JENIS-JENIS MIKROORGANISME

KELOMPOK 7 AFRIDA PRATIWI DEDE ARIE VITARA INDAH MULYASARI

Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan.Mikroorganisme disebut juga organisme mikroskopik. Mikroorganisme seringkali bersel tunggal (uniseluler) maupun bersel banyak (multiseluler) . Namun, beberapa protista bersel tunggal masih terlihat oleh mata telanjang dan ada beberapa spesies multisel tidak terlihat mata telanjang. Virus juga termasuk ke dalam mikroorganisme meskipun tidak bersifat seluler.

1. PROTOZOA

2. BAKTERI
3. FUNGI 4. VIRUS

dan selnya eukariotik. yaitu protos artinya pertama dan zoon artinya hewan.Protozoa merupakan kelompok lain protista eukariotik. dibedakan dari jamur karena dapat bergerak aktif dan tidak berdinding sel. serta dibedakan dari jamur lendir karena tidak dapat membentuk badan buah. Protozoa dibedakan dari prokariot karena ukurannya yang lebih besar. Protozoa dibedakan dari algae karena tidak berklorofil.Protozoa adalah hewan pertama . . Jadi. PENGERTIAN Protozoa secara umum dapat dijelaskan bahwa protozoa adalah berasal dari bahasa Yunani. Kebanyakan Protozoa hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Kadang-kadang antara algae dan protozoa kurang jelas perbedaannya.

yaitu terdiri dari satu sel tunggal (unisel). menduduki berbagai tingkat trophic. Tubuh protozoa amat sederhana. dan mudah dilihat di bawah mikroskop. atau seperti sandal bahkan ada yang bentuknya tidak menentu. Semua tugas tubuh dapat dilakukan oleh satu sel saja tanpa mengalami tumpang tindih. Namun demikian. Mereka sebelumnya jatuh di bawah keluarga Protista. tetapi dapat tumbuh sampai 1 mm. Protozoa merupakan system yang serba bisa. .000 jenis telah ditemukan. Protozoa terdapat di seluruh lingkungan berair dan tanah. Lebih dari 30.Bentuk tubuh macam-macam ada yang seperti bola.Biasanya berkisar 10-50 μm. Ukuaran tubuhnya antaran 3-1000 mikron. Mereka bergerak di sekitar dengan cambuk seperti ekor disebut flagela. bulat memanjang. Juga ada memiliki fligel atau bersilia.

atau daratan. termasuk manusia.Protozoa hidup di air atau setidaknya di tempat yang basah. Beberapa spesies dapat tumbuh di dalam tanah atau pada permukaan tumbuh-tumbuhan. Mereka umumnya hidup bebas dan terdapat di lautan. . Inang protozoa yang bersifat parasit dapat berupa organisme sederhana seperti algae. Semua protozoa memerlukan kelembaban yang tinggi pada habitat apapun. sampai vertebrata yang kompleks. Beberapa spesies bersifat parasitik. hidup pada organisme inang. lingkungan air tawar.

saprofit atau parasit  Dapat membentuk sista untuk bertahan hidup  Alat gerak berupa pseudopodia. Organisme uniseluler (bersel tunggal)  Eukariotik (memiliki membran nukleus)  Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)  Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof)  Hidup bebas. silia. atau flagela .

Vakuola dapat berperan sebagai pompa untuk mengeluarkan kelebihan air dari sel. dan tidak mengandung selulosa atau khitin seperti pada jamur dan algae. atau bentuk istirahat yang disebut kista. Protozoa pada keadaan yang tidak menguntungkan dapat membentuk kista untuk mempertahankan hidupnya. .Semua protozoa mempunyai vakuola kontraktil. Saat kista berada pada keadaan yang menguntungkan. Jumlah dan letak vakuola kontraktil berbeda pada setiap spesies. Protozoa dapat berada dalam bentuk vegetatif (trophozoite). atau untuk mengatur tekanan osmosis. maka akan berkecambah menjadi sel vegetatifnya. Protozoa tidak mempunyai dinding sel.

dan untuk menghasilkan ATP melalui proses transfer elektron dan atom hidrogen ke oksigen. tetapi beberapa protozoa dapat hidup pada lingkungan ananaerobik misalnya pada saluran pencernaan manusia atau hewan ruminansia. Protozoa aerobik mempunyai mitokondria yang mengandung enzim untuk metabolisme aerobik. Protozoa umumnya mendapatkan makanan dengan memangsa organisme lain (bakteri) atau partikel organik. Protozoa yang hidup di lingkungan air. Senyawa makromolekul yang tidak dapat berdifusi melalui membran. baik secara fagositosis maupun pinositosis.Protozoa umumnya bersifat aerobik nonfotosintetik. dapat masuk sel secara pinositosis. maka oksigen dan air maupun molekul-molekul kecil dapat berdifusi melalui membran sel. .

dan microfungi. . mereka memangsa uniseluler atau berserabut ganggang. misalnya amoebas.Sebagai predator. dan yang lain lagi memiliki bukaan atau "mulut pori-pori" ke mana mereka menyapu makanan. mengelilingi dan menelan makanan itu. Semua protozoa yang mencerna makanan di perut mereka seperti kompartemen disebut vakuola. beberapa. Protozoa memainkan peran baik sebagai herbivora dan konsumen di decomposer link dari rantai makanan. Protozoa dapat menyerap makanan melalui membran sel mereka. Protozoa juga memainkan peranan penting dalam mengendalikan populasi bakteri dan biomas. bakteri.

Jenis yang paling mudah diamati adalah Amoeba. dan sebagian ada yang hidup dalam tubuh hewan atau manusia. Hidup di air tawar.alat geraknya berupa flagel (bulu cambuk). air laut. .alat geraknya berupa pseudopoda (kaki semu) Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia)yang merupakan penjuluran protoplasma sel. tempattempat basah.Protozoa dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan alat gerak:  Rhizopoda (Sarcodina).  Flagellata (Mastigophora).Bergerak dengan flagel (bulu cambuk) yang digunakan juga sebagai alat indera dan alat bantu untuk menangkap makanan.

.

dan organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. . cytoskeleton. bacteria). berbiak dengan pembelahan diri. Bakteri menurut Madigan (2009) berasal dari kata Latin bacterium (jamak. dengan struktur sel yang relatif sederhana tanpa nukleus atau inti sel. PENGERTIAN Bakteri berasal dari kata bakterion. adalah kelompok terbanyak dari organisme hidup. dalam bahasa yunani itu berarti tongkat atau batang. tidak berklorofil. Sekarang nama itu dipakai untuk menyebut sekelompok mikroorganisme yang bersel satu. Mereka sangatlah kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniselular (bersel tunggal). serta demikian kecilnya sehingga hanya tampak dengan mikroskop (Dwidjoseputro. 1998).

bakteri dapat dibagi atas tiga golongan yaitu golongan basil. 1998). Kokus adalah bakteri yang bentuknya serupa bola-bola kecil. . Basil berbentuk serupa tongkat pendek.Berdasarkan bentuk morfologinya. dan golongan spiril. golongan kokus. Sedangkan spiril ialah bakteri yang bengkok atau berbengkok-bengkok serupa spiral (Dwidjoseputro. silindris.

Anaerob Ialah mikroorganisme yang tidak memerlukan oksigen untuk hidup dan berkembangbiak. Pathogen adalah bakteri yang dapat menimbulkan penyakit baik melalui invasi langsung atau mencemari makanan. Berdasarkan kebutuhan terhadap oksigen bakteri dibagi menjadi tiga yakni aerob. bahkan ada yang menguntungkan bagi manusia. dan fakultatif anaerob. Sedangkan bakteri apatogen adalah yang tidak berpotensi menimbulkan penyakit. . anaerob. Aerob Ialah mikroorganisme yang memerlukan oksigen untuk hidup dan berkembang biak.Berdasarkan kemampuan menimbulkan penyakit bakteri ada dua jenis yakni pathogen dan apatogen.

kapang. Awam mengenal sebagian besar anggota Fungi sebagai jamur. Fungi memiliki bermacammacam bentuk. khamir. bukan spesiesnya sendiri . meskipun seringkali yang dimaksud adalah penampilan luar yang tampak.Fungi adalah nama regnum dari sekelompok besar makhluk hidup eukariotik heterotrof yang mencerna makanannya di luar tubuh lalu menyerap molekul nutrisi ke dalam sel-selnya. atau ragi.

dulu fungi dimasukkan ke dalam kerajaan tumbuhan/plantae karena fungi memiliki beberapa kemiripan dengan tumbuhan yaitu tidak dapat berpindah tempat. Fungi bukan autotrof seperti tumbuhan melainkan heterotrof sehingga lebih dekat ke hewan. Dalam perkembangannya. fungi dipisahkan dari kerajaan tumbuhan dan mempunyai kerajaan sendiri karena banyak hal yang berbeda.Sebelum dikenalkannya metode molekuler untuk analisis filogenetik. Seperti tanaman. . kebanyakan fungi juga tumbuh di tanah. juga struktur morfologi dan tempat hidupnya juga mirip.

Fungi hidup menyerap zat organik dari lingkunganya. fungi mempunyai sifat sebagai berikut:  Saprofit  Parasit  Mutual  dan lain . Berdasarkan cara memperoleh makannya.lain .

Fungi hidup pada lingkungan yang beragam namun sebagian besar jamur hidup di tempat yang lembap. Habitat fungi berada di darat (terestrial) dan di tempat lembap. Meskipun demikian banyak pula fungi yang hidup pada organisme atau sisa-sisa organisme di laut atau di air tawar. . Jamur juga dapat hidup di lingkungan yang asam.

Reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan kuncup atau tunas pada jamur uniselule serta pemutusan benang hifa (fragmentasi miselium) dan pembentukan spora aseksual (spora vegetatif) pada fungi multiseluler. . Spora seksual dihasilkan secara singami. Singgami terdiri dari dua tahap. Reproduksi jamur secara seksual dilakukan oleh spora seksual.Fungi melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual. yaitu tahap plasmogami dan tahap kariogami.

Fungi diklasifikasikan menjadi 6 klasifilasi:  Zygomycota  Ascomycota  Basidiomycota  Deuteromycota  Mikoriza  Lumut Kerak .

Virus terkecil berdiameter hanya 20 nm (lebih kecil daripada ribosom). hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. sedangkan virus terbesar sekalipun sukar dilihat dengan mikroskop cahaya.Ukurannya lebih kecil daripada bakteri sehingga virus tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri.Virus adalah organisme subselular yang karena ukurannya sangat kecil. .

struktur ICAM-1 mirip dengan molekul imunoglobulin dengan domain C dan V sehingga digolongkan sebagai protein supefamily immunoglobulin Struktur ICAM-1 memiliki lima Ig-like domain untuk berikatan dengan Lfa-1 (Leukocite function antigen-1). . Mac-1 (Macrofage antigen-1). sepuluh serotipe lainnya menggunakan protein yang beruhubungan dengan LDL reseptor.    Human Rhinovirus (HRV) Human Rhinovirus memiliki reseptor ICAM-1(Intracelluler adhesion molecule-1). Rhinovirus (HRV). 10 serotipe dari HRV menggunakan ICAM-1 sebagai reseptor.Molekul tersebut merupakan molekul adhesi yang fungsi normalnya adalah untuk mengikatkan sel kepada substratnya. fibrinogen. dan PFIE (malaria infected erythocytes).

Reseptor ini memiliki tiga domain yaitu satu berupa variabel dan dua konstan. . Poliovirus Mempunyai reseptor virus berupa protein membran integral yang juga anggota dari molekul superfamily immunoglobulin.

HA akan berikatan dengan reseptor virus influenza yang berupa asam sialat (N-asetil neuraminic acid). . Virus influenza Virus ini mempunyai dua tipe spike glikoprotein pada permukaan partikel virus yaitu hemagglutinin (HA) dan neuraminidase.

Edisi 15 Desember 2002.Meskipun demikian. dan tumbuhan . Beberapa virus ada yang dapat dimanfaatkan dalam rekombinasi genetika. kebanyakan virus bersifat merugikan terhadap kehidupan manusia.Baru-baru ini David Sanders. David Sanders berhasil menjinakkan cangkang luar virus Ebola sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pembawa gen kepada sel yang sakit (paru-paru). hewan. gen jahat (penyebab infeksi) yang terdapat dalam virus diubah menjadi gen baik (penyembuh).Melalui terapi gen.Dalam temuannva yang dipublikasikan dalam Jurnal Virology. seorang profesor biologi pada Purdue's School of Science telah menemukan cara pemanfaatan virus dalam dunia kesehatan.

• Penyakit hewan  Penyakit tetelo. . yakni jenis penyakit yang menyerang bangsa unggas. Penyebabnya adalah new castle disease virus (NCDV). terutama ayam. dan monyet.Penyakit kuku dan mulut. kucing. yakni jenis penyakit yang menyerang anjing. Penyakit rabies. yakni jenis penyakit yang menyerang ternak sapi dan kerbau. Penyakit kanker pada ayam oleh rous sarcoma virus (RSV). disebabkan oleh virus rabies.

Penyebabnya adalah virus citrus vein phloem degeneration (CVPD).Penyebabnya adalah tobacco mosaic virus (TMV) Penyakit tungro.  . yakni jenis penyakit yang menyerang tanaman padi. Penyebabnya adalah virus Tungro.• Penyakit tumbuhan Penyakit mosaik. yakni jenis penyakit yang menyerang tanamantembakau.Penyakit degenerasi pembuluh tapis pada jeruk.

cacar. Kanker leher rahim juga diduga disebabkan sebagian oleh papilomavirus (yang menyebabkan papiloma.Juga ada beberapa kontroversi mengenai apakah virus borna. juga bertanggung jawab kepada penyakit psikiatris pada manusia. dan demam herpes (yang disebabkan virus herpes simpleks). AIDS (yang disebabkan virus HIV). atau kutil). Contoh paling umum dari penyakit yang disebabkan oleh virus adalah pilek (yang bisa saja disebabkan oleh satu atau beberapa virus sekaligus). . yang sebelumnya diduga sebagai penyebab penyakit saraf pada kuda. yang memperlihatkan contoh kasus pada manusia yang memperlihatkan hubungan antara kanker dan agen-agen infektan.

Filovirus adalah virus berbentuk panjang seperti cacing. pertama kali ditemukan tahun 1967 di Marburg. dan ebola. Jerman. . yang dalam jumlah besar tampak seperti sepiring mi. Salah satu virus yang dianggap paling berbahaya adalah filovirus.Grup Filovirus terdiri atas Marburg. Sejak Oktober 2004 hingga 2005. kejadian ini menjadi epidemi terburuk di dalam kehidupan manusia. virus Marburg menarik perhatian pers dengan terjadinya penyebaran di Angola. Pada April 2005.