P. 1
PERCOBAAN FOTOSINTESIS

PERCOBAAN FOTOSINTESIS

|Views: 3,975|Likes:
Published by jessglor

More info:

Published by: jessglor on Mar 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

PERCOBAAN FOTOSINTESIS

1. JAN INGENHOUSZ Pada tahun 1799, seorang dokter berkebangsaan Inggris bernama Jan Ingenhousz berhasil membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan oksigen (O2). la melakukan percobaan dengan tumbuhan air Hydrilla verticillata di bawah corong kaca bening terbalik yang dimasukkan ke dalam gelas kimia berisi air. Jika Hydrilla verticillata terkena cahaya matahari, maka akan timbul gelembunggelembung gas yang akhirnya mengumpul di dasar tabung reaksi. Ternyata gas tersebut adalah oksigen. Percobaan Ingenhousz Tujuan : membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan oksigen Alat dan bahan : Alat: 1. Beker gelas (1 liter) 2. Tabung reaksi 3. Corong gelas Bahan: 1. Tanaman Hydrilla sp. 2. Air 3. Kawat Cara Kerja : 1. Merakit alat seperti pada gambar (2 rakitan alat). 2. Menempatkan tabung 1 di tempat kena cahaya langsung dan tabung 2 lainnya di dalam ruang yang tidak ada cahaya. 3. Membiarkan selama 20 menit. Kemudian mengamati ada tidaknya gelembung di dalam tabung reaksi tersebut. Membandingkan jumlah gelembung pada kedua tabung tersebut. Hasil percobaan membuktikan bahwa :  Membebaskan O2 berupa gelembung-gelembung udara pada saat terang.  Memerlukan cahaya  CO2 sebagai sumber karbon  Memerlukan kolrogfil (tumbuhan hijau)  Menggunakan tumbuhan Hydrilla veticilata

2. Theodor Wilhelm Engelmann Pada tahun 1822 Engelmann berhasil membuktikan bahwa klorofil merupakan faktor yang harus ada dalam proses fotosintesis. Hal itu terbukti dari banyaknya bakteri aerob yang bergerombol di sekitar kloroplas yang terkena cahaya matahari. Disini membuktikan bahwa bakteri termo membutuhkan oksigen dan proses fotosintesis menghasilkan oksigen. Alat dan Bahan : Alat : 1.2. Bakteri termo akan berkumpul pada bagian yang dihasilkan oksigen. la melakukan percobaan dengan ganggang hijau Spirogyra yang kloroplasnya berbentuk pita melingkar seperti spiral. walau bagian tersebut disinari. Oleh karena itu. Amatilah kemana bakteri-bakteri tersebut mengumpul. bakteri termo mengumpul pada bagian Spirogyra yang melakukan fotosintesis. pada percobaan Engelmann. Hasil percobaan membuktikan bahwa :  Memerlukan cahaya  Memerlukan klorofil (tumbuhan hijau)  Membebaskan O2  Menggunakan tumbuhan Spirogyra sp dan Bacterium thermo . Alga Spirogyra Cara kerja : 1. bukan sembarang tempat. Penjelasan : Bakteri termo merupkan bakteri yang memerlukan oksigen. Bakteri termoaerob 2. Dalam percobaan tersebut ia mengamati bahwa hanya kloroplas yang terkena cahaya mataharilah yang mengeluarkan oksigen. Mikroskop dan perlengkapannya Bahan : 1. Fotosintesis menghasilkan oksigen. cahaya matahari dan menghasilkan oksigen. Spirogyra di sinari kemudian bakteri termo dilepaskan. Percobaan Engelmann Tujuan : untuk membuktikan bahwa dalam fotosintesis diperlukan klorofil.

. dan hancuran daun melekat pada kertas saring. Pemanas 5. Tanaman berdaun lebar (pacar air) 5. Air/aquades 3. Alkohol 96 % 2. Mememarkan daun dalam kertas saring tersebut dengan mortar penggerus hingga memar merata. 2. Membuka lipatan kertas saring dan menggunting pada bagian lipatannya. Pinset 4. 6. membiarkan klorofil melarut dan memisahkan hancuran daun dari kertas saring. Adanya zat tepung ini dapat dibuktikan dengan uji yodium.3. Penjepit kertas (klip) Bahan: 1. sehingga percobaan Sachs ini juga disebut uji yodium. Memasukkan kertas saring dalam beker gelas berisi pemutih. Memetik daun setelah daun terkena cahaya 2-3 jam. Julius von Sachs Pada tahun 1860. Beker gelas 500 ml 2. seorang ahli botani Jerman bernama Julius von Sachs berhasil membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan amilum (zat tepung). Alat dan Bahan : Alat : 1. Menutup sebagian helaian daun dengan kertas timah pada malam atau saat subuh. 5. 3. Yod KI/lugol 4. Beker gelas 250 ml 3. menjepitnya dengan klip hingga rapat. Percobaan Sachs Tujuan :membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum dan berlangsung pada bagian tanaman yang berklorofil. Membuka kertas penutup dan memasukkan dalam lipatan kertas saring. 4. Kertas timah Cara kerja : 1.

Mengangkat kertas saring. . Mengamati perubahan warna yang ditunjukkan. Hasil Percobaan membuktikan bahwa :    Memerlukan cahaya Memerlukan klorofil (tumbuhan hijau) Menghasilkan amilum yang diuji dengan larutan iodium. meniriskan sebentar.7. lalu menetesinya dengan lugol. menempatkan ke cawan Petri. 8.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->