LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR 1

I. II. III.

Nomer Percobaan Nama Percobaan Tujuan Percobaan

: III : Struktur Senyawa :

1. Menyusun model setiap senyawa yang ditugaskan berdasarkan rumus molekulnya. 2. Menggambarkan model senyawa dalam struktur tiga dimensi. 3. menggambarkan rumus struktur untuk setiap senyawa berdasarkan model molekulnya. 4. Menuliskan rumus struktur dari titik elektron untuk setiap model senyawa yang diberikan oleh asisten. IV. Dasar Teori Atom-atom bereaksi satu sama lain dengan menggunakan elektronelektron dalam tingkatan energi terluar. Antar aksi elektron ini menghasilkan gaya-gaya tarik yang kuat (ikatan kimia) yang mengikat atom-atom yang bersamaan dalam suatu senyawa. Dari rumus-rumus senyawa seperti H2O, H2O2, CO2, C2H2, jelas bahwa atom-atom dari unsur yang berlainan dalam mengikat satu sama lain. Kemampuan bersenyawa suatu unsrur disebut valensi.

Wajah struktur yang paling dari atom-atom dalam menetukan perilaku kimia adalah banyaknya elektron dalam tingkatan energi terluarnya. Elektronelektron terluar ini dirujuk sebagai “energi valensi”. Bila atom-atom suatu unsur bersenyawa dengan atom-atom unsur lain, selalu terjadi perubahan dalam distribusi elektron pada tingkatan energi terluarnya. Terjadinya pembentukan senyawa menyebabkan atom-atom unsur tertentu cenderung memperoleh elektron dan unsur lain cenderung kehilangan elektron. Masingmasing berupaya untuk menghasilkan suatu penataan yang stabil. Na H + Cl + Br Na H + Cl + Br

Pada umumnya, bila suatu unsur non logam bersenyawa dengan unsurunsur non logam lain, elektron tidak dibuang ataupun diambil oleh atom-atom, melainkan digunakan secara bersama-sama yang disebut “ikatan kovalen”. Senyawa yang dibentuk oleh ikatan kovalen disebut senyawa kovalen. 3H +N H-N-H

Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengambil kesimpulan mengenai rumus titik elektron senyawa dari suatu model. Model tersebut disusun dari sejumlah bola dan tongkat penghubung. Setiap bola mewakili satu ikatan kovalen tunggal. Satu ikatan kovalen tunggal terdiri dari dua elektron yang digambarkan dengan 2 titik. Untuk menyusun suatu model, satu tongkat yang menghubungkan dua bola menggambarkan satu ikatan tunggal. Jika dua bola bergabung dengan

Penuntun Kimia Dasar I. Semua senyawa akan terurai menjadi senyawa yang lebih kecil atau atom . Contohnya. Umumnya. Kebanyakan senyawa dapat berupa zat padat. Rumus kimia memberikan rasio atom dalam zat. Senyawa molekuler dapat juga berupa cairan atau gas. Rumus kimia tidak menyebutkan apakah senyawa tersebut terdiri atas molekul. Senyawa dapat wujud dalam beberapa fase. NaCl adalah senyawa ionik. Oleh karena itu. rasio tetap ini harus tetap karena sifat fisikanya. natrium klorida (garam dapur. bukan senyawa. Tiga tongkat yang menggabungkan dua bola menggambarkan tiga pasang elektron ikatan.dua tongkat. semikonduktor "aluminium galium arsenida". ini berarti satu ikatan ganda atau empat elektron ikatan. Ciri-ciri yang membedakan senyawa adalah dia memiliki rumus kimia. 2012. superkonduktor YBCO. dan jumlah atom dalam molekul tunggalnya (oleh karena itu rumus kimia etena adalah C2H4 dan bukan CH2. material seperti kuningan. dihidrogen monoksida (air. H2O) adalah sebuah senyawa yang terdiri dari dua atom hidrogen untuk setiap atom oksigen. (Tim Kimia Dasar. atau coklat dianggap sebagai campuran atau aloy. Halaman 10-11) Senyawa kimia adalah Zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur dengan melalui reaksi kimia dan senyawa tersebut juga dapat diuraikan lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut. contohnya. bukan rasio yang dipilih manusia.

Partikel terkecil dari unsur adalah atom. Ukuran massa atom adalah . atom-atom pada unsur yang sama tersebut dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda. Sebuah atom terdiri atas inti atom (nukleus) dan dikelilingi oleh elektron. pada isotop yang memiliki kelimpahan terbanyak di alam. hal ini dikenal dengan sebutan isotop. Jumlah proton pada sebuah atom dikenal dengan istilah nomor atom (dilambangkan dengan Z). Karena massa elektron sangatlah kecil. yaitu nomor CAS. Hal yang membedakan unsur satu dengan lainnya adalah "jumlah proton" dan jumah elektron suatu unsur atau ikatan dalam inti atom tersebut. seluruh atom karbon memiliki proton sebanyak 6 buah. dan massa neutron hampir sama dengan massa proton. adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil. Unsur kimia. sedangkan atom oksigen memiliki proton sebanyak 8 buah. Hingga saat ini diketahui terdapat kurang lebih 117 unsur di dunia. Misalnya. atau hanya disebut unsur.individual bila dipanaskan sampai suhu tertentu (yang disebut suhu penguraian). Setiap senyawa kimia yang telah dijelaskan dalam literatur memiliki nomor pengenal yang unik. Inti atom terdiri atas sejumlah proton dan neutron. Namun demikian. atau tak dapat diubah menjadi zat kimia lain dengan menggunakan metode kimia biasa. Massa atom sebuah unsur (dilambangkan dengan "A") adalah massa rata-rata atom suatu unsur pada alam. maka massa atom biasanya dinyatakan dengan jumlah proton dan neutron pada inti atom.

maka ikatan ionik yang dihasilkan akan semakin kuat. Kation terbentuk dari unsur-unsur yang memiliki energi ionisasi rendah dan biasanya terdiri dari logam-logam alkali dan alkali tanah. Ion-ion yang diikat oleh ikatan kimia ini terdiri dari ka2tion dan juga anion. Oleh karena itu. Sementara itu. dan mengalami penguraian (peluruhan) terhadap radiasi partikel alfa (Purba 1997: 112). dalam hal ini memiliki energi ikatan yang kuat sebagai akibat dari perbedaan keelektronegatifan ion penyusunnya. setiap elektron . Ikatan ionik adalah sebuah gaya elektrostatik yang mempersatukan ion-ion dalam suatu senyawa ionik. dapat dikatakan bahwa ikatan ion sangat dipengaruhi oleh besarnya beda keelektronegatifan dari atom-atom pembentuk senyawa tersebut. anion cenderung terbentuk dari unsur-unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi. Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang terbentuk dari pemakaian elektron bersama oleh atom-atom pembentuk ikatan. Ikatan Ikatan antar atom terdiri dari empat jenis yaitu ikatan ion (heteropolar). dalam hal ini unsur-unsur golongan halogen dan oksigen. Ikatan kovalen biasanya terbentuk dari unsur-unsur non logam. Ikatan ionik tergolong ikatan kuat. Beberapa isotop bersifat radioaktif. iaktan kovalen koordinasi (semipolar) dan terakhir ikatan logam. ikatan kovalen (homopolar). memiliki titik leleh yang tinggi.satuan massa atom (smu). Dalam ikatan kovalen. Sifat-sifat ikatan ionik adalah bersifat polar sehingga larut dalam pelarut polar. Semakin besar beda keelektronegatifannya. baik larutan maupun lelehannya bersifat elektrolit.

Akibat dari elektron yang dapat bergerak bebas ini adalah sifat logam yang dapat menghantarkan listrik dengan mudah. Syarat-syarat terbentuknya ikatan kovalen koordinat adalah salah satu atom memiliki pasangan elektron bebas dan atom yang lainnya memiliki orbital kosong. Susunan ikatan kovalen koordinat sepintas mirip dengan ikatan ion. Ikatan logam merupakan salah satu ciri khusus dari logam. . ikatan antar molekul terdiri dari dua jenis yaitu.dalam pasangan tertarik ke dalam nukleus kedua atom. Ikatan kovalen koordinat merupakan ikatan kimia yang terjadi apabila pasangan elektron bersama yang dipakai oleh kedua atom disumbangkan oleh sala satu atom saja. Tarik menarik elektron inilah yang menyebabkan kedua atom terikat bersama. Ikatan logam ini hanya ditemui pada ikatan yang seluruhnya terdiri dari atom unsur-unsur logam semata. Sementara itu atom yang lain hanya berfungsi sebagai penerima elektron berpasangan saja. Sementara itu. namun kedua ikatan ini berbeda oleh karena beda keelektronegatifan yang kecil pada ikatan kovalen koordinat sehingga menghasilkan ikatan yang cenderung mirip kovalen. Elektron-elektron dapat terdelokalisasi sehingga dapat bergerak bebas dalam awan elektron yang mengelilingi atom-atom logam. pada ikatan logam ini elektron tidak hanya menjadi miliki satu atau dua atom saja. ikatan hidrogen dan ikatan van der walls. melainkan menjadi milik dari semua atom yang ada dalam ikatan logam tersebut.

titik didihnya paling besar dibanding senyawa dengan ikatan hidrogen lain. Namun. Kekuatan ikatan hidrogen ini akan mempengaruhi titik didih dari senyawa tersebut. O.Ikatan hidrogen merupakan gaya tarik menarik antara atom H dengan atom lain yang mempunyai keelektronegatifan besar pada satu molekul dari senyawa yang sama. Ikatan hidrogen merupakan ikatan yang paling kuat dibandingkan dengan ikatan antar molekul lain. Ikatan hidrogen ini terjadi pada ikatan antara atom H dengan atom N. Semakin besar perbedaannya semakin besar pula ikatan hidrogen yang dibentuknya. bahkan lebih tinggi dari HF yang memiliki beda keelektronegatifan terbesar. Ikatan ini merupakan jenis ikatan antar molekul yang terlemah. Hidrogen dari molekul lain akan bereaksi dengan pasangan elektron bebas ini membentuk suatu ikatan hidrogen dengan besar ikatan bervariasi. Akibatnya. Kekuatan ikatan hidrogen ini dipengaruhi oleh beda keelektronegatifan dari atom-atom penyusunnya. namun ikatan ini masih lebih lemah dibandingkan dengan ikatan kovalen maupun ikatan ion. terdapat pengecualian untuk H2O yang memiliki dua ikatan hidrogen tiap molekulnya. Semakin besar perbedaan keelektronegatifannya maka akan semakin besar titik didih dari senyawa tersebut. namun sering dijumpai diantara . dan F yang memiliki pasangan elektron bebas. Gaya Van Der Walls dahulu dipakai untuk menunjukan semua jenis gaya tarik menarik antar molekul. Namun kini merujuk pada gaya-gaya yang timbul dari polarisasi molekul menjadi dipol seketika.

semua zat kimia terutama gas. molekul dapat menarik atau menolak elektron lain dan menyebabkan atom lain menjadi dipol. Dalam keadaa dipol ini. . Gaya tarik menarik yang muncul sesaat ini merupakan gaya Van der Walls. Pada saat tertentu. molekul-molekul dapat berada dalam fase dipol seketika ketika salah satu muatan negatif berada di sisi tertentu.

V. Alat dan Bahan Seperangkat alat model molekul .

VI. Senyawa B : Senyawa dengan ikatan ganda dua . . HONO. . Prosedur Percobaan Susunlah model molekul untuk setiap senyawa dibawah ini (A. Tuliskan rumus titik elekrton sesuai rumus strukturnya. HBr. OH. . . . . D). gambarkan rumus struktur dari senyawa atau setiap senyawa. HI. . HCl. . C. . . Senyawa C : Senyawa dengan ikatan ganda tiga COCN Senyawa D : Senyawa dengan dua ikatan ganda . HCOOH. O . . Periksa kembali setiap rumus titik elektron dengan jalan menjumlahkan elektron valensinya. Senyawa A : Senyawa dengan ikatan tunggal . Setiap atom harus dikelilingi oleh elektron oktet. B.

VII. linier dll. oktrahedral. Ikatan ganda tiga lebih pendek dari pada ikatan ganda dua ataupun ikatan tunggal. d. a. 2. karena jumlah elektronnya yang berpasangan dengan ikatan ganda tiga paling banyak dibandingkan dengan elektron yang berpasangan pada ikatan ganda dua atau punn tunggal. = Linier = Tetrahedral . dari senyawa berikut: a. b. Semakin kuat suatu ikatan kimia maka semakin pendek jarak ikatannya. 3. Berikatan nama bentuk ruang model tiga dimendi tetrahedral. Bagaimana perbedaan panjang ikatan tunggal dengan ikatan ganda dua atau ikatan ganda tiga? 2. c. b. Gambarkan rumus struktur dan rumus titik elektron dari setiap model yang digambarkan pada soal dua! Jawab: 1. Ikatan kinia tergantung pada elektronnya. Pertanyaan Praraktikum 1.

H:C:H .. d.c. = Oktahedral = Linier 3. H H | H-C-H | H H H : : H H | | H:C C:H : : H-C-C-H | | .. Rumus Molekul Rumus Molekul Titik Elektron Struktur H:H H-H H .

H H H H H:C:C:H H-C-C–H .

Br I:I I-I .Cl Cl : Cl Cl . Data Hasil Percobaan Gambar/ Nama Senyawa HCl H : Cl H .Cl Br : Br Br .VIII.

C2Cl3 C . Cl C | Cl – C – Cl | Cl H . Cl: C : Cl .. I CH2I2 H | H–C–I | I CCl4 CH3OH . H: C : I ....

H C2H4 H \ C=C / H \ H / H H:C:N::N:H .. H : C : O: H .. H ..H | H CH3N2CH3 H ... H .. H | H | H ..N = N-C-H | H | H C:C .. H ..Cl .. H H-C. H .. H H | H – C – O. . Cl Cl | Cl –C – Cl | Cl H .. Cl : C : Cl .

H .HONO O :: O:N . Cl H-O \ C=C / H-O C-Cl | Cl \ Cl- N ::: N N≡N H : C ::: C : H H -C ≡ C ... Cl:C:Cl . H O || O–N | H H:O .... C::C . H:O .

H . H H | O=C =C | H .. O :: C :: C ...H . H | H | O :: C :: O O=C=O C :: C :: C ... H .. H C=C=C | H | H O H .

Senyawa hanya dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi kimia. Terbentuknya suatu senyawa dikarenakan adanya gaya tarik-menarik yang kuat antara dua atom atau lebih yang sejenis maupun yang tidak sejenis . Pembahasan Dalam percobaan nomor tiga ini yaitu mengenai struktur senyawa. karat besi (hematit) berupa Fe203 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). unsur adalah zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Misalnya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair. senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Sifat fisika dan kimia senyawa berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. praktikan menggunakan satu set molymod sebagai model-model atom yang dirangkai sedemikian rupa untuk membentuk senyawa-senyawa yang diinginkan. Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa itu sendiri merupakan zat murni yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang bergabung melalui reaksi kimia atau definisi lainnya adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Sementara itu. Pada kondisi yang sama. Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian.IX.

Ikatan kimia pada prinsipnya berasal dari interaksi antar elektron-elektron yang ada pada orbit luar. Untuk sebagian besar unsur. Elektron pada kulit terluar dari sebuah atom disebut dengan elektron valensi. sebuah atom akan cenderung melepas atau menangkap elektron dari atom lainnya. dan lain-lain. Ini berarti bahwa bentuk ion adalah kurang stabil dibandingkan atom yang tak bermuatan. ikatan kovalen. sedang Cs memiliki elektronegativitas paling lemah. Gaya tarik menarik tersebut disebut dengan ikatan kimia. Senyawa yang memiliki derajat paling tinggi dalam ikatan ionik adalah yang terbentuk oleh reaksi antara unsur alkali dan halogen.didalam suatu zat. ikatan logam. Keduanya memiliki perbedaan keelektronegatifan yang besar. muncul beberapa jenis ikatan seperti ikatan ion. Ikatan ionik berasal dari gaya tarik elektrostatik antara ion yang muatannya berlawanan [Kation (+) dan anion (-)]. Maka dari itu. Namun ada kekecualian untuk F dan Cs. F memiliki elektronegativitas paling kuat. sehingga pasangan elektron yang membentuk ikatan lebih banyak tertarik oleh atom Cl. proses pelepasan atau penambatan elektron adalah proses endotermik (membutuhkan energi). (Hukum Coulomb). Sehingga ikatannya tidak sepenuhnya ionik. Untuk menstabilkan elektron valensinya. Bagaimanapun juga iaktan kovalen murni ada dalam . Makin besar perbedaan elektronegativitasannya makin besar pula karakter ioniknya. atau orbit yang terisi sebagian atau orbit bebas dalam atom lainnya.

Molekul ini berupa molekul unsur (contohnya Cl2.digambarkan dengan tanda satu garis ikatan. Ikatan kovalen adalah ikatan antar atom berdasar penggunaan elektron secara bersama-sama. Digambarkan dengan tanda dua garis ikatan. Ikatan kovalen dibedakan menjadi ikatan kovalen tunggal. P4) dan molekul senyawa (contohnya HCl. Contoh: ikatan antara atom O (non logam.molekul yang tersusun dari atom yang memiliki elektronegativitas yang hampir sama. contoh: C-H. Contoh: ikatan antara atom H (non logam) dan atom Cl (non logam). Ikatan kovalen ini hanya dapat terbentuk apabila salah satu atom mempunyai pasangan elektron bebas (PEB). Gabungan atom-atom melalui ikatan kovalen dinamakan molekul. . Ikatan kovalen rangkap dua adalah ikatan dengan dua pasang elektron milik bersama. O2. Ikatan kovalen terbentuk diantara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron. ikatan kovalen rangkap dua dan ikatan kovalen koordinasi. CH4). CO2. ikatan ini melibatkan dua pasang elektron yang digunakan secara bersama-sama). Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen dimana elektron-elektron dalam pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari salah satu atom yang berikatan. Contoh senyawa ikatan kovalen rangkap dua adalah O2 dan CO2. Ikatan kovalen tunggal adalah ikatan dengan satu pasang elektron milik bersama. Umumnya terjadi antara atom-atom non logam dengan atom non logam.

Ikatan tunggal mempunyai panjang ikatan lebih panjang dibandingkan ikatan ganda dua. dan begitu pula sebaliknya. Ketika suatu senyawa memiliki panjang ikatan yang besar maka. energi ikatan yang dimiliki kecil dan berlaku pula sebaliknya. dan ikatan ganda dua lebih panjang dari ikatan ganda tiga. Sedangkan untuk energi ikatan berbanding terbalik dengan panjang ikatan. Hal ini dikarenakan semakin banyak pasangan elektron dalam satu ikatan maka akan semakin besar gaya tarik-menarik atom-atomnya dan mengakibatkan panjang ikatannya akan semakin pendek. .

3. . Senayawa adalah zat murni yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang tergabung melalui reaksi kimia 2. atau orbit yang terisi sebagian atau orbit bebas dalam atom lainnya. Kesimpulan Dari praktikum yang telah dilakukan mengenai struktur molekul dapat disimpulkan sebagai berikut. 5. Ikatan kimia pada prinsipnya berasal dari interaksi antar elektron-elektron yang ada pada orbit luar. 1. 4. Ikatan kovalen adalah ikatan antar atom berdasar penggunaan elektron secara bersama-sama. Ikatan ionik berasal dari gaya tarik elektrostatik antara ion yang muatannya berlawanan. Unsur adalah zat murni yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa.X.

http://lischer. Palembang: Gilland Ganesha.com/2009/08/21/jenisjenis-ikatan-kimia/. 2005. Molekul Kimia. Michael.Daftar Pustaka Lischer. 1997.wordpress. . Diakses pada 5 Desember 2012 Purba. Tim Kimia Gilland Ganesha. Jakarta: Kawan Media. Intisari Kimia Dasar I. 2009. Kenny. Ikatan Kimia.

Lampiran Gambar/Nama Atom Iodin Oksigen Clor Nitrogen .

Karbon Brom Hidrogen Belerang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful