KATA PENGANTAR Syukur alhamdulillah kami panjatka kehadirat tuhan YME, yang telah membantu dalam memberikan ide

-ide/imajinasi dalam menyelesaikan tugas akhir (proposal) guna memenuhi persyaratan mengikuti UAN th 2003/2004. Sebagaimana penulis memahami bahasa tujuan di dirikanya SMK, yaitu untuk membimbing para siswa dan siswi agar menjadi tenaga kerja yang terampil sehingga dapat memajukan kesejahteraan untuk hidupnya dimasa yang akan datang. Dengan terselesainya proposal ini, penulis mengharapkan agar para siswa dan siswi bisa memahami tentang suatu usaha dan dapat memperkirakan kemajuan didalam usaha yang akan dijalaninya. Maka dari itu, proposal sangat penting perananya didalam dunia perdagangan/usaha. Dan dengan ini, penulis mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Allah SWT dan ibu guru Sari Wulan Suci yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan proposal ini, serta teman-teman yang telah membantu dalam pembuatan proposal yang telah kami buat. Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan proposal ini, tidak lepas dari kesalahankesalahan, baik tulisan maupun bahasa yang digunakan, maka dari itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya didalam kesalahan-kesalahan yang ada.

Jakarta, 01 Januari 2007

Penulis

i

... 21 BAB IV STUDY KASUS Proses Bisnis ………………………………………………………………………... BAB III INFRASTRUKTUR Spesifikasi Hardware ... 46 Sequence Diagram …………………………………………………………….............. Daftar Tampilan ........................................................................................................... Metode Penelitian ................................................................... 3... 4..... 16 Spesifikasi Software .......... Masalah ............... Daftar Tabel .... 5......................... Latar Belakang ......................................................... 6........ 25 2................................................................................................. 4................................... 2.. 6 10 11 1... 3............................. BAB I PENDAHULUAN 1.............................. Kesimpulan ......................... Batasan Permasalahan ........................... Daftar Gambar ……………………………………………………………....................................... Sejarah....... 3............................. 6.............................. 30 Rancangan Basis Data ……………………………………............... Tugas dan Wewenang. Daftar Pustaka ......................................................... Daftar Isi ....... 2............ Saran .................................................................................................................. 1....... 36 Struktur Tampilan ............................................ Penjelasan Unit Kegiatan ........................................................................................................................................ 78 78 79 ii .... 7........ Tujuan Penulisan ....................................DAFTAR ISI Halaman Kata Pengantar ……………………………………………………………........................... 2...... Aturan Bisnis ………………………………………………...................... Daftar Simbol ………………………………………………………………..................................................................................................... Sistematika Penulisan ............. 2........ 8..................................... 53 Class Diagram …………………………………………………………………… 67 BAB V PENUTUP 1.......... 29 Sistem Usulan ……………………………………………………………………...................... 5. 45 Rancangan Layar ................................ ii v vi vii vii viii 1 1 1 1 2 3 BAB II ORGANISASI 1..............................................................................

Kami meyakini bahwa fungsi produk kami dapat menutupi kekurangan konsumen dan kosmetika produk kami tidak kalah dengan produk yang sudah mempunyai merkmerk yang terkenal dan dengan harga relatif rendah serta terjangkau kami yakin bahwa produk kami laku dipasaran. kualitasnya terjamin dan mudah dijangkau oleh semua golongan masyarakat. Latar Belakang Dari peningkatan dan pertambahan penduduk saat ini mendapat perhatian oleh para wirausaha untuk mempromosikan dan menjual barang mereka baik produksi lama maupun produksi baru karena mempunyai prospek dan omset yang bagus didalam memenuhi kebutuhan. B. Visi Kami memberikan harga relatif rendah. Misi 1) Menyediakan kebutuhan pelanggan sesuai dengan kebutuhan pelanggan 2) Memberikan pelayanan terbaik dan membangun kepercayaan pelanggan iii . BINTARO JAYA NO. 236 JAKARTA-SELATAN BAB I PENDAHULUAN A.PROPOSAL USAHA DAGANG MAKMUR JAYA JL. golongan menengah dan golongan atas baik itu kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya ledaknya pasaran saat ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tujuan saya memilih usaha ini dikarenakan banyaknya peninhgkatan kelahiran penduduk serta banyaknya permintaan pasar terutang kebutuhan pokok dan lain-lain membuat saya tertarik karena banyaknya omset penjualan dan keuntungan yang saya terima saya juga akan melengkapi kebutuhan para masyarakat/penduduk serta melayani sebaik-baik mungkin. Banyaknya angka kelahiran mendorong adanya permintaan yang tinggi baik itu ddari masyarakat golongan bawah. Keunggulan dan Fungsi Produk Kami mengetahui apa yang menjadikan produk kami saat ini unggul di pasaran yaitu harga produk kami murah dibandingkan dengan produk lain. C. 2. akan produk kami nanti dimasa yang akan datang menjadi produk andalan dan nomor satu dipasaran. kualitas terjamin dan barang mudah terjangkau serta kami memberikan pelayanan yang lebih baik untuk kepuasan para konsumen/pelanggan kami. kami memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Visi dan Misi 1.

Penjualan Akuntansi : : : : Diah Sakdiah Nurianty Adi Eko Prasetyo Afrianto Bila kami gambarkan struktur organisasi kami adalah sebagai berikut Manager Diah Sakdiah Sekertaris Nurianty Penjualan Adi Eko Prasetyo Akuntansi Afrianto Tugas Penjualan  Melakukan observasi dan analisa pasar mengenal produk.3) Memberikan harga dan intentif kepada pelanggan yang setia BAB II BADAN USAHA A. Bentuk Usaha Jenis usaha yang kami jalankan adalah berbentuk firma. itu karna modal yang ditanam secara bersama-sama dan kepemilikan pun bersama-sama. Susunan Pengurus dan Struktur Organisasi Guna mempermudah dalam mengatur manajemen didalam usaha kami maka kami telah menyusun keorganisasian sebagai berikut : Manager Sekertaris Bag. harga. komposisi saham terdiri dari : Diah Sakdiah Nurianty Adi Eko Prasetyo Afrianto 25% 25% 25% 25% B. target pasar dan orderan/pasaran.  Melakukan transaksi penjualan a) Membuat surat pesanan b) Menerima dan mencatat barang persediaan c) Menata barang dagangan d) Menetapkan harga jual e) Melaksanakan administrasi penjualan f) Melabel barang iv .

Rak Barang Toko 1 P PC Etalase v .DENAH PRAKTEK PERUSAHAAN I.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.