MANAJEMEN KONSTRUKSI Laporan Struktur Organisasi Proyek Pembangunan High Rise Building 12 Lantai Dengan Masa Konstruksi 20 Bulan

Dosen Pengampu: Ir. Sumardjito M,T.

Disusun Oleh : Desi Leni Asneni Rokhayati Afrizal Yusuf Ayu Meilia N 05510134020 05510134028 05510134030 05510134032

FAKULTAS TEKNIK TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2007

1

KATA PENGANTAR

Manajemen adalah suatu sistem yang terdiri atas 3 fungsi pokok kegiatan yang saling terkait, yaitu: fungsi perencanaan (planning), fungsi pengendalian (controling) dan fungsi pelaksanaan (actuating). Proyek adalah suatu peroses untuk hasilkan produk, punya siklus hidup, jelas titik awal dan titik akhir. Dengan demikian manajemen proyek adalah suatu sistem dan atau tatalaksana untuk menjalankan suatu organisasi tugas yang spesifik, dibatasi oleh waktu, sasaran dan biaya. Berbeda dengan organisasi rutin yang ruang lingkupnya dibatasi dengan adanya birokrasi yang seringnya menjadi lamban dalam melakukan kegiatan. Banyak organisasi yang kita kenal di indonesia. Dalam penulisan tugas ini kami menulis tentang struktur organisasi proyek menurut ruang lingkup masing – masing yang menggunakan jasa konsultan pengawas/Manajemen Konstruksi. Tujuan penulisan ini untuk melengkapi tugas akhir mata kuliah Manajemen Konstruksi untuk semester 4. Untuk itu apabila terdapat kesalahan yang ditemui para pembaca, kami tim penulis mohon maaf atas kesalahan yang mungkin kurangnya kami dalam mengumpulkan data untuk penunjang dalam penulisan tugas ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen kami Bapak Sumardjito yang telah membantu memberikan saran dan kritiknya dalam pengetikan tugas ini. Juga tidak lupa teman-teman yang memberi masukan untuk kelancaran penulisan tugas ini.

Yogjakarta, mei 2007 .............................. Tim penulis

2

DAFTAR ISI Halaman Judul Kata Pengantar Daftar isi BAB 1 PENDAHULUAN Tujuan Latar Belakang Rumusan masalah ....................................................................... BAB 2 UMUM Bagian - Bagian Pekerjaan Organisasi Proyek Tugas ,Tanggung Jawab dan kewajiban masing – masing ..................................................................... BAB 3 KONSULTAN PERENCANA Struktur Organisasi Personil dan Uraian Penugasan Schedule pelaksanaan Penugasan personil (manning Schedule) .................................................................... BAB 4 KONTRAKTOR Struktur organisasi personil dan uraian penugasan Schedul kerja (work achedule) dan (manning schedule) ..................................................................... BAB 5 KONSULTAN PENGAWAS Struktur organisasi personil Penugasan personil (manning schedule) Menyusun diagram alir (flow chart) ...................................................................... i ii iii

3

Bab 1

Pendahuluan
A. TUJUAN Dewasa ini kebutuhan akan bangunan yang makin kompleks dan tuntutan akan kenyamanan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Walaupun kadang kala dua ( 2 ) hal itu sering bertolak belakang dan secara fakta makin susah didapatkan suatu kondisi lingkungan yang nyaman apalagi dilingkungan kota atau perkotaan, tapi ada beberapa pihak yang ingin menciptakan kondisi yang nyaman untuk hunian di dalam kota. Dari niatan itu maka timbul banyak idea yang bersambut sesuai dengan banyaknya tuntutan dan kebutuhan. Dari B. LATAR BELAKANG C. RUMUSAN MASALAH

4

Bab 2

Umum
A. Bagian – bagian pekerjaan pada High Riise Building 12 lantai 1. Bagian Struktur yang meliputi pekerjaan pembangunan gedung secara fisik dari awal sampai akhir. 2. Bagian Mechanikal yang menangani pekerjaan permesinan dan teknis dalam gedung tersebut seperti pemasangan AC, pemasangan lift,pemasangan sistem energi cadangan (Genset) dan lain sebagainya. 3. Bagian electrical yang meliputi pemasangan konstruksi listrik,perencanaan lampu taman, 4. Bagian landscape yang menangani sistem tata taman,tampak luar gedung,tampak gedung dengan sekitar dan lain sebagainya. 5. Bagian Arsitektur yang meliputi detail konstruksi bangunan baik dari luar atapun dari dalam. B. Bagan Organisasi Proyek.

Owner/Pimpro

MENKON

Konsultan Perencana

Kontraktor Mekanikal

Kontraktor Elektrikal

Kontraktor Struktur

Kontraktor Arsitektur/Interior

Kontraktor Landscape

B. Uraian tugas,Tanggung Jawab dan Kewajiban masing – masing Pihak. Owner Hak dan kewajiban :  Menunjuk penyedia jasa (konsultan dan kontraktor).

5

dan syaratsyarat.  Dapat mengambil alih pekerjaan secara sepihak dengan cara memberitahukan secara tertulis kepada kontraktor jika terjadi hal-hal diluar kontrak yang ditetapkan.  Memberikan usulan serta pertimbangan kepada pengguna jasa dan pihak kontraktor tentag pelaksanaan pekerjaan. rencana kerja.  Mengesahkan perubahan dalam pekerjaan (bila terjadi).  Membuat gambar revisi bila terjadi perubahan perencanaan.  Memberikan jawaban dan penjelasan kepada kontrakter tentang hal-hal yang kurang jelas dalm gambar rencana.  Menyesiakan lahan untuk tempat pelaksanaan pekerjaan.  Menyediakan dana dan kemudian membayar kepada penyedia jasa sejumlah biaya yang diperlukan untuk mewujudkan sebuah bangunan. Wewenang :  Memberikan hasil lelang secara tertulis kepada masing-maning kontraktor. dan RAB. dan syarat-syarat. 6 . rencana kerja.  Ikut mengawasi jalannya pelaksanaan pekerjaan yang di rencanakan dengan menunjuk suatu badan atau orang untuk bertindak atas nama pemilik.  Menerima dan mengesahkan pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan oleh penyedia jasa jika produksinya sesuai dengan apa yang dikehendaki.  Menyediskan fasilitas baik berupa sarana dan prasarana yang di butuhkan oleh penyedia jasa untuk kelancaran pekerjaan.  Menghadiri rapat koordinasi pengelolaan proyek. Konsultan Perencana Hak dan kewajiban :  Membuat perecanaan secara lengkap yang terdiri dari gambar rencana. hitungan struktur. Meminta laporan secara priodik mengenai pelaksanaan pekerjaan yang telah di lakukan oleh penyedia jasa.

 Mengtasi dan memecah persoalan yang timbul dilapangan agar dicapaihasil akhir sesuai yang diharapkan dengan kualitas.  Membimbing dan mengadakan pengawasan secara priodik dalam pelaksanaan pekerjaan.  Mengkoordinasi dan mengendalikan kegietan konstruksi serta aliran informasi antar berbagai bidang agar pelaksanaan pekerjaan berjalan lancar.  Melakukan perhitung prestasi kerja. kuantitas serta waktu pelaksanaan yang telah ditetapkan.  Menyiapkan dan menghitung adanya kemungkinan bertambah atau berkurangnya pekerjaan. Kontraktor Hak dan kewajiban  Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan gambar rencana. peraturan.  Membuat gambar-gambar pelaksanaan yang telah disahkan oleh konsultan pengawas sebagai wakil dari pengguna jasa.  Menyadiakan alat keselamatan kerja seperti yang diwajibkan dalam peraturan untuk menjaga keselamatan kerja dan masyarakat.  Membuat hasil pekerjaan berupa laporan harian. penjelasan pekerjaan dan syarat-syarat yang telah ditetapka oleh pengguna jasa. dan syarat-syarat.  Menerima atau menolak material/peralatan yang di datangkan kontraktor.  Menghindari kesalahan yang mungkin terjadi sedini mungkin serta menghindari pembengkakan biaya. mingguan dan bulanan.  Menghentikan sementara bila terjadi penyimpangan dari peraturan yang berlaku.  Menyusun laporan kemajuan pekerjaan.Konsultan pengawas Hak dan kewajiban :  Menyelesaikan pelaksanaan pekerjaan dalam waktu yang di tetapkan. 7 .

 Menyerahkan seluruh atau sebagian pekerjaan yang telah diselesaikannya sesuai ketetapan yang berlaku. 8 .

STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONTRAKTOR MEKANIKAL PROYEK HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manageer Pengendalian Mutu Logistik & Bahan Mekanikal ADM Pelaksana Lapangan 1 Pelaksana Lapangan 2 Pelaksana Lapangan 3 Pelaksana Lapangan 4 Drafter Penyelia Pemasang Gudang Operator Alat Driver Bengkel & Pralatan Plambing Plaksana 1 Pelaksana 2 Pelaksana 3 Pelaksana 4 Pelaksana 5 Pelaksana 6 Pelaksana 7 9 .

Garis Komando Garis Koordinator STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONTRAKTOR ELEKTRIKAL PROYEK HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manageer Pralatan & Bengkel Logistik & Bahan Elektrikal ADM Pelaksana Lapangan 1 Pelaksana Lapangan 2 Pelaksana Lapangan 3 Drafter Penyelia Pemasang Gudang Operator Alat Pelaksana 1 Pelaksana 2 Pelaksana 3 Pralatan & Bengkel Site Manageer Logistik & Bahan 10 .

Garis Komando Garis Koordinator STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONTRAKTOR ARSITEKTUR/INTERIOR PROYEK HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manager Pengendali Mutu Logistik & Bahan ADM Pelaksana Lapangan 1 Pelaksana Lapangan 2 Pelaksana Lapangan 3 Pelaksana Lapangan 4 Drafter Penyelia Fabrikasi Penyelia Pemasang Pelaksana Arsitektur Gudang Pelaksana 1 Pelaksana 2 Pelaksana 3 Pelaksana 4 11 .

Garis Komando Garis Koordinator 12 .

STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONSULTAN MENKON PROYEK PEMBANGUNAN HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manager Mekanikal Engineer Elektrikal Engineer Struktur Engineer Arsitektur/Interior Engineer Landscape Engineer ADM Keuangan Operator Komputer SS 1 SS 2 SS 3 SS4 SS 5 SS 6 SS 7 SS 8 SS 9 SS10 Garis Komando Garis Koordinasi 13 .

STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONTRAKTOR STRUKTUR PEMBANGUNAN HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manager Logistik & Bahan Pengendali Mutu ADM Pelaksana Lapangan 1 Pelaksana Lapangan 2 Pelaksana Lapangan 3 Pelaksana Lapangan 4 Staff Kontrol Drafter Penyelia Fabrikasi Penyelia Pemasang Pelaksana Struktur Pelaksana Arsitektur Gudang Pelaksana 2 Pelaksana 3 Garis Komando Pelaksana 4 Pelaksana 5 Garis Koordinasi Pelaksana 6 14 .

STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONTRAKTOR LANDCAPE PROYEK HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manager Logistik & Bahan Agronomist ADM Gudang Pelaksana Planting Pelaksana Fasilitas Penunjang Drafter Pelaksana 1 Pelaksana 2 Pelaksana 3 Garis Komando Garis Koordinator 15 .

STRUKTUR ORGANISASI PERSONIL KONSULTAN PERENCANAAN PROYEK HIGH RISE BUILDING 12 LT Untuk 20 Bln Site Manager Estimator Civil Enginer Engineer Desig Geometri Engineer Struktur Engineer Surveyor Drafter 1 Drafter 2 Drafter 3 Garis Komando Garis koordinasi 16 .

17 .

Desig Engineer. Hak dan Kewajiban Membuat perencanaan secara lengkap yang terdiri dari gambar rencana. Struktur Engineering. 9. Estimator. Surveyor. 3. Personil Konsultan Perencana: 1. 18 . dan bidang lain yang membentuk sebuah sistem bangunan. Tanggung Jawab dan Kewajiban masing-masing Pihak. Memberikan usulan dan pertimbangan kepada pengguna jasa dan pihak kontraktor tenteng pelaksanaan pekerjaan. 7. hitungan struktur dan RAB. Drafter 1 10. Memberikan jawaban dan penjelasan kepada kontraktor tentang hal-hal yang kurang jelas dalam gambar rencana. 5. 1. Drafter 3 B. Membuat gambar refisi bila terjadi perubahan rencana. dan syarat-syarat. 4. rencana kerja dan syarat-syarat. Administrasi. sipil. Drafter 2 11. Site Manager Tugas : Mengelola proyek sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proyek dapat selesai tepat pada waktunya dengan kualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. 6. Site Manageer 2. rencana kerja. Menghindari rapat koordinasi pengelola peroyek. Uraian tugas. Geometri Engineering. 8.Bab 2 Konsultan Perencana Konsultan Perencana adalah orang atan badan yang membuat bangunan secara lengkap baik bidang arsitektur. Civil Engineer.

mutu sesuai dengan spesifikasi yang yelah ditentukan serta biay pelaksanaan tidak melampaui RAB. upah. pengaasan mutu dan keselamatan kerja ada proyek. Mengelola tugas–tugas pembelian material. Membuat laporan–laporan yang telah ditentukan dan laporan lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek. pembukuan. Menunjuk suplier dan pihak terkait lainnya dalam rangka menyelesaikan pekerjaan. Mengatur hubungan elemen-elemen dibawahnya dengan elemen lain maupun dengan pihak luar. Berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya. dan biaya tak langsung lainnya. Menyelesaikan masalah dengan pemberi tugas maupun dengan pihak lain. Mengkoordinir jalannya pelaksanaan pembangunan proyek agar sesuai Bestek. dan peralatan yang diperlukan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Tanggung jawab : Tercapainya tujuan proyek yaitu bahwa proyek dapat selesai tepat pada waktunya.Mengelola tugas–tugas perencanaan teknis. SPK. dan keuangan proyek sesuai dengan ketentuan yang ada. Bersama – sama dengan Owner menentukan dan membuat langkah – langkah perencaan. Mengelola admiistrasi. berita acra maupun tagihan. alat. Mengelola pelaksanaan pekerjaan fisik secara efisien dan efektif sesuai dengan spesifikasi dan RAB yang telah ditentukan. pengendalian operasional. termasuk kontrak kerja. Wewenang : Menetapkan harga satuan bahan. Mendata semua biaya yang menyimpang dari RAB. pergudangan. 19 . Membuat pelaksanaan proyek agar tidak menyimpang dari peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. uanghtunai surat berharga. Tanggung jawab : Menyusun laporan pertanggung jawaban kas/bank secara priodik. 20 . dengan persetujuan masing-masing elemen yang terkait. Menyusun laporan pertanggung jawaban pemasukan dan pengeluaran keuangan secara priodik. dan mengirimkan pihakpihak yang memerlukan sesuai prosedur yang berlaku. Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya. Bertanggung jawab langsung kepada site manager. dan mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran proyek. berkas-berkas transaksi. dimintakan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang.2. Melaksanakan penagihan kepada pihak luar atau pemberi tugas atas prestasi yang telah dicapai. Memberikan informasi mengenai administrasi dankeuangan pada pihak lain yang memerlukan. mengurus perpajakan dan perbankan. Mengsahkan dokumen yang berhubungan dengan unitnya. Mengendalikan dan mengelola cek. tagiha dan suratsurat proyek secara benar. melaksanakan pembayaran. Melaksanakan pencatatan uang muka. Bersama dengan pihak lain yang terlibat menyiapkan. dan utang piuang. priodik dan tepat waktu. Admistrasi Tugas : Melakukan pembukuan keuangan. pengurusan jaminan bank. mengevaluasi. Secara periodik membuat laporan secara yang telah di tetapkan. mengikuti realitas.

Tanggung jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Geometri Engineer. Tanggung jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Manageer Proyek . RAB. 21 . Membuat gambar revisi bila terjadi perubahan perencanaan. Membuat laporan yang ditetapkan Perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. 4. Civil Engineer Tugas : Mengkoordinasi dan mengevaluasi Struktur Engineer dan Geometri Engineer. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manageer Proyek. hitungan struktur. RAP. RAPP. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan struktur. Mengatur semua hal yang berkaitan dengan tugasnya. Design Engineer Tugas : Membantu Civil Engineer dalam melaksanakan pekerjaan yang dilaksanakan. Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan. Bertanggung jawab terhadap semua detail gambar pelaksanaan di lapangan 5. Wewenang : Berhubungan dengan unit – unit lain dalam rangka pelaksanaan tugasnya. Membuat Design perencanaan secara lengkap baik gambar rencana rencana kerja.3. Estimator Tugas : Mengelola tugas-tugas perencana dan perhitungan teknis pekerjaan dan material Membuat perhitungan konstruksi yang diperlukan peroyek.

Menolak pengajuan opname pekerjaan yang tidak sesuai dengan perestasi pekerjaan di lapangan. Melakukan perhitungan lokasi geometri bangunan. Membuat estimasi biaya pekerjaan (bahan dan upah) untuk tiap perubahan. 22 . Rap. Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. Geometri Engineer Tugas : Melakukan penelitian kuat dukung tanah. 6.Melaksanakan perhitungan volume pekerjaan. Struktur Engineer Tugas : Mengevaluasi hasil perencanaan struktur. RAPP. baik secara menyeluruh atau sebagian apabila dipandang perlu dan menguntungkan perusahaan atas ijin manager proyek. jenis tanah yang akan di bangun. Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. Melaksanakan evaluasi melalui pendekatan “Value Engineering Analyssis” terhadap perencanaan proyek. tambahan dan pengurangan pekerjaan. Tanggung jawab : Bertanggungjawab langsung kepada Site Manageer. material dan analisis harga satuan dalam menyusun RAB. Tanggung Jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Civil Engineer 7. Mempersiapkan volume pekerjaan yang akan dijadikan sebagai kontrak kerja dengan pihak lain. Menghitung volum kebutuhan material sesuai dengan spesifikasi kontrak dan metode kerja yang telah dilaksanakan. Menyusun dan mengsahkan opname pekerjaan di lapangan sesuai perestasi pekerjaan yang telah di laksanakan.

Membuat batasan minimal dari suatu struktur yang dikerjakan baik waktu pengerjaan ataupun hal – hal lain yang berkaitan dengan tugasnya. dan melaksanakan seluruh pekerjaan proyek terutama yang berkaitan dengan penentuan koordinat. Drafter 1 Tugas : Membantu Geometri Engineer dalam melaksanakan pekerjaan dilaksanakan. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilaksanakan baik yang dilapangan maupun yang dibelakang meja. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tuganya. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manageer Proyek. 8. Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. Bertanggung jawab atas akurasi semua hal tentang perhitungan dan perencanaan struktur. Bertanggung jawab akurasi semua pengkuran dilapangan. Melaksanakan tugas lain yang diperitahkan oleh Manager Poyek. Bersama dengan pelaksana melakukan pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan dilapangan. mengontrol.Mengawasi dan juga menjadi pengendali mutu dari suatu struktur bangunan yang dikerjakan. Tanggung jawab : Bertanggung jawab langsung terhadap Civil Engineer. Tanggung jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Esimator. Surveyor Tugas : Menentukan. 23 . Wewenang : Mengadakan hubungan dengan pihak lain demi kelancaran pekerjaan. levelling dan pengukuran lain sesuai dengan gambar yang telah direncanakan. 6.

Drafter 3 Tugas : Membuat Shop Drawing dan As Built Drawing pada pekerjaan dilapangan. Membuat laporan yang ditetapkan Perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan Tanggung jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Struktur Engineer. Membantu Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan.Membuat laporan yang ditetapkan Perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. Bertanggung jawab terhadap semua detail gambar pelaksanaan di lapangan. Tanggung jawab :  Bertanggung jawab langsung kepada Geometri Engineer. Membantu Struktur Engineer dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan. 9. Membuat Shop Drawing dan as Built Drawing pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. 10. pelaksnaan pekerjaan 24 . Bertanggung jawab atas akurasi semua detail gambar pelaksanaan dilapangan. Drafter 2 Tugas : Membuat Shop Drawing dan as Built Drawing dilapangan. Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manager proyek. Melaksanakan tugas lain yang diperintaahkan oleh Maneger Proyek.

risalah penjelasan pekerjaan (adnvuling) dan syarat. Kontraktor Struktur 25 . Kontraktor adalah orang/ badan yang menerima pekerjaan dan menyelenggarakan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan biaya yang telah ditetapkan berdasarkan gambar rencana. dan syarat-syarat. Kontraktor Electrical 3. Tanggung Jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan Bab 3 Kontraktor A. Hak dan kewajiban kontaraktor : Melaksanakan pekerjaan sesuai gambar rencana. 1. Dalam pembangunan High Rise Building kami menggunakan 4 kontraktor spesialis. Kontraktor dapat berupa perusahaan perseorangn yang berbadan hukum atau sebuah badan hukum yang bergerak dalam bidang pelaksanaan pekerjaan. peraturan dan syarat-syarat yang ditetapkan. Kontraktor Mekanaikal 2.syarat tambahan yang telah ditetapkan oleh pengguna jasa Membuat gambar – gambar yang dilaksanakan oleh konsultan pengawas sebagai wakil dari pengguna jasa Menyediakan alat keselamatan kerja seperti yang diwajibkan dalam peraturan untuk menjaga keselamatan pekerja dan masayarakat Membuat laporan hasil pekerjaan berupa laporan harian.Wewenang : Mengadakan hubungann langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan. peraturan. minguan dan bulanan Menyerahkan seluruh atau sebagain pekerjaan yang telha diselesaikannya sesuai dengan ketetapan yang berlaku B.

dan peralatan yang diperlukan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. pengendalian operasional. pengaasan mutu dan keselamatan kerja ada proyek. alat. Mengelola tugas–tugas pembelian material. Kontraktor Arsitekture/Interior 5. Mengelola pelaksanaan pekerjaan fisik secara efisien dan efektif sesuai dengan spesifikasi dan RAB yang telah ditentukan. berita acra maupun tagihan.4. upah. Kontraktor Mekanikal 1) Site Manager Tugas : Mengelola proyek sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proyek dapat selesai tepat pada waktunya dengan kualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Bersama–sama dengan Owner menentukan dan membuat langkah– langkah perencaan. Menyelesaikan masalah dengan pemberi tugas maupun dengan pihak lain. Berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya. termasuk kontrak kerja. Membuat laporan–laporan yang telah ditentukan dan laporan lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek. pergudangan. Wewenang : Menetapkan harga satuan bahan. Mengkoordinir jalannya pelaksanaan pembangunan proyek agar sesuai Bestek. Mengatur hubungan elemen-elemen dibawahnya dengan elemen lain maupun dengan pihak luar. dan biaya tak langsung lainnya. dan keuangan proyek sesuai dengan ketentuan yang ada. Mengelola tugas–tugas perencanaan teknis. 26 . SPK. pembukuan. Mengelola admiistrasi. Kontraktor Landscape 1.

mengadakan material. mutu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan serta biay pelaksanaan tidak melampaui RAB.Menunjuk suplier dan pihak terkait lainnya dalam rangka menyelesaikan pekerjaan. 2) Pengendali mutu Tugas: Mengendalikan mutu pekerjaan pada setiap satuan bangunan dan pelaksanaan bangunan dilapangan agar didapat kualitas bangunan yang baik Melakukan pengawasan pada semua pelaksanaan bagian proyek Wewenang: Berhubungan dengan pihak luar dlam rangka pelaksanaan tugasnya Tanggung jawab: Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Bertanggung jawab dalam pencapain mutu dan kualitas pekerjaan sesuai persyaratan yang di tetapkan 3) Logistik dan bahan Tugas: Megelola data prestasi pekerjaan agar tidak terjadi keterlambatan terhadap time sheedulle yang telah ditetapkan Menyusun evalasi biaya produksi proyek secara periodik. serta mengantisipasi pelaksanaan pekerjaan yang menyimpang dari anggaran dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola tugas–tugas pengendalian operasional proyek. dan peralatan Mengendalikan unit–unit dibawahnya untuk memperoleh optimalisasi proyek dan memberi keuntungan bagi perusahaan Wewenang: 27 . Mendata semua biaya yang menyimpang dari RAB. Membuat pelaksanaan proyek agar tidak menyimpang dari peraturan perundang–undangan yang berlaku. Tanggung jawab : Tercapainya tujuan proyek yaitu bahwa proyek dapat selesai tepat pada waktunya. pergudangan.

berkas-berkas transaksi. tagiha dan suratsurat proyek secara benar. mengevaluasi. dimintakan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang. mengikuti realitas. mengurus perpajakan dan perbankan. dan mengirimkan pihakpihak yang memerlukan sesuai prosedur yang berlaku. dan mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran proyek. Mengendalikan dan mengelola cek. priodik dan tepat waktu. Bersama dengan pihak lain yang terlibat menyiapkan. Secara periodik membuat laporan secara yang telah di tetapkan.Mengadakan hubungan langsung dengan unit–unit lain demi kelancaran pekerjaan Mengusulkan penanggulangan terhdap penyimpangan biaya Mengusukan penanggulangan terhadap keterlambatan pekerjaan Tanggung jawab: Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Pengendalian waktu dan biaya 4) Mekanikal Tugas: Merencanakan dan menyiapkan alat–alat berat yang digunakan pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Mengkoordinasi unit–unit dibawahnya unuk melaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang : Mengadakan hubungan langsung dengan pihak lain yang berkaitan dengan tugasnya Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tiddak sesuai Tanggung jawab : Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer 5) Admistrasi Tugas Melakukan pembukuan keuangan. 28 . uanghtunai surat berharga. melaksanakan pembayaran.

Melaksanakan penagihan kepada pihak luar atau pemberi tugas atas prestasi yang telah dicapai. dan utang piuang. pengurusan jaminan bank. Bertanggung jawab langsung kepada site manageer. b) Tanggung jawab Menyusun laporan pertanggung jawaban kas/bank secara priodik. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya.Mengsahkan dokumen yang berhubungan dengan unitnya. dengan persetujuan masing-masing elemen yang terkait. Melaksanakan pencatatan uang muka. Memberikan informasi mengenai administrasi dankeuangan pada pihak lain yang memerlukan. Menyusun laporan pertanggung jawaban pemasukan dan pengeluaran keuangan secara priodik. Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya. a) Wewenang Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. 6) Pelaksana lapangan 1 a) Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan ubtuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisik pada proyek Membuat laporan yag ditetapakan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya b) Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan 29 .

Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 7) Pelaksana lapangan 2 a) Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan ubtuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekrjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan oleh perusahaan dan laporan lain yang berhubungan denga tugasnya b) Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 8) Pelaksana lapangan 3 a) Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan ubtuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekrjaan fisiik pada proyek 30 .

31 .Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya b) Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 9) Pelaksana lapangan 4 a) Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan ubtuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekrjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporanlain yang berhubungan dengan tugasnya b) Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 10) Drafter Tugas Membuat Shop Drawing dan As Built Drawing pada pekerjaan dilapangan.

Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manager proyek. sisa material dan kerusakan material Wewenang Menolak bahan yang tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan Tanggung jawab Bertanggung jawab atas kualitas dan mutu bahan yang digunakan 12) Operator alat Tugas Mengoperasikan alat – alat yang dapat menunjang proses pelaksanaan pekerjaan Wewenang Berhubungan dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan Tanggung jawab 32 . pengeluaran material sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Melaksanakan pengecekan volume material baik material masuk maupun material keluar Membuat laporan penerimaan. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya.Membantu Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan. pengeluaran. perawatan. penyusutan. 11) Gudang Tugas Mengawasi keluar masuk bahan dari proyek Menyediakan material bahan yang diperlukan dalam pekerjaan Mengelola penerimaan. Wewenang Mengadakan hubungann langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan. Tanggung Jawab Bertanggung jawab langsung kepada Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan. penyimpanan.

Menjaga dan merawat semua peralatan proyek dari yang didalam ruang sampai yang dilapangan dan ikut mengedit dan memegang data – data peralatan 13) Driver Tugas Mengopearasikan kendaraan yang digunakan guna kelancaran dan berjalannya proyek Wewenang Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain guna krlancaran pekerjaannya Tanggung jawab Bertanggung jawab kepada pelaksana lapangan Bertangggung jawab atas kendaraan yang dipakai dalam proyek 14) Bengkel dan peralatan Tugas Mengecek peralatan yang akan digunakan dalam proses kegiatan proyek Memperbaiki peralatan yang rusak Wewenang Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain guna kelancaran pekerjaan Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada pelaksana lapangan 15) Plumbing Tugas Merencanakan dan mengerjakan bagian – bagian pemipaan Bersama – sama dengan pihak lain menyelesaikan semua pekerjaan yang berhubungan dengan plumbing Wewenang Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain guna kelancaran pekerjaan Tanggung jawab Bertanggugng jawab langsung kepada pengawas lapangan 16) Pelaksana 1 Tugas 33 .

membuat cek list pekerjaan. membuat cek list pekerjaan.mengawasi. dan memimpin pekerjaan yang diperintahkan Konstruksi Manageer sesuai dengan rencana yang telah disahkan Melakukan pengawasan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola kesgiatan lapangan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan Menyelesaikan berbagi maslah teknis dilapangan ] Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk mellaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain untuk kelancaran tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab atas pelaksanaan pekerjaan dilapangan 17) Pelaksana2 Tugas Melaksanakan.Melaksanakan.mengawasi. dan memimpin pekerjaan yang diperintahkan Konstruksi Manageer sesuai dengan rencana yang telah disahkan Melakukan pengawasan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola kesgiatan lapangan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan Menyelesaikan berbagi maslah teknis dilapangan ] Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk mellaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang • • • • Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain untuk kelancaran tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab atas pekrajaan dilapangan 34 .

dan memimpin pekerjaan yang diperintahkan Konstruksi Manageer sesuai dengan rencana yang telah disahkan Melakukan pengawasan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola kegiatan lapangan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan Menyelesaikan berbagi maslah teknis dilapangan Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk melaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain untuk kelancaran tugasnya 35 . membuat cek list pekerjaan. dan memimpin pekerjaan yang diperintahkan Konstruksi Manageer sesuai dengan rencana yang telah disahkan Melakukan pengawasan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola kegiatan lapangan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan Menyelesaikan berbagi maslah teknis dilapangan Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk melaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain untuk kelancaran tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab atas pekerjaan dilapangan 19) Pelaksana 4 Tugas Melaksanakan.18) Pelaksana 3 Tugas Melaksanakan.mengawasi. membuat cek list pekerjaan.mengawasi.

dan memimpin pekerjaan yang diperintahkan Konstruksi Manageer sesuai dengan rencana yang telah disahkan Melakukan pengawasan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola kegiatan lapangan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan Menyelesaikan berbagi maslah teknis dilapangan Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk melaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain untuk kelancaran tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab atas pekerjaan dilapangan 21) Pelaksana 6 Tugas Melaksanakan. membuat cek list pekerjaan.mengawasi. dan memimpin pekerjaan yang diperintahkan Konstruksi Manageer sesuai dengan rencana yang telah disahkan Melakukan pengawasan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengelola kegiatan lapangan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan Menyelesaikan berbagi maslah teknis dilapangan Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk melaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang 36 . membuat cek list pekerjaan.mengawasi.Tanggung jawab Bertanggung jawab atas pekerjaan dilapangan 20) Pelaksana 5 Tugas Melaksanakan.

37 . SPK.Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain untuk kelancaran tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab atas pekerjaan dilapangan 2. Wewenang Menetapkan harga satuan bahan. pembukuan. alat. pengendalian operasional. Membuat laporan – laporan yang telah ditentukan dan laporan lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek. Mengatur hubungan elemen . Mengelola admiistrasi. Mengelola tugas – tugas pembelian material. Mengelola tugas – tugas perencanaan teknis. dan peralatan yang diperlukan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Menyelesaikan masalah dengan pemberi tugas maupun dengan pihak lain. upah. Kontraktor Electrical 1) Site manageer Tugas Mengelola proyek sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proyek dapat selesai tepat pada waktunya dengan kualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Bersama – sama dengan Owner menentukan dan membuat langkah – langkah perencaan. Mengelola pelaksanaan pekerjaan fisik secara efisien dan efektif sesuai dengan spesifikasi dan RAB yang telah ditentukan. termasuk kontrak kerja. pergudangan. Mengkoordinir jalannya pelaksanaan pembangunan proyek agar sesuai Bestek. dan biaya tak langsung lainnya. pengaasan mutu dan keselamatan kerja ada proyek. dan keuangan proyek sesuai dengan ketentuan yang ada.elemen dibawahnya dengan elemen lain maupun dengan pihak luar. berita acra maupun tagihan.

Mendata semua biaya yang menyimpang dari RAB. dan peralatan Mengendalikan unit – unit dibawahnya untuk memperoleh optimalisasi proyek dan memberi keuntungan bagi perusahaan Wewenang • • • • • Tugas • Merencanakan dan melaksanakan pekerjaan sesuai denga gambar bestek Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan Mengusulkan penanggulangan terhdap penyimpangan biaya Mengusukan penanggulangan terhadap keterlambatan pekerjaan Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Pengendalian waktu dan biaya Tanggung jawab 3) Electrical 38 . mengadakan material.Berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya. Menunjuk suplier dan pihak terkait lainnya dalam rangka menyelesaikan pekerjaan. pergudangan. Membuat pelaksanaan proyek agar tidak menyimpang dari peraturan perundang – undangan yang berlaku. Tanggung jawab Tercapainya tujuan proyek yaitu bahwa proyek dapat selesai tepat pada waktunya. mutu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan serta biay pelaksanaan tidak melampaui RAB. serta mengantisipasi pelaksanaan pekerjaan yang menyimpang dari anggaran dan spesifikasi yang telah ditentukan • • Mengelola tugas – tugas pengendalian operasional proyek. 2) Logistik dan bahan Tugas • • Megelola data prestasi pekerjaan agar tidak terjadi keterlambatan terhadap time sheedulle yang telah ditetapkan Menyusun evalasi biaya produksi proyek secara periodik.

Memberikan informasi mengenai administrasi dankeuangan pada pihak lain yang memerlukan.• • • • • • • • Membuat rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang akan dilaksanakan Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Mengkoordinasi unit – unit dibawahnya untuk melaksanakan pekerjaan secara optimal Wewenang Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab pada Site Manageer 4) Admistrasi Tugas • • Melakukan pembukuan keuangan. dan utang piutang. priodik dan tepat waktu. berkas-berkas transaksi. Secara periodik membuat laporan secara yang telah di tetapkan. dengan persetujuan masing-masing elemen yang terkait. • • • • Mengsahkan dokumen yang berhubungan dengan unitnya. dimintakan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang. Bersama dengan pihak lain yang terlibat menyiapkan. mengikuti realitas. • • Mengendalikan dan mengelola cek. tagiha dan suratsurat proyek secara benar. pengurusan jaminan bank. melaksanakan pembayaran. mengurus perpajakan dan perbankan. dan mengirimkan pihakpihak yang memerlukan sesuai prosedur yang berlaku. 39 . dan mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran proyek. Melaksanakan penagihan kepada pihak luar atau pemberi tugas atas prestasi yang telah dicapai. mengevaluasi. Melaksanakan pencatatan uang muka. uanghtunai surat berharga.

Wewenang • • Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya.• Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. Bertanggung jawab langsung kepada site manageer. Tanggung jawab • • • Menyusun laporan pertanggung jawaban kas/bank secara priodik. Menyusun laporan pertanggung jawaban pemasukan dan pengeluaran keuangan secara periodik. 5) Pelaksana lapangan 1 Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan ubtuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekrjaan fisiik pada proyek Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 6) Pelaksana lapangan 2 Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan ubtuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan 40 . Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya.

Memimpin pekrjaan fisiik pada proyek Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 7) Pelaksana lapangan 3 Tugas Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Wewenang Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 8) Drafter Tugas Membuat Shop Drawing dan As Built Drawing pada pekerjaan dilapangan. 41 . Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manager proyek. Membantu Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan.

penyusutan. wewenang Mengadakan hubungann langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan.Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. perawatan. Tanggung Jawab Bertanggung jawab langsung kepada Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan. penyimpanan. pengeluaran. 9) Gudang Tugas Mengawasi keluar masuk bahan dari proyek Menyediakan material bahan yang diperlukan dalam pekerjaan Mengelola penerimaan. pengeluaran material sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Melaksanakan pengecekan volume material baik material masuk maupun material keluar Membuat laporan penerimaan. sisa material dan kerusakan material Wewenang Menolak bahan yang tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan Tanggung jawab Bertanggung jawab atas kualitas dan mutu bahan yang digunakan 10) Operator alat Tugas • Mengoperasikan alat – alat yang dapat menunjang proses pelaksanaan pekerjaan Wewenang • • Berhubungan dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan Menjaga dan merawat semua peralatan proyek dari yang didalam ruang sampai yang dilapangan dan ikut mengedit dan memegang data – data peralatan 11) Pelaksana 1 Tugas 42 Tanggung jawab .

• • • • Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Wewenang • • • • Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer Tanggung jawab 12) Pelaksana 2 Tugas • • • • Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Wewenang • • • • Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer Tanggung jawab 13) Pelaksana 3 43 .

Arsitektur 12. Drafter 10. Pelaksana lapangan 1 6. Staff control 9. Site manageer 2. Pelaksana 1 14. Pelaksana lapangan 3 8. Logistik dan bahan 3. Pengendali mutu 4. Pelaksana lapangan 2 7. Pelaksana struktur 11. Pelaksana 2 15. Gudang 13.Tugas • • • • Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya Wewenang • • • • Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer Tanggung jawab Kontraktor struktur Struktur organisasi personil: 1. Pelaksana 3 44 . Admistrasi 5.

Tanggung jawab • Tercapainya tujuan proyek yaitu bahwa proyek dapat selesai tepat pada waktunya. Mengkoordinir jalannya pelaksanaan pembangunan proyek agar sesuai Bestek. Menunjuk suplier dan pihak terkait lainnya dalam rangka menyelesaikan pekerjaan. Mengelola pelaksanaan pekerjaan fisik secara efisien dan efektif sesuai dengan spesifikasi dan RAB yang telah ditentukan. 45 Wewenang . pengendalian operasional. pergudangan. Menyelesaikan masalah dengan pemberi tugas maupun dengan pihak lain.elemen dibawahnya dengan elemen lain maupun dengan pihak luar. Pelaksana 4 1. dan peralatan yang diperlukan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. • • • • • • • • • • • • Mengelola tugas–tugas perencanaan teknis. SPK. termasuk kontrak kerja. alat. Mengelola admiistrasi. pengaasan mutu dan keselamatan kerja ada proyek. mutu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan serta biay pelaksanaan tidak melampaui RAB. Menetapkan harga satuan bahan. upah. dan keuangan proyek sesuai dengan ketentuan yang ada. Bersama – sama dengan Owner menentukan dan membuat langkah – langkah perencaan. Membuat laporan–laporan yang telah ditentukan dan laporan lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek. Mengelola tugas–tugas pembelian material.16. pembukuan. Mengatur hubungan elemen . dan biaya tak langsung lainnya. Berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya. berita acra maupun tagihan. Site manageer Tugas • Mengelola proyek sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proyek dapat selesai tepat pada waktunya dengan kualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Membuat pelaksanaan proyek agar tidak menyimpang dari peraturan perundang – undangan yang berlaku. serta mengantisipasi pelaksanaan pekerjaan yang menyimpang dari anggaran dan spesifikasi yang telah ditentukan • • Mengelola tugas – tugas pengendalian operasional proyek.• • Mendata semua biaya yang menyimpang dari RAB. dan peralatan Mengendalikan unit – unit dibawahnya untuk memperoleh optimalisasi proyek dan memberi keuntungan bagi perusahaan a) Wewenang • • • • • Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan Mengusulkan penanggulangan terhdap penyimpangan biaya Mengusukan penanggulangan terhadap keterlambatan pekerjaan Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Pengendalian waktu dan biaya c) Tanggung jawab 3. 2. Pengendali mutu a) Tugas • • • • Mengendalikan mutu pekerjaan pada setiap satuan bangunan dan pelaksanaan bangunan dilapangan agar didapat kualitas bangunan yang baik Melakukan pengawasan pada semua pelaksanaan bagian proyek Berhubungan dengan pihak luar dlam rangka pelaksanaan tugasnya Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Wewenang b) Tanggung jawab 46 . Logistik dan bahan Tugas • • Megelola data prestasi pekerjaan agar tidak terjadi keterlambatan terhadap time sheedulle yang telah ditetapkan Menyusun evalasi biaya produksi proyek secara periodik. mengadakan material. pergudangan.

Admistrasi a) Tugas • • Melakukan pembukuan keuangan. dan utang piutang. dengan persetujuan masing-masing elemen yang terkait. pengurusan jaminan bank. dan mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran proyek.• Bertanggung jawab dalam pencapain mutu dan kualitas pekerjaan sesuai persyaratan yang di tetapkan 4. Memberikan informasi mengenai administrasi dankeuangan pada pihak lain yang memerlukan. berkas-berkas transaksi. b) Wewenang • • Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. • • • • • Mengsahkan dokumen yang berhubungan dengan unitnya. dan mengirimkan pihakpihak yang memerlukan sesuai prosedur yang berlaku. priodik dan tepat waktu. • • Mengendalikan dan mengelola cek. dimintakan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. uanghtunai surat berharga. mengikuti realitas. Melaksanakan penagihan kepada pihak luar atau pemberi tugas atas prestasi yang telah dicapai. melaksanakan pembayaran. Secara periodik membuat laporan secara yang telah di tetapkan. Bersama dengan pihak lain yang terlibat menyiapkan. mengurus perpajakan dan perbankan. c) Tanggung jawab • • Menyusun laporan pertanggung Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan Mengusulkan penanggulangan terhdap penyimpangan biaya 47 . Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya. tagiha dan suratsurat proyek secara benar. Melaksanakan pencatatan uang muka. mengevaluasi.

48 . mengevaluasi. mengikuti realitas.• • • • • Mengusukan penanggulangan terhadap keterlambatan pekerjaan Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Pengendalian waktu dan biaya Mengendalikan mutu pekerjaan pada setiap satuan bangunan dan pelaksanaan bangunan dilapangan agar didapat kualitas bangunan yang baik Melakukan pengawasan pada semua pelaksanaan bagian proyek Berhubungan dengan pihak luar dlam rangka pelaksanaan tugasnya • Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer • Bertanggung jawab dalam pencapain mutu dan kualitas pekerjaan sesuai persyaratan yang di tetapkan • Melakukan pembukuan keuangan. Melaksanakan pencatatan uang muka. d) Wewenang • Mengadakan hubungan langsung dengan elemen lain untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan tugasnya. berkas-berkas transaksi. dan mengapdate rencana penerimaan dan pengeluaran proyek. Melaksanakan penagihan kepada pihak luar atau pemberi tugas atas prestasi yang telah dicapai. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. dengan persetujuan masing-masing elemen yang terkait. uanghtunai surat berharga. priodik dan tepat waktu. dan utang piutang. • • Mengendalikan dan mengelola cek. dan mengirimkan pihakpihak yang memerlukan sesuai prosedur yang berlaku. • Secara periodik membuat laporan secara yang telah di tetapkan. pengurusan jaminan bank. melaksanakan pembayaran. Memberikan informasi mengenai administrasi dankeuangan pada pihak lain yang memerlukan. • • • • • Mengsahkan dokumen yang berhubungan dengan unitnya. mengurus perpajakan dan perbankan. tagiha dan suratsurat proyek secara benar. Bersama dengan pihak lain yang terlibat menyiapkan. dimintakan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang.

jawaban kas/bank secara priodik.2. Menyusun laporan pertanggung jawaban pemasukan dan pengeluaran keuangan secara periodik. Bertanggung jawab langsung kepada site manageer. e) Tanggung jawab • • • • • • Menyusun laporan pertanggung Menyusun laporan pertanggung jawaban pemasukan dan pengeluaran keuangan secara periodik. 5. penerimaan.• Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka melaksanakan tugasnya.3 a) Tugas • • • • Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya b) Wewenang • • • Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab • Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer 6. Staff control a) Tugas  Mengelola data pembelian. Bertanggung jawab langsung kepada site manageer. Pelaksana lapangan 1. dan pengeluaran baang sesuai dengan pekerjaan yang telah ditetapkan 49 .

dan pengendali mutu 7. Mengelola data pembayaran pekerja. material. Pelaksana struktur a) Tugas • Merencanakan dan menghitung struktur bangunan • Melaksanakan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan • Membuat laporan – laporan yang telah ditetapkan dalam rangka pengendalian operasional proyek 50 . Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh Manager proyek. over head proyek. b) wewenang • Mengadakan hubungann langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan. c) Tanggung Jawab • Bertanggung jawab langsung kepada Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan. Membantu Engineer Design dalam pekerjaan dilapangan. 8. data pengeluaran tak langsung secara periodik selama pelaksaan operasional proyek dapat dikendalikan untuk tidak melebihi RAB yang telah ditentukan  Membuat laporan untung rugi pekerjaan terhadap RAB dan RAP untuk setiap item pekerjaan  Mengelola dan melaporkan data prestasi pekerjaan serta melaporkan monitoring secara periodik terhadap time schedulle yang telah ditetapkan b) • Wewenang Mengadakan hubungan langsung dengan unit – unit lain demi kelancaran pekerjaan c) Tanggung jawab • Bertanggung jawab langsung kepada koordinatoor kontrol engineer logistik dan bahan. Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya. Drafter a) Tugas • • • • Membuat Shop Drawing dan As Built Drawing pada pekerjaan dilapangan.

pengeluaran material sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Melaksanakan pengecekan volume material baik material masuk maupun material keluar Membuat laporan penerimaan. sisa material dan kerusakan material b) Wewenang • • Menolak bahan yang tidak sesuai spesifikasi yang telah ditentukan Bertanggung jawab atas kualitas dan mutu bahan yang digunakan c) Tanggung jawab 11. Gudang a) Tugas • • • • • Mengawasi keluar masuk bahan dari proyek Menyediakan material bahan yang diperlukan dalam pekerjaan Mengelola penerimaan.3.2.4 51 .• Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya serta laporan lain yang berhubuangn dengan tugasnya b) Wewenang • Mengadakan hubungan dengan unit – unit lain dalam rangka melaksasnakan tugasnya c) Tanggung jawab • Bertanggung jawab langsung kepada pelaksana lapangan 9. perawatan. penyimpanan. penyusutan. Pelaksana 1. Pelaksana Arsitektur a) Tugas  Mendesain dan merencanakan bangunan sesuai gambar rancangan  Mengawasi pelaksanaan pekerjaan yang berkaitan dengan tugasnya b) Wewenang • Mengadakan hubungan dengan unit-unit lain dalam rangka melaksanakan tugasnya c) Tanggung jawab • Bertanggung jawab kepada pelaksana lapangan 10. pengeluaran.

4 6.4 52 . Pelaksana Lapangan 1. Pengendali Mutu 3.2.a) Tugas • • • • Melakukan pengawasan mutu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Membuat rencana pekerajaan serta rencana kebutuhan bahan untuk setiap pekerjaan yang sedang dilaksanakan Memimpin pekerjaan fisiik pada proyek Membuat laporan yang ditetapkan perusahaan dan laporan lain yang berhubungan dengan tugasnya b) Wewenang • • • Menolak hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan metode kerja dan spesifikasi yang telah ditentukan Mengadakan hubungan dengan pihak luar dalam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab • Bertanggung jawab langsung kepada Construksi Manageer Kontraktor Arsitektur Dan Intererior Tugas.3. Gudang 9. Siite Manegeer 2. Pelaksana 1.2. Pelaksana Arsitektur 8. Admistrasi 5. Logistik dan Bahan 4. wewenang dan tanggung jawab : 1. Drafter 7.3. Staaf Kontrol 10.

Mengatur hubungan elemen . Berhubungan dengan pihak luar perusahaan dalam rangka pelaksanaan tugasnya. Membuat laporan – laporan yang telah ditentukan dan laporan lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek. Bersama – sama dengan Owner menentukan dan membuat langkah – langkah perencaan. pengaasan mutu dan keselamatan kerja ada proyek. SPK. berita acra maupun tagihan. pembukuan. pengendalian operasional. Mengelola admiistrasi. c) Tanggung jawab b) Wewenang 53 . Menunjuk suplier dan pihak terkait lainnya dalam rangka menyelesaikan pekerjaan. Menyelesaikan masalah dengan pemberi tugas maupun dengan pihak lain. Mengelola pelaksanaan pekerjaan fisik secara efisien dan efektif sesuai dengan spesifikasi dan RAB yang telah ditentukan. dan biaya tak langsung lainnya. • • • • • • • • • • • • Mengelola tugas – tugas perencanaan teknis. Siite Manegeer a) Tugas • Mengelola proyek sedemikian rupa sehingga pelaksanaan proyek dapat selesai tepat pada waktunya dengan kualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. dan peralatan yang diperlukan proyek sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Mengkoordinir jalannya pelaksanaan pembangunan proyek agar sesuai Bestek.elemen dibawahnya dengan elemen lain maupun dengan pihak luar. pergudangan. termasuk kontrak kerja. dan keuangan proyek sesuai dengan ketentuan yang ada. Menetapkan harga satuan bahan. Mengelola tugas – tugas pembelian material. alat.1. upah.

• • Mendata semua biaya yang menyimpang dari RAB. Pengendali Mutu a) Tugas • • • • • Mengendalikan mutu pekerjaan pada setiap satuan bangunan dan pelaksanaan bangunan dilapangan agar didapat kualitas bangunan yang baik Melakukan pengawasan pada semua pelaksanaan bagian proyek b) Wewenang Berhubungan dengan pihak luar dlam rangka pelaksanaan tugasnya c) Tanggung jawab Bertanggung jawab langsung kepada Site Manageer Bertanggung jawab dalam pencapain mutu dan kualitas pekerjaan sesuai persyaratan yang di tetapkan 1. mutu sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan serta biay pelaksanaan tidak melampaui RAB.• Tercapainya tujuan proyek yaitu bahwa proyek dapat selesai tepat pada waktunya. 54 . 2. Membuat pelaksanaan proyek agar tidak menyimpang dari peraturan perundang – undangan yang berlaku.

55 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful