LTM Metode Penelitian BSI

LEMBAR TUGAS MAHASISWA ( LTM

)
METODE PENELITIAN
Program Studi Teknik Komputer Jenjang Pendidikan Program Diploma III Tahun AMIK BSI

NIM

: …………………………………………..

NAMA : ………………………………………….. KELAS : ………………………………………….

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer

BINA SARANA INFORMATIKA

JAKARTA 2013

Fatmawati No. RS.Lembar Tugas Mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Jenjang Pendidikan Diploma III AMIK BSI Penyusun : Konsorsium Teknik Komputer Cetakan Pertama Diterbitkan oleh : AMIK BSI Jl.ac.id .bsi. 7500485 Fax. 24 Pondok Labu Jakarta Selatan 12450 Telp. (021) 7500282. (021) 7513790 http://www.

berikan contoh untuk masing-masing jenis penelitian tersebut ! 8. Saudara jelaskan dan beri contoh dari kualifikasi peneliti menurut Whitney (1960) ! 7. Saudara beri 2 (dua) contoh untuk masing-masing hal tersebut aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari 4. Proses berpikir lahir dari suatu rasa sangsi akan sesuatu dan keinginan untuk memperoleh suatu ketentuan. keterampilan teknis. Tidak selamanya penemuan kebenaran ilmiah diperoleh secara ilmiah. Saudara jelaskan dan beri contoh aplikasinya untuk masing-masing tingkat keterampilan dimaksud . keterampilan serta kualifikasi si peneliti. Kebenaran Ilmiah dapat diterima dikarenakan oleh tiga hal yaitu : adanya koheren. teori mana yang relevan di dalam aplikasinya ! 3. adanya koresponden dan pragmatis.PERTEMUAN 1 1. Menurut Boyce dan Evenson. pengembangan penelitian sangat ditentukan oleh tingkat pengetahuan. Saudara sebut dan jelaskan 7 kebenaran yang ditemukan melalui proses non ilmiah tersebut ! 2. Menurut pendapat Saudara. Saudara sebut dan jelaskan bagaimana kira-kira proses yang terjadi ketika berpikir ! 5. Apakah perbedaan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Di negara-negara yang sedang berkembang. ilmu dan kebenaran menurut Almack dan Whitney terdapat perbedaan dalam menetapkan hasil. keterampilan teknis-ilmiah dan keterampilan ilmiah-konseptual. Kadangkala kebenaran dapat ditemukan melalui proses non ilmiah. Hubungan antara penelitian. ada 4 (empat) tingkat keterampilan dalam melaksanakan penelitian yaitu : keterampilan inventif. Saudara jelaskan kontribusi dari teori terhadap penelitian ! 6. yang kemudian tumbuh menjadi suatu masalah yang khas.

yaitu : Penelitian Sejarah Komparatif. Saudara sebutkan perbedaan antara penelitian deskriptif dengan penelitian eksperimen . secara umum.PERTEMUAN 2 1. Jika seorang peneliti mempunyai teman peneliti (co-worker) dalam melaksanakan percobaan. Saudara jelaskan dan beri contoh untuk masing-masing jenis penelitian tersebut ! 4. Penelitian dengan metode sejarah. Saudara jelaskan kebaikan-kebaikan adanya teman di dalam meneliti (team work) ! 7. maka dapat kita lihat hubungan antara penelitian dan tindakan. Penelitian Biografis dan Penelitian Bibliografis. Akan tetapi. Saudara jelaskan perbedaan mendasar antara Remain dengan Dokumen dan beri contoh untuk masing-masing ! 3. amat luas lapangannya. Saudara jelaskan dan beri contoh dari penelitian dengan metode sejarah dalam dunia pendidikan dan ilmu perilaku lainnya ! 2. dapat dibagi menjadi 4 (empat) jenis. Saudara jelaskan apa yang dimaksud dengan metode survei dengan studi kasus ! 5. Penelitian historis banyak sekali macamnya. Apabila dihubungkan antara penelitian dan tindakan. Di lapangan pendidikan serta lapangan ilmu perilaku yang lain. Penelitian Yuridis atau Legal. Saudara jelaskan kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh Studi Kasus ! 6. maka team work amat diperlukan. Saudara jelaskan hubungan dimaksud ! 8.

Saudara cari sebuah jurnal di world wide web yang berkaitan dengan Manajemen Informatika dan Komputer dan buat executive summary nya ! 9. Menurut pendapat Anda. Salah satu karakteristik penelitian kualitatif adalah lebih mementingkan proses daripada hasil.PERTEMUAN 3 DAN 4 1. Apakah perbedaan mendasar antara kuesioner dengan skedul ? 4. Saudara jelaskan perbedaan antara Off Print . Saudara jelaskan definisi dari masing-masing sumber tersebut ! 7. kenapa di dalam penelitian kualitatif desain penelitian bersifat sementara. Saudara buat 5 (lima) contoh masing-masing untuk Pertanyaan Terbuka dan untuk Pertanyaan Tertutup ! 5. Saudara jelaskan kenapa demikian ! 10. Saudara jelaskan perbedaan antara wawancara dengan percakapan seharihari ! 2. Ada 16 (enam belas) sumber bacaan yang ada di perpustakaan. dalam arti disesuaikan dengan kenyataan dan kondisi yang ditemukan di lapangan ? . Reprint dan Recent Advances ! 8. Saudara jelaskan apa perbedaan antara sistem library of congress dengan sistem dewey decimal ! 6. Saudara jelaskan kualifikasi dari pewawancara ! 3.

PERTEMUAN 5 & 6 1. Saudara buat Bab demi Bab sesuai dengan Buku Panduan KKP dan TA 4. Pahami dan cari perbedaan mendasar antara KKP dengan TA 5. Saudara baca dan pahami buku panduan KKP dan TA dari Website Ruang Mahasiswa BSI 2. Saudara tetapkan buku referensi yang nantinya akan dijadikan Sumber Referensi dalam menulis KKP dan TA . Saudara buat Outline dari KKP dan TA serta tentukan permasalahan dan tema yang akan Saudara jadikan Permasalahan Pokok dari KKP dan TA Saudara ! 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful