh penafsiran. sehingga muncul istilah tari modern. baik dalam koreografi. maupun tata teknik pentasnya. mungkin saja masih menggunakannya tergantung pada konsep gagasan penggarapnya.Pada garis besarnya tari kreasi dibedakan menjadi dua golongan yaitu: 1. maupun tata teknik pentasnya. Suatu ciptaan mengandung nilai seni jika memenuhi beberapa syarat. Seringkali diperlukan wawasan khusus untuk menikmatinya. tidak hanya mengenai bidang tertentu saja. rias dan busana. antara lain kehalusan dan keindahan. Tari kreasi baik sebagai penampilan utama maupun sebagai tarian latar hingga kini terus berkembang dengan iringan musik yang bervariasi. Kata art berasal dari bahasa Latin ars. musik. ukir. Tari Kreasi Baru Tidak Berpolakan Tradisi (Non Tradisi) Tari Kreasi yang garapannya melepaskan diri dari pola-pola tradisi baik dalam hal koreografi. Tarian ini disebut juga tari modern. rias dan busana. Walaupun ada pengembangan tidak menghilangkan esensiketradisiannya. 2011 Seni Kata seni dalam bahasa inggris disebut art. musik. Pengertian Seni Musik By ilmushoru April 9. musik/karawitan. iringan yang dipakai juga banyak yang tidak lazim sebagai lagu dari yang sederhana hingga menggunakan program musik komputer seperti Flutyloops. Cabang Seni . Kesenian adalah segala hasil cipta manusia yang mengandung nilai seni. bangun. Seni merupakan hasil kreasi dan getaran dalam jiwa manusia yang dapat menimbulkan perasaan suka ataupun duka pada diri seseorang.

serta mempunyai unsur harmoni yang indah Seni Musik . Seni musik meliputi Seni lagu (vocal) dan seni instrumental. makin terasa masih sangat banyak masalah yang harus kita pelajari. Peninggalan sejarah Mesir kuno memberikan bukti-bukti. Seni suara terbagi menjadi 2 bagian seni sastra dan seni musik. seni gerak dan seni rupa. Seni sastra meliputi prosa dan puisi. Musik adalah pernyataan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi dan ritme.Seni dapat dibedakan menjadi 3 cabang. Musik terus berkembang sampai pada saat ini seiring dengan kemajuan kebudayaan dan teknologi. Musik Musik sudah ada sejak sebelum tarikh Masehi. Dalam Injil “Kitab Kejadian” tertulis juga tentang musik. yaitu seni suara. Pengetahuan musik tidak mengenal batas. Pada relief-relief batu Mesir kuno terdapat lukisan alat-alat musik. Semakin dalam kita mempelajari musik.

Sedangkan definisi dari Musik adalah : Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah. dan memiliki tempo yang dapat diikuti oleh penikmatnya . Dari arti kata : -baca tentang Seni "seni" berasal dari kata SANI yang artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Sedangkan menurut kajian ilmu di eropa mengatakan ART (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. dan musik itu terlahir dari aliran aliran nadi yang yangdisertai dorongan sensitif karena salah satu indera nya merasakan rangsangan. Setelah mengerti pengertian diatas . dan sebagai karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya. maka berikut beberapa Definisi tentang Seni Musik antara lain : Seni Musik adalah bagian dari aktivitas kultur dan sosial manusia . Suka Musik ? Like disini . . Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah. gembira dan lainnya . dan lainnya . tari . mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme. grafis . pahatan .. dapatkan info menarik setiap hari ! Sebelum membahas mengenai Seni Musik ada baiknya kita mengenal definisi dari "Seni" dan "Musik" .gudang materi Bagikan tulisan ini . musik . Definisi Seni adalah : Seni merupakan hasil ungkapan rasa keindahan. Powered by Translate Follow @gudangmateri di twitter . dimana seni musik untuk mengekspresikan perasaan dan idenya. Seni Musik adalah suatu wujud karya dalam bentuk nada. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam: * Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar * Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya. * Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.. Yang wujudnya dapat berupa lukisan . budaya dan selera seseorang. lokasi. Seni Musik adalah kesenian yang berupa bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar . sedih .

Keroncong [ Perkembangan Musik Keroncong .Progresive Metal . recorder sopran. Reggae 7.Blues Rock . akordeon.Punk .Death Metal/Doom Metal/Black Metal/White Metal/Grindcore .Heavy Metal . Alat musik tiup: seruling. banjo. harpa.Alat-alat musik Alat musik petik: gitar. mandolin.Alternative Metal 4. kecapi. gambus Alat musik gesek: biola. cello Alat musik ketuk: organ.Speed Metal/Power Metal/Thrash . rebab. Dangdut 10. terompet. Alat musik pukul: tamborin. organ. harmonika. ukulele. piano. pianika. Asli Indonesia ] 8.Classic Metal . Blues 2.Soft Rock/Pop Rock . kita harus melestarikan Budaya Indonesia dari Seni Musik . selain mempelajari Musik Mancanegara . sasando. R&B 5. Jazz 5. Aliran-aliran musik 1. trombon. Metal : . Country 6.Muso Metal/Instrumental Metal .musik Aseli Indonesia lainnya .Rap Metal/Rap Core . . drum. Alat musik moderen: gitar listrik. Seperti Musik Keroncong dengan ciri khasnya . rebana. harpsichord. Disco Perkembangan Musik Indonesia [ Serba Serbi Musik Indonesia ] Tentunya dalam mempelajari Seni Musik ini . Rock/Rock n Roll 3. Pop 9. jidor. gamelan. Dan tentunya musik .Grunge .American Metal .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful