P. 1
Mata

Mata

3.75

|Views: 4,305|Likes:
Published by Jack Purnomo
Penjelasan tentang Mata manusia dan fungsi kerjanya
Penjelasan tentang Mata manusia dan fungsi kerjanya

More info:

Published by: Jack Purnomo on Mar 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2013

pdf

text

original

Optik Geometri

Alat-alat Optik
Mata dan Kamera

Bagian-bagian Mata

Pupil

Bagian-bagian Mata
Mata adalah alat indra kita yang berfungsi untuk melihat. Bola mata memiliki diameter kurang lebih 2,5 cm. Kita memiliki 2 buah mata agar kita dapat melihat benda dengan tiga dimensi dan juga kita dapat menentukan letak suatu benda tanpa mengukurnya

Bagian-bagian Mata

Perbandingan Mata Manusia dan Mata Hewan

Buaya

Manusia

Kucing

Elang

Mata Buaya

Mata Manusia

Mata Kucing

Mata Elang

Lensa Mata

Daya Akomodasi
Daya akomodasi mata adalah kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis. Lensa mata akan menipis bila melihat benda yang menjauh Lensa mata akan menebal bila melihat benda yang mendekat Titik terjauh yang dapat dilihat mata disebut punctum remotum. Untuk mata normal jaraknya tak terhingga.Ketika melihat jauh mata tidak berakomodasi. Titik terdekat yang dapat dilihat mata dengan jelas disebut punctum proximum. Untuk mata normal adalah 20 cm – 25 cm. Ketika melihat dekat mata berakomodasi.

Perubahan jarak titik Fokus Lensa Mata untuk menyesuaiakan jarak bayangan pada Retina

Lensa Alat Optik

Perbandingan Lensa Mata Normal dan Katarak

Pembentukan Bayangan pada sistem Mata

Pembentukan Bayangan pada sistem Mata

Cacat Mata
Rabun jauh (miopi) Rabun jauh adalah kelainan mata karena bayangan benda-benda yang jauh jatuh di depan retina. Hal ini terjadi karena lensa mata tidak dapat menipis dengan baik. Rabun jauh dapat dibantu dengan menggunakan kaca mata dengan lensa negatif.

Miopi

Tanpa Kacamata

Dengan Kacamata

Hipermetropi

Cacat Mata Hipermetropi, Tanpa Kacamata

Cacat Mata Hipermetropi, Memakai Kacamata
Rabun dekat (hipermetropi) Rabun dekat adalah kelainan mata karena bayangan benda-benda yang dekat jatuh di belakang retina. Hal ini disebabkan karena lensa mata tidak dapat menebal dengan baik. Rabun dekat dapat dibantu dengan menggunakan kaca mata dengan lensa positif.

Cacat Mata
Mata tua (presbiopi) Mata tua adalah kelainan mata karena bayangan benda tidak jatuh pada retina baik itu benda dekat maupun benda jauh. Hal ini disebabkan karena daya akomodasi lensa mata sudah berkurang. Mata tua dapat dibantu dengan menggunakan kacamata bivokal.

Cacat Mata
Silindris (astigmatis) Astigmatis adalah cacat mata karena mata tidak dapat melihat dengan baik untuk garis-garis vertikal dan garis-garis horisontal. Hal ini disebabkan karena Lensa mata tidak berbentuk potongan bola (speris) Astigmatis dapat dibantu dengan menggunakan kaca mata silindris.

Kerja kamera

Perubahan Jarak bayangan pada Lensa Kamera untuk menyesuai kan terbentuknya Bayangan pada film yang terfokus (jelas)

Pembentu kan Bayangan pada sistem Kamera

Pembentu kan Bayangan pada sistem Kamera

Kesimpulan
Sistem Mata, pembentukan bayangan nyata, diperkecil, dengan perubahan jarak titik Fokus lensa mata untuk menghasilkan bayangan yang jelas (terfokus) pada retina. Apabila lensa mata tidak mampu lagi menyesuaikan jarak bayangan agar terbentuk dengan jelas (terfokus), karena perubahan jarak titik fokusnya yang terbatas, kondisi ini disebut cacat mata. Untuk dapat melihat dengan normal dapat ditolong dengan kacamata yang sesuai ukuran lensanya. Sistem Kamera, pembentukan bayangan nyata, diperkecil,dengan mengeser lensa/mengubah jarak bayangan agar menghasilkan bayangan yang jelas (terfokus) pada Film pada kamera Analog (detektor gambar pada Kamera digital)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->