APLIKASI BUKU TAMU PHP & MySQL

Kita akan membahas koneksi database mysql dengan PHP, langkah pertamanya adalah Anda membuat database yang digunakan untuk menyimpan data. sekarang bukalah: http://localhost/phpmyadmin/ di browser Anda. Akan muncul tampilan pertama dari phpmyadmin, phpmyadmin sendiri adalah tool untuk memudahkan administrasi database kita. Kemudian buatlah database baru, misalnya nama databasenya: latihan Untuk kasus latihan kita, maka akan kita buat aplikasi buku tamu, maka dari itu buatlah tabel: bukutamu di dalam database latihan tadi, field2 nya adalah sebagai berikut: id : int : autoincrement : primary nama : varchar(32) pesan: tinytext tanggal : date field id gunanya untuk memberikan primary key pada setiap record field nama untuk menyimpan nama, menggunakan string dengan maksimal 32 character field pesan untuk isi pesan yang ditinggalkan field tanggal untuk mencatat tanggal berapa pesan itu ditinggalkan Sekarang saya jelaskan aplikasi buku tamunya, aplikasi ini terdiri dari 3 page, yaitu: 1. index.php : untuk form bukutamu, sekaligus ada link yang menuju lihat.php 2. isi.php : file pemroses dari form di halaman index 3. lihat.php : halaman untuk melihat isi pesan yang sudah diisikan Ingat, yang saya berikan ini adalah contoh yang sangat sederhana, tidak memperhitungkan keindahan, dan keamanan/verifikasi data Source untuk index.php adalah sebagai berikut: <!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”> <html xmlns=”http://www.w3.org/1999/xhtml”> <head> <meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html; charset=utf-8″ /> <title>Untitled Document</title> </head> <body> Buku tamu – <a href=”lihat.php”>lihat isi buku tamu</a><br />

form diatas menggunakan property action=”isi.php begitu button Submit ditekan. halaman index memang hanya halaman html biasa saja. $sqlText = “insert into bukutamu(nama.php” artinya yang kita isikan di dalam form tersebut akan dilemparkan ke file isi. exit.php”). } $db = mysql_select_db(“latihan”.php: <?php $nama = $_POST['nama']. pesan. $pesan = $_POST['pesan'].php”> nama <input type=”text” name=”nama” id=”nama” /> <br /> <br /> pesan <textarea name=”pesan” id=”pesan” cols=”45″ rows=”5″></textarea> <br /> <br /> <input type=”submit” name=”Submit” id=”Submit” value=”Submit” /> </form> </body> </html> Nah. header(“location:index. isi dari form tersebut akan dilemparkan dalam sebuah variabel yang akan diterima di isi.<br /> Isilah buku tamu kami<br /> <br /> <br /> <form id=”form1″ name=”form1″ method=”post” action=”isi.php sebagai: $_POST['nama'] dan $_POST['pesan'] Inilah script di isi.tanggal) values(‘$nama’. $conn = mysql_connect(“localhost”. exit(1).”").$conn). mysql_query($sqlText).”root”.NOW(”))”. yang perlu dicermati adalah bagian form nya. if (!$conn) { echo “Could not connect to db”. ?> Sedikit penjelasan dari script diatas adalah sebagai berikut:} .'$pesan’.

jika di mysql Anda telah Anda rubah password dan username nya.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional. .”root”.”root”.php: <!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1. menyuruh page kita redirect ke halaman index.w3. Ini adalah sql biasa.php”). } membuat koneksi ke database mysql dengan server: localhost. gunanya untuk memasukkan data kita.0 Transitional//EN” “http://www. pesan. exit(1). exit. charset=utf-8″ /> <title>Untitled Document</title> </head> <body> Isi buku tamu<br /> <br /> <?php $conn = mysql_connect(“localhost”.php lagi. ini dia script lihat. $nama diisi dengan $_POST['nama'] atau yang diisikan di form dengan id:nama begitu juga dengan variabel $pesan. kita tidak perlu memasukkan id karena telah kita set autoincrement pada saat create table tadi.NOW(”))”.”"). setelah data kita masukkan Bagian terakhir adalah melihat isi buku tamu kita. username: root dan password kosong atau tanpa password. ini adalah default dari wamp server. maka gunakan username dan password Anda $db = mysql_select_db(“latihan”. exit(1).tanggal) values(‘$nama’. Kita sedang membuat variabel.w3.dtd”> <html xmlns=”http://www.'$pesan’. Kita memilih database: latihan sebagai tujuan script kita $sqlText = “insert into bukutamu(nama. if (!$conn) { echo “Could not connect to db”.org/1999/xhtml”> <head> <meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html. $pesan = $_POST['pesan'].$nama = $_POST['nama'].”"). if (!$conn) { echo “Could not connect to db”. dan tanggal kita gunakan fungsi NOW(”) yang artinya adalah tanggal sekarang header(“location:index. $conn = mysql_connect(“localhost”.$conn). mysql_query($sqlText).

. while($row=mysql_fetch_object($result)) { ?> <strong>Nama</strong>: <?php echo $row->nama. Setiap record akan menulis nama dan pesannya. dan akan diulang terus sampai selesai.$conn).?><br /> <strong>Pesan</strong>: <?php echo $row->pesan. maka data tersebut di-fetch tiap record/row. $result = mysql_query($sqlText).?><br /> <br /> <?php } ?> </body> </html> yang perlu dikomentari adalah: $sqlText = “select * from bukutamu”. makanya kita pakai while loop disitu. $sqlText = “select * from bukutamu”. $result = mysql_query($sqlText). while($row=mysql_fetch_object($result)) { ?> <strong>Nama</strong>: <?php echo $row->nama.?><br /> <strong>Pesan</strong>: <?php echo $row->pesan.?><br /> <br /> <?php } ?> Artinya setelah hasil select dari tabel kita dapatkan dalam variabel $result.} $db = mysql_select_db(“latihan”.

Halaman terima kasih akan berisi ucapan terima kasih atas diisinya buku tamu. Kita mulai perancangan kita dari halaman form buku tamu.length == 0) || (cekemail.forms[0]. dan halaman terima kasih. Halaman form buku tamu akan berisi form untuk pengisian buku tamu. terutama situs . Skrip selengkapnya adalah sebagai berikut: <HTML> <HEAD> <TITLE> Form Buku Tamu </TITLE> <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript"> function pesan() { var ceknama = document.elements[0].elements[2].indexOf("@". halaman daftar tamu.alert("Anda belum memasukkan nama Anda"). Halaman web yang nantinya di rancang akan memiliki 3 halaman.forms[0]. Halaman daftar tamu akan berisi daftar tamu yang telah mengisi buku tamu. yaitu halaman form buku tamu. Pada halaman ini nanti akan ditambahkan suatu skrip yang akan melakukan verifikasi terhadap form yang belum diisi.1) == -1)) { .value.situs pribadi. aplikasi buku tamu akan menggunakan database yang fungsinya adalah menyimpan daftar tamu yang pernah mengunjungi situs tersebut dan memberikan komentarnya. } else { if ((cekemail.value.forms[0].value. Kita mulai pembahasan kita dengan buku tamu. sedangkan databasenya disimpan dengan nama data_kontak. if (ceknama.length == 0) { window. Hampir dapat dipastikan.elements[1].APLIKASI BUKU TAMU 2 Pembahasan kita kali ini membahas mengenai aplikasi-aplikasi web dengan PHP. Halaman form buku tamu berisi form untuk pengisian buku tamu. Untuk itu mula-mula kita persiapkan sebuah database dengan struktur sebagai berikut: Field nama email komentar waktu Tipe VARCHAR(50) VARCHAR(40) TEXT TIMESTAMP Tabel disimpan dengan nama tbl_tamu. var cekemail = document. Buku tamu merupakan salah satu fitur standar yang terdapat dalam situs-situs di Internet. var cekkom = document.

var cekemail = document.php"> <PRE> Nama Anda : <input type="text" name="nama"> Email Anda : <input type="text" name="email"> Komentar : <textarea name="komentar" style=”width:200px.length == 0)) { window.alert("Periksa kembali alamat email Anda"). Yang perlu diingat adalah bahwa walaupun memiliki ekstensi . } } } } </SCRIPT> </HEAD> <BODY> <h1> Selamat Datang di Situs Saya </h1> Silakan isi identitas Data Diri Anda <br /> <form name="guest_from" method="post" action="proses. halaman ini harus tetap dijalankan di virtual direktori dengan mengetikkan http://localhost/direktori/namafile.html.simpan().alert("Anda belum berkomentar"). var cekkom = document.window.elements[1]. skrip ini digunakan untuk verifikasi terhadap form yang belum diisi.forms[0].alert("Anda belum memasukkan nama Anda").html. <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript"> function pesan() { var ceknama = document.length == 0) { window. } else { .value. } else { if ((cekkom. Pembahasan dari skrip di atas adalah sebagai berikut: pada bagian head terdapat skrip JavaScript.forms[0]. height:150px. } else { document.elements[0].html di bagian address browser.value.forms[0].forms[0].”></textarea> <input type="button" value="Simpan" onClick=pesan()> </PRE> </FORM> </BODY> </HTML> Simpanlah file dengan nama buku_tamu.elements[2]. if (ceknama.value.

$user = "root". karena: " . } else { document. $passwd = "root".if ((cekemail.1) == -1)) { window. $qry = @mysql_query($strSQL. $user. Bagian berikutnya merupakan form HTML biasa. mysql_error()). } else { if ((cekkom. jika kosong. Skrip selengkapnya adalah sebagai berikut: <HTML> <HEAD> <TITLE> Buku Tamu </TITLE> </HEAD> <BODY> <?php $waktu=date(“Y-mm-dd H:s:i”) $host = "localhost". $conn = @mysql_connect ($host.length == 0) || (cekemail.$conn) or die ("Query salah.length == 0)) { window. maka akan muncul peringatan. $strSQL = "INSERT INTO tbl_tamu(nama. .indexOf("@".'$_POST[komentar]'. '”. } } } } </SCRIPT> Mula-mula skrip tersebut mengambil nilai dari setiap elemen form.$waktu.email. mysql_select_db("data_kontak".forms[0]. tetapi pada bagian submit akan ditambahkan sebuah event handler yang mengacu pada skrip JavaScript yang terletak di bagian head.”')". mysql_error()).komentar.waktu) VALUES ('$_POST[nama]'. $passwd) or die ("Koneksi Gagal.'$_POST[email]'.alert("Anda belum berkomentar").alert("Periksa kembali alamat email Anda"). karena " .$conn). Setelah itu nilai setiap elemen tersebut diperiksa.simpan(). <input type="button" value="Simpan" onClick=pesan()> Halaman berikutnya adalah halaman terima kasih. Halaman terima kasih merupakan halaman yang akan menampilkan ucapan terima kasih sekaligus di dalamnya terdapat skrip PHP yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan pada halaman form buku tamu.

mysql> select * from tbl_tamu. MySQL akan menampilkan seluruh daftar tamu yang telah memberikan identitas dan komentarnya. aplikasi ini sudah bisa dijalankan.php adalah sebagai berikut: <HTML> <HEAD> <TITLE> Buku Tamu </TITLE> </HEAD> <BODY> . Nah. setidaknya walau belum jadi. Seandainya ada bagian yang belum Anda isi. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas dua halaman pertama dari aplikasi buku tamu. Mula-mula jalankan file buku_tamu.php? "> Klik di sini </A> untuk melihat daftar para pengisi buku tamu. Anda dapat melihatnya dari MySQL langsung sebagai berikut: mysql> use data_kontak. Sekarang kita sempurnakan aplikasi tersebut dengan menampilkan daftar dari para tamu yang telah memberikan nama dan komentarnya. browser akan memberikan peringatan.html.php inilah yang nantinya menampilkan daftar para pengisi buku tamu yang disajikan dalam bentuk tabel.php. kemudian isikan identitas dan komentar Anda. lalu klik Simpan. Pada bagian bawah terletak sebuah link yang merujuk pada halaman daftar tamu. Skrip di atas pada prinsipnya hanyalah membuka koneksi ke mysql dan menyimpan data-data yang telah dimasukkan ke dalam tabel. </BODY> </HTML> Simpanlah file dengan nama proses. Dengan query ini. File lihat_tamu. </h2> <HR> <A href="/lihat_tamu. Mengenai link ini belum akan dibahas di halaman ini. Untuk sementara jika Anda ingin melihat daftar dari para pengunjung. Skrip selengkapnya dari file lihat_tamu.php”> Klik di sini </a> untuk melihat daftar para pengisi buku tamu.?> <h2> Terima kasih atas kesediaan Anda mengisi buku tamu. Untuk menyegarkan ingatan Anda pada halaman terima kasih terdapat link sebagai berikut: <a href=”lihat_tamu.

$conn = @mysql_connect ($host.$conn) or die ("Query salah: " . maka menampilkan daftar tamu seperti skrip di atas tentu kurang baik karena halaman tersebut akan menjadi sangat panjang. echo "</TR>". "</TD>". mysql_select_db("data_kontak". echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" .<?php $host = "localhost". Alternatif yang digunakan adalah menampilkan sejumlah record tertentu per halaman dan di bagian bawah halaman terdapat link untuk menuju ke halaman berikutnya atau sebelumnya. $row["waktu"] . berikut akan diberikan salah satu contoh skrip alternatifnya. Kira-kira seperti hasil search di Google itu lho. mysql_error()). "</TD>". echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" . $row["email"] . } ?> </TABLE> </BODY> </HTML> Nama-nama yang tertera di sana hanya fiktif saja. $user = "root". $row["komentar"] . mysql_error()). $passwd) or die ("Koneksi Gagal: " . $row["nama"] . itu hanya kebetulan belaka. ?> <TABLE BORDER=1> <TR> <TD BGCOLOR=#f32142> Nama </TD> <TD BGCOLOR=#f32142> Email </TD> <TD BGCOLOR=#f32142> Komentar </TD><TD BGCOLOR=#f32142> Waktu </TD> </TR> <?php while ($row = mysql_fetch_array ($qry)) { echo "<TR>".$conn). $strSQL = "Select * from tbl_tamu". Untuk membuat bentuk halaman seperti itu. Gantilah isi skrip file lihat_tamu. $qry= @mysql_query($strSQL. $jml = mysql_num_rows($qry). $passwd = "root". "</TD>". "</TD>". echo "Jumlah pengisi = $jml <br />". echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" . jadi apabila ternyata ada yang memiliki nama dan email yang sama.php dengan skrip sebagai berikut: . $user. seandainya situs tersebut merupakan situs yang ramai oleh pengunjung dan pengisi buku tamunya banyak. echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" . Nah.

$conn = @mysql_connect ($host. echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" .5". "</TD>". $strSQL2 = "Select * from tbl_tamu". $row["komentar"] . $hal = $_REQUEST['hal'].<HTML> <HEAD> <TITLE> Daftar Tamu </TITLE> </HEAD> <BODY> <?php $host = "localhost".1) * 5. "</TD>". $qry = @mysql_query($strSQL1.$user. echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" . $passwd) or die ("Koneksi Gagal: " . if ($kel==floor($jml/5)){ $page = $kel. $passwd = "root". echo "Jumlah pengisi = $jml <br />". $batas = ($hal .$conn) or die ("Query salah: " . $strSQL1 = "Select * from tbl_tamu limit $batas. $row["nama"] . mysql_select_db("data_kontak". $jml = mysql_num_rows($tot). echo "<TD BGCOLOR=#f7efde>" . echo "<HR>". $kel = $jml/5. $row["email"] .$conn). "</TD>". } $pct = 100/($page+4). mysql_error()). } else { $page = floor($jml/5)+1. echo "Jumlah halaman = $page <br />". echo "<TD . $user = "root". ?> <TABLE BORDER=1> <TR> <TD BGCOLOR=#f32142> Nama </TD> <TD BGCOLOR=#f32142> Email </TD> <TD BGCOLOR=#f32142> Komentar </TD><TD BGCOLOR=#f32142> Waktu </TD> </TR> <?php while ($row = mysql_fetch_array ($qry)) { echo "<TR>". mysql_error()).$conn) or die ("Query salah: " . mysql_error()). $tot = @mysql_query($strSQL2.

} else { echo "<TD WIDTH=$pct".BGCOLOR=#f7efde>" . for ($i=1. } ?> </TABLE> <hr style="width:90%. ?> </TR> </TABLE> </BODY> </HTML> . echo "<A href='lihat_tamu."%>". $row["waktu"] . color:red. echo "</TD>". "</TD>". if ($hal!=$page) { echo "<A href='lihat_tamu. echo "$i".php?hal=$i'> $i </A>". } else { echo "Setelah>>". } echo "</TD>"."%>"."%>".php?hal=$next'> Setelah>> </A>".$i<=$page. $prev=$hal-1. size:2px. } else { echo "<<Sebelum". $next=$hal+1.$i++) { if ($i==$hal) { echo "<TD WIDTH=$pct".php?hal=$prev'> <<Sebelum </A>". echo "</TD>". if ($hal!=1) { echo "<A href='lihat_tamu. echo "</TR>". } echo "</TD>". } } echo "<TD WIDTH=$lebar". echo "<TD WIDTH=$lebar"."> <TABLE BORDER=0> <TR> <?php $lebar=$pct*2."%>".

Setiap link untuk menuju ke suatu halaman tertentu akan memiliki bentuk seperti ini: <A href=”table.D.php?hal=$i”> Variabel $i akan berisi nomor halaman yang dituju. .Contoh skrip ini menggunakan query string di dalam menentukan halaman mana yang aktif saat itu. selamat mencoba untuk melihat hasilnya .