P. 1
Pengertian Resensi

Pengertian Resensi

|Views: 39|Likes:
Published by Oshin Muhsinah

More info:

Published by: Oshin Muhsinah on Mar 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

Pengertian Resensi

2 14:58 | Posted in Bahasa Indonesia A. Pengertian Resensi Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya, baik itu buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, VCD, maupun DVD. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Yang akan kita bahas pada buku ini adalah resensi buku. Resensi buku adalah ulasan sebuah buku yang di dalamnya terdapat data-data buku, sinopsis buku, bahasan buku, atau kritikan terhadap buku. Resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata kerja revidere atau recensere. Artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai. Arti yang sama untuk istilah itu dalam bahasa Belanda dikenal dengan recensie, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review. Tiga istilah itu mengacu pada hal yang sama, yakni mengulas buku. Tindakan meresensi dapat berarti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas, atau mengkritik buku. Dengan pengertian yang cukup luas itu, maksud ditulisnya resensi buku tentu menginformasikan isi buku kepada masyarakat luas. Ada yang berpendapat bahwa minimal ada tiga jenis resensi buku. 1. Informatif, maksudnya, isi dari resensi hanya secara singkat dan umum dalam menyampaikan keseluruhan isi buku. 2. Deskriptif, maksudnya, ulasan bersifat detail pada tiap bagian/bab. 3. Kritis, maksudnya, resensi berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku. Namun, ketiga jenis resensi di atas tidak baku. Bisa jadi resensi jenis informatif namun memuat analisa deskripsi dan kritis. Alhasil, ketiganya bisa diterapkan bersamaan. B. Unsur-unsur Resensi Daniel Samad (1997: 7-8) menyebutkan unsur-unsur resensi adalah sebagai berikut: 1. Membuat judul resensi Judul resensi yang menarik dan benar-benar menjiwai seluruh tulisan atau inti tulisan, tidakharus ditetapkan terlebih dahulu. Judul dapat dibuat sesudah resensi selesai. Yang perlu diingat, judul resensi selaras dengan keseluruhan isi resensi. 2. Menyusun data buku Data buku biasanya disusun sebagai berikut:

g. mengajukan pertanyaan. Membuat pembukaan Pembukaan dapat dimulai dengan hal-hal berikut ini: a. b. memaparkan kekhasan atau sosok pengarang. d. memperkenalkan penerbit. baik oleh pengarang sendiri maupun oleh pengarang lain. harga buku (jika diperlukan). penerbit. editor. karyanya berbentuk apa saja. mengungkapkan kesan terhadap buku. judul buku (Apakah buku itu termasuk buku hasil terjemahan. tuliskan judul aslinya. b. h. f. . 3. memperkenalkan siapa pengarangnya.). membandingkan dengan buku sejenis yang sudah ditulis. sinopsis atau isi buku secara bernas dan kronologis. 4. mengungkapkan kritik terhadap kelemahan buku. pengarang (Kalau ada. e. tahun terbit beserta cetakannya (cetakan ke berapa). c. tulislah juga penerjemah.). e. j. atau penyunting seperti yang tertera pada buku. Kalau demikian. tebal buku. Tubuh atau isi pernyataan resensi buku Tubuh atau isi pernyataan resensi biasanya memuat hal-hal di bawah ini: a. memaparkan keunikan buku. merumuskan tema buku.a. c. f. i. membuka dialog. dan prestasi apa saja yang diperoleh. d.

. g. keunggulan buku. e. 5. Penutup resensi buku Bagian penutup. ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya. tinjauan bahasa (mudah atau berbelit-belit). biasnya berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa. rumusan kerangka buku. d. c. kelemahan buku. f. adanya kesalahan cetak.b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->