P. 1
KLIPING "Seni Kontemporor Kramik"

KLIPING "Seni Kontemporor Kramik"

|Views: 525|Likes:
Published by Endar Wijayanto
contoh - contoh kesenian kramik kontemporer
contoh - contoh kesenian kramik kontemporer

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Endar Wijayanto on Mar 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

01/07/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

KELIPING

“SENI KONTEMPORER KERAMIK”

Disusun Oleh :
1. 2. 3. 4. 5. Dita Adi Utama Endar Wijayanto Erika Putri Wulandari Fanda Andriana Ifa Rusdiana (11) (12) (13) (14) (15)

PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 PLAOSAN
Jl. Raya Sarangan Ds. Pacalan Kec. Plaosan Kab. Magetan Telp. ( 0351 ) 888369 Kode Pos 63361

KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer

1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “SENI KONTEMPORER KERAMIK” Kami menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan tugas ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan tugas ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

Plaosan, 15 September 2013

Penyusun

KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer

2

RATUSAN KERAMIK DARWIN

INDONESIA DIPAMERKAN DI MUSEUM

Ratusan keramik kontemporer Indonesia dan Australia akan dipamerkan di gedung Museum dan Galeri Seni Northern Territory (MAGNT) Darwin dari 12 Juli 2008 hingga 18 Januari 2009. Pameran bertajuk Pertukaran Kerajinan Arafura Lintasan Memori, Tradisi dan Modernitas yang menghadirkan Sudjud Dartanto sebaga kurator tamu itu dibuka secara resmi oleh Konsul RI di Darwin, Harbangan Napitupulu, pada 11 Juli malam. Kabid Penerangan Konsulat RI Darwin Arvinanto Soeriaatmadja, Selasa, mengatakan, Indonesia tidak hanya diwakili oleh Sudjud, kurator yang juga dosen Departemen Seni Kerajinan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, tetapi juga diwakili oleh ahli keramik, Dona Prawita Arisstuta. "Dengan kehadiran Dona, Dharma Wanita Konsulat RI Darwin berupaya menyelenggarakan 'workshop' (lokakarya) pembuatan keramik di beberapa SMA di Darwin dan jurusan seni Universitas Charles Darwin. Bahkan jika memungkinkan lokakarya juga dilakukan di SMA Alice Spring," katanya. Setelah acara pembukaan 11 Juli malam, Dona Prawita Arisstuta juga mengisi lokakarya tentang seni keramik Indonesia di MAGNT, kata Arvinanto. "Sesuai informasi yang diterima, acara pembukaan pameran yang akan berlangsung di Amphi Theatre Lawns MAGNT ini akan dihadiri Direktur Museum, Apolline Kohen, dan Kurator Seni Visual dan Museum Kerajinan Australia, Allison Gray," katanya. Jumlah keramik kontemporer Indonesia yang dipamerkan mencapai 199 buah. Keramik-keramik ini umumnya berasal dari Yogyakarta. KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 3

Sementara itu, dalam penjelasan persnya, Kurator MAGNT, Allison Gray, mengatakan, pameran keramik karya seniman keramik Indonesia-Australia ini sudah dipersiapkan selama tiga tahun. "Lintasan Memori, Tradisi dan Modernitas dalam keramik ini didasarkan pada (karya) seniman-seniman yang tinggal di negara-negara se-kawasan Asia Pasifik, serta tanggapan mereka pada tradisi yang hidup di saat kita bergerak melewati modernitas ...," katanya. Di antara keramik-keramik yang dipamerkan itu adalah karya Jenny Orchard, Asmudojo Jono Irianto, Dona Prawita Aristuta, Titarubi and Harvey Ottley dengan aneka karakteristik seni, bentuk emotif, warna liar, tema dan konsep.

Vas Keramik Eropa

KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer

4

Itu tercermin dari bentuk-bentuk desain detail elemen serta aplikasi warnanya.Vas Bunga Keramik Balutan warna putih dan biru memberi gairah baru pada suasana tempo doeloe. Unsur masa lalu memiliki kelebihan.5 cm x Diameter 7. Kombinasi konvensional dan kontemporer.7. Makin unik makin menarik. KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 5 . Nostalgia pun jadi lebih indah berbalut kesegaran masa kini.5 cm ini masih cantik untuk ditampilkan. Vas bunga keramik antik yang mempunyai ukuran T.

Memang tidak fungsional. Bentuk teko seolah berubah menjadi karya patung (sculptural). Apa yang membedakan seniman lokal dengan internasional. Terlihat setiap senimannya berusaha membebaskan diri dari pakem-pakem tekot tradisional. ekspresif. Teko-teko (teapot) yang dipamerkan sangat inspiratif dan memberi penyegaran dalam dunia keramik. Dilihat dari pengundang dan judul pameran. tampak telah terbebas dari bentuk tradisional teko. kurang berani. Beberapa seniman China (lokal) juga diundang untuk berpartisipasi dalam pameran ini. Sementara karya-karya dari Eropa. Lalu karya Lorena D’Arc Menezes Oliveira (lahir 1964) dari Brazil. Hal ini ditopang dengan pengetahuan materi keramik dan ketrampilan membentuk tanah liat. dan Asia Tenggara. Liar. bebas. bebas. Tampak jelas bahwa seniman lokal masih kuat terpengaruh oleh pakem tradisional. dan ketrampilan tangan lebih ditonjolkan oleh peserta pameran. sudah bisa ditebak bahwa ini adalah pameran keramik yang cenderung ke arah pottery. Italia. kreatif. Walaupun karya-karya teko mereka sudah lebih modern. Pengetahuan materi. tapi lebih mengekplorasi keunikan bentuk yang dekat dgn seni patung. kurang liar. Sekilas karyanya mengingatkan saya pada bangunan bersejarah Colloseum di Roma. Lihat saja karya Hristo Yonkov (lahir 1947) dari Bulgaria. sehingga KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 6 . tetapi pengaruh tradsional masih kuat. Amerika. Karya-karya yang ditampilkan tidak menampilkan isu-isu sosial atau isu-isu kontemporer seni rupa. teknik. Mulut teapot dibuat banyak. tapi mirip suatu gedung bertingkat dengan banyak jendela.Teapot modern Akhir April lalu saya dan beberapa seniman lain dindang Ge Jun Pottery Art. untuk berpartisipasi dalam THE 2010 SECOND CHINA (SHANGHAI) INTERNATIONAL MODERN POT ART BIENNIAL EXHIBITION. ekspresif. berani. Karya-karya yang ditampilkan sangat mengesankan dan inspiratif. dengan warna-warna cerah dan berani. Masing-masing seniman menampilkan 1-5 karya terpilih yang mendapatkan penghargaan dari penyelenggara dan telah menjadi koleksi dari Ge Jun Pottery Art. Karyanya yang berbahan keramik (stoneware) jauh dari bentuk teko. yaitu lebih mengutamakan craftsmanship (ketrampilan) dan benda-bendanya mengarah ke pot atau wadah. Tapi jangan terburu-buru memandang sebelah mata. Pameran ini diikuti oleh sekitar 80 seniman dari mancanegara. Karya ini terbuat dari bahan porselin. Karya-karya seniman internasioanal lebih liar.

memang selalu terinspirasi dari kesuburan negri Indonesia.Hum (Malang). PoniminM.menyerupai anemone laut. terbuat dari keramik (stoneware). berjudul Lovely Village. Karya ini berbentuk patung perempuan gemuk membawa pedang. Antin Sambodo (lahir 1969Jakarta). seniman termuda di pameran ini. Karya –karya Antin. Coba tengok karya Antin Sambodo. Indonesia diwakili 4 orang seniman keramik diantaranya Ahadiyat Joedawinata (lahir 1943-Bandung). Juga karya Rudolf Jakubik (lahir 1984) dari Republik Czech. dan saya sendiri Kurniawaty Gautama (lahir 1973-Jakarta). KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 7 . yang pernah berguru pada keramikus Liem Keng Sien. yang memberi kesan pepohonan dan rumah-rumah pedesaan. lulusan Arsitekur Universitas Trisakti. berjudul Women. seolah menunjukan perempuan pejuang.

lebih mengutamakan olah karya daripada konsep. mereka membuat karya yang jauh dari isu-isu sosial. Memang dalam karya-karya yang cenderung ke pottery. Universitas Malang. seperti yang terlihat pada salah satu karyanya berjudul Kendi Kamandalu. yang sering mendapatkan proyek kesenian dan pembicara baik Nasional maupun Internasional. tampak sekali setiap seniman piawai dalam olah karya (craftsmanship) dan sangat mengenal materi tanah liat ini. Karya-karya Ponimin. Mengamati setiap karya yang ditampilkan. Kesan yang sangat kontemporer terlihat dari karya Ahadyat Joedawinata (peraih gelar doktor dan pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB). Apakah dalam berkarya mereka tidak berdasarkan konsep? Nampaknya tidak demikian. Jelas sekali mereka mengerti konsep design dan tema karya masing-masing. Hanya dalam kesempatan ini. seniman nyentrik dan pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain. KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 8 . Karyanya sangat abstrak dan tidak tampak seperti teko. walaupun tetap menampilkan prinsip-prinsip teko. berjudul Abstract Teapot.] Ciri tradisional yang kental ditampilkan oleh karya Ponimin M Hum. dan Ia selalu berusaha memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. sangat detil dan terlihat kepiawaiannya membentuk patung (sculptural object). yaitu ada semacam lubang air dibagian atas.

seniman keramik kontemporer. bagian selatan propinsi Jiangsu. bahkan minat yang besar. Pembuatan sebuah teapot menjadi sempurna memakan waktu cukup lama. maka design tekopun mengalami perkembangan kearah modern serta kontemporer tanpa meniggalkan yang tradisional. tapi nampaknya masih jauh dari ke’liar’an bentuk. Pengembangan desain inilah yang menyebabkan Mr. Dari banyaknya koleksi teko yang ditampilkan bahkan ada museum khusus teapot di Yixing Ceramic Museum. Ge Jun. Walaupun terlihat modern dan kontemporer. Dalam satu hari mereka hanya bisa membuat 1-2 buah teapot saja. Tanah liat ini berasal dari desa Yixing. menunjukan bahwa teko mendapat apresaisi yang sangat tinggi di China. Peserta pameran mendapatkan kesempatan menyaksikan seniman lokal mendemonstrasikan kepiawiannya membuat teko dari tanah liat jenis purple clay* yang menjadi andalan mereka. menyelenggarakan pameran bertaraf internasioanl yang tujuannya mengumpulkan berbagai karya seni teko mancanegara agar terjadi pertukaran ide dan ilmu. China Timur. Teapot sebagai benda koleksi Sesuai dengan perkembangan jaman. Suatu pekerjaan yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran. peneliti. Mereka membuat teko hanya dengan keahlian tangan dan peralatan yang sangat sederhana.Karya-karya seniman lokal China. sekitar 160 Km ke arah barat dari Shanghai. masih sangat kuat pengaruh tradisionalnya. sekaligus penggagas pameran ini. Teko bukan sekedar benda fungsional untuk minum teh KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 9 .

). sampai tentara. mempelajari dan kemudian mempopulerkan budaya minum teh menjadi suatu seni yang dikenal dengan Tea Classic atau The Classic Art of Tea.tetapi telah menjadi suatu karya seni yang dikoleksi. Jepang. Surabaya. para mentri. Adalah seorang seorang mantan biarawan Budha bernama Lu Yu. Harnganya bisa mencapa puluhan ribu US dollar. pada pertengahan jaman Dinasti Tang (618-907 A. Ketertarikan sosok manusia sekaligus bentuk kejenuhan atas potret manusia yang acapkali terbatas pada fisik yang proporsif saja mendorong Nuzurlis melahirkan berbagai wujud botol dengan bentuk yang tidak lazim. Biasanya yang menjadi kolektor adalah kaum sosial-elit dan intelektual China. Salah satu karya yang botol berjudul Pipih Mengalir (2007) memiliki berbentuk pipih dengan aksen cairan beku yang mengalir di seluruh permukaan botol untuk. pedagang jalanan. Sejak itu. negara-negara Asia Tenggara sampai Eropa. Penghargaan terhadap sebuah teapot bisa sangat tinggi. seorang seniman keramik asal Surabaya. minum teh menjadi seni populer di China yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat mulai dari kelas raja .D. Hal ini terjadi karena kebiasaan minum teh di China telah menjadi seni dan budaya sejak ribuan tahun lalu. Beberapa botol lainnya ada pula yang mengekspresikan KLIPING | Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer 10 . maupun dinamika tak ubahnya seorang manusia. Hal itulah yang menyebabkan teko kemudian menjadi benda koleksi. bahkan kalau sudah masuk ke balai lelang bisa mencapai ratusan ribu US dollar. nilainya sama tingginya dengan karya seni. Penyebarannya pun meluas ke Korea. Gambarkan Kehidupan Lewat Seni Keramik Kontemporer Dalam bayang imaginer seorang Nuzurlis Koto. Sebanyak 30 botol dalam bentuk yang beragam dihadirkan dalam pameran ini. Hal inilah yang coba diungkapkan Nuzurlis Koto. melalui pameran tunggalnya yang bertajuk Aku dan Botol yang berlangsung Tanggal 09 Maret hingga 08 April 2012 mendatang di Galeri Seni House of Sampoerna. botol memiliki fisik. karya ini menggambarkan cerita tentang wujud interaksi antar manusia yang saling terjalin dan melahirkan daya tarik menarik yang sama kuat hingga meninggalkan bekas. sifat. Para kolektor berani membayar mahal untuk sebuah teko.

Bukittinggi ini memulai karirnya sebagai seniman keramik. pilin. (19/05). putar. Aspek ide menjadi elemen yang mendasari keseluruhan terbentuknya wujud karya itu sendiri baik secara filsafati atau psikologis (form). Sabtu. Menurut Nuzurlis. Baru di tahun 1977. seni keramik memiliki dua prinsip dasar yaitu ide dan perwujudan. Kini. Pameran bertajuk "A Progress Report" diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Jakarta Museum Day 2012.perasaan Nuzurlis saat proses pembuatan karya seniman yang juga aktif sebagai dosen ini. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI KLIPING | The Bells 11 . Sebelum memutuskan fokus sebagai seniman keramik. dia juga menambahkan. pria kelahiran Lasi. Jakarta. “Aspek wujud (shape) terlihat dari body keramik yang mana secara teknis bisa dibentuk dengan menggunakan cetak tuang. dan Jakarta pada tahun 1969. kesibukan pria yang 15 Agustus mendatang genap berusia 66 tahun ini diisi dengan mengajar sebagai dosen keramik di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW) yang sudah dilakoni sejak tahun 1986. Selain itu. The Bells Dua pengunjung sedang memperhatikan karya Albert Yonathan berjudul "Cosmic Labyrinth: The Bells" (2011) dalam pameran Seni Keramik Kontemporer Indonesia di Museum Seni Rupa dan Keramik. Surabaya.” jelas Nuzurlis. Nuzurlis sempat menjajal dunia seni lukis dengan mengikuti pameran lukisan di Malang. bahkan kombinasi dari berbagai teknik yang berbeda. pada dasarnya botol adalah hal netral yang berarti bisa menyukai atau tak menyukai.

keramik hijau Dinasti Goryeo.Tembikar dan keramik Seladon. Namun bukan telor dapur yang biasa anda santap dengan aneka resep. Permukaan seladon dihiasi dengan berbagai ukir-ukiran. Beberapa dari keramik-keramik ini kini dijadikan harta nasional Korea Selatan. Artikel utama untuk bagian ini adalah: Tembikar dan keramik Korea Penggunaan tanah liat dalam masyarakat Korea sudah berlangsung sejak zaman neolitikum dalam bentuk pembuatan tembikar dan keramik. Allah-Muhammad Red 12 . Seladon khas Dinasti Goryeo. Untuk membuat seladon (cheongja) berwarna. Allah-Muhammad Red Saatnya menyulap telor menjadi pajangan yang menarik. melainkan telor berbahan keramik dari INNOMUSLIM. yang berwarna giok hijau. Kerajinan tembikar berkembang pesat pada masa Tiga Kerajaan terutama di kerajaan Silla.COM. digunakanlah proses deoksidasi. sangat terkenal hingga saat ini. dimana seladon dibakar dalam tungku yang dibuat khusus. Dinasti Joseon juga mengembangkan kerajinan keramik putihnya (baekja). KLIPING | Souvenir kaligrafi arab Ceramic Egg . Souvenir kaligrafi arab Ceramic Egg . Hiasan berbentuk oval menyerupai telur dengan tampilan lucu siap menjadi pemandangan yang unik di buffet anda.

Ditambah dengan kaligfafi “Allah Muhammad” yang menghiasinya menjadikan kaligrafi kontemporer ini memiliki nuansa religi islam yang tinggi. anda bisa membelinya secara berpasangan. karena dibawahnya terdapat penyangga berbahan kayu yang diciptakan khusus untuk mempercantik dan menjadikan karya seni yang dikhususkan untuk umat muslim ini bisa berdiri kokoh .(dy) KLIPING | Souvenir kaligrafi arab Ceramic Egg .Warna merah dengan perpaduan kilauan emas makin berkesan elegan. anda bisa memiliki salah satunya atau jika anda ingin menghadirkannya lebih sempurna. Tak perlu kawatir jika telor ini menggelinding. Allah-Muhammad Red 13 . Produk ini kami jual terpisah. Jika anda ingin nuansa yang berbeda. andapun bisa menempatkan telor ajaib ini di meja ruang tamu ataupun di meja kerja anda untuk menghadirkan suasana sejuk dan penuh semangat. INNOMUSLIM. Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk memiliki “Souvenir kaligrafi arab Ceramic Egg . Allah-Muhammad Red” ini. karena harga yang kami tawarkan pun relative terjangkau. atau anda bisa mengunjungi Gramedia di kota terdekat dengan berbagai penawaran diskon yang menggoda.COM pilihan tepat berbelanja aneka pernak pernik islami.

Craft Speaks di Galeri Seni House Of Sampoerna Sejumlah hasil kriya merupakan bagian dari kehidupan sehari yang memiliki nilai fungsional sendiri. Hal inilah yang menjadikan inspirasi galeri art Hose Of Sampoerna bekerjasama dengan 23 seniman pekriya memamerkan seni kriya kontemporer dengan tema “Craft Speaks” pada tanggal 15 Juli hingga 09 Agustus 2009 mendatang. Para seniman kriya ini masing masing memperlihatkan hasil pencapaian karya mereka yang memiliki nilai estetika dengan menunjukan bentuk dan ide penciptaannya. keramik. Media yang mereka gunakan lebih mengeksplorasi pada hasil karya yang terbuat dari Logam. porselen. kayu serta tekstil “Semoga pameran ini menggugah masyaraat untuk lebih mengenal lebih jauh bentuk teknik serta gagasan yang melatari karya kriya dengan kecenderungan KLIPING | Craft Speaks di Galeri Seni House Of Sampoerna 14 .

Keindahan alam batu dengan varietas seperti batu tulis digali. “ imbuh Rani Anggraini. batu ubin. Ubin Lantai komersial dapat meningkatkan keindahan dan daya tarik Anda dapur komersial.kontemporer ini. Ini ketahanan dicampuradukkan dengan array yang luar biasa jenis genteng. Batu tampak hebat tetapi datang dengan label harga yang berat. logam. porselen. Ubin kaca tersedia dalam berbagai varietas corak dan tekstur membawa kualitas yang berbeda dari selesai untuk kamar Anda. pola. dan tekstur membuat ubin keramik bertahan dalam ujian waktu. Mosaik. Ubin kaca dapat dengan mudah disesuaikan untuk membuat setiap ruangan memukau gemilang. “Kami juga bertujuan menunjukan kepada masyarakat akan adanya keragaman bentuk seni rupa . granit atau marmer masih memiliki banyak peminat.” ujar Andreas Sudjud Hartanto. serta ada harapan akan timbul sebuah ide dan ini merupakan ajang tukar pikiran antar seniman di surabaya selain itu juga untuk menggugah semangat seniman muda lebih kreatif . kaca. ubin lantai komersial menawarkan kemungkinan yang tak terbatas dengan varietas seperti terakota. warna. KLIPING | Lantai Gets New Look 15 . Oleh karena itu orang memilih untuk ubin batu yang tampak seperti batu yang nyata sans biaya besar. {mewah [mandi spa]} atau bahkan daerah di sekitar perapian yang indah. Berbagai jenis ubin lantai komersial keramik adalah bahan ubin paling tahan lama yang terbuat dari lempengan tanah liat yang dipecat karena kekerasan. dosen pengajar Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa ISI Yogakarta. Manager Museum House Of Sampoerna Lantai Gets New Look berpikir betapa pentingnya lantai dapat di menonjolkan tampilan keseluruhan ruang hidup Anda. keramik dan produk-produk batu alam lainnya. lantai ubin lantai dapat memenuhi preferensi Anda mulai dari klasik sampai kontemporer. batu kapur.

Hal ini sering digunakan untuk mereplikasi logam lain seperti tembaga. Mereka adalah tahan air dan bakteri. Pameran Kerajinan Tangan Inacraft 2010 Bagi Anda yang ingin mengisi liburan akhir pekan. Musa ubin dapat menjadi mengkilap atau unglazed. membuat lantai ubin lebih mudah. Mereka manusia yang dibuat oleh pemadatan debu pada tekanan yang sangat tinggi. ubin mosaik sangat terjangkau dan yang menambah popularitasnya. Sudah pasti barang-barang porselen ini akan menimbulkan sensasi tersendiri jika digunakan untuk makan dan minum.Ubin porselen adalah salah satu pilihan yang paling mahal ubin. berkaitan dengan ubin lantai komersial. tak ada salahnya mengunjungi pameran kerajinan tangan Inacraft 2010 di Jakarta Convention Center (JCC). Terbuat dari keramik atau porselen. Isi lantai dengan array warna dan desain untuk menangkap perhatian pengunjung. Tambahkan bahwa faktor keanggunan ekstra ke dalam kamar Anda d cor dengan menciptakan daerah yang menakjubkan dari warna dan tekstur dengan salah satu pilihan lantai ubin komersial. piring atau mangkok dilukis dengan berbagai macam corak. Jakarta. Salah satunya adalah kerajinan keramik atau porselen untuk makan dan minum. Anda dapat memeriksa beberapa situs yang relevan. Ubin porselen tersedia dalam ukuran lebih besar dari rata-rata. Ubin terakota memberkati lantai dengan daya tarik kerajinan tangan yang tak tertandingi. Ini memberikan lantai bertekstur unik ketika tertanam di lantai ubin. Mereka sangat padat dengan tingkat serap air yang rendah. Dalam pameran ini berbagai macam kerajinan tangan dari yang kontemporer hingga yang telah berusia berabad-abad dipamerkan. Setiap kerajinan keramik seperti gelas. kuningan atau baja polos. yang berlangsung hingga Ahad (25/4). Untuk kisaran harga rinci dari varietas. Ubin logam tradisional digunakan dalam aplikasi komersial. Mereka dapat artistik dikombinasikan dengan jenis lain dari ubin untuk menciptakan kehalusan dan kontras pada tampilan akhir. Selain itu. Setiap ubin terakota berbeda dari yang lain yang membuat lantai Anda terlihat unik. Atau jika sayang KLIPING | Lantai Gets New Look 16 .

siapa lagi yang akan menghargai warisan leluhur. mulai yang termurah Rp 100 ribu hingga ada yang mencapai harga Rp 60 juta. kalau bukan bangsa kita sendiri. Keriskeris buatan Djiwo ini berbahan dasar nikel dan baja. Piring Lukis Pre Order / ready stock Motif abstract kontemporer ukuran : bahan : cat acrilyc." kata Djiwo. bisa juga dijadikan pajangan indah di sudut ruangan. Pengerjaannya juga membutuhkan waktu mulai satu pekan sampai berbulan-bulan. piring keramik KLIPING | Lantai Gets New Look 17 . "Ya. Selain catnya harus diimpor dari berbagai negara.digunakan. Sarungnya berlapis emas dan kayunya jenis kayu sono keras. pelukis keramik.5 meter. Untuk melestarikan budaya. Djiwo membuat keris ini selama dua tahun atas pesanan dari penggemar keris asal Belanda seharga Rp 25 juta. Menurut I Putu Yuliarta. tidak semua pelukis bisa melukis di atas bahan porselen atau keramik seperti ini. lukisan porselen yang dikembangkan oleh keluarga Nyoman Rekenbisa tersebut. salah satu keturunan ke-19 Kerajaan Mataram. tergantung tingkat kerumitan lukisan dan besarnya media yang dilukis. yang dibuat Djiwo Dihardjo. Selain itu. Djiwo bertekad menurunkan ilmu tentang pembuatan keris kepada keturunannya. bahan dasarnya juga ringkih. Harganya juga bervariasi. juga ada keris sepanjang 1.

tidak dapat disangkal seni yang melemparkan pengaruhnya terhadap pikiran pengamat s. Meliputi bidang seni kontemporer tetap sama hari ini bahkan namun esensinya telah diresapi dengan modernitas. Ini s akhir tetapi bukan berarti bahwa keberhasilan merupakan seni. seni ada dan bukan hanya untuk kesenangan estetika tetapi juga terkait dengan tujuan mengubah pikiran menjadi tren tertentu pemikiran. Seperti di masa sebelumnya. untuk beberapa nama. dan filsuf sepanjang zaman. Dianggap harfiah. Jika Romantisisme dan Klasisisme dipengaruhi karya seni tahun Kemarin. KLIPING | Kegembiraan dari Timur dan Barat di Seni Kontemporer 18 . Namun. Tak heran. lukisan. Teori berlimpah untuk tujuan yang sebenarnya dari seni. seni mengacu pada keterampilan khusus. itu adalah Realisme. sastra. kesenian telah mengalami beberapa perubahan juga. musik. Dadaism. Impresionisme. Gaya baru bersama dengan keinginan untuk eksperimen telah menemukan ekspresi yang lebih besar dalam karya seni kontemporer. atau. Namun dalam kasus lukisan. Banyak seniman banyak yang percaya dalam kultus seni demi seni itu. Fauvism. Bagi mereka. sarjana. Apakah didaktik atau estetika. ada tanaman sampai sering dilema untuk simbol diwakili di kanvas. fakta sering menikmati oleh beberapa seniman dibedakan. dan Surealisme yang telah meletakkan dampaknya terhadap seni kontemporer. atau aktivitas manusia yang meliputi berbagai bidang seperti memahat sastra. lukisan. seni kontemporer juga mencakup bidang musik. fungsi ini seni telah mengalami kritik keras oleh beberapa sarjana terkenal abad ke-19 akhir yang percaya pada kualitas pembelajaran seni. seni kontemporer adalah jelas berbeda dari karyakarya seni generasi sebelumnya. Waktu telah berubah dan dengan itu.Kegembiraan dari Timur dan Barat di Seni Kontemporer  Apa itu seni??? Terdapat bukan hanya satu tapi ratusan definisi seni ditawarkan oleh Seniman ternama. patung. Lukisan kontemporer sering muncul kompleks untuk mata yang umum.

Kontemporer pameran seni menampilkan beberapa karya seni Oriental sedang banyak dihargai oleh para pecinta seni di seluruh dunia. Lukisan menggambarkan keindahan musim gugur. dan video ini adalah sebuah kesempatan yang jarang untuk menikmati karya-karya kontemporernya. Pelukis Vietnam. Nguyen Thanh Binh. telah melemparkan kesan tidak hanya pada Seni Visual tetapi pada Eropa keramik juga. tapi Vietnam juga telah menyerap pengaruh barat Impresionisme menjadi kain budayanya. kedua bentuk seni yang beragam telah menyerap fitur satu sama lain. 2/9/2011 Ai Weiwei: Dropping the Urn Seleksi karya kontemporer dari seniman kontrovesial Ai Wei Wei Ai Weiwei: Dropping the Urn (Ceramic Works. seni kontemporer telah dan akan terus terinspirasi oleh tuan mereka. kebangkitan dari beberapa seni Asia bentuk dari Cina dan Vietnam menghembuskan sewa segar hidup ke dalam skenario seni kontemporer. ladang hijau. Seleksi karya keramik. yang terkenal karena menggunakan elemen manusia dalam semua kanvas. Melalui karyanya Ai mengangkat isu-isu seperti hilangnya budaya karena modernisasi. tidak ada yang menyangkal dampak yang terakhir pada mantan. Sebagai soal fakta. Ini percampuran tradisi seni yang ada dengan demikian telah memberikan cara untuk inovasi lebih lanjut dalam skenario seni kontemporer. Ini tentu saja tidak menghalangi orang dari mengagumi bentuk seni yang lebih tua. KLIPING | Kegembiraan dari Timur dan Barat di Seni Kontemporer 19 . Figur Ai Wei Wei dikenal sebagai salah satu seniman kontroversial yang paling cemerlang di China saat ini. fotografi. Banyak lukisan Vietnam banyak menggambarkan dunia.Namun demikian. pengaruh kaum Romantik tidak ketinggalan. Para Impresionis Prancis dan Wina art nouveau telah terutama dipengaruhi oleh cetakan Jepang. Dampak dari Realisme Sosialis dan Gerakan Budaya Baru cukup jelas dalam lukisan minyak oleh seniman Cina. Bahkan. harian sederhana dari desa-desa seperti yang diamati melalui mata manusia. Di sini tanaman jalan bagi kelahiran genre seni baru dengan daya tarik segar. kolam teratai berlimpah. 5000 BC – AD 2010) merupakan eksibisi yang menampilkan karya dari seniman asal Beijing Ai Weiwei. Bukan hanya Cina. Meskipun pengaruh seni Oriental pada mitra barat. Sejarah abad ke-19 pasca Jepang. Meskipun demikian.

(Yusuf.Pameran karyanya ini drelangsung hingga 18 Maret 2012 di Victoria & Albert Museum London. Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. seperti gerabah. dan benda-benda seni lain berbahan dasar keramik. 1998:2). porselen dan sebagainya. termasuk di antaranya sebagai ornamen hias pada cangkir. Tetapi saat ini tidak semua keramik berasal dari tanah liat. Definisi pengertian keramik terbaru mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Keindahanya tidak diragukan lagi. genteng. Batik bukan hanya motif yang dapat dilihat pada selembar kain. kerajian keramik memiliki tempat tersendiri bagi para pengagumnya. Kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar. Umumnya senyawa keramik lebih stabil dalam lingkungan termal dan kimia dibandingkan elemennya. batik dan keramik adalah paduan dua karya yang berasal dari bumi Indonesia. piring. dengan sifat bahan dasar yang berbeda dengan bahan dasar lain. Bahan baku keramik yang umum dipakai adalah KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 20 . Menurutn Elina. yang juga alumni ITB Jurusan Keramik. Motif ragam hias batik sudah memiliki tempat yang luas dalam pemanfaatannya. Penggunaan ragam hias batik pada karya keramik diterapkan oleh seorang keramikus asal Bandung. Elina Farida.

felspard. Untaian Ayat-ayat suci Al-Qur’an dapat kami tuangkan kedalam produk keramik berupa hiasan dalam berbagai bentuk. dan air. vas ini akan mampu mempercantik meja ataupun juga lemari pajangan Anda . • Souvenir Moslem Ceramic Plate Pajangan berbentuk plakat piring bertuliskan isi dari ayat Kursi. Secara umum strukturnya sangat rumit dengan sedikit elektron-elektron bebas. Salah satunya perwujudan melalui bentuk hiasan interior rumah ataupun cinderamata yang unik. • Souvenir Moslem Ceramic Vas Vas mungil dengan kesan elegan yang terpancar dari desain dan kombinasi warnanya yang menarik. Oleh karena itu sifat keramik juga tergantung pada lingkungan geologi dimana bahan diperoleh. Karya seni keramik bisa dituangkan dalam bentuk indah nan menarik. Penambahan goresan seni kaligrafi menambah hasil karya seni ini makin memiliki nilai religious bagi kaum muslim. kwarsa. Struktur Kristal yang terdapat pada keramik menjadikan bentuk karya seni ini bisa dinikmati dalam bentuk apapun. kaolin. ball clay. Dengan warna KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 21 . komposisi kimia dan mineral bawaannya. Sifat keramik sangat ditentukan oleh struktur kristal. Ditujukan untuk penggunaan di atas meja.

biru gelap yang dipadu dengan keemasan akan membuat meja di ruangan Anda tidak lagi tampil biasa saja. karena materi tanah liat itu diwujudkan dalam bentuk yang dikenal umum sebagai gerabah atau pottery. Dan yang jelas bentuk-bentuk gerabah atau pottery itu memang merupakan bentuk yang khusus. sehingga sangat berperanan dalam seni keramik. Kami juga menyediakan souvenir berbagai bentuk dan jenis. KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 22 . sekali lagi. karakteristik tersendiri yang berbeda dari produk yang lainnya. tetapi timbul karena keinginan atau akan kebutuhan yang bersifat fisik yaitu sebagai “wadah”.ulyadi Utomo (2 & 3) Seni lain yang beralih ke keramik dan untuk mencoba menyelami arti dari keramik di dalam ke-senirupa-an. Sebagai medium senirupa yang menghasilkan karya-karya yang disebut keramik tidak lepas dari yang dikenal selama ini yaitu materi yang disebut tanah liat atau lempung. Kemudian materi itu diwujudkan dalam bentuk tertentu atau tekanan pada pengertian bentuk tertentu. dimana souvenir kami memilki. tidak meniru alam. maka harus jelas juga cara memandang peranan material lempung sebagai medium senirupa. Pengertian Keramik dalam Seni Rupa oleh Agus Mulyadi Utomo KERAMIK Arisanti (1) dan Agus M. Selain produk-produk diatas.

memungkinkan untuk membuat benda dengan bentuk-bentuk khusus yang selalu “berongga” atau memiliki “ketebalan” dinding merata seperti tegel atau ubin. yaitu sebagai benda yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. maupun teknik yang lebih lanjut dikenal sebagai teknik cetak dan teknik cor. ialah adanya sifat yang plastis dari tanah liat. Pada bangsa-bangsa primitif dapat dilihat pula bahwa benda-benda yang dibuat dari bahan keramik itu banyak yang dipergunakan sebagai benda-benda ritual dalam keagamaan. antara lain dengan pembuatan berbagai macam benda yang berupa mainan maupun benda sebagai pemujaan dan upacara-upacara yang bersangkutan dengan kepercayaan atau keperluan agama (Hindu). pada akhirnya keramik KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 23 . Benda keramik dibuat dengan tujuan praktis. Bahkan dalam beberapa agama / kepercayaan hingga sekarang benda-benda keramik sebagai benda ritual masih banyak dipergunakaan contohnya dalam agama Hindu di Bali. Berbagai macam bentuk mainan berupa boneka-boneka. Benda-benda ini antara lain banyak yang berupa patung-patung kecil (figurin) yang dibuat dari bahan keramik. Yaitu teknik pembentukkan yang dikenal sebagai pemutaran. Namun demikian dapat dilihat pula bahwa ada kebutuhan dalam hidup yang bersifat non-material. Apabila dipelajari hakekat dari maksud dan tujuan pembuatan benda-benda yang dibuat dengan materi tanah liat itu di masa lampau. Dengan demikian dapat dikatakan. celengan. baik itu dengan teknik pijat pinching atau teknik coil. bahwa sejak zaman dahulu kala bahan keramik telah dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan material maupun spiritual dari manusia. Dan dalam hal ini bentuk “khusus” yang demikian itu dimungkinkan karena sifat meteri yang khusus pula.Salah satu ciri dari bentuk-bentuk khusus yang disebut pottery adalah adanya rongga-rongga pada setiap bentuk pottery yang diciptakan. Berbagai macam bentuk jembangan. baik sebagai wadah yang dibutuhkan untuk makan dan minum yang digolongkan sebagai kebutuhan yang bersifat material. maka akan berkesimpulan bahwa pada “hakekat”nya benda-benda yang dibuat dari bahan keramik (tanah liat) itu adalah benda “pakai” atau “wadah”. Memang. cawan. teknik pembentukkan dengan tangan. karena menyangkut kebutuhan mengenai kejiwaan dan digolongkan sebagai kebutuhan spiritual. hiasan telah dibuat dengan bahan keramik untuk mengisi kebutuhan akan benda-benda yang tidak sematamata untuk dipakai sebagai wadah. Semua macam-macam teknik itu. melainkan sebagai benda yang mengisi kebutuhan akan keindahan dan kebutuhan lainnya yang bersifat spiritual. didalam proses pembentukkan dengan menggunakan teknik pembentukkan yang khusus pula. mangkok dan benda pakai-pakai lainnya telah dibuat dari bahan keramik sejak zaman pra-sejarah sampai sekarang. yaitu dalam pemujaan nenek moyang / dewa-dewa baik berupa patung maupun bentuk lainnya. Dalam hal ini keramik telah digunakan pula untuk memenuhi kebutuhan spiritual tersebut. memenuhi kebutuhan dalam hidup. periuk.

perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pembaharuan-pembaharuan. Kondisi sosial dan ekonomi. Mereka sama sekali tidak memikirkan soal estetika. penggunaan bahanbahan baru dan teknik pengerjaan yang juga baru. Kini banyak bahan baru yang menggantikannya. Oleh karena tumbuhnya keindahan pada waktu itu dianggap sebagai suatu pertumbuhan yang natural. yang harganya lebih murah seperti dari bahan plastik dan melamin serta sintetis lainnya. Keramik tidak lagi satu-satunya bahan untuk benda pakai kebutuhan sehari-hari. Perkembangan pembuatan benda-benda keramik selanjutnya menunjukkan bahwa benda-benda yang berupa pottery yang semula bertujuan praktis sebagai benda keperluan sehari-hari. dianggap sebagai sesuatu yang sudah dengan sendirinya harus hadir. bentuk yang has.dipergunakan dalam pembuatan benda-benda yang bersifat profan atau sekuler maupun sakral. Disamping benda-benda yang sudah dibuat khusus sebagai benda hias yaitu berupa patung-patung keramik kecil. maka keramik masih tetap menjadi pilihan alternatif dan tetap diolah sebagai bahan industri massal untuk keperluan produk pakai fungsional seperti barang pecah belah terutama porselin. yaitu membuat sebuah benda dengan sebaik mungkin. Semua perkembangan tersebut dengan sendirinya membawa pengaruh terhadap pandangan mengenai penggunaan bahan keramik terutama pada produk benda pakai. yang digolongkan sebagai nilai seni. suatu ketika berubah karena kehadiran nilai-nilai tertentu pada benda-benda pakai tersebut. Dan hasil karyanya tak pernah dipersoalkan mengenai keindahannya seperti sekarang. Benda tersebut fungsinya beralih. dari benda pakai menjadi benda seni yang dikagumi karena keindahannya. Kini setelah memasuki suatu fase yang berlainan dalam sejarah seni. dapat dilihat pula bahwa benda-benda khusus keramik yang berupa pottery pun fungsinya berubah menjadi benda seni. yang sama sekali tidak bertujuan membuat karya seni. jelas manfaat serta kegunaannya dengan cara yang teratur dan harmonis. Mangkuk-mangkuk atau periuk-periuk yang semula digunakan untuk wadah dalam kehidupan sehari-hari. pada suatu ketika fungsinya berubah menjadi benda yang tidak lagi dipakai sebagai wadah. Karena keramik memiliki mutu yang tinggi dengan keindahannya. KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 24 . Sesungguhnya orang-orang yang membuat benda keramik pakai pada masa lalu sebenarnya adalah perajin atau tukang-tukang ahli. beralih tempatnya dari dapur ke tempat penyimpanan yang dibanggakan di ruang tamu. yang lebih tahan dan mudah pengerjaannya secara massal. Para tukang ahli seperti itu dizaman dahulu tidak pernah dijuluki seniman. Yang dilakukan oleh mereka adalah sebenarnya suatu pemecahan mengenai soal yang praktis-praktis saja. mereka hanya mencari ketepatgunaan. disamping menggunakan bahan tanah yang khas. melainkan dikagumi oleh karena dianggap memiliki keindahan. Kini benda itu dihargai sebagai benda seni yang harus disimpan baik-baik. karena warnanya atau karena hiasannya yang indah.

tidak cukup hanya memiliki kualitas estetis saja. Kesempurnaan fungsi harus diiringi dengan kesempurnaan bentuk. dengan mengutamakan fungsi sebagai tujuan dan persyaratan yang utama. Benda keramik yang dibuat harus memiliki nilai-nilai tertentu. telah ditunjukkan bahwa benda-benda fungsional yaitu benda pakai bisa saja memiliki kualitas estetis disamping kualitas fungsional. disamping itu kualitas estetis yang diperpadukan dalam proses desain menjadi bagian penting untuk diperhatikan. bertujuan lebih khusus dengan penekanan sifat yang lebih khas pula. apakah sebagai benda kriya atau seni murni. melainkan harus hadir pula nilai-nilai yang disebut nilai artis-tik. ada beberapa arah perhatian dalam penggunaan bahan keramik sebagai berikut: Pertama: Penggunaan bahan keramik sebagai pekerjaan tangan yang telah ditingkatkan ketaraf seni. kini sifatnya berubah menjadi terbatas pada pembuatan barang dengan jumlah yang juga terbatas. Selanjutnya ditelaah hal-hal apa yang tampak dari arah tersebut. Mengingat perkembangan yang demikian dalam dunia perkeramikan. Dengan demikian dalam pembuatan benda pakai secara massalpun segi estetis mendapat perhatian pula dalam desain bentuk tersebut. Benda keramik dari jenis ini tergolong sebagai benda pakai yang eksklusif. Kedua: Penggunaan bahan keramik sebagai industri massal. seringkali memiliki bentuk yang memang sesuai dengan fungsinya itu. sehingga dapat saja dikatakan bahwa pada benda pakai semacam itu disamping memiliki kualitas fungsi rasional terdapat pula kualitas yang manusiawi. Dalam perkembangan sejarah keramik. Dengan memperhatikan dan menggali tradisi-tradisi yang ada dan ekspresi seni. keramik tidak akan kehilangan ciri khas dan kualitasnya. baik itu sebagai seni murni. Dengan demikian keramik meningkat menjadi seni keramik untuk menunjukkan perbedaanperbedaan kepentingan. maka tidak terlalu terikat mengenai persyaratan tentang fungsi dan kegunaan. Tetapi bila harus menjadi benda seni. Penggunaan bahan keramik yang demikian itu menempatkannya pada penempatan taraf yang lebih tinggi dari produksi massal yang biasa.Pembuatan keramik sebagai pekerjaan tangan. Peningkatan pengerjaan bahan keramik dengan tangan ketaraf seni yang hasilnya menjadi keramik seni. Sebagai karya seni. Penggunaan bahan keramik hasil pekerjaan tangan secara sadar lebih diarahkan kepada pembuatan benda yang bersifat estetik (keindahan) dan artistik (ungkapan seni dari seniman) dan tidak pada pengisian kebutuhan yang bersifat praktis. produk tersebut harus merupakan KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 25 . Memang pada umumnya dapat dikatakan pula bahwa benda-benda pakai yang telah memenuhi fungsinya dengan sempurna. maka dapat dilihat: 1. seni kriya dan seni pakai serta keramik jalur industri dimana segi fungsional atau segi teknis tetap menjadi tujuan utama.

Dalam pembuatan seni industri tidak semata-mata menghadapi persoalan pembuatan benda seni. Sifat-sifat tersebut hadir dalam hasil ciptaan dan akan terdapat atau muncul pada bentuknya atau teksturnya atau glasirnya dan warnanya. sehingga seni harus dibubuhkan atau ditempelkan (applied) pada benda hasil produksi mesin. ada pendapat yang mengatakan bahwa sesuatu benda yang telah memenuhi fungsi pakainya secara efisien adalah benda yang memiliki kualitas estetis dianggap sebagai pendapat yang keliru oleh karena nilai-nilai estetis tidak ditentukan oleh fungsi saja. Benda-benda keramik pakai hasil industri sering disebut juga sebagai hasil seni industri. Dan seni yang dibeli itu diterapkan begitu saja (applied) pada barang-barang hasil industrinya. Rococo dan lainnya lalu menerapkannya pada barang hasil produksi mereka dengan seenaknya saja. Karena pada saat itu dianggap barang-barang yang paling ber-seni dan paling artistiklah rupanya yang akan memenangkan pasaran. Pendapat keliru ini menduga bahwa seni adalah sesuatu yang lepas dan tidak ada hubungannya dengan produksi mesin. dengan perkataan lain merupakan ekspresi atau ungkapan si pembuat. sehingga tidak menunjukkan perbedaan-perbedaan individual dan tidak memiliki daya tarik pribadi. KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 26 . Pada saat mesin diintrodusir ke dalam industri timbul sebagai persoalan yaitu bagaimana dapat menguasai mesin itu. karena memiliki suatu keindahan. melainkan benda yang mempunyai kualitas keindahan dan sekaligus mempunyai fungsi pakai. Secara terpadu merupakan kesatuan yang tak dapat dikurangi atau ditambah lagi. yang menghasilkan benda-benda yang sama dan serupa. seni Barok. Pada saat itu para industriawan belum menyadari bahwa masalah itu harus diatasi dengan perencanaan bentuk produk yang akan dihasilkan oleh mesin yang dikenal sekarang sebagai “Produk Desain” atau “Desain Produk” atau “Industrial Desain”. telah disadari bahwa seni adalah factor komersial yang sangat potensial. Sehubungan dengan hal tersebut.kehadiran tersendiri atau eksistensi pribadi. Tentu hal semacam itu merupakan tindakan yang keliru dan jelas tidak menunjukkan adanya pengertian terhadap persoalan yang sebenarnya. dekorasinya yang menawan dan warnanya yang sesuai. apabila memiliki kualitas menurut persyaratan seni. Oleh karena itu para industriawan mulai membeli seni seperti orang membeli sesuatu barang yang lepasan. 2. Pengertian mengenai produksi industri adalah suatu system industri yang menggunakan alat-alat berupa mesin. secara tepat dan seragam. Mereka membeli dan menerapkan seni dari berbagai periode seperti seni dari zaman klasik Yunani. Bendabenda hasil mesin harus menarik bentuknya bagi si pembeli. Di zaman permulaan munculnya industrialisasi. karena sifat-sifatnya yang juga bersifat khusus individual.

Anton Darmawan dan Kt. Bali yang merupakan bagian dari wilayah Majapahit. dikenal sebagai masa “Perundagian” yaitu suatu masa “kemahiran teknik” mengolah bahan dan mengukir logam. Orang Jawa sering pula menyebut suatu produk hasil dari kehalusan jiwa manusia yang indah-indah dengan istilah “kagunan” sebagai sesuatu yang bermanfaat. pada tahun 1362. seusai upacara pensucian roh (Srada) dari Rajapatni. merupakan cikal-bakal dari sebutan “seni”. yang telah melakukan perubahan dan penyempurnaan warna-warna pada pakaian wayang sesuai dengan martabat ketokohannya. yang diterima oleh Raja Gelgel. Empu Tantular sebagai cerdik pandai dengan kitab sastra “Sutasoma”. Kata ‘technic” atau “teknik” yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “techne” dipadankan dengan kata “ars” bahasa Latin. ilmu pengetahuan. Indonesia pada peralihan zaman Batu ke zaman Perunggu. Dalem Semara Kepakisan.Keramik IA. melainkan lebih banyak menyatu dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan keagamaan itu sendiri. pernah memperoleh sekotak wayang dari Raja Hayam Wuruk. Tersebutlan nama Raden Sangging Prabangkara (Putra Brawijaya terakhir). Sering pula disebut “ngrawit”. Orang-orang “cerdik pandai” atau “orang bijaksana” atau “ahli-ahli” pada masa lampau di Indonesia sering pula disebut sebagai “Empu”. “ilmu pengetahuan” dan “teknologi” yang ada kemiripannya KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 27 . Empu Prapanca dengan kitab “Negara Kertagama” dan lain-lain. yaitu sebagai orang yang menguasai akan ilmunya atau “mumpuni”. Pada masa di kerajaan Hindu ada disebut Empu Gandring sebagai ahli pembuat keris. Pengertian “seni” bagi orang Jawa adalah “kencing” atau buang “air kecil” dan air kencing itu sering pula disebut sebagai “air seni”. teknologi dan keagamaan. dimana pada umumnya produk yang dihasilkan memang mempunyai tekanan pada “halus” atau “remitan” atau “rumit” dalam pengerjaannya. memiliki arti atau makna “kecakapan” atau “ketrampilan” yang berguna. sehingga ahli senirupa atau desainer zaman Majapahit ini. namanya sering dipakai sebagai gelar atau sebutan untuk para ahli seni rupa atau perancang desain dengan sebutan “Sangging” atau “Sungging” atau “Prabangkara”. nenek Hayam Wuruk. Muka Pada masyarakat agraris tradisional di masa yang lampau tidaklah membedakan antara seni. yang umumnya disebut “kerajinan” atau “kriya’ yang memerlukan ketrampilan atau “keprigelan”. Juga perkatan “seni” juga untuk menyatakan suatu benda berukuran “kecil” atau “mungil” atau “Jlimet” atau “rumit”. Artayani. dan para ahli ketukangan disebut sebagai “Undagi”.

Sehingga sampai masa kini pun pengertian “seni-kagunan“sebagai “kepandaian” atau “kepintaran” atau “ketangkasan” atau “kemahiran” dan “ketrampilan” masih sering dipergunakan seperti halnya istilah “seni mengajar”. Kemudian Leonardo da Vinci (1452-1519). dimana masyarakat industri yang baru tumbuh menuntut adanya pembagian kerja dan spesialisasi kerja dalam mengembangkan proses produksi. Pertemuan seni dan industri ini mengakibatkan banyak benturan. dimana penemuanpenemuan mesin-mesin produksi massal mendorong kalangan industri untuk mengembangkan teknik produksi dan hanya “menempelkan” reproduksi karya-karya seni klasik yang berstandar pada bentuk produk yang dihasilkan. logika.dengan arti “kagunan” dalam bahasa Jawa atau sesuatu yang berguna atau bermanfaat dalam arti luas. perspektif dan anatomi serta mempunyai tujuan moral seperti puisi lewat penggambaran sikap dan ekspresi wajah dalam lukisan. “seni menengah” (middle art). “seni bela diri”. demikian pula sebaliknya semakin jauh tingkat hubungannya dengan industri maka semakin rendah pula kedudukan seninya. karena tidak ada hubungannya dengan nilainilai estetika.kagunan” di Jawa. “seni bangunan” dan lain sebagainya. Pada abad pertengahan di Eropa terjadi pembedaan kelompok ars yaitu “artes liberales” atau kelompok “seni tinggi” yang terdiri dari bidang tata bahasa. dan “seni rendah” (low art). pembuatan senjata dan alat-alat transpor termasuk katagori “seni rendah”. “seni membaca”. “seni memasak”. patung. “seni bercocok tanam”. Leonardo. yaitu semakin tinggi kedudukan seni apabila semakin dekat atau tinggi tingkat integrasinya dengan industri. retorika. Dalam masyarakat industri status “seni” menjadi tiga kelompok yaitu “seni tinggi” (high art). KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 28 . Sebelum Revolusi Industri di Eropa kata “ars” mencakup disiplin ilmu tata bahasa. Suatu fenomena kemudian terjadi bersamaan dengan Revolusi Industri di Eropa akhir abad ke 18 sampai awal abad ke 19. sedangkan lukis. “seni berhitung”. arsitektur. disamping tidak ada kesesuaian bentuk dengan motif dekorasi yang ditempelkan tersebut. sebab standariasi dan mekanisasi serta penempelan begitu saja karya-karya klasik pada produk merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup seni. musik dan astronomi. aritmatika. beragumentasi bahwa melukis juga memerlukan pengetahuan “teoritis” seperti matematika. Sehingga menimbulkan reaksi keras dan serius dari kalangan seniman. geometri. Orang Belanda sering menyebut “kepintaran” sebagai “Genie” atau “Jenius” yang mirip dengan “ketangkasan” atau “kemahiran” seperti istilah “techne” atau “ars” yang sepadan pula dengan pengertian “seni. Dari tujuh bidang-bidang keahlian hanya musik yang masuk “seni tinggi” . Dan “artes serviles” atau kelompok “seni rendah” yang mengandalkan tenaga kasar dan berkonotasi “pertukangan”. Katagori ini masih memperlihatkan kelanjutan tradisi klasik. mempelopori perjuangan dan berhasil memasukkan atau menaikkan seni lukis ke dalam status “seni tinggi”. Otonomi seni diharapkan dapat mempertegas dan dapat meningkatkan standar nilai estetik secara terus-menerus atau berkelanjutan. pelukis Italia dari masa Renaissance. Sehingga akhirnya seni harus memutuskan hubungan dengan ikatan-ikatan seni masa lalu yang dianggap membelenggu dan membatasi perkembangan seni. dan astrologi. Sebagai orang yang serba bisa dan memiliki kemampuan sebagai arsitek dan ilmuwan itu. dialektika.

Definisi seni menurut Ki Hadjar Dewantara adalah : “Segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah. seni pahat dan seni patung. Tahapan yang pertama adalah pengamatan kualitas-kualitas bahan seperti tekstur. rasional maupun emosional” (1963:419). Efek tersebut mencakup tanggapan-tanggapan yang berujud pengamatan. 1957:219-233). Ketika seni telah menjadi komoditi dan tunduk pada hukum permintaan dan penawaran ekonomi. Jelaslah kiranya pengertian “seni” yang sekarang dan sepadan dengan “art” adalah datangnya dari Dunia Barat yang terbentuk pada abad ke 18 sampai abad 20. pelayanan. Seni menurut WJS Poerwadarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (1976) yaitu suatu karya yang dibuat atau diciptakan dengan kecakapan yang luar biasa seperti sanjak.I Gusti Bagus Sugriwa dalam tulisannya Dasar-dasar Kesenian Bali. nilai keaslian dan nilai kreativitas yang lebih lanjut mendasari pandangan seni modern pada abad ke 19 – 20. Sedangkan Thomas Munro mengatakan: “Seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lainnya yang melihat. Oleh pemerintah pendudukan secara resmi istilah itu dipakai dalam sebutan “bagian seni rupa” yaitu nama bagian Keimin Bunka Shidosho (Pusat Kebudayaan) yang berurusan terutama dalam lukismelukis (Sanento Yuliman. yang berarti pemujaan. dan seni pahat atau seni patung. desain industri atau desain produk. mengatakan bahwa lahirnya sebuah karya seni melalui beberapa tahapan sebagai suatu proses. seni lukis.Pada akhirnya seni selalu melahirkan norma yang menjunjung nilai kebaruan. dalam laporan dan resensi tentang pameran lukisan. 1983). terbit sekitar tahun 1950. Dan ketiga yaitu proses suatu KLIPING | Kerajinan Keramik Sebagai Media Karya Seni Islami 29 . seni keramik. hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lainnya” (1962:330). pengenalan imajinasi. Akan tetapi pendidikan formal senirupa di Indonesia dalam perkembangannya telah memperluas lingkup pengertian istilah itu. maka seni dianggap jatuh pada selera massa yang rendah dan seni itu menjadi seni “picisan” atau kitsch. mengatakan bahwa “seni” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “sani”. Istilah “seni rupa” di Indonesia muncul dalam surat-surat kabar untuk pertama kali pada masa pendudukan Jepang. Lebih lanjut Herbert Read (1962). permintaan atau pencarian yang jujur (IGB Sugriwa. menerangkan bahwa yang masuk seni rupa ialah seni lukis. dan sebagainya. warna dan banyak lagi kualitas fisik lainnya yang sulit untuk didefinisikan. Pendidikan tinggi seni rupa dapat menyelenggarakan sejumlah keahlian seperti seni grafis atau desain grafis atau komunikasi visual. Tahapan kedua yaitu adanya penyusunan hasil daripada pengamatan kualitas tadi dan menatanya menjadi suatu susunan. Kamus Modern Bahasa Indonesia dari Mohammad Zain. seni patung dan kriya kayu-logam-kulit-keramik dan sebagainya. Para seniman sebelumnya tidak begitu populer menggunakan istilah “seni” atau “seniman” yang sepadan dengan “ art ” atau “artis” yakni masih mempergunakan istilah “ahli gambar” pada nama PERSAGI (Persatuan Ahli Gambar Indonesia). Atau kecakapan menciptakan sesuatu yang elok dan indah. lukisan. desain interior atau arsitektur interior. Status rendah ini dikarenakan seni telah kehilangan “roh seni” atau “jiwa seni”. donasi. desain tekstil. Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar dan sebagainya. Memang hingga kini dalam pemakaian populer. . istilah “senirupa” sering digunakan dengan lingkup pengertian yang terbatas pada seni lukis.

dan hari dengan kehidupan masyarakat.obyektifikasi dari tahapan-tahapan di atas yang berhubungan dengan keadaan sebelumnya. intuisi dan lain sebagainya Pengembangan Masa Depan Tren Industri Keramik: Keramik Seni Rumah Tangga Mall Perdagangan baru-baru diadakan Shanghai Internasional pertama Seni Keramik Hidup Fair. tembikar artistik modern penggunaan sehari-hari. arti. seni dapat diterjemahkan (diinterpretasikan) sebagai ungkapan atau ekspresi. abstrak. Seni telah mengarah pada ungkapan sebagai “pengekspresian” dengan tujuan untuk komunikasi perasaan. Keindahan yang berakhir pada tahapan pertama belum dapat disebut seni. Expo adalah penyokong dalam pembuatan keramik kuno. molek. selama beberapa dekade sejenis. bentuk. Keramik. indah. perubahan Milenium. Kebutuhan sehari-hari dari Amerika Serikat. "minyak" pemisahan. rumit. mengatakan waktu yang lama. kreasi. imajinasi. Biao Jiang mengatakan KLIPING | Pengembangan Masa Depan Tren Industri Keramik: Keramik Seni Rumah Tangga 30 . kepandaian atau kepintaran atau kemahiran atau ketangkasan. porselin artistik ditempatkan di galeri. wakilan (representatif). mungil atau kecil. hal-hal yang aneh seni porselen. simbol. Keramik Seni Hidup Adil direktur Jiang Biao. penggunaan sehari-hari porselen dan porselen artistik adalah "air". Berdasarkan uraian di atas dan pengertian secara umum. halus. seni porselen dan porselen adalah tanda-tanda sama sekali berbeda di mana-mana di Nanjing Road. pameran. menampilkan nomor dengan. fungsi. cantik. bahkan ke rumah-rumah penduduk yang dihiasi . karena seni jauh telah melangkah ke arah emosi atau perasaan. sedangkan penggunaan fungsi akan ditempatkan pada estetika yang tukang periuk tidak bisa syirik tanggung jawab ini. guna atau pakai. Porselen ini masih dalam beberapa tahun penggunaan Dinasti Ming Zhengde bentuk. telah disambut oleh penonton. Huaihai Road di pusat perbelanjaan utama. Bahkan.

tetapi juga beberapa ratus dolar. tetapi dalam seni kontemporer dari "kursi". mereka merasa nyaman dan stabil. Shandong Zibo. Tangshan. bisa merasakan "keindahan". di samping pembangunan Foshan keramik dan porselen produk sanitasi industri Tangshan produksi. mereka desain yang kreatif. Alasannya. terkemuka desainer. budaya sektor keramik. KLIPING | Cara Untuk Pastikan Anda Pilih The Ubin Kamar Mandi Tepat Untuk Anda 31 . yang merupakan masalah industri keramik untuk dipecahkan. mengikuti hukum dari tembikar dan pola hias. Bahkan artis lukisan dengan produksi produk terbatas. Cara Untuk Pastikan Anda Pilih The Ubin Kamar Mandi Tepat Untuk Anda Ubin kamar mandi membuat kembali besar. dll. Pada pameran tersebut. hanya 6% dari keuntungan. seniman tidak punya niat untuk berpartisipasi. Kelompok tembikar muda yang melampaui batas-batas keramik tradisional. membawa beban berat akumulasi dari sejarah tembikar hingga konsep keterampilan manual sehingga mereka terkurung ruang. atau paling sejumlah hadiah yang dirancang porselen atau pihak keramik tidak pernah dikonversi untuk penggunaan sehari penduduk massal pada porselen penggunaan sehari-hari. Jika teori eksistensi. Biaya desain dapat porselin sangat tipis. harga vas dapat setinggi beberapa juta atau bahkan seratus ribu dolar. Pasar diharapkan tumbuh lebih dari 15 persen pada tahun 2011 dan itu tidak mengherankan bila Anda melihat pilihan yang tersedia bagi konsumen. Foshan. mangkuk. produksi cangkir. porselen seni untuk hidup. dengan porselen merek asing harian juga sangat miskin dibandingkan. tiga sisanya peralatan rumah tangga untuk penggunaan sehari-hari terutama ekspor account volume untuk 70% dari dunia. Alasannya adalah bahwa Jiang Biao. kunci atau orientasi nilai. Guangdong.bahwa Cina Chaozhou. seni dan Kerajinan langka kehadiran master. terus-menerus terlibat dalam kerajinan diulang. dan memungkinkan orang untuk menggunakan wadah ini pada saat yang sama. ubin lebih populer dari sebelumnya. baru-jenis kontainer sebagian besar dari industri keramik modern mutakhir. Namun. waktu yang lama. seni porselin harga tidak normal tinggi. dan ada seniman yang berpartisipasi dalam desain lebih modis dari perbedaan harga antara jumlah kali. pada seratus kali. ini sebagian didorong oleh fakta bahwa memproduksi mereka adalah mungkin dan bahwa perekat yang tersedia untuk mengikuti mereka ke dinding (berat ubin tersebut dapat menjadi masalah serius). Hebei dan Jiangxi Jingdezhen Keramik lima daerah produksi. Anda hanya perlu berkendara ke kota apapun dan melihat keluar untuk jumlah ubin superstore yang membuka. tapi tidak harus menjadi absen. Jiang Biao mengatakan. semangat kreatif mereka melampaui prestasi porselen hanya gaya dalam seni. dan sehari-hari menggunakan porselen untuk menjadi artistik. piring. Tren ini tentu untuk ubin besar dan lebih besar. gelas yang dilukis dengan tangan terkenal perlu seribu dolar.

uang yang dihabiskan untuk ubin kamar mandi jauh melampaui usia meteran tambahan yang diletakkan di dinding. mewah dan pola yang terlihat dalam fashion.Format ubin semakin besar sedang digunakan di lebih kontemporer Kamar mandi {sering dengan [kaca]} perbatasan ubin digunakan sebagai vertikal daripada horisontal perbatasan. Pada bagian peningkatan ini telah karena situasi yang lebih cocok untuk menjadi ubin seperti lantai kayu ditangguhkan. un-konvensional ukuran meningkat terus. dan desain dalam pasar ubin bergerak lebih cepat daripada sebelumnya dengan permintaan untuk ide-ide asli baru yang sangat didambakan oleh semua sektor dari desain arsitektur untuk permintaan konsumen didorong. banyak terbuat dari kaca. Dalam KLIPING | Cara Untuk Pastikan Anda Pilih The Ubin Kamar Mandi Tepat Untuk Anda 32 . Laporan terbaru ke pasar perlengkapan kamar mandi mengatakan bahwa pasar diantisipasi meningkat tahun ke tahun selama lima tahun mendatang. Pertumbuhan dalam Format besar ubin terus dan permintaan untuk lebih besar. Tren dalam ukuran. Permintaan untuk laporan desain yang kuat didorong oleh ayunan menjauh dari minimalisme ke glamour. mosaik semakin populer di kamar mandi. peningkatan pada usia meter persegi selama dua tahun ke depan diharapkan tumbuh 3 persen. di lantai ubin porselen tertentu. dengan pertumbuhan secara keseluruhan atas skala waktu 26 persen. batu tulis atau bahkan kayu. Ada juga kecenderungan untuk motif bunga kuat yang digunakan untuk membuat panel dinding aksen dan fitur dan logam mosaik sangat warna-warna cerah. kaca bergaris dan bahkan metal nyata. Kami menghabiskan lebih banyak uang pada ubin. tekstil dan desain wallpaper. tekstur warna. Sekarang mungkin untuk membeli koleksi Mosaik termasuk kaca mengkilap. Semuanya ini berarti bahwa meskipun pasar genteng masih berkembang. ruang basah. dapur dan modern ruang terbuka tempat tinggal. Selain ini pasar Lantai telah tumbuh fantastis dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat diharapkan bahwa pengecer genteng akan perlu untuk memikirkan kembali genteng mereka teluk dan bagaimana ubin ditampilkan dan ditebar untuk mengakomodasi ubin berukuran besar dan kemasan. Keramik ubin lantai menyamar sebagai batu.

yakni banjir. dan pameran distribusi secara bersamaan. Italia. Gedung-gedung dan tugu Monas berdesakan dalam perahu. Ketukan di efek pertumbuhan di pasar genteng adalah semua Perekat ubin tambahan dan grouts yang harus dijual. lorong-lorong dan lounge. pembentukan basis produksi. karya berbasis patung milik Sri Hartono itu langsung menyeret kita dalam problem klasik Jakarta tiap tahun. ubin yang digunakan dalam ruang makan. Wajah Seni Keramik Indonesia TEMPO Interaktif. Jakarta. Malaysia. Di pinggir perahu itu berderet mobil dan rumah-rumah kecil--juga berdesakan. membuat rantai. Ancol. Filipina. Sekitar 40 seniman keramik Indonesia dan luar negeri terlibat dalam pameran ini. Event dua tahunan yang berlangsung hingga 20 Januari mendatang itu adalah pameran biennale keramik kontemporer pertama di Asia Tenggara. terutama di kamar basah dan walk-in shower. Sebetulnya. Konsensus adalah bahwa hal ini tentunya kamar mandi yang merupakan kunci pasar sektor karena kuantitas yang lebih besar dari ubin yang digunakan. Amerika Serikat. Diberi judul Bahtera Nabi Noeh. sorot melatih tim Merek terkemuka yang memenuhi syarat. dan Australia. Semua hal ini menunjukkan ubin kamar mandi menjadi fitur desain terbaru untuk memiliki di kamar mandi atau ruang basah. Thailand. Belanda. Hal ini tidak lagi hanya kamar mandi dapur dan konservatori. Anda sekarang bisa mendapatkan nat dalam warna hampir setiap tersedia untuk mencocokkan atau kontras dengan skema warna Anda. pameran ini lebih terlihat sebagai upaya memetakan wajah seni KLIPING | 33 . Ini adalah salah satu karya yang dipamerkan dalam Jakarta Contemporary Ceramics Biennale #1 di Galeri North Art Space. ngan. Dari luar negeri ada Singapura.pemanasan ubin juga telah membantu kenaikan karena ubin sekarang tidak dianggap sebagai permukaan yang dingin.

Wajah mereka sangat dingin satu dengan yang lain. Jadi tak salah jika Rifki. disambut baik. Kita lihat misalnya bagaimana Umi Baizurah Mahir Ismail (Malaysia) mengekspresikan idenya. kurator lainnya. "Warna merah berarti harapan. tapi juga dalam peta seni rupa di Asia Tenggara dan international. Tetapi potensi itu ada. sang kurator. seperti Malaysia. Thailand... menulis bahwa pameran ini bakal menjadi suatu momentum sebagai perhelatan yang berskala besar dan berkala dua tahunan bagi praktisi maupun pemerhati seni keramik. Endang Lestari. ia menyajikan patung-patung perempuan setinggi 40 sentimeter. "Tak dimungkiri. Ide sepertinya diambil dari sifat perempuan yang lazim: suka berbicara banyak. saat pembukaan pameran pada Sabtu lalu.! dan Ingin Cantik --juga mengusung sosok perempuan. Menurut Asmudjo Juno Irianto. Di luar soal itu." tulis Asmudjo dalam katalog pameran. Sebab. "Namun beruntung tawaran untuk melibatkan beberapa seniman keramik dari negara tetangga. serta suka bersolek dan mempercantik diri. yaitu pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Tak kalah menarik karya perupa Indonesia. Warna koper yang mereka bawa yang merah menyala terlihat mencuri pandang di antara warna cokelat tanah yang mendominasi. dibanding perupa lainnya. Merasa asing dalam satu tempat yang sama. sebagian terbesar yang ikut dalam pameran ini adalah seniman Indonesia. awalnya pameran ini memang diniatkan sebagai <I>biennale<I> para seniman keramik Indonesia. "Kendati dalam perkara perkembangan infrastruktur dan teknik agaknya Indonesia tertinggal. dalam katalog pameran. Tak mengherankan jika pameran pun sangat jarang." Karya-karya keramik yang disuguhkan dalam pameran ini memiliki keragaman latar. Dong Ah!. Ira Suryandari. Patung-patung dengan kostum beragam itu tersusun acak." ujar Rifky Effendy. Mereka tampak kaku. Jangan Disadap. Dalam Koper Merah dan Perempuan Pekerja. Bahkan tugas domestik perempuan mengurusi KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 34 .keramik kontemporer Indonesia. Seniman lain." katanya melanjutkan. seniman keramik di Indonesia juga kalah banyak. "Bukan hanya di Tanah Air. Mereka membawa koper dengan cita-cita yang sama.Maa. ngobrol sana sini bahkan dengan telepon seluler." kata Endang. dalam karyanya--Cuma Obrolan Biasa. seniman keramik di Indonesia memang tak begitu banyak. Ia lalu menyebut. Ia menyajikan keramik patung wajah bayi dengan badannya yang ganjil. Singapura. situasi seni keramik kontemporer di negara-negara Asia Tenggara tersebut tak jauh berbeda dengan seni keramik kontemporer Indonesia. dan Filipina. lalu Oh. Karya berjudul Hybrid on The Way ini adalah wujud paradoks bagaimana senyum polos pada wajah bayi yang badannya terperangkap dalam wujud mobil beroda.

000 disusun melingkar membentuk benteng berdiameter 300 sentimeter dengan tinggi 21 sentimeter. Bali. menapaki bilah bambu. Marcello Massoni. ikut meramaikan biennale keramik ini. Setiap pengunjung diminta menandai nomor yang sudah tertera di sebuah kertas dengan seri yang tertulis di batu bata tersebut. Setiap batu bata mini memiliki nomor seri pembuatan. Penyajiannya sangat interaktif. serta pematung nonkeramik seperti Wiyoga Muhardanto dan Handiwirman Saputra. dan Hillary Kane dari Gaya Ceramic Arts Center. Keramik tersebut dibakar dengan raku. Mendekati sudut runcing kerucut. seperti Titarubi. Ceremonial of Having Meals with Upside Down Yellow Rice Cone. Juga ada Ponimin dalam karyanya. Mereka menyuguhkan karya keramik sebagai wadah semacam mangkuk dengan gurat retak-retak yang sangat jelas. Akan halnya karya Hadrian Mendoza (Thailand). Beauty Behind The Flame Kuratorial oleh Rifky Effendy: KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 35 . Berbagai macam ekspresi. Keramik yang dibentuk menyerupai batu bata mini sebanyak 2. Instalasi rangka kerucut terbalik dari bambu. Sederet perupa lain. seperti karya perupa Michela Foppiani. Nia Gautama. Taufiq Panji Wisesa. seperti saling memeluk maupun bergaya. yang di setiap sudutnya dipenuhi patung-patung kecil bergelantungan. jumlah patung yang bergelayut menjadi semakin banyak. Ada pula karya keramik yang berbasis pada tradisi pottery. yang berbentuk botol tak beraturan itu dibakar dengan kayu. Kecenderungan menyusun instalasi disajikan oleh Nurdian Ichsan dengan terakotanya. Bottle Forms.anak acap kali menjadi perdebatan kaum feminis.

Terakhir yang cukup terbilang sukses adalah hasil percobaan Asmudjo Irianto di Bandung. berbeda dengan materi lain seperti cat minyak maupun kayu. Studio-studio yang dikelola.PERKEMBANGAN KERAMIK STUDIO DI KOTA-KOTA DI INDONESIA Maraknya praktek seni keramik yang dilakukan kaum muda lebih terkonsentrasi pada kerja studio yang lingkup tak terlalu dasar dan rumit. Begitu pula dengan harganya yang terjangkau maka tungku model ini cukup banyak peminatnya. Dalam kerja keramik tiap proses memang seharusnya dinikmati dan tentunya ada pemahaman unik. Bandung. Bonny. Widayanto di Sukabumi. Masih membutuhkan ruang pembakaran yang cukup luas. KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 36 . seperti oleh Eddy Bonzan di Bandung. menggunakan sistem pintu depan dan ukuran yang mungil. ada beberapa praktisi yang berusaha memecahkan kesulitan teknis ini. walaupun masih memproduksi karya-karya personal atau seni.) Suyatna di Jabotabek lebih mengarah pada memenuhi kebutuhan pangsa pasar menengah dengan memproduksi benda-benda keseharian yang unik dan khas. Karena pembakaran melibatkan proses fisika dan kimiawi yang terukur namun sekaligus membutuhkan kepekaan tersendiri. selain tentunya polusi. atau Keng Sien. model studio tersebut membutuhkan pengelolaan dan mengunakan ruangan yang lebih besar. Yogyakarta dan Bali mendongkrak aktivitas pameran selain tntunya banjir produksi benda yang unik dan khas. bahkan bisa menggunakan tabung gas elpiji berukuran umum. Hasilnya cukup baik namun masih rumit untuk mereproduksinya. KEINDAHAN DALAM PROSES Faktor peralatan dan tknologi serta pendukung produksi lainnya seperti pengadaan berbagai jenis tanah lempung dan material pewarnaan (glazir) adalah penopang penting kemunculan praktisi seni keramik saat ini. tungku ini juga sangat irit energi karena bisa menyimpan panas. Sejak pertengahan tahun 90-an maraknya studio keramik di kota-kota seperti Jakarta. Sejauh pengetahuan saya. Hariadi. Hal lainnya yang penting adalah perkembangan teknologi tungku pembakaran. Sistem pengapian dari dua lubang di bawah yang mengalir ke atas. yang mana pada saat itu masih mengandalkan bata api (firebrick) dengan bahan bakar minyak tanah yang tentunya membutuhkan ruang fisik yang cukup besar serta proses pembakaran cukup panjang dan rumit. sekitar kurang dari 1 meter persegi. dan (alm. F. biasanya berlokasi di rumah-rumah. Namun tetap. Sangat berbeda dengan perkembangan studio di era 70-80an yang berkonsentrasi pada kebutuhan semi-industri. Keng Sien serta Bonny pernah bereksperimen dengan teknologi pembakaran menggunakan lapisan serat anti panas yang dilapis pelat besi serta menggunakan gas elpiji. portable dan mudah mengendalikannya. baik dalam segi produksi maupun teknologi. Begitu pun yang dikembangkan oleh studio pengembangan keramik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Bandung. yang mengadopsi tungku buatan Amerika. Selain bobotnya sangat ringan. yang sama digunakan rumah tangga. Proses pembakaran biasanya merupakan tahap akhir dan menjadi tahap yang cukup genting.

Proses peleburan (fusion) yang bertingkat dan beragam dari material ini merupakan nilai-nilai estetik yang banyak dijelajahi para pembuat keramik sejak ratusan tahun lalu maupun perupa keramik modern. dan Wati. serta oksida pewarna selalu bisa memunculkan potensi artistik keetika dalam tungku pembakaran. Beberapa praktisi keramik di Jepang. Lisa. Banyak perupa keramik justru memanfaatkan tungku pembakaran untuk memunculkan karakter-karakter yang unik. senantiasa sang ibu telah memberikan setengah dari jiwanya. selain tentunya bentuk apakah itu trimatra maupun dwimatra. yang menyebut mereka kelompok TanahLiat 9 dengan anggota: Nia. setengah bola. Karya-karya Evy Yonathan selalu memancarkan suasana hati. proses pembakaran bahkan sengaja menggunakan bahan bakar alam. dan kesenangan bekerja. Dalam tiap komponen material baik tanah liat. Dengan hanya pengalaman kerja dan pengenalan materi saja. kreatif. piringan. Yogiswari. Dalam dunia seni keramik ada istilah Crystaline glaze. jam dan hari akan apa yang terjadi. Bahkan di Jepang ada tradisi pembakaran yang disebut Raku yang begitu sohor dan banyak dipraktekkan di seluruh dunia. Di tanah air mungkin secara mendalam karya-karya Hildawati Soemantri (almarhumah) merupakan salah seorang keramikus yang terakhir banyak menggunakan teknik Raku. pelapis glazir. apakah bersifat dwimatra dan trimatra. menunggui tiap menit. mampu memberikan gambaran terakhir praktek seni keramik di Indonesia yang memang sedang menunjukkan perkembangan yang positif. Antin. akan menunjukkan bagaimana di balik lidah api menghasilkan benda-benda artistik yang dihasilkan dari ruang-ruang pribadi yang bebas. Yetty. lempengan datar serta berelief maupun bentuk torso (sculptural). Cracker glaze. penguasaan teknis dan material. yang cerah. karya-karya mereka. lewat lukisan dan bentuk menggunakan pewarna stain. yang bagaimanapun bentuk (baik atau buruk) kelahirannya. Katakanlah Suyatna (almarhum) yang tekun dengan percobaan material dan pembakaran. Suatu penantian yang membutuhkan kesabaran dan kepekaan. Dengan beragam tingkat pemahaman estetika. kayu bakar. vas. seperti jerami. KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 37 . sehingga walaupun tak banyak menggunakan warna tetapi dari satu bahan pewarna oksida logam mampu memunculkan dimensi yang kaya. KEINDAHAN DI BALIK LIDAH API Pameran sembilan praktisi keramik Jakarta. Haryo.Maka di sana juga selalu ada hal-hal yang tak terduga dan sulit ditebak. Ira. dan waktu bakar yang cukup lama untuk menghasilkan benda-benda dengan nilai artistik yang tinggi. Evy Yonathan. Bagaikan seorang ibu yang menantikan anak dari perutnya. dan sebagainya. orang mampu memahami tentang arti keindahan dalam jilatan api yang panas di dalam sebuah ruang tungku. bercampur tanah (englobe) dan permainan glasir di atas permukaan badan keramik berbentuk dasar silinder.

pasrah mengikuti kehendak sang api. melelhkan glasir dan menimpa tekstur tanahnya yang sedang mengeras dan kemudian menggelas. mencair dan terbenam. Haryoadiputro Soenggono.Banyak menggambarkan figur perempuan dan laki-laki dengan latar tetumbuhan yang khas bernuansa eksotika-tropikal serta penggambaran tubuh seperti dalam ilustrasi mitologi dan dongeng-dongeng tentang cinta. kehijauan. Menggunakan efek tak terduga yang dihasilkan dari dalam tungku untuk membuat oksida bereaksi. Sang api seolah tak mampu merubahnya tapi justru mengabadikannya. Sebagai cerminan dari paduan kehalusan perasaan serta gejolak emosi. menjadi abadi. memperkaya torehan citraan figur perempuannya dan memberikan nilai baru pada jejak-jejak tangannya di atas tanah liat. Benda-benda keramik Evy memancarkan kegairahan bekerja yang datang dari jiwa yang tak henti gelisah mencari nilai hakiki dalam kehidupan pribadinya. Maskulinitasnya kemudian sengaja dilelehkan. KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 38 . Memberikan dimensi yang kaya bernuansa kecoklatan. lewat benda-benda keramiknya menunjukkan bagaimana api memberikan kehidupan pada benda-benda wadah serta bidang lempeng dari yang biasa menjadi luar biasa.

Sang api dibiarkannya membakar tubuh telanjang benda-benda itu menjadi suatu kekuatan atas pernyataan tentang kehidupan.Nia Gautama dengan penjelajahan artistik serta potensi material tanah liat dan pembakaran. sesekali mengkombinasikan dengan elemen teraba dalam tekstur dan pemilihan bentuk yang eksentrik dan imajinatif. kampung yang dikelilingi pohon yang rimbun atau sawah-sawah yang hijau atau peristiwa sosial. Antin mungkin secara filosofis terpengaruh banyak oleh gurunya. banyak narasi di balik benda-benda berbentuk abstrak maupun figuratif. pewarnaan glasir yang minimalis sehingga menjadi berkesan dramatis. silinder dan kecenderungan wadah lainnya. slab maupun gabungannya yang membentuk seperti figur-figur. Yetty Viyin Tamsil sepertinya lebih tertarik pada bentuk trimatra yang dibangun dengan teknik pilin (coil). Pelapisan glasir pada sebagian di badan tiap benda menambah penekanan tema-temanya yang didominasi oleh hubungan-hubungan. Melalui garapan apik pola-pola geometris dan teratur ditambah dengan kemampuan teknis menoreh dan memahat permukaan tanah liat di atas permukaan bentuk-bentuk lempengan. Sang apilah yang kemudian punya andil memberikan esensi pada identitas dan keberbedaan. KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 39 . Antin Sambodo berangkat dari tema-tema romantika dan sentimentil terhadap suasana negeri. Kerap kali ia menggabungkan material alam lainnya sehingga membuat karya-karyanya memancarkan kehangatan. dengan pantai. gunungan maupun condong ke bentuk abstrak. tetapi secara artistik sebenarnya telah menemukan coraknya sendiri.

Seperti ukiran dan torehan figur-figur perempuan yang menggunakan kain sehingga berkesan corak batik. Hampir serupa pada karya-karya Lisa Sumardi yang punya kekuatan pada bentuk dwimatra dan trimatra yang realis. sehingga kesan motif batik begitu kuat.‘Ketelanjangan’ tiap bendanya merupakan semacam kekuatan atas pernyataan diri pada material dan menunjukkan potensi artisitiknya. Tema-tema ini begitu abadi dalam sejarah seni rupa dunia. dan memudar. Di sini juga mencerminkan kemampuannya dalam mem-visualisasi-kan gagasan baik dua dimensional seperti menggambar dengan menoreh di atas bidang silinder atau lempeng. Dari tiap karyanya tercermin cara ia mengendalikan keganasan sang api yang menjadikan sisi formalitas atau ketertiban visual sebagai suatu kekuatan. mendukung temanya. Ketertarikan Ira Suryandari kepada masalah manusia juga sangat besar. Cara pengglasiran dengan dominasi warna kecoklatan. berupa patung keramik dengan berbagai gesture. Karyakaryanya didominasi oleh tema tentang drama keseharian manusia di sekitarnya. hijau. terpola dan apik dalam rinci. penerapan warna maupun bentuk trimatra. Lainnya adalah lukisan bercorak ilustratif dengan penggambaran anak dan ibu. anak dan ibu menyimbolkan kasih sayang yang abadi. KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 40 .

Lewat karya-karya trimatra. Mengharuskan kita belajar tentang suatu hal. sapuan kuas dan torehan maupun komposisi dan pewarnaan serta penggarapan bentuk-bentuknya sangat apik. Sang api seolah-olah telah memberikan semangat kehidupan bagi tiap bendanya. intuisi. Tiap goresan.Wati Karmojono menunjukkan suatu kematangan artistik. rumah. bentuk imajiner dari benda keseharian. seperti patung figur. ditunjang dengan kekuatan tema-tema yang berangkat dari keseharian yang sangat dekat dengan dirinya. di mana pengendalian kekuatan alam lewat perasaan. Desember 2005 KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 41 . Terutama ketika menghasilkan suatu keindahan yang abadi. kita bisa menghayati tentang suatu gejala alam yang kemudian membawa suatu potensi artistik. Corak-coraknya yang naif dengan penerapan warna-warna dasar yang kuat dan cerah seolah mencerminkan dunia di balik si pembuatnya. pengetahuan dan kreatifitas senantiasa memberikan makna yang sangat bernilai bagi kehidupan selain untuk keseimbangan dan kelangsungan alam itu sendiri. Rifky Effendy. dan karya dwimatranya seperti lukisan glasir di atas lempeng keramik. Sedangkan karya-karya Yogiswari Pradjanti yang didominasi keramik tegel (ceramic tile) yang dilukis dengan pewarna stain mempunyai kelaziman ekspresi dalam seni lukis. Dari karya-karya keramik kelompok TanahLiat 9 ini. Keramik industri dengan proses yang instan menjadi begitu penuh kepribadian dan berubah menjadi unik lewat kreatifitas pembuatnya.

tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul kliping ini. KLIPING | Wajah Seni Keramik Indonesia 42 . Semoga keliping ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. Kami banyak berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.PENUTUP Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam keliping ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->