A. Konsep Strategi Pembelajaran menurut pendapat para ahli,yaitu: 1.

Gerlach dan Ely (1990) Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.. selanjutnya mereka menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik. 2. Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1990) Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan. 3. Kozma dalam Gofur (1989) Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu. 4. Dick dan Carey (1990) Strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. 5. Kemp (Wina Senjaya, 2008) Mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien Menurut kesimpulan saya ada dua hal yang patut dicermati dari pengertianpengertian di atas. Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Ini berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian, penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan. Oleh sebab itu, sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah rohnya dalam implementasi suatu strategi. Strategi pembelajaran berbeda dengan desain instruksional karena strategi pembelajaran berkenaan dengan kemungkinan variasi pola dalam arti macam dan urutan umum perbuatan belajar-mengajar yang secara prinsip berbeda antara yang satu dengan yang lain, sedangkan desain instruksional menunjuk kepada cara-cara merencanakan sesuatu sistem lingkungan belajar tertentu, setelah ditetapkan untuk menggunakan satu atau lebih strategi pembelajaran tertentu. Kalau disejajarkan dengan pembuatan rumah, pembicaraan tentang

Secara bahasa. diskusi. yang ingin dicapai berdasarkan rumusan tujuan pendidikan yang utuh. rumah gedung modern. rumah gadang. 2008: 3) . strategi dapat diartikan sebagai siasat. kiat. video-tape. sedang¬kan desain instruksional adalah penetapan cetak biru rumah yang akan dibangun itu serta bahan-bahan yang diperlukan dan urutan langkah-langkah konstruksinya maupun kriteria penyelesaian dari tahap ke tahap sampai dengan penyelesaian akhir. trik atau cara. Sobry Sutikno (2007: 3). Metode. Ceramah. penggunaan nara sumber. karya wisata. di samping penguasaan teknis di dalam mendesain sistem lingkungan belajar-mengajar dan mengimplementasikan secara efektif apa yang telah direncanakan di dalam desain instruksional. Definisi Strategi Pembelajaran. dan lain-lainnya merupakan metode. baik dalam arti efek instruksional maupun efek pengiring. villa. teknik dan alat yang menjadi bagian dari perangkat alat dan cara di dalam pelaksanaan sesuatu strategi pembelajaran. dan sebagainya yang masing-masing menampilkan kesan dan pesan unik). setelah ditetapkan tipe rumah yang akan dibuat. Teknik Menurut Para Ahli Definisi Strategi Menurut Para Ahli Pupuh Fathurrohman dan M. Gagne (Iskandarwassid & Dadang Sunendar. jelaslah bahwa untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional. LCD. seringkali harus dipergunakan lebih dari satu strategi. Juga harus dicatat bahwa dalam peristiwa pembelajaran. seorang guru memerlukan wawasan yang mantap tentang kemungkinan¬-kemungkinan strategi pembelajaran sesuai dengan tujuan-tujuan belajar. Pendekatan. bermain peran.(bermacam-macam) strategi pembelajaran adalah ibarat melacak pelbagai kemungkinan macam rumah yang akan dibangun (joglo. sedangkan secara umum strategi adalah suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Model. Dari uraian di atas. bale gede. karena tujuan-tujuan yang akan dicapai juga biasanya saling berkaitan satu dengan yang lain dalam rangka usaha pencapaian tujuan yang lebih umum.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1092). memecahkan masalah di dalam mengambil keputusan. memecahkan masalah. Strategi adalah ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/ atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam dunia pendidikan. . Artinya. Joni (1992/1993). Dengan demi9kian dalam duni pendidikan. strategi pembelajaran adalah suatu seni dan ilmu untuk membawakan pengajaran di kelas sedimikian rupa sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Ensiklopedia pendidikan Srategi ialah the art of bringing forces to the battle field in favourable position. bahwa proses pembelajaran akan menyebabkan peserta didik berpikir secara unik untuk dapat menganalisi. strategi adalah kemampuan internal seseorang untuk berpikir.Dalam konteks pengajaran. yaitu seni membawa pasukan ke dalam medan tempur dalam posisi yang paling menguntungkan. strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. dalam pengertian adalah suatu seni . Strategi diartikan sebagai rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Sanjaya (2007 : 126). dan mengambil keputusan.

J Gino. tetapi di samping itu juga terjadi peristiwa bagaimana peserta didik mempelajarinya. Gagne dan Briggs (1979:3). disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. (1998:32).Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli H. pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa. Pembelajaran atau intruction merupakan usaha sadar dan disengaja oleh guru untuk membuat siswa belajar dengan tujuan mengaktifkan faktor intern dan faktor ekstern dalam kegiatan belajar mengajar. bagaimana para guru mengajarkan sesuatu kepada peserta didik. dkk. yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang. Hamalik (2002:57) . Sukintana (2004:55) Pembelajaran mengandung pengertian.

untuk membuat siswa belajar secara aktif. yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. dan evaluasi dalam konteks kegiatan belajar mengajar. Surya.Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi. material. (2004) Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan. pelaksanaan. dan proses yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran. Dimyati & Mudjiono (2005) Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional. sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.20 Tahun 2003 Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. UUSPN No. . Knirk & Gustafson (2005) Pembelajaran merupakan setiap kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis melalui tahap rancangan. fasilitas.

Selanjutnya mereka menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksudkan meliputi sifat. Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1990). lingkup. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai yang dipilih. Kozma dalam Gofur (1989) / (1978 : 97). dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.Definisi Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli Gerlach dan Ely (1990). yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu. Mereka menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktekkan. . Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. . Pola umum perbuatan guru siswa didalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar yang menunjuk kepada karakteristik abstrak dari pada rentetan perbuatan guru-siswa tersebut.2008). Miarso (2004) dalam Bukunya Warsita (2008: 266). Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Dick dan Carey (1996:106). Dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Raka Joni (1980). Kemp (1995). J. R David (Wina Senjaya. Strategi Pembelajaran adalah komponen-komponen umum dari suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang akan dipergunakan bersama-sama materi tersebut.

Alim Sumarno (2011). Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995). Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dipilih oleh pembelajar atau instruktur dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan fasilitas kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan. dkk (1986) dalam bukunya Warsita (2008: 266). .J. Strategi pembelajaran adalah sebagai pola-pola umum kegiatan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Berpendapat bahwa strategi pembelajaran adalah suatu pandangan umum tentang rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran. Strategi pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumbersumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.Strategi pembelajaran adalah suatu kondisi yang diciptakan oleh guru dengan sengaja agar peserta difasilitasi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Sadiman. Romiszowski (1981). A.

. Titus Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan. pendekatan. Agus M. atau proses untuk menyampaikan informasi. Drs. Hardjana Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai. Macquarie Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu. Wiradi Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis (urutannya logis). terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu.Definisi Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli Rothwell & Kazanas Metode adalah cara.

Sobri Sutikno (2009: 88). Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:740). Metode adalah cara yang digunakan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. . Metode pembelajaran berarti cara-cara yang dipakai oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. Metode pembelajaran adalah alat yang dapat merupakan bagian dari perangkat alat dan cara dalam pelaksanaan suatu strategi pembelajaran. M. Nana Sudjana (2005:76).J Hasibuddin dan Moedijono (2002:3). Metode diartikan sebagai cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.Suwardi (2007:61). J.

Metode adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu. Definisi Model Pembelajaran Menurut Para ahli Joyce & Weil (1980). dkk. dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. (dalam Nurulwati. 2000).Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan. Joni (1992/1993). Model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran Soekamto. .

. Burden & Byrd (1999:85) An instructional strategy is a method for delivering instruction that is intended to help students achieve alearning objective. Model diartikan sebagai pola (contoh. Mills Model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu. dsb) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan.acuan. Gunter et al (1990:67) An instructional model is a step-by-step procedure that leads to specific learning outcomes. ragam. Agus Suprijono Pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:751).

Depdikbud (1990:180). Pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian. Sukardi. . Dengan demikian. Chodijah dan Suwalni (1998:25). Joni (1992/1993). Pendekatan dapat diartikan sebagai proses. Pendekatan pembelajaran diartikan model pembelajaran. perbuatan. Suharno. dapat dikemukakan bahwa pendekatan pembelajaran adalh cara memandang terhadap pembelajaran. Pendekatan sebagai cara untuk menganalisis. dan mengevaluasi suatu objek. atau cara untuk mendekati sesuatu. memperlakukan.Definisi Pendekatan Menurut Para Ahli Noeng Muhadjir (2000:140).

Cecep (2008). Pendekatan pembelajaran merupakan jalan yang akan ditcmpuh oleh guru dan siswa dalam mencapai tujuan instruksional untuk suatu satuan instruksional tertentu. dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Pendekatan adalah konsep dasar yang mewadahi.menginsipi rasi. Syaifuddin Sagala (2005:68). atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai. . 2009:2). Pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal. Wahjoedi (1999:121). alat. Teknik adalah jalan. Definisi Teknik Menurut Para Ahli Gerlach dan Ely (Hamzah B Uno. menguatkan.

Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu. Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Anthony .Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:1158). Cecep (2008). Edward M. cara membuat atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seni. Al Khazin (2010). Kamus Dewan (Edisi ketiga). karang-mengarang dan sebagainya. Teknik adalah kaedah mencipta sesuatu hasil seni seperti muzik. Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.

Abdul Aziz (Pengajian Melayu III : Komunikasi Bahasa). Defenisi Pendekatan. Metode. DAFTAR PUSTAKA Abin Syamsuddin Makmun. Diakses 04 maret 2012.http://alumni.smadangawi. PengertianStrategi.com/2010/09/defenisi-pendekatan-strategi-metode-dan-teknikpembelajaran-matematika/.Teknik adalah satu muslihat atau strategi atau taktik yang digunakan oleh guru yang mencapai hasl segera yang maksimum pada waktu mengajar sesuatu bahagian bahasa tertentu. Al khazin. Bandung: Rosda Karya Remaja. 2010. Strategi. Psikologi Pendidikan. . Diakses 10 September 2009. dan Teknik Pembelajaran. Pendekatan. Teknik boleh didefinisikan sebagai pengendalian suatu organisasi yang benar-benar berlaku di dalam bilik darjah di mana ia digunakan untuk mencapai sesuatu objektif. Husin & Siti Hajar Hj. 2009. Alumni Smangadawi.http://aanchoto. Kamaruddin Hj.net/2009/06/28/pengertian-pendekatanstrategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran/. Metode dan teknik Pembelajaran Matematika. Model. 2003.

Diakses 10 September 2009. http://ismailbugis. 2009. Jakarta : Ditjen PMPTK bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Gunter.Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Benyamin Surasega. Model.wordpress. Burden.. Pendekatan. Diakses 1 maret 2012. M..wordpress. 1990. 1999. 2002. Halaman 1-2. Jakarta : Grasindo. Pendekatan. 2008. http://hoesnaeni. Halaman 3-4 Gulo W. R. Metode dan Teknik Pembelajaran. Strategi Belajar Mengajar. D. Estes. M. Bandung: FPTK-IKIP Bandung.com/2011/06/19/pengertian-strategi-pendekatan-model-teknikdan-metode-pembelajaran/. Beda Strategi. Strategi. Hoesnaeni. Penerbit : Rinekan Cipta. . & Schwab. Method for effective teaching. Syaiful. Boston: Allyn and Bacon. Metode.. 1995.com/2009/01/24/beda-strategi-model-pendekatan-metode-danteknik-pembelajaran/. A.. Model. 1990. H. Boston: Allyn and Bacon Dedi Supriawan dan A. Halaman 95-96. P. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). dan Teknik Pembelajaran. J. H. Instruction: A models approach. Dharma Surya. T. second edition. 2011. & Byrd. Ismail. dan Aswan.

Sri Anitah W. Winataputra. Halaman 5.Iptek. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Pengaruh Strategi Pembelajaran. Joyce. 1980. S. T. & Weil. (2009). Halaman 6. New Jersey: Prentice-Hall.. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sanjaya. The structure of scientific revolution. Wina.html. 2002. 2003. Inc. 2008. Udin S. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Diakses 4 Maret 2012. http://definisipengertian. . Kuhn. Diterjemahkan oleh: Tjun Surjaman. Nugroho. Strategi Belajar Mengajar. Pengertian Pembelajaran.com/2010/12/pengertian-pembelajaran. Jakarta : media prenada. Jakarta : Gunadarma. Model of teaching. B. Widyo. Jakarta : Universitas Terbuka.blogspot. M. dkk. 2010. 2011. Halaman 126.1.