[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7, 2012

2012

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT , Tuhan

semesta alam. Sholawat serta salam semoga senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan penerus perjuangannya.

Kami juga bersyukur atas tersusunnya makalah kami yang berjudul

“STRUKTUR POLITIK DI INDONESIA” yang merupakan salah satu sarana dalam presentasi Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam makalah ini terdiri atas macam-macam politik di Indonesia beserta pengertiannya.

PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA

Teknologi Manajemen Kewirausahaan (TMK) seluruh pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini. Kami
Tak lupa, kami selaku penyusun menyampaikan banyak terima kasih kepada sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan dalam makalah selanjutnya.

NAMA NPM KELAS JURUSAN / FAKULTAS

: : : :

REZA ARJUNA KANATA 270110110093 C TEKNIK GEOLOGI

Jatinangor,

Maret 2012

TEKNIK GEOLOGI C

Juna
UNIVERSITAS PADJADJARAN 11/7/2012 1

[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. 2012 Kata Pengantar Assalamualaikum Wr.Wb Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dengan izinnya pula lah makalah yang merupakan tugas mata kuliah TMK untuk mahasiswa Semester III jurusan Teknik Geologi Universitas Padjadjaran ini dapat saya selesaikan dengan baik. pada makalah yang berjudul “Penanaman Modal Asing Dalam Sumber Daya Alam di Indonesia ” ini saya menyusun mulai dari pengertian penanaman modal asing di Indonesia sampai dengan eksploitasi sumber daya alam di Indonesia dan hubunganya dengan eksploitasi sumber daya alam di Indonesia . Harapan saya tentunya agar makalah ini dapat dipergunakan dengan sebaikbaiknya. Shalawat dan salam tak lupa pula kita hantarkan ke pangkuan Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarganya yang telah membawa kita dari alam jahiliyah ke alam yang penuh ilmu pengetahuan sehingga tugas TMK ini yang merupakan bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan smahasiswa khusunya di Universitas Padjadjaran dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya.wb UNIVERSITAS PADJADJARAN 2 . sungguh mnusia sering khilaf akan kesalahan. Wassalamualaikum wr. akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kesediaanya untuk membaca makalah ini. akhir kata apabila ada kesalahan dan ada yang kurang berkenan dari makalah ini. no one is perfect! Begitulah ungkapan yang sering kita dengar bahwa tak ada manusia yang sempurna.

2012 Daftar Isi Kata Pengantar Daftar Isi Bab 1 Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan 2 3 4 4 4 Bab 2 Pengertian Penanaman Modal Asing di Indonesia Izin Penanaman Modal Asing di Indonesia dalam Pertambangan 6 10 Eksploitasi Sumber Daya Alam di Indonesia dan Hubunganya Dengan Penanaman Modal Asing di Indonesia 12 Bab 3 Kesimpulan Kritik dan saran 14 14 Daftar Pustaka 15 UNIVERSITAS PADJADJARAN 3 .[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7.

Investasi. ziolit dan diatomea).fluorit. Pengelolaan sumber daya mineral dan energi diarahkan bagi bagi peningkatan kesejahteraan sumber daya manusia (rakyat) Indonesia. Latar belakang Indonesia yang dikaruniai potensi sumber daya energi dan mineral yang beragam dan melimpah. Faktor yang dapat mempengaruhi investasi yang dijadikan bahan pertimbangan investor dalam menanamkan modalnya. penulis akan memaparkan tentang peningkatan sumber daya mineral di Indonesia . felspar. Keempat faktor kebijakan pemerintah. ditemui sumber dan pusat-pusat kekayaan alam yang bisa dikelompokkan menjadidua sumber daya mineral: mineral energi (minyak dan gas bumi serta panas bumi) danmineral bahan galian logam/non-logam/industri (pasir timah. guna menjamin kepastian dalam berusaha. mika. belerang. antara lain : Pertama faktor Sumber Daya Alam. Oleh karena itu. Harapan masuknya investasi asing dalam kenyataannya masih sulit untuk diwujudkan. Ketiga faktor stabilitas politik dan perekonomian.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. fosfat. Jika ditelusuri dari Kota Serambi Mekkah (mulai dari pesisir dan perairan Lautan Hindia) sampai Merauke . Kelima faktor kemudahan dalam peizinan UNIVERSITAS PADJADJARAN 4 . Kedua faktor Sumber Daya Manusia. Pemanfatan sumber daya mineral dan energi sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. sulfur. khususnya investasi asing sampai hari ini merupakan faktor penting untuk menggerakkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. 2012 BAB I PENDAHULUAN I.Selat Bali.

[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. Tujuan a. Untuk menjelaskan hubungan antara penanaman modal asing dengan potensi sumber daya alam di Indonesia UNIVERSITAS PADJADJARAN 5 . Rumusan masalah Menjelaskan mengenai penanaman modal asing dalam sumber daya alam di Indonesia III. Untuk mengetahui bagaimana penanaman modal asing di Indonesia b. 2012 II.

[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. Investasi portofolio ini dilakukan melalui pasar modal dengan instrumen surat berharga seperti saham dan obligasi. Sedangkan investasi langsung yang dikenal dengan Penanaman Modal Asing (PMA) merupakan bentuk investasi dengan jalan membangun. Penanaman Modal di Indonesia diatur dengan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal. alih keterampilan manajemen. Pengertian Penanaman Modal Asing di Indonesia Dalam literatur ekonomi makro. baik menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri (Pasal 1 Undang-Undang Nomor 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal). yaitu investasi portofolio dan investasi langsung atau foreign direct investment (FDI). Penanaman Modal Asing (PMA) lebih banyak mempunyai kelebihan diantaranya sifatnya permanen (jangka panjang). dalam investasi portofolio. investasi asing dapat dilakukan dalam bentuk. Sekalipun ada emiten yang setelah mendapat dana dari pasar modal untuk memperluas usahanya atau membuka usaha baru yang hal ini berarti membuka UNIVERSITAS PADJADJARAN 6 . Dibanding dengan investasi portofolio. membuka lapangan kerja baru. banyak memberikan andil dalam alih teknologi. membeli total atau mengakuisisi perusahaan. dana yang masuk ke perusahaan yang menerbitkan surat berharga (emiten). Sedangkan. Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan Penanaman Modal Asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing. 2012 BAB II ISI A . sangat penting bagi negara sedang berkembang mengingat terbatasnya kemampuan pemerintah untuk penyediaan lapangan kerja. belum tentu membuka lapangan kerja baru. Lapangan kerja ini.

baik dalam permodalan. Jenis investasi dibedakan atas investasi langsung (direct investment) dan investasi portofolio (portofolio investment). Investornya adalah investor institusional. Selain itu proses ini tidak terjadi alih teknologi atau alih keterampilan manajemen dikembangkan. pengokohan. Modal investasi langsung lebih tertarik pada besar dan tingkat pertumbuhan pasar.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. tenaga kerja dan biaya produksi serta infrastruktur. dapat mengkombinasikan keahlian. deviden dan/atau pembayaran kembali. Menurut Sidik Jatmika . teknologi dan modal.Menurut Nindyo Pramono bahwa investasi langsung investor mengendalikan manajemen. 2012 lapangan kerja. Investasi luar negeri langsung biasanya dianggap bentuk lain dari pemindahan modal yang dilakukan oleh perusahaan orang-orang dalam suatu negara dalam aktifitas ekonomi negara lain yang melibatkan beberapa bentuk partisipasi modal di bidang usaha yang mereka investasikan. investor hanya menyediakan modal keuangan dan tidak terlibat dalam manajemen. biasanya dilakukan oleh perusahaan trans-nasional dan periode waktunya panjang karena menyangkut barang-barang. kebaikan dari investasi langsung adalah tidak mendatangkan beban yang harus dibayar dalam bentuk bunga. Dari beberapa pandangan dan pengertian di atas terlihat bahwa investasi langsung adalah adanya keterlibatan langsung pihak investor terhadap investasi yang dilakukannya. Sedangkan pada investasi portofolio. bersifat jangka pendek dan mudah dilikuidasi dengan cara menjual saham yang dibeli. Investasi langsung berarti perusahaan dari negara penanam modal secara de facto dan de jure melakukan pengawasan atas asset (aktiva) yang ditanam di negara penyimpan modal dengan cara investasi. dan pengawasan. dapat mengatasi UNIVERSITAS PADJADJARAN 7 . Tidak sedikit pula dana yang masuk ke emiten hanya untuk memperkuat struktur modal atau mungkin malah untuk membayar utang bank.

seperti tersedianya hasil hutan. alat-alat mesin. Peranan penanaman modal asing terhadap pembangunan bagi negara sedang berkembang dapat diperinci menjadi lima. pabrik elektronik. Keempat. gas dan minyak bumi maupun iklim dan letak geografis serta kebudayaan. sumber dana eksternal (modal asing) dapat dimanfaatkan oleh negara sedang berkembang sebagai dasar untuk mempercepat investasi dan pertumbuhan ekonomi. Ketiga. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi investasi yang dijadikan bahan pertimbangan investor dalam menanamkan modalnya. bagi negara-negara sedang berkembang yang tidak mampu memulai membangun industri-industri berat dan industri strategis. industri kimia dasar dan sebagainya. b) Faktor Sumber Daya Manusia. kebutuhan akan modal asing menjadi menurun segera setelah perubahan struktural benar-benar terjadi meskipun modal asing di masa selanjutnya lebih produktif. d) Faktor kebijakan pemerintah. bahan tambang. yaitu : Pertama. Peranan PMA di Indonesia cukup mendukung juga perkembangan kehidupan ekonomi sesuai dengan konsep hukum dalam kegiatan ekonomi dan cita-cita hukum ekonomi Indonesia.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. antara lain : a) Faktor Sumber Daya Alam. adanya penanaman kembali dari keuntungan investasi yang belum ada dan dapat menciptakan alih teknologi dan keterampilan. 2012 masalah transfer uang. pertumbuhan ekonomi yang meningkat perlu diikuti dengan perpindahan struktur produksi dan perdagangan. Kelima. dalam hal ini berkaitan dengan tenaga kerja siap pakai. c) Faktor stabilitas politik dan perekonomian. guna menjamin kepastian dalam berusaha. kebijakan langkah-langkah deregulasi dan debirokratisasi yang diambil oleh Pemerintah dalam rangka menggairahkan iklim UNIVERSITAS PADJADJARAN 8 . adanya modal asing akan sangat membantu untuk dapat mendirikan pabrik-pabik baja. Kedua. modal asing dapat berperan penting dalam memobilisasi dana maupun transformasi struktural.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal 2. Berdasarkan kondisi-kondisi tersebut di atas. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah 3. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya keengganan masuknya investasi asing ke Indonesia. antara lain diupayakan untuk mempermudah pemberian pelayanan perizinan investasi dengan cara memperbanyak pusat pelayanan pemberian persetujuan atau perizinan investasi dengan melimpahkan wewenang dari Menteri Negara Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal kepada Gubernur Kepala Daerah Propinsi. Bahkan kebijakan otonomi daerah menjadi permasalahan baru dalam kegiatan investasi di beberapa daerah di Indonesia. 2012 investasi. dan kepastian hukum. maka faktor perizinan perlu diperhatikan. antara lain : 1. Ketidakkonsistenan penegakkan hukum masih menjadi faktor penghambat daya tarik Indonesia bagi investasi asing. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 jo Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dan Pemerintahan Daerah e) Faktor kemudahan dalam peizinan. Beberapa kebijakan pemerintah yang mempengaruhi investor. yang tampaknya menjadi permasalahan tersendiri bagi pemerintah Indonesia. Faktor-faktor yang dapat menjadi pendukung masuknya arus investasi ke sebuah negara. UNIVERSITAS PADJADJARAN 9 . stabilitas politik. menjadi penyebab sebagian besar investor asing enggan masuk ke Indonesia atau enggan merealisasikan rencana investasi mereka yang telah disetujui oleh pemerintah serta terjadinya relokasi industri ke negara lain yang berakibat adanya capital flight yang besar.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. seperti jaminan keamanan. dalam rangka meningkatkan investasi di daerah.

Yang harus perusahaan tersebut lakukan adalah mendapatkan izin dari BKPM. Izin Penanaman Modal Asing di Indonesia dalam Pertambangan Peraturan Presiden No. atau badan usaha swasta nasional. oleh karena itu boleh saja kepemilikan investor asingnya sebesar 90%. badan usaha milik negara. badan usaha milik daerah. Divestasi ini dilakukan pada Pemerintah. Kemudian. 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha mengatur Pertambangan besaran Mineral yang dan Batubara (“PP 23/2010”)selanjutnya saham harus didivestasi. melainkan berdasar Izin UNIVERSITAS PADJADJARAN 10 . walaupun saat ini investor asing Anda diperbolehkan untuk memegang saham sebesar 90%. Dalam Perpres DNI ini tidak ada pembatasan bagi investasi asing untuk penambangan batubara. Menurut pasal 5 ayat (2) UUPM. pemerintah daerah. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (“UUPM”). Pasal 112 Undang-Undang No. 2012 B . nantinya bentuk usaha Anda dan investor asing tersebut harus berupa PT. Pasal 97 Peraturan Pemerintah No. badan usaha pemegang izin usaha pertambangan yang sahamnya dimiliki oleh asing wajib melakukan divestasi saham. Jadi. penanaman modal asing wajib dalam bentuk perseroan terbatas (“PT”).[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (“UU Minerba”) mengatur bahwa setelah 5 tahun berproduksi. Yang harus diingat adalah Undang-Undang No. yaitu sehingga sahamnya paling sedikit 20% (dua puluh persen) dimiliki peserta Indonesia. Semenjak diberlakukannya UU Minerba. namun 5 tahun sesudah berproduksi nanti investor tersebut wajib melakukan divestasi saham sehingga saham investor asing tersebut menjadi maksimal 80%. 36 Tahun 2010 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan Di Bidang Penanaman Modal (“Perpres DNI”). Jadi. harus diingat juga bahwa ada ketentuan divestasi bagi investor asing di bidang pertambangan. usaha pertambangan tidak lagi dilakukan berdasarkan Kontrak Karya ataupun PKP2B.

Kedua IUP tersebut diberikan setelah perusahaan tersebut memperoleh Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP). IUP adalah izin untuk melaksanakan usaha pertambangan. Kemudian. 23/2010). Sedangkan. IUP Operasi Produksi adalah izin usaha yang diberikan setelah selesai pelaksanaan IUP Eksplorasi untuk melakukan tahapan kegiatan operasi produksi.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. 2012 Usaha Pertambangan (“IUP”). IUP terdiri atas dua tahap yaitu IUP Eksplorasi dan IUP Operasi Produksi. IUP Eksplorasi adalah izin usaha yang diberikan untuk melakukan tahapan kegiatan penyelidikan umum. eksplorasi. UNIVERSITAS PADJADJARAN 11 . dan studi kelayakan (lihat pasal 1 angka 8 UU Minerba). Menurut pasal 1 angka 7 UU Minerba. yaitu wilayah yang diberikan kepada pemegang IUP (lihatpasal 6 ayat [4] PP No. di dalam pasal 8 ayat (3) PP 23/2010 dinyatakan bahwa WIUP diperoleh melalui cara lelang.

dengan harapan terjadinya percepatan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan rakyat. kini telah di eksploitasi secara membabi buta. gas. dan secara pasti telah meningkatkan akumulasi asset bagi Negara. Ketika mesin ekonomi kapitalisme berputar cepat di Indonesia melakukan eksploitasi SDA. ekonomi dan perdagangan. pertambangan dan energy. maka ketika itulah mencuat geliat perambahabn SDA dari keberadaan mega-mega proyek industry skala besar diberbagai bidang. Sulawesi dan irian jaya Eksploitasi SDA telah dijadikan alat bagi percepatan pertumbuhan ekonomi Negara. karena lebih mengedepankan orientasi ekonomi bagi segelintir orang dan golongan dari UNIVERSITAS PADJADJARAN 12 . Kerentanan ekonomi sebagai Negara berkembang dimanfaatkan secara sempurna oleh kekuatan ekonomi Negara maju melalui multikorporasi yang berusaha menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk melakukan investasi pada berbagai bidang. Tidak heran dari ujung paling barat Wilayah Indonesia sampai paling timur. wilayah Sumatra dirubah menjadi lading minyak.Negara yang menguasi modal dan teknologi. Hal serupa juga terjadi dipulau jawa. dan sawit. pesisir dan kelautan. Keadaan Indonesia sebagai Negara berkembang telah mendorong penyelenggara pemerintahan memanfaatkan keberadaan sumber daya alam yang melimpah. dll. seperti bidang kuhutanan. baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia(tenaga kerja murah).secara umum dapat di katakana bahwa SDA kita tidak dikelola secara benar. Eksploitasi Sumber Daya Alam di Indonesia dan Hubunganya dengan Penanaman Modal Asing di Indonesia Eksploitasi adalah upaya atau tindakan penguasaan dan penguasaan untuk mengeruk dan menguras potensi sumber daya.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. dan terjaganya stabilitas ekonomi secara nasional. Eklpoitasi besar besaran yang di klakukan telah mengingkari democratisasi ekonomi. 2012 C. Kalimantan untuk tambang batu bara dan mineral. perkebunan.

Secara regulative perlu upaya untuk mengembangkan kebijakan yg berorientasi pada pelestarian lingkungan yang berpihak pada masyarakat UNIVERSITAS PADJADJARAN 13 . 2012 berbagai tingkatnya sehingga saat ini sebagian besar rakyat kita menghadapi kesulitan hidup dalam situasi krisis multidimensi. dengan menghentikan kegiatan eksplorasi dan ekploitasi SDA dalam skala besar.[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. Dari beberapa masalah di atas meski di kembangkan suatu strategi nasional untuk menyelamatkan asset SDA kita yang masih tersisa.

Perekenomian di Indonesia merupakan salah satu fondasi yang penting yang menjadi salah satu pilar pembangunan di Indonesia . Oleh karena itu penulis melalui makalah ini menyadari penanamn modal asing sangat mempengaruhi pembangunan dan eksploitasi sumber daya alam di Indonesia . Akhirul kalam. Wb. Karena penanaman modal di Indonesia merupakan salah satu langkah yang nyata yang dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan perekonomian di Indonesia. Wassalamu’alaikum Wr. 2012 BAB III Penutup I. saya ucapkan banyak yang telah terima kasih kepada bapak dan akang . Reza Arjuna Kanata UNIVERSITAS PADJADJARAN 14 .[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7. penanaman modal asing di Indonesia merupakan salah satu merupakan investasi modal di Indonesia yang sangat menjanjikan . Saran dan kritik Demikian makalah ini saya dapat disampaikan. Kesimpulan Bahwa . Penanaman modal asing di Indonesia sangat berpengaruh dalam pengembangan sumber daya alam di Indonesia .teteh asdos TMK memberikan tugas ini sehingga penulis dapat menyusun makalah ini secara baik. II.

[PENANAMAN MODAL ASING DALAM SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA] November 7.multiply. 2012 Daftar Pustaka Web : http://www.blogspot.hukumonline.com/reviews/item/33?&show_interstitial=1&u=%2Freview s%2Fitem UNIVERSITAS PADJADJARAN 15 .html http://andev.com/2012/03/tugas-perekonimian-indonesiaeksplorasi.com/klinik/detail/cl5486/izin-pertambangan-pihakasinghttp://erick-kesepian.