MAKALAH PRAKTIKUM ANATOMI CRANIUM

KELOMPOK 6 Instruktur : drg. Deby Kania Tri Putri

Akbar Nazarullah Syada Devi Puspita Handayani Firda Amelia Maria Isabella Dara Puspita Hardianti Kevin Kartiko

I1D112206 I1D112207 I1D112208 I1D112209 I1D112210 I1D112211

Sri Marlina Eka Aprilla Siti Fauziah Gusti Aulia Nalar Phradina Fili Septishelya Citra Bellana Audrie

I1D112212 I1D112213 I1D112214 I1D112215 I1D112216 I1D112217

PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT 2013 KATA PENGANTAR

Kami harap makalah ini dapat bermanfaat untuk pembacanya. Amin. 16 Maret 2013 Penyusun Kelompok 6 . jadi kami harapkan kritik dan saran agar kedepannya bias di buat makalah yang lebih baik lagi. Mohon maaf apabila dalam pembuatan makalah ini terdapat banyak kekurangan. Tak lupa juga kami ucapkan trimakasih kepada instruktur yang telah membimbing kami dalam praktikum anatomi cranium serta terimakasih untuk semua anggota kelompok enam yang telah ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan makalah ini.Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah swt karena berkat rahmat dan hidayahnya juga lah kami dapat menyelesaikan makalah praktikum anatomi cranium ini. Banjarmasin. Makalah ini membahas tentang pengertian cranium. mandibula dan maxilla beserta gambar-gambar anatominya. pembagian cranium.

2 BAB II ISI 2.1 1.2 DAFTAR PUSTAKA .DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.2 BAB III PENUTUP 3.1 2.1 3.

Neurocranium terdiri atas tulang-tulang pipih yang berhubungan satu dengan yang lain.2 mengetahi struktur anatomi maxilla dan mandibula 1.3 mengetahui persyarafan yang menginervasi bagian cranium .2. Tulang tengkorak terdiri dari tiga lapisan yaitu tabula eksterna. 1. Cranium atau tengkorak adalah tulang yang menjadi dasar dari kepala.1 mengetahi pembagian dari cranium 1. Tulang tengkorak dibagi menjadi dua bagian yaitu Neurocranium (tulangtulang yang membungkus otak otak) dan Viscerocranium (tulangtualng yang membentuk wajah). Pada orang dewasa ketebalan dari tulang tengkorak bervariasi antara tiga milimeter sampai dengan 1.5 centimeter. Anatomi berasal dari dua kata yaitu ‘ana’ yang berarti menguraikan dan ‘tomy’ yang berarti memotong. Jadi anatomi adalah ilmu yang mempelajari susunan tubuh manusia dengan jalan mengurai dan memotong bagiannya.2.2. Tengkorak dibentuk oleh tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama lain dengan perantaraan sutura. Namun dalam bidang kedokteran gigi yang berkaitan adalah anatomi regio kepala dan leher. maxilla dan mandibula.1 Latar Belakang Anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi tubuh. Pada regio kepala yang di bahas adalah tulang tengkorak.BAB I PENDAHULUAN 1. dengan bagian yang paling tipis terdapat pada daerah pterion dan bagian yang paling tebal pada daerah protuberantia eksterna.2 Tujuan Penulisan 1. diploe dan tabula interna.

Frontale 2. Nasale . Sutura serrata. 2.Neurocranium : tulang yang membungkus otak otak. Os. Cranium memiliki sutura yang menghubungkan bagian-bagian dari tulang tengkorak. dimana tepi dari masing-masing tulang lurus dan saling tepi menepi. Neuroccranium dibentuk oleh : 1. Os. Os. Os. Sphenoidale 5. Os. Neurocranium terdiri atas tulang tulang pipih yang berhubungan satu dengan yang lain. Os Ethmoidale  Viscerocranium dibentuk oleh : 1.1 Cranium Tulang tengkorak atau cranium dibagi menjadi dua bagian yaitu : .Viscerocranium : tulangtualng yang membentuk wajah. Os. Ada tiga macam sutura yaitu : 1. Os. dimana tepi dari masing-masing tulang menipis dan saling menutupi. Sutura harmoniana atau sutura plana. Temporale 4. Occipitalis  6.BAB II ISI 2. Sutura skualosa. Parietale 3. 3. . dimana tepi dari masing-masing tulang berbentuk sebagai gigi-gigi gergaji dan gigi-gigi ini saling berapitan. Palatinum 3. Maksilare 2. Os.

Lacrimale 5. Concha nasalis inferior 7. Os. Mandibulare Anatomi cranium tampak anterior .4. Os. Zygomatikum 6. Os. Os. Vomer 8.

Anatomi cranium tampak posterior Basis cranii .

2 anatomi maxilla dan mandibula .2.