Pengertian dan Definisi Sistem Operasi

Sistem operasi merupana software yang menjalankan sebuah perangkat keras. Itu merupakan definisi singkat mengenai arti dari sistem operasi. Untuk gadget handphone dan tab, sistem operasi Android saat in edang banyak dicari orang. Android menawarkan banyak kelebihan bila dibanding dengan sistem operasi gadget sebelumnya. Sehingga tidak heran bila sistem operasi menjadi salah satu pertimbangan orang dalam menentukan jenis gadget yang akan mereka beli. Berikut ini aalah pengertian dan definisi sistem operasi: # FERY INDAYUDHA Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjaankan semua palikasi program/software yang ada di komputer # MCLEOD (PEARSON) Sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya piranti keras dan piranti lunak komputer kita # SUNARTO Sistem operasi adalah software yang langsung berkomunikasi dengan hardware komputer kita # ALI ZAKI (SMITDEV) Sistem operasi adalah software yang mengoperasikan atau menjalankan komputer # WAHANA KOMPUTER Sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan # HAER TALIB Sistem operasi adalah program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang dikenal oleh mesin komputer (bahasa mesin) # M. SUYANTO Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer # ZAINAL ABIDIN Sistem operasi adalah program utama dalam sebuah komputer

dan antar-muka user. (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk. melakukan input serta output terhadap peralatan lain. melakukan pengelolaan proses mencakup penyiapan.# IIM RUSYAMSI Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. 2. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk softwaresoftware itu. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi. Sehingga masing-masingsoftware tidak perlu lagi melakukan tugastugas inti umum tersebut. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System. Sebagai contoh komponen perangkat keras pada komputer yaitu CPU. skeduling task. Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. alat input/output. dan mempunya akses kepada sistem file. Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer. maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat. memori utama. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data masukan/keluaran. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. termasuk menjalankan software aplikasi Sistem Operasi dan Fungsinya Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori. selain itu. Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer. Mengelola sumber daya terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan. sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain. manajemen memori. Sistem operasi komputer secara umum terdiri atas beberapa bagian: . termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Mempersiapkan agar program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detil perangkat keras. 3. serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. atau biasa di singkat dengan OS mempunyai beberapa Fungsi utama antara lain: 1. bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. penjadwalan. 4.

Real-time operating system (RTOS) Sistem operasi golongan ini dipakai untuk mengendalikan perangkat keras untuk tugas spesifik. . 2. sekaligus untuk mengontrolnya. GNU/Linux. menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX. seperti instrumen ilmiah dan mesin-mesin industri. Sistem operasi yang lain dari keluarga ini adalah Palm OS. single task Sesuai dengan namanya. Windows XP. yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 3. yaitu bagian yang berfungsi menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain 5. dan Super komputer menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda. Windows Server 2003. dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Keluarga Mac OS adalah sistem operasi komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Keluarga komputer Mainframe. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.x hingga versi 3.5 (Leopard). secara garis besar semua sistem operasi yang ada berdasarkan jenis komputer yang dikendalikan maupun bentuk aplikasi yang didukung dapat dibagi menjadi empat golongan : 1. keluarga BSD (Berkeley Software Distribution). dan lain-lain.x. Walau kita mengenal berbagai jenis sistem operasi di atas. Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10. HP/UX.4 (Tiger). Keluarga Unix. Windows 2000. antara lain SCO UNIX. Command Interpreter atau shell yaitu bagian yang bertugas membaca input dari pengguna 4. Sistem operasi DOS adalah contoh klasik dari jenis ini. umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX. yaitu untuk komputer genggam (handheld) Palm. yaitu meletakkan kernel ke dalam memory 2. Windows NT 4. Jenis Sistem Operasi Sistem operasi personal komputer terbagi menjadi 3 kelompok seperti di bawah ini.1. Driver yaitu komponen yang berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware eksternal. 98. dan Windows NT (Windows NT 3. Mekanisme Boot. Single-user. antara lain terdiri atas Windows Desktop Environment (versi 1. RTOS memiliki kemampuan antarmuka yang terbatas dan tidak mendukung aplikasi level end-user.Windows 9x (Windows 95. • • • • Keluarga Microsoft. tipe sistem operasi ini dirancang untuk memudahkan menangani pengoperasian komputer sehingga pengguna dapat menjalankan satu pekerjaan pada saat yang bersamaan. dan Windows ME). dan Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007)).x). Kernel. Bagian terpenting RTOS adalah mengatur penggunaan sumber daya komputer untuk menjalankan serangkaian operasi secara berulangulang dalam periode tertentu.0. Pustaka-pustaka (library). MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi.

dan MVS untuk mainframe. Single-user. 4. Setiap program yang dijalankan oleh para pengguna menggunakan sumber daya yang cukup dan terpisah sehingga masalah pada satu pengguna tidak berimbas pada pengguna yang lain. dsb.) sangat populer digunakan untuk komputer pribadi. Sistem operasi ini (Windows.3. Raden Somad Pengertian Operasi Sistem (OS) dan Prosesor Komputer • • • • • • • • • • • • Home Asmara Beasiswa Informasi Loker Ngeblog Puisi Sains Sport Tekno Tips Trik Unik »Raden Somad » Informasi. multi tasking Sistem operasi ini memungkinkan seorang pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi terpisah secara bersamaan. Linux. VMS. Tekno » Pengertian Operasi Sistem (OS) dan Prosesor Komputer Pengertian Operasi Sistem (OS) dan Prosesor Komputer Aplikasi Klik klak sleeper sofa • • . Contoh sistem multi-user adalah operasi Unix. Sistem operasi dapat menjamin masing-masing pengguna yang memiliki kebutuhan (requirement) yang berimbang. Inilah tipe sistem operasi yang paling umum digunakan sekarang. Multi-user Sistem operasi multi-user memungkinkan lebih dari satu pengguna bersama-sama menggunakan sumber daya komputer secara simultan.

maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. melakukan input dan output terhadap peralatan lain. manajemen memori. istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi Biasanya. skeduling task. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. Secara umum. Biasanya. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. dan antar-muka user. istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. dan memiliki akses kepada sistem file. . Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori. Lebih jauh daripada itu. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut. dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.• Culver klik klak Share6 Pengertian Operating System (OS) dan Prosesor Komputer Dalam Ilmu komputer. skeduling task. dan antar-muka user. Secara umum. maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Dalam Ilmu komputer. manajemen memori.

bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: 1. prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu. pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori. yaitu meletakkan kernel ke dalam memory 2. sekaligus untuk mengontrol mereka. sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Pustaka-pustaka. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks. kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. prioritas eksekusi proses dan informasi . yang bertugas membaca input dari pengguna 4. Pada Sistem Operasi modern. dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal. Kernel. Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan. Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 3.Dalam banyak kasus. Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut. tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Mekanisme Boot. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor. Di dalam bahasan Sistem Operasi. tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS. sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu. Command Interpreter atau shell. status proses. dan seterusnya. serta inputnya tergantung kepada input pengguna. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain 5. yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas. dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori. Hanya pada saat dibutuhkan saja. kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya. tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multiproses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. sehingga dalam setiap pembuatan program baru.

Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi. dan lain sebagainya untuk meningkatkan kinerja sistem. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Kernel. yang menjaga pewaktuan CPU tetap berada pada jalur yang benar. yang memberikan fasilitas sehingga segala aktivitas yang kompleks dapat dikerjakan dalam urutan yang benar. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor.lokasi proses dalam memori. Dalam Ilmu komputer. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. yaitu meletakkan kernel ke dalam memory 2. yang akan membuat scedule atas beberapa masukan pengguna. yang bertugas membaca input dari pengguna . sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya). yang memberikan pelayanan yang diperlukan pengguna. keluaran. eksekusi data dan program. operasi I/O. agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi. Secara umum. 2. Sistem operasio (perating system atau OS) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar system. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Fungsi Sistem Operasi sebagai pengoptimal. Fungsi Sistem Operasi sebagai Kordinator. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu. 4. yang akan mengawasi siapa saja yang dapat masuk kedalam sistem komputer. sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Fungsi Sistem Operasi sebagai Pengawal. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: 1. Mekanisme Boot. 1. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi. komputasi. yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 3. skeduling task. Fungsi Sistem Operasi sebagai penjaga gerbang. 3. dan antar-muka user. manajemen memori. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut. 5. penulisan. Command Interpreter atau shell. penggunaan memori. seperti restrukturisasi direktori file Istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama. yang memegang kendali proses untuk melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan. akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. penyimpanan pada disk dan lain sebagainya. Fungsi Sistem Operasi sebagai serever. akses basis data. 6. Fungsi Sistem Operasi sebagai akuntan.

Contoh. dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda. Sistem Operasi? OS? Apaan sih itu? Hm… OS adalah singkatan dari Operating System atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Sistem Operasi. GNU/Linux. 3. Linux. 98. seperti SCO UNIX.x). OS merupakan program yang paling penting yang berjalan pada komputer. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1. komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar: 1. Windows XP. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks. HP/UX. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).4 (Tiger). umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX. sistem operasi yaitu Windows. Windows Server 2003. dan sebagainya. adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. dan Windows NT (Windows NT 3. 2. Windows Vista. dan Windows ME). MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi. Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10. dll.4.5 (Leopard). Solaris. Mac OS. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10. Windows 2000. Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS). sekaligus untuk mengontrol mereka. Sedangkan komputer Mainframe. MACAM-MACAM SISTEM INFORMASI Macam-macam Sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC. tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. palm. sedangkan tipe kedua adalah Real-Time. dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. Free BSD.. yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain 5. symbian. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX. Pustaka-pustaka. keluarga BSD (Berkeley Software Distribution).0. Windows NT 4. dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)). Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009. serta inputnya tergantung kepada input pengguna.x hingga versi 3. Sistem Operasi disebut juga Platform Software yang terdiri dari program utama dan program . Windows 9x (Windows 95. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS.x.

memory. Secara dasar. Kumpulan program ini menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer. 6. seperti mouse. dan menjaga bagian-bagian dari sistem agar tetap aman. melacak file dan mengendalikan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan komputer. Pengaturan Processor. printer. terutama yang berkaitan dengan pengenalan terhadap komponen-komponen sistem komputer. 8. apa saja sih fungsi OS ini? Bisa terbayangkan bukan kalau OS ini pasti memiliki fungsi yang banyak. Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi. Sebenarnya. 7. 4. Sistem Operasi melakukan tugas seperti mengenali input dari keyboard. . yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan. Pengaturan File. Pengaturan Memori. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya. lalu yang kedua. Selain itu. maka komputer tersebut sampai kita jungkir-balikpun tidak akan dapat beroperasi sebagaimana semestinya. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia). Secara lebih detail. yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer. dan perangkat tambahan lain. Pengaturan Input/Output. fungsi-fungsi dari OS meliputi: 1. Secara khusus. yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer. mulai dari yang paling utama. dan lain-lain.Low-Level yang mengatur operasi dasar komputer. fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai suatu sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengatur kinerja dari sebuah komputer. 3. sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras. dan seterusnya. processor. yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. seperi disc-room. mengirimkan output ke layar monitor. Menjalankan sistem prioritas. komputer. menyelesaikan berbagai masalah-masalah dalam komputer. karena tanpa adanya OS dalam sebuah komputer. Secara garis besar. OS juga menentukan program mana yang akan digunakan dalam mengerjakan tugastugas. yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem 2. 5. Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.