P. 1
Filum Arthropoda

Filum Arthropoda

|Views: 212|Likes:
Published by Melinda Oktafiani
laporan avertebrata air
laporan avertebrata air

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Melinda Oktafiani on Mar 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2015

pdf

text

original

FILUM ARTHROPODA SUBFILUM CRUSTACEA

1. Jelaskan perbedaan-perbedaan antata Daphnia sp dan Moina sp. Sertai dengan gambar ilustrasi jika perlu. Jawab: Daphnia sp     Bentuk tubuh agak lonjong dan pipih Ukurannya sekitar 0,2 – 0,3 mm Warnanya berbeda-beda    Bergaris tengah antara 0,9 – 1,8 mm Berwarna kemerhan  Moina sp Bentuk tubuh agak bulat

tergantung habitatnya Hidup secara umum di perairan tawar mulai dari daerah tropis hingga arktik  Tumbuh dengan
0

Hidup pada perairan yang tercemar bahan organik, seperti pada kolam dan rawa

baik

pada

Tumbuh dengan baik pada perairan yang mempunyai kisaran suhu antara 14 – 30 0C dan pH antara 6,5 – 9

perairan yang mempunyai kisaran suhu 22 – 30 C dan pH 6,6 – 7,4  Individu betina lebih besar

dibanding individu jantan

Saputra, Dwi H. 2011. Ciri – ciri Moina sp. http://baledaun.blogspot.com. Diakses

Sutriana, Eka. 2010. Daphnia sp tanggal 12 Desember 2012. sebagai Pakan Alami. Diakses

http://ekasutriana.blog.com. tanggal 12 Desember 2012. 

Perkembangan Daphnia sp. Yaitu secara a. asseksual / parthenogenesin Menghasilkan individu muda

Pada keadaan lingkungan yang baik, Moina sp. berkembang biak secara parthenogenesis. Cara ini hanya

menghasilkan individu betina dan telur yang dihasilkan bervariasi antara 2 – 40 buah, umumnya 10 – 20 buah.

betina. Telur dierami di dalam kantong menetas. pengeraman Anak hingga daphnia

com. Anonim.blogspot.blogspot. dalam es. Telur ini bisa bertahan selama lebih dari 20 tahun dan menetas setelah menemukan kondisi yang sesuai. jantan pada kondisi ini memiliki http://sinagadaniel. Telur dengan mekanisme kondisi dapat terhadap tersebut bertahan dalam lumpur. Moina sp. Daniel.com/. Seekor ratusan jantan betina bisa membuahi suatu dalam periode. Diakses perbandingan 1 : 27. Bila kondisi buruk individu 1-2 buah betina telur menghasilkan istirahat atau ephipium. Telur hasil pembuahan mempunyai cangkang tebal dan dilindungi pertahanan buruk. tanggal 12 Desember 2012. http://asamnukleat. . atau bahkan kekeringan. Kondisi yang baik tidak hanya dapat menghasilkan individu Pada kondisi kurang baik karena perubahan temperature. populasi Sinaga.dikeluarkan pada waktu molting. secara seksual / kawin jantan ”egg Karna adanya individu atau populasi yang berproduksi akan membentuk efipia resting” atau sistem yang akan menetas jika kondisi perairan baik. betina tetapi jantan juga. 2012. Diakses tanggal 12 Desember 2012. mka telur akan berkembang dan menetas menjadi individu jantan. 2011. kekurangan makanan dan akumulasi limbah. b. Budidaya Dapnia sp.

ikan dan. Crab (Portunus sp. Pada jenis panaeus sp. atau Panneus sp. terutama pada siang hari dan musim dingin.2. Namun. pada tingkat yang lebih rendah seperti macroalgae. berbeda dengan portunid lain kepiting (Scylla serrata). Crab (Scylla serrata) Artikulasi kaki dari ke crab adalah proses beradaptasi dengan cara menguburkan bawah pasir atau lumpur hampir sepanjang waktu. Shrimp (Macrobrachium sp. Itulah artikulasi dari kaki yang ada pada crab. adalah perenang yang sangat baik. Berikut ini adalah gambar dan keterangan dari shrimp pada bagian dalam dan letak condyle nya : . Gambarkan dan beri keterangan tipe artikulasi (tunjukkan letak condyle-nya) pada: a. atau Scylla serrata) b. Dan dapat menjadi alat untuk mentolerankandungan amoniak yang cukup tinggi. Pada jenis crab akan keluar untuk mencari makan pada berbagai organsims seperti bivalves.) Jawab: a. terutama karena sepasang kaki yang pipih mirip dayung. mereka tidak dapat bertahan dalam waktu lama keluar dari air.

Jadi capit yang ada pada shrimp mempunyai artikulasi yang cukup penting.(http://www.dkp-banten.ac. Berikut ini adalah gambar dan keterangan letak condyle nya : http://www.) Artikulasi pada kaki shrimp adalah yang terutama untuk berenang.unhas. Selain itu kaki itu digunakan untuk berjalan. mencari makan dan melindungi diri dari musuh atau pemangsanya.id/news/?p=49) b. capit ini digunakan sebagai pendeteksi adanya bahaya yang akan mengancam.id/lemlit/researches/view/277. dan menjapit benda-benda yang dapat mengganggu pada saat shrimp berjalan. Shrimp (Panaeus sp. maka makanannya akan langsung di potong-potaon dan di hancurkan hingga makanan dapat masuk kedalam mulutnya atau dapat sesuai dengan ukuran mulutnya. Apabila capit ini sudah mendapat makanan.go.html . Seperti halnya crab. Hewan ini mampu memotong makanan yang ada di dekatnya dengan cepat.

. Telurnya berwarna kuning kemerahan Berikut ini adalah ciri khusus yang dimiliki oleh Cherax quadricarinatus :  Sepasang antena yang berfungsi sebagai perasa dan peraba terhadap pakan dan kondisi lingkungan.3. Seluruh permukaan red claw memiliki duri-duri kecil berwarna putih. Apa sajakah perbedaan mendasar diantara keduanya? Hal apa kira-kira yang menyebabkan perbedaan ini terjadi? Jawab: Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan hewan yang tidak memiliki tulang dalam (internal skeleton/endoskeleton). Bandingkan endoskeleton pada crayfish (Cherax quadricarinatus) dan crab (Portunus sp atau Scylla serrata). tetapi seluruh tubuhnya terbungkus cangkang (ekternal skeleton atau endoskleton). Red claw merupakan jenis lobster air tawar yang mempunyai capit berwarna merah dan warna tubuhnya hijau kemerahan.

Umumnya cangkang crebs lebih keras.ciri crab (Scylla serrata) adalah sebagai berikut :  Crab mempunyai dua antenna yang hampir sama dengan udang. sedikit dengan lebar rata-rata hampir sama dengan lebar kepala. Tetepi crabs tidak mempunyai Sepasang antenula seperti yang dimiliki udang cryfish. Sepasang antenula yang berfungsi sebagai alat penciuman. kaki induk pada betina digunakan sebagai alat untuk menambah oksigen dengan pergerakannya.  Enam pasang kaki renang (pleopod) yang berperan dalam melakukan gerakan renang. Ekor terdiri dari ekor tengan (telson) memipih.  Crabs tidak mempunyai ekor seperti crayfish. Ekor. sedikit lebar dan dilengkapi duri-duri halus yang muncul di semua bagian tepi ekor. Disamping sebagai alat berenang. dan berfungsi sebagai peraba dan indera penciuman.. 2006). mulut dan sepasang capit (celiped) yang lebar dengan ukuran lebih panjang jika dibandingkan dengan ruas dasar capitnya. Capit crabs umumnya lebih tajam dibandingkan cryfish. Selain itu juga digunakan untuk membersihkan telur atau larva dari tumpukan kotoran yang terendap  Empat pasang kaki jalan (Setiawan. Bagian badan crabs berbeda dengan cryfish.  Mempunyai sepasang capit (celiped) yang lebar dengan ukuran lebih panjang jika dibandingkan dengan ruas dasar capitnya. Bagian ekor lainnya adalah dua pasang ekor samping (uropod) yang juga memipih. . Ciri.  Tubuhnya mempunyai cangkang yang berupa endoskeleton yang sangat kuat.   Enam ruas badan (abdomen) memipih.

Endoskeleton yang ada pada cryfish berupa cangkang yang terbuat dari zat kitin.. ketika tubuhnya membesar. Karena pargurus mempunyai ciri-ciri yang masuk kedalam kelas tersebut yaitu pembagian tubuh sudah jelas. Cangkang crabs yang terbuat dari zat kapur lebih kuat dibandingkan dengan cryfish yang terbuat dari zat kitin 4. Beserta keterangannya. Umang-umang menjadikan cangkang siput yang bukan miliknya selaku sistem hidup. Bentuk tubuh yang sangat berbeda dengan kerabatnya yang tidak berlindung dalam cangkang siput (Jasin. dia harus keluar menanggalkan cangkang yang ditempatinya dan mencari cangkang siput baru yang lebih besar. Sedangkan cangkang pada crabs terbuat dari zat kapur yaitu dari zat protein yang dihasilkan dari tubuhnya.Perbedaan yang mendasar pada cryfish dan crabs adalah pada zat penyusun dinding tubuh yang berupa endoskeleton. maka dia harus membuat tubuhnya mengikuti aturan spiral cangkang siput. Bentuk tubuh umang-umang ikut terpeluntir di dalam cangkang. bagian dada dan perut menyatu yang disebut cepalotorax dan tidak memiliki cangkang. 1984). . Jawab: Menurut saya. Oleh karena itu. Menurut anda apakah tepat jika Pagurus sp dikelompokkan pada sub filum crustacea? Mengapa demikian. Gambarlah seekor Pagurus sp. Cangkang yang ditempatinya meruakan peninggalan siput. tepat jika Pagurus sp dikelompokkan pada sub filum crustacean. dan perut. 1984). lengkapi dengan keterangan. bahkan harus lebih besar dari tubuhnya sendiri (Jasin. terdiri atas kepala. dada. M.

Gambarkan dan beri keterangan struktur tubuh dari organisme penempel! Mengapa organisme ini dapat menyebabkan kerusakan pada strukturstruktur buatan manusia seperti kapal.5. yang dapat memperlambat kapal dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Keberadaan biota penempel pada dasar atau lambung kapal juga . Perusahaan perkapalan harus menghabiskan jutaan rupiah setiap tahun untuk menghilangkan sejumlah besar binatang ini. dermaga dan pipa-pipa air? Jawab: Struktur tubuh organism penempel Teritip/Barnacles adalah invertebrata laut yang cenderung hidup di perairan laut dangkal atau pasangsurut. namun di dalamnya terdapat lempeng yang bisa digerakkan oleh jaringan otot. operasional yaitu adanya biota penempel pada lambung kapal yang telah berlayar 6-8 bulan dapat menyebabkan kecepatan kapal berkurang sampai 50% sehingga konsumsi bahan bakar meningkat sampai dengan 40%. Mereka menempel permanen ke substrat keras seperti batu atau kapal dengan bantuan perekat berbasis protein. juga disebut semen teritip. Keberadaan biota penempel (biofouling) pada kapal dan berbagai konstruksi buatan manusia di laut dapat menimbulkan masalah baik secara ekonomis. Pertambatan ini terjadi pada bagian kepala selanjutnya cangkang yang setangkup dilepas dan selanjutnya ditumbuhkan lempeng-lempeng yaitu lempeng dasar yang dilekatkan secara kuat ke batuan atau tempat penambat yang lain dan lempeng samping yang bersifat tetap dan kaku tak bisa bergerak.

Cangkang teritip digunakan sebagai mantel untuk menutupi tubuhnya yang terbuat dari kalsit. trakea. K. Jika dipotong menjadi dua. sehingga mereka bisa makan. Enam tentakel tersebut dilengkapi dengan bulu-bulu yang berfungsi untuk menarik air ke dalam cangkang. kerongkongan. Para ahli seberlumnya mengelompokkan hewan ini ke dalam filum Mollusca. dan anus. 1947. Jenis alat kelamin hewan ini sudah terpisah. Tubuhnya dapat dibedakan atas kepala (caput). Sehingga sebelumnya teritip di golongkan mollusca (Romimohtarto. Tentakel kedua digunakan untuk menyaring kadar polusi dan mendeteksi perubahan kondisi air. Mempunyai alat-alat tubuh yang sudah lengkap meliputi alat pencernaan. atau dengan paru-paru buku. yaitu mulut. Mulutnya terdapat pada bagian ujung anterior dan anus terdapat pada ujung posterior. Reproduksi hewan ini dilakukan secara aseksual dan seksual. dada (toraks) dan perut (abdomen). Selain itu diketahui bahwa cangkang yang dimiliknya merupakan . Berkenaan hewan no. Secara aseksual dengan melakukan partenogenesis (terjadi reproduksi tanpa pembuahan oleh hewan jantan) dan paedogenesis (terjadi reproduksi pada individu yang muda. sehingga mereka bisa hidup meskipun kondisi air tidak baik. 2007). 6. Kemudian teritip digolongkan dlam filum Arthropoda karena memiliki ciri-ciri yang cenderung terdapat dalam filum Arthropoda. permukaan tubuh. yaitu pada larva). mengapa demikian? Jawab: Teritip memiliki 6 tentakel yang digunakan untuk menangkap makanan yang disebut dengan “cirri”. Teritip mengeluarkan tentakel dan memperluas bulu-bulunya ketika air laut pasang. dalam Puspitasari. 1997). Ciri-ciri tersebut adalah mempunyai rangka luar (eksoskeleton) dari bahan kitin yang berguna untuk melindungi alat-alat tubuh bagian dalam dan dapat memberikan bentuk tubuh. Respirasi dengan insang. mengapa demikian? Namun selanjutnya para ahli sepakat.5. Bulu-bulu tersebut tersegmentasi untuk mengumpulkan plankton dari air.. sub filum Crustacea.mempercepat kerusakan mesin dan hilangnya waktu sekitar satu bulan setiap tahun untuk docking kering (Maley. bahwa hewan ini lebih tepat dikelompokkan pada filum Arthrooda. maka bersifat simetri bilateral. usus.

di pohon. bukan cangkang aslinya.2012). di di darat laut 2 Rajungan Portunus pelagicus Memiliki habitat alami hanya di laut. 7. di tanah. Jenis ini biasanya ditemukan dalam pasang surut dari Samudera dan Hindia Samudra Pasifik dan Timur Tengah pantai di sampai Laut Mediterania 3 Capung Pantala sp Capung menyebar luas. subtropis. tuliskan nama beserta nama ilmiahnya. Sebutkan hewan –hewan tersebut yang anda ketahui. hutan. di hutankebun. bahkan di udara. Hewan crustacean termassuk dalam filum Arthropoda. maupun dingin sampai dalam. Kelompok hewan Arthropoda sering Anda jumpai sehahri-hari di rumah. Jawab: No Nama Indonesia 1 Kelomang atau umangumang Coenobita perlatus Nama Ilmiah Gambar Habitat/tempat ditemukan Kelomang hidup di perairan tropis. sawah. hingga ke pekarangan rumah dan lingkungan . sungai dan danau. Oleh karena itu digolongkan ke dalam filum Arthropoda (Anonim.cangkang siput yang telah mati.

6 Walang sangit Leptocorisa acuta Terdapat hampir di semua produsen Daerah penyebaran L. 4 Kutu air Daphnia sp Hidup secara umum di perairan tawar daerah hingga arktik mulai dari tropis 5 Kupu-kupu Chilasa clytia Kupukupumenyebar luas. Cina. acuta) antara Asia Tenggara. Jepang. Srilangka. dan Fiji. . hingga ke pekarangan rumah dan lingkungan perkotaan. Pakistan India. Ditemukan dari hingga mulai tepi pantai ketinggian lebih dari 3. negara padi. hutan. di hutankebun.perkotaan.000 m dpl. sungai dan danau. sawah. Kepulauan Australia.

pasir dan batuan. South Australia 8 Lobster Air Cherax Tawar quadricarinatus Lobster air tawar biasanya hidup di danau. Umumnya tempat (habitat) lobster air tawar memiliki ciriciri khusus seperti sungai yang tepinya dangkal dan bagian dasarnya terdiri atas campuran lumpur. Papua Nugini. 1992). L. Udang laut merupakan udang yang tidak mampu atau mempunyai . atau sungai air tawar lobyang terletak di kawasan perairan Papua. Sumber Setiawan. dan Sulawesi (Baehaki.Indonesia (Harahap Tjahyono. 7 Laba-laba Atrax robustus Biasanya ditemukan 100 Sydney. Bali. dan Australia. Di dan 1997). Sumatera. rawa. Indonesia Acuta tersebar di daerah Jawa. 2007 9 Udang Windu Penaeus monodon : km sekitar dari New Wales.

Namun karena kepiting mempunyai kemampuan beradaptasi yang tinggi terhadap perubahan salinitas maka tidak jarang dijumpai kepiting jauh dari laut sampai di perairan berkadar garam sekitar 5%. 2008 10 Kepiting bakau Scylla serrata Di alam kepiting bertelur sering dijumpai di muara sungai dalam perjalanannya menuju daerah pemijahan yaitu di laut. Sumber : Sembiring. 1996 : DKP . Sumber Jatim. Kelompok ini biasanya hidup terbatas pada daerah terjauh dari eustuaria yang umumnya mempunyai salinitas 30%.kemapuan terbatas dalam mentolerir perubahan saliniatas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->