P. 1
BAHAN AJAR BELA NEGARA ppt

BAHAN AJAR BELA NEGARA ppt

|Views: 2,437|Likes:

More info:

Published by: Suhardi Ratnosaputro on Mar 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2014

pdf

text

original

PERAN SERTA DALAM USAHA PEMBELAAN NEGARA

HAKIKAT NEGARA

UNSUR-UNSUR NEGARA

UPAYA PEMBELAAN NEGARA

SISTEM PERTAHANAN RAKYAT SEMESTA

PARTISIPASI DALAM PEMBELAAN NEGARA

FUNGSI DAN TUJUAN NEGARA

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

PERATURAN PERUNDANGUNDANGAN TENTANG WAJIB BELA NEGARA

PENGERTIAN PEMBELAAN NEGARA

PENTINGNYA USAHA BELA NEGARA

APA NEGARA ITU ?
ORGANISASI TERTINGGI SUATU KELOMPOK MAS YARAKAT YANG MEMPUNYAI CITA-CITA UNTUK BERSATU, HIDUP DALAM SUATU WILAYAH TERTENTU DAN MEMPUNYAI PEMERINTAH YANG BERDAULAT

1. Unsur Konstitutif : a. Rakyat (penghuni) b. Wilayah permanen c. Penguasa (pemerintah yang berdaulat) 2. Unsur Deklaratif : a. Pengakuan dari negara lain b. Kesanggupan berhubungan dengan negara lain

Unsur-unsur Negara
Wilayah Rakyat Pemerintahan

Unsur konstitutif (unsur pembentukan/ yang harus terpenuhi agar terbentuk negara) Pengakuan negara lain Unsur deklaratif (unsur yang sifatnya mengatakan dan bukan unsur mutlak)

Penduduk : berdomisili dlm suatu negara secara tetap  Bukan penduduk : tinggal hanya untuk sementara  Warga negara : warga (anggota) dari sebuah negara  Bukan warga negara : wna tp tunduk pada pemerintahan negara BANGSA : Rakyat yg mempunyai kesatuan tekad utk membangun masa depan bersama.

Dalam Konvensi Montegobery, Jamaika yang diselenggarakan oleh PBB pada 10 Desember 1982 menentukan batas laut sebagai berikut: (a) Batas laut teritorial Setiap negara mempunyai kedaulatan atas lautan teritorial yang jaraknya sampai 12 mil laut, diukur dari garis pangkal yang ditarik dari pantai pada saat air laut sedang surut. (b) Batas zone bersebelahan (Zone Tambahan) Batas 12 mil laut dari luar batas laut teritorial atau 24 mil dari pantai pada saat air laut sedang surut. (c) Batas Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) ZEE adalah wilayah laut dari suatu negara yang batasnya 200 mil laut diukur dari pantai pada saat air laut sedang surut. Dalam wilayah ini negara yang bersangkutan berhak menggali kekayaan laut serta melakukan kegiatan ekonomi tertentu. (d) Batas landas kontinen Merupakan wilayah pada kedalaman 200 mil laut di bawah permukaan air laut. Bagi negara pantai, landas kontinental dinyatakan sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah daratan. Dalam wilayah ini negara yang bersangkutan boleh mengadakan eksploitasi dan eksplorasi asal membagi keuntungan sepenuhnya dengan masyarakat internasional (e) Batas Landas Benua Landas Benua adalah wilayah lautan suatu negara pantai yang lebih dari 200 mil laut. Dalam wilayah ini negara pantai boleh mengadakan eksplorasi dan eksploitasi, namun hasilnya dibagi dengan masyarakat internasional. (f) Batas Laut Pedalaman Laut pedalaman adalah lautan dan selat yang berada pada bagian garis dasar yang menghubungkan pulau-pulau dalam wilayah negara. Laut pedalaman hanya dimiliki oleh negara kepulauan seperti negara Indonesia.

Pemerintahan yang berdaulat berarti pemerintah yang mempunyai kekuasaan tertinggi atas rakyatnya di dalam suatu negara. Suatu negara yang telah merdeka memiliki kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar. Kedaulatan ke dalam artinya kekuasaan negara untuk mengatur kepentingan rakyatnya oleh badan atau lembaga negara tanpa campur tangan negara lain. Kedaulatan ke luar artinya kekuasaan negara yang bebas untuk mengadakan hubungan dan kerjasama dengan negara lain, tidak terikat dan tunduk kepada kekuatan lain selain ketentuan yang telah ditetapkan.

Suatu negara yang baru merdeka memerlukan pengakuan dari negara lain karena faktor berikut : 1. Adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik yang timbul dari dalam maupun dari negara lain. 2. Negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan bekerjasama dengan negara lain.

Pengakuan dari negara lain secara de facto bahwa negara sudah benar-benar merdeka secara sah dan negara lain mengakuinya. Sedangkan pengakuan secara de jure adalah pengakuan secara resmi berdasarkan hukum.

1. Fungsi penertiban (law and order). Untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator. 2. Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat diperlukan campur tangan dan peran aktif dari negara. 3. Fungsi Pertahanan, yaitu untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar, sehingga negara harus diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan. 4. Fungsi keadilan, yang dilaksanakan melalui badan-badan pengadilan.

1. Memajukan kesejahteraan manusia. 2. Menciptakan keadaan dimana rakyat mencapai keinginan-keinginan secara maksimal. 3. Memungkinkan rakyat berkembang serta mengungkapkan daya ciptanya sebesar mungkin. 4. Mencapai penghidupan dan kehidupan layak, aman dan tentram.

1. Apa yang dimaksud dengan negara ? 2. Jelaskan fungsi negara Indonesia ! 3. Jelaskan Tujuan Negara Indonesia, tunjukkan dasar hukumnya!

MELINDUNGI SEGENAP BANGSA DAN SELURUH TUMPAD ARAHINDONESIA

MENCERDASKA N KEHIDUPAN BANGSA

TUJUAN NEGARA ALINEA IV PEMBUKAAN UUD 1945

MEMAJUKAN KESEJAHTERAAN UMUM

IKUT MELAKSANAKAN KETERTIBAN DUNIA BERDASARKAN KEMERDEKAAN PERDAMAIAN ABADI, DAN KEADILAN SOSIAL

PKn Kelas VIII Sem 1.................................... By Mashardi

15

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->